Teorinya Mudah, Tapi Prakteknya?

Oleh : Arief Maulana

Teori dan Praktek

Teori dan Praktek

Pelan tapi pasti, bisnis distribusi makanan sehat yang saya bangun lewat website Program Diet Mudah mulai menampakkan hasil. SMS maupun email yang menanyakan seputar konsep diet sehat maupun order produk pendukung untuk diet sehat dan mudah pun mulai banyak.

Saya bukan tipikal penjual yang harus memaksakan produk tertentu kepada calon pelanggan. Saya lebih suka memberikan alternatif solusi kepada mereka. Mencoba menggali apa kebutuhan mereka. Karena belum tentu produk kita menjadi solusi atas masalah yang mereka miliki. Paling tidak kita bisa berikan arahan atau informasi yang berguna bagi mereka. 

Singkat kata, tadi pagi ada sms dari Mbak Cica. Dia menanyakan bagaimana cara diet sehat untuk menurunkan berat badan. Yang bersangkutan juga sudah mencoba berbagai obat diet, namun yang terjadi malah sakit dan masuk rumah sakit. Saya pun memberikan 2 solusi. Yang butuh perjuangan super keras dan yang agak santai dengan Herbalife. Pilihan tetap ada di tangan Mbak Cica.

Apa yang terjadi kemudian? Mbak Cica membalas kepada saya dengan mengatakan bahwa teori itu mudah. Tapi prakteknya sulit. Saya pun turut menimpali, “Memang. Untuk menjaga kesehatan saja saat ini sulit, mengingat apa yang kita makan sehari-hari kebanyakan tidak sehat. Belum lagi pola hidup masyarakat modern yang jelas-jelas tidak sehat. Apalagi untuk berhasil dalam diet.”

Apa Dan Seberapa Kuat Motivasi Kita ?

Kasus di atas hanyalah contoh dari sedemikian banyak kasus serupa dengan permasalahan yang berbeda. Kerapkali si problem solver sudah memberikan solusi yang sifatnya applicable alias bisa dipraktekkan dan sudah ada bukti nyata sebagai hasil, namun kita berdalih dengan mengatakan “Teorinya mudah, tapi prakteknya?”

Sadarlah wahai rekan-rekan, tidak semua hal di dunia ini mudah untuk dilakukan. Makin besar goal yang ingin kita wujudkan, tentu membutuhkan effort yang lebih juga. Memang benar, bicara tentu lebih mudah daripada prakteknya. Tapi kalau tidak praktek karena merasa malas atau minder akibat terbayang kerja keras dan ribetnya perjuangan yang harus dilakukan, ya tidak akan ada hasil yang diperoleh.

Maka, semua akan kembali lagi ke diri kita. Apa motivasi kita dan seberapa kuat motivasi tersebut? Sebagai contoh, mereka yang mau diet dengan goal turun berat badan (untuk naik berat badan atau menjaga berat badan pun WAJIB DIET). Saya akan selipkan pertanyaan tentang motivasi mereka apa sehingga melakukan diet. Kalau cuma sekedar saja, percuma. Saya rasa akan putus di tengah jalan atau program diet gagal dan berat badan naik kembali. Karena diet adalah tentang kontrol terhadap apa yang kita makan dan pembentukan kebiasaan baru yang lebih sehat.

Seberapa besar motivasi Anda?

Seberapa besar motivasi Anda?

Kalau motivasi sudah ada, maka pertanyaan selanjutnya adalah seberapa besar motivasi tersebut hingga mampu menggerakkan kita keluar dari zona nyaman dan memperjuangkan goal-goal yang kita miliki. Kalau kata Tung Desem Waringin, harus ada alasan yang sangat kuat.

Ketika motivasinya bagus dan kuat, maka rintangan seberat apapun akan terlewati. Ingat kata Merry Riana? Makin sulit jalan yang kita hadapi biasanya keberhasilan itu sudah berada sangat dekat. Tinggal kita mampu bertahan atau tidak. Semua itu hanyalah soal pilihan. Bukankah hidup ini pilihan, mau berhasil atau tidak pilihan ada di tangan kita semua.

Teorinya mudah, prakteknya mungkin sulit, tapi dengan motivasi dan kegigihan kita tidak ada goal yang tidak mungkin tercapai. So, let’s fight for our goal. Have nice day.

66 Responses to Teorinya Mudah, Tapi Prakteknya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 400,610 bad guys.

Advertisement

Daftarkan diri Anda di newsletter saya secaca GRATIS & saya akan berikan informasi yang akan membantu bisnis pertama Anda, mulai dari sekarang.

First name

E-mail address

Privasi Anda sangat penting buat saya & Anda boleh mengundurkan diri setiap saa.t

Kategori Tulisan
Arsip