Sukses Adalah Sebuah Pilihan

Oleh : Arief Maulana

Sukses adalah pilihan“Sukses Adalah Hak Setiap Manusia”

Ungkapan ini tentu sudah sering sekali Anda dengarkan. Lebih dari 80% orang setuju dengan ungkapan tersebut karena meyakini bahwa Tuhan itu Maha Adil. Namun sangat disayangkan fakta yang terjadi justru sebaliknya. Apalagi ketika kita dihadapkan pada sebuah pertanyaan, ”Kalau memang Tuhan itu adil dan sukses adalah hak semua orang, mengapa masih banyak orang yang hidupnya susah dan melarat?” kira-kira apa jawaban Anda?

Percaya atau tidak sebagian orang, bahkan mereka yang intelektualnya tinggi sekalipun (termasuk Anda juga mungkin, hehehe…) akan menjawab, ”Memang sudah takdirnya / garis tangannya / nasibnya.” Dengan kata lain seberapa keras usaha kita, kalau nasibnya jadi orang yang melarat ya mau bagaimana lagi. Kalau begitu caranya apes banget orang melarat dilahirkan ke dunia ini. Mending ngga usah dilahirkan aja kalau ujung-ujungnya kaya gitu, betul ngga?

Kalau memang seperti itu yang Anda yakini, maka 2 hal yang secara tidak langsung sudah Anda lakukan :

  • Anda mengatakan bahwa Tuhan TIDAK ADIL
  • Anda MENYALAHKAN Tuhan yang bersabda dalam Kitab Suci, ”Tidaklah Kami mengubah nasib suatu kaum hingga mereka mengubah nasibnya sendiri.”

Anda mau masuk neraka gara-gara dua hal ini. Udah apes terlahir jadi orang susah, eh ujung-ujungnya masuk neraka gara-gara merasa itu adalah nasib Anda.

Sekarang kita balik kasusnya. Anda adalah orang sukses. Kesuksesan Anda didapat setelah melalui perjalanan panjang yang menghabiskan banyak pengorbanan. Disamping itu suka dan duka pun mengiringi. Pokoknya kisah hidup Anda kalau dibiografikan, bakal jadi best seller.

Apa jadinya bila sebagian besar orang berkata sama Anda, ”Ah, kamu beruntung, nasibmu emang bagus.” Gimana coba perasaan Anda. Apalagi harga yang Anda bayar untuk sebuah kesuksesan tersebut ngga sedikit. Terima ngga dengan pernyataan itu?

Untuk membuka pikiran Anda, saya sharingkan apa yang saya baca di buku ”Manage Your Mind For Success” karangan Adi W. Gunawan, Mind Navigator and Reeducator No.1 Indonesia. Di buku tersebut, Pak Adi menceritakan kisah singkat masa kecil Andrie Wongso, Motivator No.1 Indonesia. Berikut kutipannya.

Andrie Wongso terlahir dalam sebuah keluarga miskin di Malang. Suatu ketika, ibunya membawa dia kepada orang yang pintar meramal nasib. Peramal itu bisa membaca nasib seseorang hanya dengan mengetahui hari, tanggal, dan jam lahir orang. Keakuratan ramalannya boleh dikatakan baik (karena kata orang apa yang diramalkan banyak benarnya). Pada waktu itu, Pak Andrie diramalkan nasibnya tidak mujur. Dia akan hidup susah sebagaimana keluarganya saat ini. Pokoknya ngga ada takdir untuk orang sukses.

Untunglah saat itu Andrie Wongso kecil tidak mau begitu saja percaya dengan apa yang dikatakan oleh peramal tersebut. Ketika dewasa, Andrie Wongso memutuskan untuk merantau ke Jakarta. Dan apa yang terjadi? Andrie Wongso pun mengantongi gelar yang sangat dibanggakannya. Gelar itu adalah SDTTTBS (Sekolah Dasar Tidak Tamat Tetapi Bisa Sukses). Lihat saja, siapa yang tidak kenal Andrie Wongso, Pengusaha Top merangkap Motivator No.1 Indonesia. Atau jangan-jangan Anda belum tahu, hehehe…

Sekembalinya dia ke Malang (setelah sukses), Pak Andrie pun mengajak ibunya untuk mendatangi peramal nasib itu. Beliau mau menunjukkan bahwa Takdir dan Nasib tidak ada hubungannya dengan kesuksesan. Tapi sayangnya peramal tersebut sudah menghadap Yang Kuasa.

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca penggalan kisah tersebut? Untuk lebih lengkapnya lagi, Anda bisa baca buku biografi Andrie Wongso yang berjudul ”Andrie Wongso, Sang Pembelajar.

Sama halnya seperti Pak Andrie, saya pun meyakini bahwa setiap orang bisa sukses bila mereka mau dan berani mengambil keputusan untuk action. Jadi nasib tidak dominan menentukan kesuksesan kita. Bukankah itu sudah menjadi Janji Tuhan.

Nah, bagaimana dengan mereka yang benar-benar gagal, hidup susah dan melarat? Walau terdengar kejam, saya akan menjawab itu akibat pilihan mereka sendiri. Mereka memilihnya secara tidak sadar.

Beberapa kali saya mendatangi teman-teman yang punya latar belakang susah. Mereka saya ajak bekerja sama sebagai tim untuk sama-sama membangun masa depan. Namun, kerapkali jawaban yang saya dapatkan adalah, ”Rasanya aku ngga mungkin bisa kaya gitu, udah dari sananya aku hidup kaya gini.” atau ”Aku ngga cocok jalanin usaha gitu, ngga bakal sukses.” dan masih banyak lagi jawaban-jawaban serupa.

