Takut Sukses

Oleh : Arief Maulana

takut sukses

Terima kasih untuk rekan-rekan yang sesekali konsultasi. Dari Anda semua saya mendapatkan banyak inspirasi untuk terus menulis dan berbagi. Kali ini saya ingin berbagi ketakutan. Ya, saya akan meneror Anda dengan ketakutan.

Beberapa waktu yang lalu sempat ada orang yang SMS ke saya. Biasa, bertanya soal bisnis internet yang katanya adalah bisnis cepat kaya dan mudah untuk dijalankan. Orang tersebut kemudian lantas bertanya kepada saya untuk mengonfirmasikan apakah benar bisnis internet itu mudah.

Awalnya, dia menanyakan apakah bisnis google adsense itu mudah, mengingat memiliki penghasilan dalam bentuk dollar itu cukup menggiurkan. Jawab saya, “Wah, saya kurang tahu mas. Soalnya saya ngga terjun langsung di adsense. Spesialisasi saya di affiliate marketing. Tapi sepertinya SUSAH.”

Belum puas, dia pun bertanya apakah bisnis affiliate itu mudah? Saya jawab juga, “Bisnis affiliate itu SUSAH. Tidak semudah yang dibayangkan!”. Saya malah simpulkan lagi, “Apapun bisnisnya, TIDAK ADA YANG MUDAH. Semuanya membutuhkan proses dan WAKTU.” Dari ekspresi sms terakhirnya, saya menangkap ada sedikit kekecewaan mengingat 3 statement dari saya isinya : SUSAH, SUSAH, TIDAK ADA YANG MUDAH.

Anda tahu kenapa dia kecewa? Orang itu sebenarnya secara tidak langsung sudah memberitahukan kepada saya bahwa dia TAKUT UNTUK SUKSES. Orang tersebut ingin sukses, tapi dia takut sukses sehingga ujung-ujungnya orang ini sulit untuk sukses. Takut dengan semua prosesnya.

Bingung? Begini rekan-rekan. Alam pikiran kita pada dasarnya terdiri dari 2 macam : alam sadar dan alam bawah sadar. Dari 2 alam pikiran ini, alam bawah sadar memegang peranan yang penting hingga mempengaruhi lebih dari 80% tindakan kita. Ini bekerja otomatis tanpa kita sadari, layaknya sebuah program dalam komputer. Begitu pemrograman selesai, maka dia berjalan otomatis.

Proses pemrograman alam bawah sadar ini, sangat dipengaruhi oleh masukan-masukan yang kita terima setiap waktu. Bila masukan-masukan tersebut kebanyakan adalah hal-hal negatif, maka akan membentuk belief system (sistem kepercayaan) dalam alam bawah sadar yang sifatnya negatif.

Kalau sudah masuk dan melekat kuat, maka tindakan-tindakan yang kita lakukan tanpa disadari akan mengarah pada hal-hal negatif, termasuk didalamnya kegagalan berulang yang tidak berakhir pada kesuksesan.

Seperti kata Mario Teguh, tidak ada orang gagal. Semua orang pasti sukses. Hanya suksesnya berbeda. Yang satu SUKSES MEMBUKTIKAN BAHWA DIA BERHASIL, sementara yang lain SUKSES MEMBUKTIKAN BAHWA DIA GAGAL.

Nah, kalau sudah begini ada dua pilihan yang bisa dilakukan. Pertama membiarkan saja hidup Anda berjalan dalam program negatif atau kedua, memrogram ulang belief system dalam alam bawah sadar Anda.

Bagaimana caranya? Silahkan cari jawabannya di 2 buku : MANAGE YOUR MIND FOR SUCCESS dan THE SECRET OF MINDSET. Keduanya karangan Adi W.Gunawan (re-educator and mind navigator). Sengaja tidak saya kupas, agar Anda membaca dan mempraktekkan sendiri proses reprogramingnya.

Jadi, hati-hati dengan lingkungan sekitar Anda. Karena tanpa disadari mereka bisa memberi masukan negatif kepada Anda. Mulai dari TV (tayangan ngga bermutu), teman (non produktif), keluarga, dll. Salah satu upaya untuk membantu membentuk filter positif adalah dengan membaca buku-buku positif yang mengimbangi arus informasi negatif.

