Oleh : Arief Maulana

Seminar Singkat Menjadi Supervisor handal

Apa yang Anda bayangkan ketika mendengar kata supervisor? Keren, banyak duit, punya anak buah, dll. Tapi ketika kemarin (sabtu, 6 Des ’08) saya mengikuti Seminar Supervisory Management, saya baru tahu ternyata supervisor itu sengsara.

Seminar ini diadakan oleh selama 3 jam, di Ruang Seminar FTK – ITS. Pembicaranya adalah Taufan Fara Adryan, Purchasing Supervisor PT. Trans-Pacific Petrochemical Indotama (satu-satunya perusahaan swasta yang diberi wewenang untuk mengolah 1 dari 8 kilang minyak di Indonesia, yang mana 7 lainnya dikelola oleh Pertamina).

Walaupun dibawakan dengan cukup sederhana, seminar ini dibanderol Rp.6.000.000,- / orang. Mahal banget mas? Pasti. Lha terus, apa yang membuat saya berani ngotot buang uang banyak hanya untuk ikut seminar 3 jam? Ntar dibawah saya bocorkan rahasianya dibawah. Jadi dibaca terus. Hehehe… 

Oke balik lagi ke materi. Kenapa menjadi Supervisor itu sengsara? Karena seorang supervisor harus mampu menjembatani dua kepentingan yang berbeda dan bertolak belakang.

Menoleh ke bawah, supervisor dihadapkan pada kepentingan bawahan yang notabene berorientasi pada kesejahteraan dan kemanusiawian. Sementara itu pihak atasan (manager), memiliki kepentingan yang orientasinya pelaksanaan tugas, pencapaian target, produktivitas, dll. Artinya, setiap saat bisa saja kita akan dihadapkan pada konflik antar kepentingan.

Secara garis besar, materi dari supervisory management dibagi menjadi 4 tujuan utama : (1) Pemahaman peranan supervisor; (2) Penerapan dasar-dasar kepemimpinan efektif; (3) Teknik pendelegasian yang efektif; (4) Teknik memotivasi bawahan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Mantep ngga? Makanya dibanderol seharga 6 juta.

Satu hal yang menarik bahwasanya ketika kita akan menduduki posisi sebagai seorang supervisor, maka kita dituntut untuk sedikit mengerti masalah psikologi dan karakter orang. Ini menjadi hal yang amat penting. Mengapa? Karena tim kerja kita (bawahan) tersusun atas berbagai manusia yang berbeda satu sama lainnya. Dengan pemahaman psikologi dan karakteristik dasar, maka semua perbedaan itu bisa kita sinergikan menjadi produktivitas yang luar biasa. Ini juga berguna ketika kita akan berhadapan dengan para manager yang akan kita ajak berkomunikasi.

Dan yang tak kalah pentingnya adalah seorang supervisor mesti bisa menjadi seorang motivator. Tidak hanya untuk memotivasi rekan tim kerjanya, namun yang jauh lebih penting adalah bagaimana Anda bisa memotivasi diri sendiri. Salah satu hukum kepemimpinan adalah tindakan berbicara lebih keras dari kata-kata. Bagaimana Anda mau memotivasi orang lain, kalau Anda tidak bisa memotivasi diri sendiri.

Sebagai penutup seminar, pembicara juga memberikan trik dan tips bagaimana melakukan presentasi bisnis yang profesional. Pokoknya selama 3 jam itu, yang saya dapatkan banyak sekali. Yang jelas setiap pembahasan teori, selalu disertai dengan contoh tindakan langsung di lapangan (orientasi praktek). Andai saja Anda bisa hadir dan mengikutinya bersama saya, pasti akan menyenangkan sekali.

Nah, di awal saya cerita bahwa harga seminar ini dibanderol Rp.6.000.000,- / orang. Kenapa saya nekat dan berani membuang uang sebanyak itu? Dapat darimana saya duit sebanyak itu? Saya pinjam dari Bank BCA. Hehehe…

Untuk sebuah pelatihan / workshop supervisor yang diadakan sebuah lembaga pelatihan diluaran sana memang dibanderol harga sekitar 6 jutaan. Paling tidak itu yang dikatakan oleh Mas Taufan yang sudah mengikutinya terlebih dahulu.

