Oleh : Arief Maulana

Saya ingat pada Oktober 2011 kemarin, saya pernah maju ke sebuah panggung di STS (Success Training Seminar) bersama hampir separuh peserta. Disana kami mengucapkan sebuah doa yang kemudian diaminkan oleh segenap para peserta dan juga mentor-mentor bisnis. Waktu itu saya ingin menjadi Supervisor dan membuka beberapa pintu sumber income sekaligus mendapatkan level diskon terbesar (50%) untuk semua produk-produk Herbalife® yang menjadi produk pendukung dari Program Diet Mudah™ (web Personal Wellness Consultant yang saya kelola).

Dengan agak dramatis, Alhamdulillah akhirnya semua keinginan tersebut terwujud pada tanggal 2 Januari 2012. Sebenarnya tanggal tersebut sudah tidak masuk karena lewat dari Bulan Desember 2011. Namun, berhubung kantor Herbalife® libur tahun baru, akhirnya tutup bulan diundur sampai tanggal 2 Januari 2012. Yah, benar-benar berasa seperti mukjizat Allah.

Awal saya mengenal Herbalife® hanya sebagai pemakai produk. Kebetulan saya memang punya masalah dengan berat badan berlebih yang berefek pada gangguan kesehatan. Saya kenal Herbalife® melalui Mas Octa. Setelah 1 bulan menjalani program diet, ternyata saya bisa turun hingga 6,9 kg dan tubuh jadi semakin sehat. Semua dalam kontrol dan pengawasan konsultan diet saya, Mas Indra.

Karena sudah merasakan manfaat produk barulah saya memutuskan untuk membentuk Personal Wellness Consultant Team dan membantu orang-orang yang bermasalah dalam weight management. Dan untuk program diet sehatnya, dukungan produk disupport penuh oleh Herbalife®.

Tim Program Diet Mudah™
Tim Program Diet Mudah™

Bersama tim personal wellness consultant saya, kami sering mengadakan program cek kesehatan gratis meliputi analisis komposisi tubuh dan juga konsultasi nutrisi untuk program diet sehat bagi mereka yang bermasalah. Cukup lumayan juga yang sudah ikut cek kesehatan gratis ini. Dan tentu saja rata-rata pada bermasalah dengan berat badan mereka, termasuk juga yang ingin menggemukkan badan. Setelah cek, konsultan nutrisi kami akan memberikan saran-saran bagaimana mengubah pola hidup agar lebih sehat. Baik itu mengatur pola makan, maupun aktivitas-aktivitas yang bisa memperbaiki kesehatan kita.

Pelanggan saya tidak hanya datang dari program cek kesehatan gratis. Melalui website resmi Program Diet Mudah™ pun lumayan banyak. Mereka rekan-rekan dari berbagai daerah yang bermasalah dengan berat badan dan putus asa karena sudah mencoba berbagai cara namun tidak juga berhasil. Alhamdulillah, pelanggan-pelanggan yang mengikuti program kami semuanya mendapatkan hasil. Setiap kali saya menghubungi mereka untuk mengecek perkembangan, selalu ada berita menggembirakan yang kurang lebih hampir sama : “Alhamdulillah, berat badan saya berhasil turun mas. Ngga nyangka bisa juga ternyata.”

Para pelanggan kami tidak hanya turun berat badannya, namun beberapa masalah kesehatan mereka ikut teratasi saat menggunakan Herbalife®. Saya sendiri, selain saat ini sudah total berat badan turun 17 kg, beberapa masalah kesehatan seperti : migrain, maag, mudah lelah, daya tahan tubuh rendah, alergi udang, semuanya teratasi tanpa saya sadari. Alhamdulillah berkat Allah lewat Herbalife® kualitas kesehatan jadi semakin membaik.

Begitu juga dengan para pelanggan. Karena semua merasa puas dengan hasil produk Herbalife® dan program diet sehat tim kami, repeat order terus terjadi. Sampai bulan November 2011 level diskon saya masih 25% (Distributor). Namun, pada bulan Desember 2011 langsung naik menjadi 42% (Success Builder) karena omzet bulanan pembelanjaan berada di kisaran 10 juta.

Apa saya yang menggunakan produk senilai total 10 jutaan itu? Tentu saja tidak. Kebutuhan saya tidak sampai 1 juta (karena diskon). Omzet sebesar itu adalah dari repeat order pelanggan lama dan order para pelanggan baru Program Diet Mudah™.

Program Diet Mudah™ Marketing Team
Program Diet Mudah™ Marketing Team

Karena perputaran omzet hanya di kisaran 10 juta (belum sampai 40 juta untuk level Supervisor), saya sudah berpikir ya sudah lah. Tahun ini sepertinya cukup sampai di level Success Builder dengan level diskon 42%. Itu saja sudah Alhamdulillah saya bersyukur banget karena hanya berjalan 3 bulan sejak saya memulai bisnis ini.

Nah, disini drama dimulai…

Pada tanggal 24 Desember 2011, ternyata ada salah satu pelanggan kami dengan status member (dia menjadi member untuk mendapatkan harga diskon) yang datang ke acara Seminar Kesehatan dan Nutrisi. Waktu itu saya pulang ke Sidoarjo. Jadi saya titipkan mereka ke konsultan saya, Mas Indra. Setelah saya kembali ke Jakarta, saya mendapatkan kabar bahwa pelanggan ini ingin menjadi Supervisor dengan melakukan pembelanjaan pribadi senilai 40 juta (4000 VP). Katanya produk itu untuk konsumsi pribadi, sekaligus untuk dijual kembali dengan keuntungan retail s/d 50%.

