Oleh : Arief Maulana

Beberapa hari yang lalu, saya sempat mereview tentang bisnis yang dikelola oleh Mbak Dini Shanti, yaitu d’BC Online. Jika Anda belum membacanya, silahkan baca disini. Disana saya share bahwa diberi kesempatan oleh Mbak Dini untuk mempelajari produk beliau dan diberikan hak affiliate level 3, yang khusus karena undangan beliau.

Nah, terkait dengan hal tersebut ada satu hal yang menarik perhatian saya, yaitu komentar terakhir dari mas Dadan. Bunyi komentarnya, “Wew, enak banget. Udah gratis langsung level 3 lagi. Mau!” Saya tersenyum membaca komentar itu. Memang benar sekarang enak. Sering dapat tawaran review produk affiliate + dikasih hak jualnya pula. Tapi sebelum itu terjadi, ngga enaknya saya alami sejak 1 tahun yang lalu. Persis seperti pepatah, “Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang kemudian”.

Tidak ada sesuatu yang benar-benar gratis di dunia ini. Lha pake jasa toilet umum saja bayar, apalagi harga sebuah ilmu yang bisa mengubah kehidupan kita menjadi lebih baik lagi. Bukankah untuk sukses dibutuhkan perubahan.

Apa yang hari ini saya nikmati gratis dan keliatannya enak-enak saja dimata rekan-rekan yang baru terjun di bisnis online, sebenarnya sudah mulai saya bayar harganya sejak di awal, waktu memulai perjalanan panjang ini. Dengan apa? Uang, waktu, pengalaman, proses, dll.

Banyak orang melihat kondisi enak saya ataupun rekan-rekan lain yang sudah lebih sukses sekarang. Kelihatannya enak melulu, tanpa pernah mau tahu perdjoeangan dibalik semua itu dan berapa lama proses hingga akhirnya bisa menjadi seperti sekarang.

Selalu ada pengorbanan untuk setiap impian sukses kita. Selalu ada proses dan tahapan yang harus dijalani untuk mencapai tangga puncak kesuksesan. Trial error, kesalahan, itu semua adalah bagian dari proses dan penempaan diri agar kita bisa belajar dari sana dan menjadi lebih bijaksana dalam menyikapi hidup.

Beberapa teman yang sama-sama memulai dengan saya dulu seperti Mas Agung Jatnika, Adi Wardana, dll. Ataupun rekan-rekan senior tempat berguru seperti Dini Shanti, Mas Joko Susilo, Mashengky, Bundapreneur, dll, mungkin sudah tahu seperti apa proses yang harus dijalani hingga kami mencapai tingkat kesuksesan yang sekarang tengah dinikmati.

Saya pribadi masih merasa ada harga yang masih harus dibayar untuk bisa mencapai posisi yang lebih sukses lagi dari saat ini. Seperti artikel saya yang lalu tentang dream dan visi, apa gunanya kita hidup tanpa visi sukses yang selalu berkembang. Jika dengan kesuksesan itu kita bisa menjadi begitu bermanfaat bagi orang lain, kenapa tidak.

Seperti halnya membuat blog ini dikunjungi banyak orang setiap harinya. Satu proses panjang yang harus dilalui. Masih terekam jelas bagaimana dulu memulainya dengan blog gratisan (blogspot), ngga ada duit buat beli domain dan hosting. Sepi pengunjung dan ngga ada komentar sama sekali. Pokoknya bikin orang jadi males ngeblog lagi dah. Hingga akhirnya berbuah hasil dan ada modal untuk beli domain + hosting, itupun setelah perdebatan antara saya dan Mashengky dalam konteks blogspot vs wordpress. Thanx Mashengky.

Syukur alhamdulillah semangat itu tidak pernah padam. Karena ada keyakinan bahwa suatu saat semua perjuangan di awal akan terbayar dan satu keyakinan bahwa Allah tidak tidur dan melihat perdjoeangan hamba-hambanya. Ibaratnya kita meng-indent kesuksesan kita di awal. Yang penting tetap konsisten dan bertahan di jalur yang kita jalani. Percayalah suatu saat kita akan berada di tempat yang enak, sebagaimana rekan-rekan lain yang sudah lebih dulu mengenyam nikmatnya sukses.