Nah, karena Mas Taufan adalah alumni FTK – ITS, maka dia dengan senang hati datang dan mensharingkan pelatihan yang memang sudah dia ikuti itu. Karena itu, harga tiket seminarnya adalah … Rp.10.000,- (sudah termasuk snack dan sertifikat).

Hahaha… Anda pasti mikirnya macam-macam. Ngga mungkinlah untuk saat ini Mas Arief punya dan mau merogoh uang sebanyak 6 juta hanya untuk pelatihan selama 3 jam. Tapi saya sudah janji dengan diri sendiri, kalau sukses nanti saya akan ikuti seminar-seminar motivasi dan pengembangan diri yang harganya mahal-mahal.

Kemudian apa yang saya dapatkan itu akan saya bagikan gratis untuk mereka yang memang mau dan peduli. Ironisnya, walaupun cuma Rp.10.000,- yang datang dan mengikutinya hanya ± 20 orang (termasuk panitia).

Saya pikir, apa yang terjadi dengan dunia ini. Sudah tidak pedulikah generasi muda dengan pengembangan diri yang notabene penting sekali untuk mempermudah karir kita. I don’t know.

Yang terpenting adalah saya mau bagikan materinya gratis untuk Anda semua, pengunjung setia Blog Motivasi Arief. Nanti kedepannya setiap ada seminar dan pelatihan yang saya ikuti, akan saya bagikan gratis di blog ini. Dan kebetulan saya memang hobi ngikuti seminar-seminar kaya gitu. Hehehe…

Silahkan download disini…

Salam Sukses,
Photobucket
space

Supervisory Management
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:                 

21 thoughts on “Supervisory Management

  • Ooooo….seminar yang kayak gitu saya juga pernah ikutan mas.
    Seminar NLP seharga 2juta/sesi. 1 Sesinya 1.5 jam. Padahal kita ditraining selama 3 hari, lha dikalikan aja. Total biaya seminar untuk 3 hr 2 malam, sewa hotel berbintang = 60jt. Tapi kita cuma disuruh invest 100rb saja…
    Lha wong master trainingnya temen saya sendiri. Pradipta Kuswantara…Master Training of NLP ( Neuro Linguistic Programming ) with Personal Power. (from Jogja)
    Hayyo…mahalan mana…hahahahaha..mas arief ini ada ada aja…

  • Salam kenal…
    Wah.. kalo saya ikut seminar yang mahal kaya gini sih mau.. tapi kalo kantor mau mbayarin.. hehehe
    thanks atas ilmunya mas.. mau berbagi dengan yang lain yang gak kuku biayanya

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Salam kenal. Kalau dibayari gratis semuanya juga mau. Hehehe…

  • 6 juta boo.. emang bener ilmu itu mahal.. tapi anehnya bisnis saya yg harganya 1.5 juta pada ga berani beli hehehe… padahal ini bisnis lho, bukan seminar..

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Well… ngga semua orang berpikir bisnis VCC itu menguntungkan. Disamping itu, banyak juga yang masih belum ngerti apa itu VCC Mas…

  • Semakin mahal, semakin tinggi kualitas seminarnya ya mas. Namanya juga orang kerja, seminar terakhir saya Tung Desem Waringin, mungkin 2 tahun lalu, itupun biaya dari kantor. Jadi gratis ya?

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Belum tentu juga mas. Saya pernah ikut seminar yg tiketnya cuma 50ribu. Contentnya ngga juah beda dengan seminar yg harganya 1.5 juta. Jadi pinter-pinternya kita aja cari seminar yg murah tapi berkualitas.

