Tumbler Starbucks, Bukan Sekedar Tumbler Kopi Biasa

Starbucks Indonesia

Starbucks Tumbler Indonesia Promo, Pricelist Starbucks Tumbler Indonesia, Tumbler Day Starbucks Indonesia, Koleksi Tumbler Starbucks Indonesia

Oleh : Arief Maulana

Starbucks sedari awal memang memposisikan dirinya sebagai coffee shop premium, dimana dari sisi harga untuk secangkir atau segelas kopi tidak lah murah. Namun memang yang ditawarkan adalah kualitas kopi, tempat ngopi yang terbilang nyaman dan tentu saja kesan berkelasnya. Saya pribadi sesekali minum di sana pada tanggal 22. Lumayan, bisa dapat diskon hingga 50% jika membawa Tumbler Starbucks sendiri. Selain itu juga ketika Starbucks mengadakan event promo bagi pemegang kartu member Starbucks. Kali ini yang ingin saya soroti adalah pendekatan bagaimana Starbucks menjual lebih banyak sekaligus meningkatkan loyalitas pelanggan melalui Tumblernya.

Jika Anda mencoba menanyakan harga Tumbler Starbucks yang dipajang di rak penjualan mereka, Anda akan terkejut. Harganya sungguh tidak main-main. Rata-rata berkisar antara tiga ratus hingga lima ratus ribu. Tapi memang dari sisi model dan bahan baku terbilang unik, bagus dan baik kualitasnya. Sehingga cukup awet dan tidak mudah rusak. Cocok bagi Anda yang memang sering membeli kopi di Starbucks atau hanya pemburu promo event di sana.

Salah satu pendekatan menarik yang digunakan Starbucks untuk meningkatkan penjualan tumbler dan kopinya selain potongan harga khusus bagi yang membawa Tumbler Starbucks sendiri, diskon 50% setiap tanggal 22, dan promo event adalah kepedulian terhadap lingkungan hidup. Dengan menggunakan tumbler mereka, Anda seakan-akan diajak untuk lebih peduli dengan lingkungan hidup. Mengurangi penggunaan bahan baku tumbler biasa yang sekali pakai kemudian dibuang. Beli sekali, untungnya double. Harga lebih murah (diskon) dan peduli lingkungan hidup.

Maka persepsi yang terbangun kemudian adalah Starbucks perusahaan yang tidak hanya memikirkan profit semata. Namun juga tetap memiliki kepedulian sosial, termasuk perihal lingkungan hidup. Ini tentu semakin membuat para pelanggannya menjadi loyal karena merasa “saya juga ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan hidup”. Apalagi dengan membeli Tumbler Starbucks, membangun 2 kesan ke dalam diri mereka. Pertama, mereka peduli lingkungan hidup. Kedua, mereka berkelas dan mampu secara finansial (karena harga tumbler tidak murah dan rugi membeli tumbler jika jarang ngopi di Starbucks).

Pendekatan yang serupa bisa Anda lakukan pada bisnis Anda masing-masing. Timbulkan kesan bahwa produk Anda punya nilai dan kualitas yang baik, serta tidak melupakan kepedulian sosial. Entah dari sisi penggunaan bahan baku produksi atau pun dari sisi kemanusiaan (program CSR). Sehingga dari sana, nilai tambah menjadi naik, harga bisa ikut dinaikkan seiring peningkatan kualitas, loyalitas pelanggan ikutan naik, ujung-ujungnya penjualan juga ikut naik.

Sambil ngopi, sambil mengatur ulang strategi pemasaran. Kenapa tidak ngopi sekalian di Starbucks? :D

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,671 bad guys.