Kalau cara mendeteksi orang takut sukses itu mudah, tunjukan saja beberapa jalan berliku dan hambatan yang kemungkinan mereka hadapi. Mereka yang takut sukses, biasanya udah keder duluan. Males dan enggan meneruskan upayanya. Bahasa mudahnya kalah sebelum berperang. Tapi bagi yang berani, terobos saja. Kalau perlu babat alas, tidak masalah.

Nah, rekan-rekan, Anda orang yang berani sukses atau takut sukses?

Salam Sukses,
arief maulana
space

    • @Maksum Priangga, banyak orang takut sukses karena takut nanti bayar pajak, takut ada yang minta kerjaan, takut di pinjam uangnya dan lainnya..

      cara paling mudah biar berani sukses adalah bergaul dan berteman dengan orang yang sudah sukses

      :iloveindonesia

  1. Assalamu’alaikum, saya setuju dengan Anda. Dalam beberapa bulan ini saya belajar untuk mencoba berbisnis internet. Saya sudah menciptakan produk (perangkat lunak untuk praktek dokter), sesuai anjuran Pak Joko Susilo, sudah membuat Weblog … ternyata tidak mudah, harus bersabar dan belajar lebih keras memperbaiki produk dan memperbaiki penampilan weblog, dsb. Wasalam.

    • online-business-story.com says:

      @mazton, numpang ya…. :D

      banyak orang yang berdalih terhadap rasa takut suksesnya. Sehingga mereka melakukan pembenaran terhadap situasi dan kondisi yang berada dipada dirinya.

      Mereka selalu berpikir, iyalah mereka bisa kaya, bapaknya orang kaya juga. Sayakan anak tunggal, jadi saya ini memang manja… dst …dst

      BUkan hanya mereka, saya pun terkadang berpikir seperti itu. Tolong ingatkan saya kawan :)

  2. Bener banget mas, sugesti dalam diri kita sangat mempengaruhi tindakan kita tentunya mempengaruhi tahapan untuk sukses juga… Hidup ini bukan menghilangkan resiko, tapi mengelola resiko.. Maju teruszzz :wooo:

  3. rasa takut sukses tsb seringkali sedemikian masuk akal, bagaikan sebuah kebenaran hakiki sehingga sulit terdeteksi. Padahal hanya pembenaran pribadi karena malas berkreasi mencari solusi, hihihi..

  4. kecewa? itu pilihan dia, kalo saya sih justru penasaran..
    yang gampang justru bikin curiga.
    masuk surga juga susah, tapi orang tetep aja pengen..
    mau gampang? masuk neraka tuh.. gampang banget, gratis lagi!

  5. wah.. kayaknya mingu ini artikel tentang sukses lagi maknyus. barusana saya keluarin tentang sukses itu hanya masalah waktu, disini takut sukses, bentar agi saya akan kupas, mengapa sukses itu menjadi sulit.

    ada yang salah persepsi dengan definisi sukses mas. ini yang perlu di perjelas supaya sukses itu terasa dekat dan nyaman. berikutnya deh saya posting…

  6. BERANI GAGAL = BERANI SUKSES, sukses itu berawal dari pandangan dan cara berpikir orang yg bersangkutan. Kesuksesan bukan untuk orang yang TAKUT untuk GAGAL,, sekian dan terima kasih :sip: (cuma inget aja apa yang pernah saya baca di salah satu buku)

  7. good motivation.. i’m agree with u mas arief.. success depend on personal so do not be afraid to try better job.. everything has risk but it depend on us to anticipate it. many people said that “high risk high profit” so if someone be brave to do job with high risk i’m sure that he will get succes soon.. never give up for starting job and must believe to our capability because everyone can get success… :sip:

  8. Kalo saya lihat sukses itu hanya cara pandang orang terhadap suatu hal yah, contohnya hari ini saya berhasil menyelesaikan 1 artikel blog dan saya menilai bahwa saat ini saya sudah sukses menghilangkan rasa malas dengan menyelesaikan tulisan…
    Tapi mungkin beda ceritanya dengan pembaca artikel tersebut yang bisa saja menganggap “artikel kaya gini kok ditampilin sih” :) , yup itu cuma opini mas, moga-moga jangan yah..hehe..

