Oleh : Arief Maulana

takut sukses

Terima kasih untuk rekan-rekan yang sesekali konsultasi. Dari Anda semua saya mendapatkan banyak inspirasi untuk terus menulis dan berbagi. Kali ini saya ingin berbagi ketakutan. Ya, saya akan meneror Anda dengan ketakutan.

Beberapa waktu yang lalu sempat ada orang yang SMS ke saya. Biasa, bertanya soal bisnis internet yang katanya adalah bisnis cepat kaya dan mudah untuk dijalankan. Orang tersebut kemudian lantas bertanya kepada saya untuk mengonfirmasikan apakah benar bisnis internet itu mudah.

Awalnya, dia menanyakan apakah bisnis google adsense itu mudah, mengingat memiliki penghasilan dalam bentuk dollar itu cukup menggiurkan. Jawab saya, “Wah, saya kurang tahu mas. Soalnya saya ngga terjun langsung di adsense. Spesialisasi saya di affiliate marketing. Tapi sepertinya SUSAH.”

Belum puas, dia pun bertanya apakah bisnis affiliate itu mudah? Saya jawab juga, “Bisnis affiliate itu SUSAH. Tidak semudah yang dibayangkan!”. Saya malah simpulkan lagi, “Apapun bisnisnya, TIDAK ADA YANG MUDAH. Semuanya membutuhkan proses dan WAKTU.” Dari ekspresi sms terakhirnya, saya menangkap ada sedikit kekecewaan mengingat 3 statement dari saya isinya : SUSAH, SUSAH, TIDAK ADA YANG MUDAH.

Anda tahu kenapa dia kecewa? Orang itu sebenarnya secara tidak langsung sudah memberitahukan kepada saya bahwa dia TAKUT UNTUK SUKSES. Orang tersebut ingin sukses, tapi dia takut sukses sehingga ujung-ujungnya orang ini sulit untuk sukses. Takut dengan semua prosesnya.

Bingung? Begini rekan-rekan. Alam pikiran kita pada dasarnya terdiri dari 2 macam : alam sadar dan alam bawah sadar. Dari 2 alam pikiran ini, alam bawah sadar memegang peranan yang penting hingga mempengaruhi lebih dari 80% tindakan kita. Ini bekerja otomatis tanpa kita sadari, layaknya sebuah program dalam komputer. Begitu pemrograman selesai, maka dia berjalan otomatis.

Proses pemrograman alam bawah sadar ini, sangat dipengaruhi oleh masukan-masukan yang kita terima setiap waktu. Bila masukan-masukan tersebut kebanyakan adalah hal-hal negatif, maka akan membentuk belief system (sistem kepercayaan) dalam alam bawah sadar yang sifatnya negatif.

Kalau sudah masuk dan melekat kuat, maka tindakan-tindakan yang kita lakukan tanpa disadari akan mengarah pada hal-hal negatif, termasuk didalamnya kegagalan berulang yang tidak berakhir pada kesuksesan.

Seperti kata Mario Teguh, tidak ada orang gagal. Semua orang pasti sukses. Hanya suksesnya berbeda. Yang satu SUKSES MEMBUKTIKAN BAHWA DIA BERHASIL, sementara yang lain SUKSES MEMBUKTIKAN BAHWA DIA GAGAL.

Nah, kalau sudah begini ada dua pilihan yang bisa dilakukan. Pertama membiarkan saja hidup Anda berjalan dalam program negatif atau kedua, memrogram ulang belief system dalam alam bawah sadar Anda.

Bagaimana caranya? Silahkan cari jawabannya di 2 buku : MANAGE YOUR MIND FOR SUCCESS dan THE SECRET OF MINDSET. Keduanya karangan Adi W.Gunawan (re-educator and mind navigator). Sengaja tidak saya kupas, agar Anda membaca dan mempraktekkan sendiri proses reprogramingnya.

Jadi, hati-hati dengan lingkungan sekitar Anda. Karena tanpa disadari mereka bisa memberi masukan negatif kepada Anda. Mulai dari TV (tayangan ngga bermutu), teman (non produktif), keluarga, dll. Salah satu upaya untuk membantu membentuk filter positif adalah dengan membaca buku-buku positif yang mengimbangi arus informasi negatif.

Kalau cara mendeteksi orang takut sukses itu mudah, tunjukan saja beberapa jalan berliku dan hambatan yang kemungkinan mereka hadapi. Mereka yang takut sukses, biasanya udah keder duluan. Males dan enggan meneruskan upayanya. Bahasa mudahnya kalah sebelum berperang. Tapi bagi yang berani, terobos saja. Kalau perlu babat alas, tidak masalah.

Nah, rekan-rekan, Anda orang yang berani sukses atau takut sukses?

Salam Sukses,
arief maulana
space

Takut Sukses
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:                     

119 thoughts on “Takut Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,551 bad guys.