Sekarang, perlahan sudah mulai menikmati hasilnya. Branding dari blog sudah mulai jalan. Blog sudah mulai ramai. Beberapa tawaran produk review + hak affiliate datang, baik itu yang minta direview khusus di blog ini, ataupun hanya sekedar minta masukan saja.

Efek ke dunia offline pun mulai berasa. Beberapa kali saya diundang untuk menjadi pembicara di acara gathering maupun workshop. Walau tidak semua bisa saya terima, karena memang jadwal kegiatan crash satu sama lain. Tentu ada prioritas. Kalau sudah begitu, biasanya saya over ke temen-temen sekalian bagi-bagi rezeki.

Buat Anda yang baru memulai atau belum memetik hasil, jangan menyerah. Lanjutkan perdjoeangan dan yakinlah. Bukankah Allah itu tidak tidur.

Jika Anda bingung, paling mudah fokus saja bagaimana membuat blog Anda ramai. Bangun personal branding Anda disana. Karena itu dasarnya. Kalau blog Anda sudah ramai dan banyak pengunjungnya, akan banyak tawaran datang kepada Anda, seperti yang saya alami. Dan akan lebih mudah memasarkan bila Anda sudah punya branding yang kuat dari blog.

Mengutip statement mbak Dini,

“Untuk market Indonesia, nama baik dan nama besar masih menjadi hal yang diperhitungkan untuk mudah memasarkan satu produk”.

Jadi seperti kata Mas Dadan, enak bisa dapet produk dan belajar banyak ilmu dengan gratis + dapet hak reseller / afiliasinya. But, jangan lupa apa yang saya dapatkan gratis hari ini, saya bayar harganya di awal.

Salam Sukses,
Photobucket
space

Yang Gratis Sudah Saya Bayar Di Awal
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:         

82 thoughts on “Yang Gratis Sudah Saya Bayar Di Awal

  • Pertamaaxx!!!

    :sliweran:

    Betul juga ya mas arief, bahkan mungkin harga yang dibayar pada waktu awal jauh lebih ‘mahal’

    1. @beny, bener mas… bisa sangat mahal. Apalagi kalau kita berjalan tanpa mentor sama sekali. :bocor:

      Bahkan, saya melihat… membayar mentor profesional jauh lebih murah daripada kita terus2an trial error ngga jelas dan membuang lebih banyak uang lagi… :guayarek:

      1. @arief maulana, :sip::hihi:selamet saya punya mentor yg sabar dan top…….walo tetap trial n error juga….ga ada ruginya salah dulu sebelum bener, tapi paling untung kalo langsung bener yah…..ga rugi koq beli dulu untung kemudian, ga pernah beli kpn untungnya….kalo saya ga pernah tak itung mas,,,selama trial n error…yg penting nyoba:sip:

  • Sukses tidaklah mudah didapat tapi kita bisa meraihnya.
    Sukses bukanlah tujuan utama dalam mencapai tujuan hidup yang terpenting proses didalamnya :sip:
    Salam Sukses Mas Arief…:sip:

    1. @Winarno, bener… prosesnya itulah yang akan menggembleng kita menjadi pribadi yang lebih baik… :pukulanseribu: :tendang: :wooo:

  • dalam memulai usaha semua butuh proses, tergantung pencapaiannya cepat atau lambat… tapi kesuksesa pasti akan datang bagi mereka yang pantang menyerah seperti Mas Arief ini, setelah itu kita tinggal memetik hasilnya saja kan Mas??? jadi saya kira ngggak ada yang instan kecuali Susu dan Mie…:sikut::sikut::setan:

    1. @rudy azhar, ya… but, perjalanan saya masih jauh kok mas. Apa yg ada saat ini, walau saya syukuri, masih belum bisa dibilang sukses.