    Tapi dibalik semua itu penilaian sukses obyektif saya rasa yang datang dari orang lain.

    Nice artikel mas,

  9. bisnis online, bisnisonline,formula bisnis, formulabisnis,bisnis joko says:

    Sukses, Siapa takut ?
    Ingin Sukses kunci ada pada “AKU” di blognya legimin.com
    Coba aja berkunjung ke sana ! :shakehand2

  10. MasterClickCom says:

    Gitu aja kok takut :nangis:

    Semua hal di sekeliling dan sehari-hari itu positif dan klo diakumulasi tiap hari akan menjadi sesuatu kekuatan yg luar biasa.
    :sip:

  11. Wajar mas kalau orang yang baru pertama kali kenal bisnis internet dari browsing pasti seperti itu, saya juga gitu soalnya.. Yang paling pasti adalah karena dia baca copywriting di website yang iming2 kerjaan mudah bisa cepet kaya..Tapi emang kalau dia pengecut pasti mundur dan bilang bisnis internet itu penipuan cuma karena dia gak mau susah aja.:melet:

  12. OnlineBisnisCorner says:

    tayangan-tayangan televisi seperti sinetron sangat mempengaruhi cara pikir generasi muda jaman sekarang yang menganggap segala sesuatu bisa dilakukan secara instan.padahal segala sesuatu pasti memerlukan proses,usaha dan kerja keras

  13. Pingback: Vierdien's Blog
  14. wah Mas,,soal program pikiran ini dah lama saya denger..dan sekali waktu saya praktekkan juga..tapi kadang-kadang muncul lagi hal-hal negatif..gimana ya supaya bisa dipertahankan thu pikiran positif?ditengah lingkungan saya mungkin yang negatif??

    • arief maulana says:

      @athena, ada 2 jalan. 1 pindah ke lingkungan yg positif. 2 kalau tidak memungkinkan, imbangi dengan buku-buku positif.

      Baca dan praktekkan.

  15. Perasaan takut sie wajar, namanya juga manusia, tapi bukan berarti berhenti berusaha cuma gara-gara takut, belum tentu kesulitan yang dihadapi bakal sesusah yang dibayangkan. Berusaha aja dulu, klo menghadapi kesulitan kan bisa tanya sana-sini, or utak-atik sampe pusing :puyeng: Daripada gak pernah nyoba karena takut, bakal penasaran seumur hidup, jangan-jangan malah jadi hantu penasaran nanti :setan:

  16. Perasaan takut itu sering muncul ketika harus memulai sesuatu, padahal jika berhasil mengalahkannya hal ini akan membawa kita dekat dengan kesuksesan.

  17. Takut sukses, ya. Kalau saya bilang tidak mau capek dan berjuang (wegah rekoso) dan yang pasti tidak menghargai proses (perjuangan).
    Kedua mungkin juga tidak memahami bahwa perjalanan yang kita lalui adalah juga proses agar kita siap menerima kesuksesan. Orang yang mendadak dapat banyak duit, dari lotere misalnya, biasanya duitnya juga segera habis. Karena dia tidak siap.
    Ketiga mungkin juga tidak mengetahui bahwa kegagalan adalah bagian dari (perjalanan menuju) sukses.

    • arief maulana says:

      @ipul, betul pak. pergaulan akan mempengaruhi pola pikir kita.

      bahkan bila bergaul dengan orang-orang yang positif, mereka biasanya dengan sukarela mau memotivasi kita saat down!

  18. ya becul bedanya orang sukses gagal selalu banyak mengeluh pada saat awal.dan orang sukses berhasil selalu membobol apa yang ada di hadapannya,apapun resiko terberat yang akan dia hadapi.rawe-rawe rantas malang-malang putung…

    begitu ya mas arif?

  19. Mas. WJ- Mr. Komisi says:

    Ketakutan..? perangkat manusia ciptaan Tuhan itu pasti, solusinya nimbrung terus di Warung-BLOG nya Mas Arief. Pelan tapi pasti: Hilang Takutnya, PD Bonusnya gak percaya..? Buktikan

  20. Salam kenal u Anda Mas Arief. Menggapai sukses itu layaknya sebuah peetempuran. Hilangkan ketakutan tumbuhkan keberanian.
    Lalu,jadikan keberanian menjadi kemenangan.

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,681 bad guys.