TOS

Term of Service

Oleh : Arief Maulana

1)  Tulisan yang dipublish di blog ini adalah hasil karya saya, baik itu pemikiran dan opini pribadi dengan sumber referensi dari berbagai macam media (cetak, elektronik, dan web). Khusus untuk beberapa tulisan yang ditulis oleh Guest Writer, saya cantumkan keterangan tentang penulisnya.

2) Anda tidak diperkenankan mempublikasikan sebagian atau seluruh tulisan saya TANPA IZIN. Bila ingin mempublikasikan ulang, silahkan menginformasikan kepada saya atau menyertakan link ke sumber aslinya di blog ini dengan keterangan (anchor text) yang jelas seperti :

  • Tulisan ini diambil dari website AriefMaulana.com
  • Sumber : AriefMaulana.com

Pelanggaran terhadap hak cipta, tulisan-tulisan di blog ini, akan saya tindak melalui DMCA (Digital Millennium Copyright Act Notice).

3) Untuk memfasilitasi diskusi ataupun kebebasan beropini terhadap tulisan-tulisan yang dimuat di blog ini, saya sediakan kolom komentar. Kolom komentar ini pun sudah saya setting bisa saling membalas komentar, sehingga Anda lebih nyaman dalam berdiskusi.

4) Tidak semua komentar yang masuk akan saya balas. Hanya komentar yang membutuhkan perhatian khusus atau respon saja. Namun demikian, saya berusaha untuk menjawab semua komentar yang masuk.

5) Saya menerapkan sistem moderasi pertama pada kolom komentar untuk mengurangi SPAM. Artinya, kalau Anda baru pertama kali meninggalkan komentar di blog ini harus melalui approve dari saya atau admin blog ini. Kalau Anda merasa sudah pernah meninggalkan komentar namun masih juga termoderasi, ada kemungkinan email yang Anda gunakan berbeda, Anda menaruh link di dalam komentar, atau ada kata-kata dalam komentar yang kurang baik sehingga termoderasi.

6) Saya berhak mengedit ataupun menghapus komentar yang masuk, terutama yang tidak etis, melakukan penyerangan, penghinaan, dan ketidaklayakan yang lainnya terhadap pengguna yang lain,  demi menjaga suasana blog ini agar tetap nyaman untuk dikunjungi dan dinikmati oleh siapapun.

7) Untuk link ke website tertentu, cukup Anda letakkan di kolom URL yang sudah disediakan (pada kolom identitas). Tidak perlu lagi dicantumkan di dalam komentar. Link-link tersebut akan saya hapus bila ditemukan, kecuali link-link tertentu yang memang saya izinkan.

8) TOS yang ditulis di halaman ini bisa berubah kapan pun dibutuhkan tanpa harus memberitahu Anda.