    1. @aliyusrie.com | Blog Bisnis Internet, ngga bisa di klik mas… mungkin ngetiknya terlalu terburu2… :hihi:

  • Selamat mas arief. Saya sepakat bahwa tidak ada kesuksesan yang gratis, semua itu harus dibayar mahal dengan pengorbanan.

    salam sukses :sip:

  • alhamdulillah sudah bisa mengudara kembali mas Arief…

    beberapa kali klik blog ini tapi kecewa..karena tidak bisa koneksi

    “pengalaman membangun bisnis online mulai dari blogging ini membantu bgt” congrtls… atas hasil yg sudah di gapai sampai titik ini. :sip:

    1. @Fadly Muin, Tengs bro… iya neeh cobaan melulu. Mulai dari laptop trouble, server hosting konslet, and final laptop kena virus dan data hilang semua.

      Untung sempat backup.
      Ayo Mas, ditunggu untuk berjaya juga! :sip:

  • halo mas Arief, saya Alfred dari bali nieh ketemu lagi. WAH SUPER SEKALI…saya setuju banget dengan postingan kali ini, tx bgt karena ingatkan saya untuk bekerja keras+cerdas dulu sebelum senang2,hehehe…Oia mas, saya lupa kasi tau, bahwa saya uda pesean+bayar produk RSE dari pak kusumaputra lewat referensi mas arief…btw tx bgt referalnya..
    oia, sudah 2 hari saya coba akses situs ini tapi ndak isa-isa, ternyata ada konslet server toh…Mungkin konslet ini yang buat saya tdk bs download e-booknya. btw bisa kirim link download e-booknya lagi ga mas ke email saya?? makasi…eh boleh ndak nitip link??hehehe matur nuwun mas salam hormat.. Alfred dari BALI :sip::sip::sip:

  • Setuju mas….
    tidak ada yang namanya makan siang GRATIS!
    ungkapan yang tepat untuk segala bisnis.
    :no:
    well…dari awal aja harus bayar/investasikan dulu baru mulai n seterusnya, dll, dsb.
    gito loh…
    :belajarkeras:

    1. @Dimas, didinia ini memang tidak ada yang gratis. tetapi bagaimana kita mengelolanya sehingga dapat sukses:sip:

  • Yup. Kisah sukses internet marketer Indonesia yang paling menyentuh hati saya cerita Bu Guru Anne Ahira.
    Sekarang banyak yang iri melihat kesuksesan Bu Guru Ahira tapi ternyata proses perjuangannya bener-bener berat.
    Saya setuju banget dengan kalimat Arief “Selalu ada pengorbanan untuk setiap impian sukses kita. Selalu ada proses dan tahapan yang harus dijalani untuk mencapai tangga puncak kesuksesan.”
    Salam sukses.

    1. @Belajar Internet Marketing, Iya mbak yusi. Aku tiap baca kisah perjuangannya Bu Guru Ahira jadi semangat lagi neeh. Ngga kenal lelah beliau… :hihi:

  • :hiks:Benar sekali mas arief..di dunia ini semua gak ada yang gratis, harus ada sesuatu hal yang mesti dikorbankan. Baik itu waktu, tenaga, pikiran, itu semua adalah konsekuensi yang harus kita terima:wadew:ya.. kalau kita nilai dari segi materi it’s oke GRATIS.. Tapi… dari segi waktu, tenaga, pikiran, :belajarkeras:perlu kita cermati ulang. oke:opoiki:

    1. @Nur Izzah, justru itu mbak. Ketika kita memilih jalur gratis… bersiaplah dengan pengeluaran energi, waktu, pikiran yang jauh lebih banyak…. :hihi:

  • maaf tadi lupa kasih tau, mampir diblog mas, jika berkenan silahkan diambil, thanks :sip:

  • Saya percaya mas bahwa sukses tidak bisa langsung didapat dengan tiba-tiba. memang menempuh perjalanan seribu mil diperlukan “langkah awal” untuk menyelesaikannya (yaitu tadi :indent kesuksesan)

  • sya ngikutin blog om arief ni wktu sjak di blogspot smpe pndhan ke wp.. :hiks:

    yoa, prjlnan yg pnjg mmbthkan prjuangan. Prjlnan yg pnjang jga brliku dan bnyk tntagn..:hiks:

    1. @Ardy Pratama, eh mbak Ratna… :love:

      Iya neeh… saya belajar banyak juga dari Mas Ardy. Beberapa kali konsultasi + minta saran. Kan mas Ardy incomenya lebih gede dari saya…. hahaha:yoyo:

      1. @arief maulana, :nangis::nangis: mas arief jahaaatt.. sebel sebel sebel :nangis:

