Teorinya Mudah, Tapi Prakteknya?

Oleh : Arief Maulana

Teori dan Praktek
Teori dan Praktek

Pelan tapi pasti, bisnis distribusi makanan sehat yang saya bangun lewat website Program Diet Mudah mulai menampakkan hasil. SMS maupun email yang menanyakan seputar konsep diet sehat maupun order produk pendukung untuk diet sehat dan mudah pun mulai banyak.

Saya bukan tipikal penjual yang harus memaksakan produk tertentu kepada calon pelanggan. Saya lebih suka memberikan alternatif solusi kepada mereka. Mencoba menggali apa kebutuhan mereka. Karena belum tentu produk kita menjadi solusi atas masalah yang mereka miliki. Paling tidak kita bisa berikan arahan atau informasi yang berguna bagi mereka. 

Singkat kata, tadi pagi ada sms dari Mbak Cica. Dia menanyakan bagaimana cara diet sehat untuk menurunkan berat badan. Yang bersangkutan juga sudah mencoba berbagai obat diet, namun yang terjadi malah sakit dan masuk rumah sakit. Saya pun memberikan 2 solusi. Yang butuh perjuangan super keras dan yang agak santai dengan Herbalife. Pilihan tetap ada di tangan Mbak Cica.

Apa yang terjadi kemudian? Mbak Cica membalas kepada saya dengan mengatakan bahwa teori itu mudah. Tapi prakteknya sulit. Saya pun turut menimpali, “Memang. Untuk menjaga kesehatan saja saat ini sulit, mengingat apa yang kita makan sehari-hari kebanyakan tidak sehat. Belum lagi pola hidup masyarakat modern yang jelas-jelas tidak sehat. Apalagi untuk berhasil dalam diet.”

Apa Dan Seberapa Kuat Motivasi Kita ?

Kasus di atas hanyalah contoh dari sedemikian banyak kasus serupa dengan permasalahan yang berbeda. Kerapkali si problem solver sudah memberikan solusi yang sifatnya applicable alias bisa dipraktekkan dan sudah ada bukti nyata sebagai hasil, namun kita berdalih dengan mengatakan “Teorinya mudah, tapi prakteknya?”

Sadarlah wahai rekan-rekan, tidak semua hal di dunia ini mudah untuk dilakukan. Makin besar goal yang ingin kita wujudkan, tentu membutuhkan effort yang lebih juga. Memang benar, bicara tentu lebih mudah daripada prakteknya. Tapi kalau tidak praktek karena merasa malas atau minder akibat terbayang kerja keras dan ribetnya perjuangan yang harus dilakukan, ya tidak akan ada hasil yang diperoleh.

Maka, semua akan kembali lagi ke diri kita. Apa motivasi kita dan seberapa kuat motivasi tersebut? Sebagai contoh, mereka yang mau diet dengan goal turun berat badan (untuk naik berat badan atau menjaga berat badan pun WAJIB DIET). Saya akan selipkan pertanyaan tentang motivasi mereka apa sehingga melakukan diet. Kalau cuma sekedar saja, percuma. Saya rasa akan putus di tengah jalan atau program diet gagal dan berat badan naik kembali. Karena diet adalah tentang kontrol terhadap apa yang kita makan dan pembentukan kebiasaan baru yang lebih sehat.

Seberapa besar motivasi Anda?
Seberapa besar motivasi Anda?

Kalau motivasi sudah ada, maka pertanyaan selanjutnya adalah seberapa besar motivasi tersebut hingga mampu menggerakkan kita keluar dari zona nyaman dan memperjuangkan goal-goal yang kita miliki. Kalau kata Tung Desem Waringin, harus ada alasan yang sangat kuat.

Ketika motivasinya bagus dan kuat, maka rintangan seberat apapun akan terlewati. Ingat kata Merry Riana? Makin sulit jalan yang kita hadapi biasanya keberhasilan itu sudah berada sangat dekat. Tinggal kita mampu bertahan atau tidak. Semua itu hanyalah soal pilihan. Bukankah hidup ini pilihan, mau berhasil atau tidak pilihan ada di tangan kita semua.

Teorinya mudah, prakteknya mungkin sulit, tapi dengan motivasi dan kegigihan kita tidak ada goal yang tidak mungkin tercapai. So, let’s fight for our goal. Have nice day.

  1. Segala sesuatu memang perlu perjuangan dan komitmen,karena bila kita membuat komitmen maka kita akan berjuang untuk melewati berbagai tantangan yang datang, dan kalau semua bisa berjalan sesuai komitmen maka pasti akan mendapatkan hasil yang maksimal. Sukses ya Mas untuk setiap penjualan produk dietnya.
    Franky T recently posted..TIPS MEMBUAT PRODUK INFORMASIMy Profile

  2. herbal kanker kulit says:

    bagi orang2 kutu buku mungkin teori lebih mudah..tp coba deh suruh praktek biasanya sieh mereka suka kesulitan..tp ga tau juga sieh klao yg lainya..

  3. Ya Begitulah,,,, Praktek memang tidak semudah teori, tapi tanpa teori apa yang mau di praktekkan. Dalam hal tersebut diatas seharusnya rekan bersyukur karena karena telah memiliki pembimbing yan teruji, tegas dan tulus.
    Kalau ingin cepat dapat hasilnya kudu yakin, yakin, yakin + sedekah.
    btw saya sendiri gak perlu diet karena udah kurus…
    Suprianto recently posted..ENJOY WITH MLM ONLINE OTOMATIS ABENETWORK!My Profile

  4. “Makin besar goal yang ingin kita wujudkan, tentu membutuhkan effort yang lebih juga”

    sepakat dengan amat sangat.. :D
    ketika teori tak sama dengan praktek, mungkin kitanya yang kurang istiqomah, kurang sabaran, dan maybe, faktor X yang paling penting, otak kita menolak teori yang kita lakukan, alias setengah2, ada sikap ragu dan gag percaya.. bisa jadi lho itu, pengalaman begitu soalnya.. hehe.. :D :hihi:
    Yuga Eko recently posted..Belajar itu Menyenangkan!My Profile

  5. Saya selalu percaya dengan kata2: ‘If the WHY is big enough, the HOW is usually not a problem’.

    Jadi menemukan ‘alasan’ untuk sukses adalah jalan terbaik, ketimbang memikirkan ‘bagaimana’ caranya untuk ke sana.

  6. lukman nulhakiem says:

    Sulit untuk memulai adalah masalah terbesar yang pernah saya alami. Banyak buku yang saya baca, banyak ebook dan video training yang saya sudah pelajari tapi, tetap saja tanpa keberanian dan tekad yg kuat teori yg begitu banyak tidak berarti apa.
    Setelah memutuskan untuk berhenti “membeli teori” dan mulai praktek, maka terbukalah segala rahasia yang selama ini saya impikan.
    lukman nulhakiem recently posted..How to be Eligible to Free e Magazines SubscriptionMy Profile

  7. Saya seing banget nerima kata-kata seperti itu ketika memberikan motivasi atau memberikan solusi ke temen-temen saya. Tapi ya sudahlah yang penting saya udah ngalamin bagaimana pikiran kita akan berpengaruh terhadap tindakan kita. jadi menurut saya jangan menyerah untuk terus memberikan yang positif, meskipun baru sebatas teori. Insyaalah teori itu akan jdi kenyataan kalo sering kita ulang-ulang.
    azam recently posted..Mau Bangun Bisnis? Wajib Tahu Ini DuluMy Profile

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,788 bad guys.