  • Wah mas arif saya jadi inget waktu masih jadi supervisor memang benar mas jadi jembatan 2 arah ke bawah dan keatas tapi dari situ saya jadi dewasa u hadapi mslh yg sgt komplek, trimakasih mas ga ada kata2 yg plg enak selain salut banget buat mas, smg tetap jaya dan sukses

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Berarti sekarang posisinya mas Kalo ngga ASISTEN MANAGER ya MANAGER dong…, karena di atasnya supervisor itu.
    Luar biasa…

  • Seminar bisnis terakhir yang saya ikuti, dihadiri:
    500 Direktur
    5000 Manager
    750 Kepala Sekolah
    se-Indonesia di Jatim Expo Surabaya
    Harga tempat duduk Rp 2.000.000,- per p****t.
    Maknyusss… kursi saya gratis, Mas. soale mewakili Kepsek.
    Wekekekekkk.

    ARIEF MAULANA menjawab :

    saya tau mas seminar ini, tapi lupa namanya. Dulu juga mau ikut karena disubsidi sama mentor bisnis saya. Jadinya cuma kena sekitar 700ribu. Cuma berhubung dulu bener2 ngga ada duit and ngga dapet pinjeman ya ngga ikut.

    Berarti mas umar sekarang dah jadi orang luar biasa dong. Coz jebolan seminar ini pasti jadi orang yang extra ordinary.

  • Namanya ANEC, penyelenggaranya Total Quality Indonesia.
    Tiap tahun ada kok Mas. Dengan jumlah direktur, manager, dan kepsek yang semakin banyak.
    Seminar akbar dengan value TOP BGT full motivation for succes
    Ini emang untuk Top Leader Mas, jadi tiketnya mahal, kalo tuk mahasiswa malah mahal buanget. hehehe…
    Tapi sebagian isinya pean sudah tahu kok, Mas.
    Personality Plus and The Secret.
    Btw, dah tahu belum masih 4 hukum mental lagi, yaitu:
    LAW OF HARVEST
    LAW OF BELIEVE
    LAW OF MIRROR
    LAW OF LUP
    dan The Secret itu cuma salah satunya, yaitu:
    LAW OF MAGNET
    sebagai acara puncak adalah
    MINDSET REPROGRAMING SYSTEM
    Banyak yang pingsan di sesi ini karena mindsetnya diprogram ulang

    Konon penghasilan TQI dan mencapai 2 milyard per bulan. Luarrr biasa…
    dengan hanya memberi motivasi.

  • Weleh-weleh…. masih banyak ternyata hukum luar biasa yg mengelilingi kita semua. Emang dahsyat Allah menciptakan sunnatullahnya.

    Perlu banyak belajar neeh

  • Ya alhamdulillah mas blm jd manager mas skrg lg ngikutin training di tmpt sy bkrja mas, krn sy cm llsn smk akutansi, ya sekolah lg gmpgnya begitu mas, slm 3bln dr awal nov kmrin, oh ya mas boleh ga blo mas sy mskin ke blog yg sy ikutin di blog saya, makasih mas, met mlm, pa dah bobo, sy msh krj mas msk mlm krn bsk ada visit dr c4 pusat perancis

  • saya adalah seorang supervisor perusahaan retail, perusahaan retail terbesar di indonesia , boleh di bilang begitu.

    saya setuju atas coment pak arief , bahwa supervisor amat sengsara, dan delematis, karena harus menghadapi dua pihak yang terkadang beda pandangan dan kepentingan, yaitu Pihak Management dan karyawan yang jadi anak buah saya.

    Tapi saya kurang setuju kalau supervisor banyak uang , karena menurut saya kurang dari pada cukup. di banding pebisnis, oleh karena itu saya ingin menambah penghasilan dari bisnis online, tp saya belum bisa, mohon bantuannya.

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Nah, satu lagi supervisor nongkorng disini. Senangnya hatiku. Btw. ’bout bisnis online, udah saya kirim via email pak

    1. @taufan, wah pembicaranya nyampe juga kesini. Saya jadi gimana gitu…?

      Darimana mas… kok ujug-ujug bisa nyasar kesini. Kan saya ngga beritahu mas.

      Btw Gimana kabarnya?

      Saya memang suka berbagi mas. Siapa tahu ilmu dari mas juga bisa bermanfaat juga untuk orang lain. Dengan begitu amal jariyah mas (berupa ilmu) terus mengalirkan pahalan….

      Salam sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,551 bad guys.