Wah, saya langsung semangat. Karena menurut marketing plan, bila ada member yang menjadi Supervisor dengan pembelanjaan 4000 VP dalam 1 invoice, maka konsultan di atasnya bila melakukan pembelanjaan 1000 VP dalam bulan yang sama akan ikut naik menjadi Supervisor. Kebetulan di Bulan Desember pembelanjaan saya memang sudah 1000 VP hasil dari penjualan produk ke pelanggan member maupun non member.

Saya langsung melakukan follow up bersama konsultan senior saya. Anda tahu kapan saya follow up? Pada malam tahun baru, saat calon supervisor ini melakukan cek progress program turun berat badan mereka. Kebetulan mereka hanya ada waktu malam itu. Kata konsultan senior saya, masih ada harapan sampai tanggal 2 Januari 2012 karena kantor tahun baru libur dan tanggal akhir bulan (tutup buku) diundur (harusnya 31 Desember 2011).

Setelah follow up malam itu, saya hanya bisa berdoa. Semoga tidak menjadi omongan mentah belaka keinginan member tersebut. Seperti ajaran orang tua saya di “4 Kunci Keberhasilan Hidup“, niat sungguh-sungguh sudah, kerja keras sudah tinggal doa dan tawakkal. Kalau memang rezeki saya, insya Allah jadi Supervisor.

berdoa dan tawakkal
Berdoa dan Tawakkal

Tanggal 1 Januari 2012 pagi, mentah. Konsultan senior saya menginformasikan bahwa member saya (calon Supervisor) tersebut tiba-tiba mengurungkan niatnya, entah apa alasannya. Dia memilih untuk belanja 2500 VP saja (Qualified Producer, level diskon 42%). “Ya sudahlah. Berarti tahun 2011 memang posisi saya cukup sampai di Success Builder saja,” batin saya.

Semua tetap saya syukuri. Apalagi sorenya saya mendapatkan member baru yang melakukan pembelian produk sampai dengan 2 juta lebih. Biasa, punya problem dengan berat badan dan sudah mencoba diet berbagai cara namun tidak berhasil. Malam harinya tiba-tiba konsultan senior saya telepon, memberi kabar bahwa member calon Supervisor tadi kembali menguat keinginannya jadi Supervisor. Deadline transfer dananya adalah besok siangnya tanggal 2 Januari 2012.

Hadeeeh… sport jantung pun dimulai kembali. Pagi-pagi di kantor saya sempat kepikiran.

Untuk informasi saja, saya menjalankan bisnis ini part time. Waktu kerja saya hanya malam sepulang kantor sampai jam 9 malam di hari kerja (kerja di kost saja via online marketing) dan 2 hari ketika libur weekend (weekend ini pun kalau saya tidak ada acara senang-senang dengan teman).

Sampai jam 10.30 pagi, belum ada kabar transferan masuk. “Jangan-jangan mentah lagi,” pikir saya. Ternyata jam 11 siangnya konsultan senior kontak lagi. Seluruh transferan sudah masuk. Dan terjadilah pembelanjaan sebesar 4000 VP (40 juta) yang fenomenal itu. Saya langsung berucap, “Alhamdulillah… goal saya tahun 2011 tercapai, walau tertunda 2 hari.”. Saya dan member itu kemudian kami sama-sama menjadi Supervisor. Benar-benar mestakung kalau Allah sudah menghendaki.

Dan yang lebih menggembirakan lagi, Supervisor baru di bawah saya ini malamnya langsung mendapatkan member baru dengan pembelanjaan di atas 2 juta. Nah, rezeki tidak kemana kan. Allah yang atur semua itu.

Saya dapat pelajaran berharga disini.

Tidak sepantasnya kita berputus asa, bahkan sampai detik-detik terakhir. Berusahalah semaksimal mungkin kemudian pasrahkan total pada Allah. Jika memang itu rezeki kita, tidak akan lari kemana.

Saya sendiri sudah merasakan itu. Sampai mau nangis kadang kalau teringat. Lebay? Biar lah. Soalnya saya beberapa kali merasakan “mukjizat-mukjizat” macam ini, mulai dari zaman kuliah dulu. Sungguh sempurna Allah mengatur jalan hidup ini.

Semoga menginspirasi Anda semua untuk tidak menyerah sampai saat-saat terakhir dalam memperjuangkan goal Anda, apapun itu. Dan jangan lupa, sertakan orang lain yang menerima manfaat dari apa yang Anda kerjakan. Tugas saya belum berhenti sampai disini. Masih banyak goal-goal yang harus dikejar di tahun 2012, termasuk menebar manfaat sebanyak-banyaknya. Setidak-tidaknya saya bantu memotivasi lewat kisah nyata sederhana ini.  semoga goal-goal Anda juga tercapai. Ingat, jangan menyerah hingga detik terakhir. Harapan selalu ada. Kuasa Allah ketika Ia berkehendak melebih apapun yang bisa dibayangkan oleh manusia. Impossible is nothing.

Terakhir, terima kasih untuk Mas Octa, Mas Indra, dan juga segenap tim Personal Wellness Consultant di Program Diet Mudah™. Senang bisa bekerjasama dengan kalian semua.

The Story of Supervisor – Tidak Menyerah Hingga Detik Terakhir
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

53 thoughts on “The Story of Supervisor – Tidak Menyerah Hingga Detik Terakhir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,432 bad guys.