Oleh : Arief Maulana

“Winner never quit and quitters never win.”
(Vince Lombardi)

Winner Never Quit
Winner Never Quit

Sering mendengar quotes itu? Saya bolak balik di twitter. Yah resiko memfollow beberapa akun yang setiap hari kerjanya memotivasi dengan quotes dan di tweet di timeline.

Saya yakin Anda semua sudah mengerti maksud dari Vince Lombardi, bahwasanya dalam suatu proses menggapai goal yang kita inginkan sebisa mungkin jangan keluar dari track. Terus berusaha hingga akhirnya Anda sampai di tujuan. Benar begitu?

Nah, karena saya agak usil mari kita mencoba melihat dari sudut pandang yang lain dari tweet ini. Tentu saja dengan pertanyaan pembuka,

“Apakah benar seorang pemenang tidak pernah keluar dari ‘permainan’?”

Special case :

[1] Seorang pemain saham profesional memiliki intuisi yang tajam. Dia tahu kapan harus QUIT dari permainan dan menjual seluruh sahamnya, sesaat sebelum pasar saham ambruk dan harga saham jatuh gila-gilaan.

[2] Bill Gates drop out (QUIT) dari kuliahnya sebelum akhirnya berjuang membangun kerajaan bisnisnya dan menjadi seorang milyader. Begitu juga dengan R.T. Kiyosaki yang sebelumnya pernah bekerja di perusahaan Xerox, namun akhirnya memilih QUIT dan membangun bisnisnya sendiri?

[3] Teman saya sendiri, Agus Siswoyo, juga memutuskan untuk QUIT dari perusahaannya dan kini berprofesi sebagai full time blogger. Bahkan sekarang sudah punya bisnis jasa penulisan artikel sendiri. Denger-denger penghasilannya sekarang sudah lebih besar dari sallary di perusahaannya yang dulu.

Nah, banyak juga ternyata pemenang yang QUIT. Terus gimana dengan quotenya Vince Lombardi?

Feel Confuse?
Feel Confuse?

Sekali lagi saya ngga bermaksud menggugat Vince Lombardi. Siapa sih saya ini, cuma seorang Arief. Saya (sekali lagi iseng) menuliskan blog post ini karena inget pengalaman waktu masih aktif jalanin MLM dulu.

Winner never quit. Itu yang selalu saya pegang. Apapun yang terjadi asal ngga berhenti dan keluar dari MLM itu pasti saya dapet passive income. Seiring perjalanan waktu akhirnya saya memilih quit juga dan beralih ke internet marketing, yang ternyata sekarang ini malah enjoy disana. Berjalan agak lama, akhirnya satu persatu upline saya QUIT dari MLM tersebut karena memang ada sistem yang mulai tidak fair disana. Ini adalah sisi dimana saya memilih QUIT.

Di lain sisi, saya juga TIDAK QUIT. Kesannya labil yah. Saya memilih tidak quit untuk memperjuangkan mimpi-mimpi yang sudah ada di dalam dream book, wishlist, buku impian, atau apalah orang menyebutnya. Saya memilih untuk tetap mengejar semua mimpi-mimpi itu meskipun dengan jalan yang berbeda. Banyak jalan menuju Sidoarjo. :p

Intinya apa sih? Sering kali saya melihat ada teman-teman yang begitu ‘memaksakan’ cara mewujudkan impian yang mungkin sudah terlihat tanda-tanda ketidakberhasilannya. Alih-alih mengganti haluan untuk mengurangi kerugian yang besar, malah memilih bertahan dan jatuh terjerembab lebih dalam lagi.

Memilih Jalan Sukses
Memilih Jalan Sukses

Seperti yang selalu dan sering saya katakan, hidup adalah sebuah pilihan. Kita bebas memilih cara apapun untuk mewujudkan apa yang kita inginkan. Tidak perlu memaksakan diri dengan jalan yang sama jika memang pasar mulai jenuh dan harapan untuk jadi pemenang disana semakin tipis. Kita bisa memilih untuk mengganti haluan, ganti upaya, ganti bisnis, tetap demi tujuan akhir yang sama yaitu untuk mewujudkan impian kita.

Yang salah adalah ketika akhirnya kita memilih untuk BERHENTI BERJUANG. Menyerah dengan keadaan. Saya memang saat ini masih berada di level orang kebanyakan, sama seperti Anda mungkin. Belum bisa QUIT dari pekerjaan yang sekarang. Tapi saya memiliki sebuah mimpi yang besar dan sedang mencari jalan mewujudkan mimpi-mimpi itu.  Akan tiba waktunya, saya yakin itu dan selalu berdoa untuk itu.

Bagaimana dengan Anda? Apakah pernah terpikir untuk keluar dari ‘permainan’ yang sekarang? Sudahkah Anda mengevaluasi kinerja Anda selama ini?

“The Winner know the right time to quit from the game and start new game to reach his dream.”
AM Words (Jakarta – 2 Juni 2011)

Winner Never Quit, Are You Sure?
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:             

71 thoughts on “Winner Never Quit, Are You Sure?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,556 bad guys.