        Wakakakakaakakakakaka.. :ngakak::ngakak:

        Halaaahhhh… bkanya sya yg pagi2 knsultasi?? Hahaahah.. kbalik kali.. :senyumlicik::nantanggue:

  • ..BETUL..BWANGETS MAS..PERSONAL BRANDING..DOAKAN SYA INI LAGI MAWU BUWAT WEB BARU UNTUK BRAND IMAGE

  • Ia mas apa yang mas sampaikan betul, semua kesuksesan butuh pengorbanan dan ilmu itu kunci semua kesuksesan, tapi tidak hanya ilmu saja melainkan harus ada praktek kesabaran dan ketulusan, dan saya lagi belajar untuk itu semua mas, matur nuwun

  • jadi ingat temen saya yg selalu ngitung uang yang keluar untuk program dapat anak…..kpn dptnya kalo ga ikhlas dan dihitung terus…kalo bisnis sie boleh berhenti yah dan beralih ke bisnis lain kalo ga untung juga…:melet:seblum saya panen anak sekarang dulunya juga ga gratisan juga….

  • Iya mas Arif, seperti saya ini baru meluncurkan blok 1 bln, tapi syukur ada juga yang berkunjung di blog saya
    salam kenal mas arif

    1. @joko santoso, konsisten aja mas. Someday… pasti akan rame itu, selama tidak berhenti memberikan yg bermanfaat disana.

  • Motivasnya oke banget Mas Arief Maulana.Salam Kenal.Gini saya Newbie.belumcoba ngeblog.saya pingin seperti anda.Kasi Tip dongg gimana yang dimaksud membayar dari awal.Trims.Sukses selalu.:hiks:

  • Bener mas. Tuhan itu gak pernah tidur. Dan waktunya selalu datang tepat waktu. Asalkan kita mau berusaha. Thx for sharingnya…:sip:

    1. @pangki[dot]com, sama-sama. Betul sekali. Jadi kalau belum nampak gejala2 sukses… sabar aja. Keep fight and survive to be the winner…

  • weh, di sbuti gtu nma nya. jdi malu!!:ngelamun:

    he-he!!! sring2 mas pke nama saya biar blog saya jdi mkin trkenal!:hore:

    ya-ya!!!:yoyo:

    sya bkal br’usha biar blog saya ramai kyak mas arief….:licik:

    ti sbelum nya tq atas artikel nya.. brgna bngt!!!

    1. @d D4n, biar rame… ramein blog ini mas. Kan masuk daftar top comentator… dikunjungi balik tuh. :hihi:

    1. @andri, insya allah saya bantu. Tetep stay tune aja disini. And kalau belum download buku The Simple Affiliate Marketing saya, silahkan ambil dulu. :guayarek:

    1. @mashengky.com, :kembik2:(Sebenernya malu ngomongnya)tapi.. jujur aja deh:guayarek:Kalo yang namanya mas arief maulana udah familiar nie..cie..cie… cie..:bisik::meneketehe::uhuk:(jadi merah tuh..)bukan hanya di newbie saja but udah nyampe artikelnya Pak JOKO SUSILO lho… beneran deh,,, sempet nyebutin BLOG MOTIVASI ARIEF…:bisik::lirik:Kira2 apa ya rahasianya..

    1. @candradot.com, dan saya selalu salut sama mas Candra yang memiliki semangat belajar tinggi.

      Meski ada mentor-mentor top seperti MH, mas candra tidak menggantungkan diri dan tetap mau menjalani setiap prosesnya.
      :sip:

  • Pingback: Mau Bisnis, Mbok Ya Modal Dikit | CandraDot.Com
  • setuju sekali gan, hal ini juga saya alami sendiri, sangking ngilernya dengan hal hal gratis akhirnya say mlongo, bahkan artikel yang berhubungan dengan sesuatu yang gratis masih nempel di webblog saya, baca sendiri saja gan disni http://sulhadi.co.cc, saya malu ceritanya, :hiks:, sukses bos,

    1. @mashengky.com, hahaha… iya mas. Gontok-gontokan belain masing-masing platform blog… tapi akhirnya saya yg keseret… :ngakak:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,429 bad guys.