Hari terakhir di tahun 2010. Itu artinya, sudah waktunya saya melakukan evaluasi terhadap pencapaian goal dan membuat resolusi baru di tahun 2011. Terus terang saja, saya termasuk orang yang bekerja dengan berorientasi pada goal. Rasanya hidup lebih hidup kalau kita punya goal yang harus dikejar.

Satu yang ingin saya tekankan adalah, semua usaha dan pencapaian tersebut tidak akan ada artinya tanpa izin dari Allah. Itulah mengapa saya bersyukur sekali. RencanaNya begitu indah dan sempurna. Seakan-akan dituntun langkah demi langkah menemukan setiap solusi dari permasalahan.

Lulus Kuliah

Pencapaian Pertama yang paling berpengaruh di Tahun 2010 adalah kelulusan saya dari bangku kuliah. Bukannya apa, di awal ini menjadi beban untuk mengeksekusi seluruh rencana-rencana yang saya buat di akhir tahun 2009 dalam bentuk resolusi 2010. Ketika akan mengeksekusi, fokus tidak maksimal karena beban berpikir lagi-lagi harus dibagi dengan beban menyelesaikan studi di kampus.

Wisudawan 101 Teknik Perkapalan ITS

Marine Engineering and Consultant

Ini yang sangat saya syukuri. Sebelum prosesi wisuda dilaksanakan, alhamdulillah saya sudah diterima kerja di perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang Marine Engineering and Consultant. Ini juga bagian dari apa yang pernah saya tulis di wishlist book. Sabtu siang saya di wisuda, Minggu sore keesokan harinya saya sudah berangkat ke Jakarta.

Pekerjaan yang saya lakukan pun terbilang enak. Sehingga saya bisa begitu menikmatinya. Mungkin karena sesuai dengan apa yang diinginkan kali yah, sehingga ada perasaan gimana gitu. Meski dulu awalnya mikir juga, kenapa saya tidak bisa lulus tepat waktu. Ternyata kehendakNya adalah saya lulus di waktu yang tepat. Sekali lagi thanx to Allah.

Failed Resolution

Tidak semua goal yang kita tuliskan akan tercapai, dan itu yang terjadi. 2 resolusi penting yang tidak tercapai di tahun 2010 antara lain :

  1. Menyelesaikan The Simple Internet Selling V.2″
  2. Menerbitkan buku “You Are The Best Motivator

Penulisan ebook TSIS v.2 sebenarnya sudah berjalan. Bahkan mungkin kurang beberapa bab. Namun, seperti yang saya bilang di atas, menjelang akhir perkuliahandi masa-masa skripsi fokus terpaksa dialihkan untuk menyelesaikan studi. Disamping itu, beberapa website  yang menjadi rujukan saya melakukan perubahan tampilan dan sistem, sehingga dirasa perlu untuk melakukan pengambilan screen shot ulang. Lepas dari itu semua, terima kasih untuk apresiasinya bagi yang sudah mendownload dan mempraktekkannya.

Di pertengahan tahun 2010 seingat saya pernah kopdar dengan Mas Umar Puja Kesuma. Waktu itu beliau pernah menanyakan kenapa tidak coba menerbitkan sebuah buku. Berangkat dari sana lah keinginan saya menerbitkan buku semakin kuat. Sayangnya. Waktunya yang tidak terkejar.

Sampai saat ini proses editing belum selesai. Kira-kira masih kurang 20 bab lagi yang perlu diedit. Kalau  yang lain-lainnya sudah siap semua, mulai dari Cover Designer + Layouter buku hingga percetakan yang siap mencetak buku sesuai pesanan.

Untuk internet marketing sendiri, di tahun 2010 banyak saya kurangi porsinya, tidak seperti tahun 2008 atau 2009. Praktis secara pendapatan pun menurun. Meski begitu hasil yang masuk masih amat sangat layak untuk disyukuri. Mungkin nanti saya genjot lagi di 2011. Beberapa rencana membangun website baru pun sudah saya siapkan, termasuk sistem newsletternya.

What Next on 2011?

Next on 2011
Next on 2011

Prioritas utama saya di 2011 adalah menyelesaikan 2 hal yang tertunda di atas. Selain itu, saya juga ingin membenahi sistem yang selama ini saya gunakan dalam menjalankan bisnis internet marketing. Harapannya tentu saja menggenjot penghasilan dari sana.

Dsamping itu, setelah berkonsultasi dengan beberapa teman mungkin di tahun berikutnya saya mencoba berinvestasi di emas. Paling tidak untuk mengamankan simpanan yang dimiliki agar tidak termakan oleh inflasi ke depannya seiring dengan makin terpuruknya mata uang dollar dari hari ke hari (reference : GeraiDinar.com).

Internet marketing? Tetap jalan dengan beberapa perubahan sebagaimana yang sudah saya singgung di atas. Sayang potensi bagus kalau tidak dimanfaatkan. Persaingan jelas semakin ketat di 2011. Tapi justru dengan demikian memaksa kita untuk lebih kreatif dan inovatif. Tidak hanya sekedar ATM yang mungkin saat kebanyakan hanya fokus di bagian TIRU bukan pada bagian MODIFIKASI.

Karir? Sepertinya saya masih betah di perusahaan yang sekarang. Belum ada niat pindah. Tapi entah nanti pertengahan tahun 2011. Yang penting menyelesaikan dulu proyek pembangunan kapal riset yang sekarang.

Saya kira itu. Sekali lagi terima kasih kepada Allah untuk semua rencana indahNya di tahun 2010. Saya masih tetap yakin nanti di tahun 2011 (yang tinggal beberapa jam lagi), Allah masih punya segudang rencana indah untuk saya. Meski harus melalui beberapa perjuangan.

Bagaimana dengan Anda di tahun 2010? Apa target Anda selanjutnya di tahun 2011?

Salam Sukses,
arief maulana
space

Terima Kasih Untuk RencanaMu Yang Indah di 2010
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

71 thoughts on “Terima Kasih Untuk RencanaMu Yang Indah di 2010

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,416 bad guys.