Satu perbedaan yang pasti antara orang sukses dan orang gagal adalah pada pola pikirnya. Mereka yang punya pemikiran sukses dan keyakinan kuat bahwa suatu saat akan sukses, cenderung akan menjadi orang sukses meskipun latar belakangnya saat ini sangat tidak mendukung.

Sebaliknya mereka yang cenderung pesimis dan tidak punya cita-cita dan keyakinan sukses yang kuat, maka sudah bisa dipastikan hidupnya tidak akan berubah lebih baik meskipun latar belakangnya saat ini lebih baik dari pada mereka pada contoh sebelumnya.

Sebagai penutup, saya punya lima pertanyaan yang bisa menjadi bahan renungan Anda.

  • Apakah Anda sudah memikirkan untuk menjadi orang sukses?
  • Apakah Anda sudah memutuskan untuk menjadi orang sukses?
  • Seberapa besar keyakinan Anda bahwa suatu saat Anda akan benar-benar menjadi orang yang sukses?
  • Adakah keraguan dalam diri Anda bahwa suatu hari kelak Anda akan menjadi orang yang sukses?
  • Tindakan apa yang sudah Anda lakukan untuk mencapai kesuksesan itu?

Anda bisa menjawab kelima pertanyaan ini. Apapun jawaban Anda, itulah yang akan menunjukkan bagaimana keadaan Anda di masa mendatang. Ingat, kesuksesan adalah sebuah pilihan hidup. Pastikan Anda memilih dan memutuskan untuk menjadi orang sukses. Sampai jumpa di puncak kesuksesan.

Salam Sukses,
Photobucket
space

89 Responses to Sukses Adalah Sebuah Pilihan

  • Iman Zulkarnain says:

    Semua orang saya yakin mau sukses, masih banyak sukses-sekses yang lain yang dapat dirasakan baik oleh diri sendiri maupun orang lain tergantung dari mana kita menyikapinya, maka tentukannlah tujuan hidup anda dari sekarang, selamat dan sukses buat mas Arief atas launching website nya semoga banyak teman-teman yang mengikuti langkahnya

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Terima kasih Mas Iman.
    Anda benar, sikap terkadang bisa mempengaruhi jalan kesuksesan kita. Salah bersikap, bisa-bisa ngga sukses. Dan untuk teman-teman yg lain, saya tunggu juga launchingnya.

  • Pingback: Paket Sukses | Blog Motivasi Arief

  • Pingback: Aku Manusia Luar Biasa | Blog Motivasi Arief

  • Pingback: Aku Manusia Luar Biasa | ARIEF MAULANA .com

  • Pingback: Rahasia Terdalam Sebuah Kesuksesan | ARIEF MAULANA .com

  • devid says:

    pertanyaannya cuma 4??saya setuju,,yakinkan diri bahwa kitapun bisa sukses

  • Pingback: Percayalah, Anda Sungguh Bernilai | ARIEF MAULANA .com

  • Pingback: Hidup Tanpa Visi Bagai Tubuh Tanpa Jiwa | ARIEF MAULANA .com

  • unik says:

    Ketika membaca org bisa sukses, saya juga termotivasi, namun keraguan masih menyelimuti karena kurangnya pengetahuan tetapi saya juga ingin sukses seperti bapak, so … help me to be success

    arief maulana Reply:

    @unik, pada dasarnya setiap manusia dikodratkan untuk sukses oleh Sang Khalik. Di setiap kitab suci mengatakan demikian.

    Seperti artikel saya di atas, kita lah yang menentukan apakah bisa sukses atau tidak. Yang jelas yakinkan saja diri, bahwa saya bisa sukses.

    Jangan lupa coba sinergikan antara keyakinan + kekuatan pikiran + keuatan perasaan.

    Silahkan baca :
    http://ariefmaulana.com/2009/03/bagaimana-keyakinan-membawa-kesuksesan/

    http://ariefmaulana.com/2009/03/bagaimana-mindset-mempengaruhi-kesuksesan-kita/

    http://ariefmaulana.com/2009/04/kekuatan-positive-feeling/

    Salam sukses

  • Pingback: Paket Sukses | ARIEF MAULANA | Success Is The Way Of My Life

  • Pingback: Blogging For Branding | ARIEF MAULANA | Success Is The Way Of My Life

  • Pingback: Percayalah, Anda Sungguh Bernilai | ARIEF MAULANA | Success Is The Way Of My Life

  • Pingback: Hidup Tanpa Visi Bagai Tubuh Tanpa Jiwa | ARIEF MAULANA | Success Is The Way Of My Life

  • kalo merasa Tuhan tidak adil
    berarti putus asa
    dan putus asa = dosa

    arief maulana Reply:

    Ayo… Yg suka nyalahin Tuhan ngaku… Hahaha… Nampar bgt ini artikel.

  • Slamet-sLEEM says:

    Waduh bagus sekali postinganya, terimaksih ya… dan kalo boleh ini juga saya kirimkan kepada teman saya yg sering ngomong kurang lebih sama yg anda sampaikan.
    Wassalam: SLEEM

    arief maulana Reply:

    Boleh mas. Jgn lupa tapi, cantumkan sumbernya ke web ini. Klo perlu ajak temen mas join di free membership newsletter saya. Jd dia jg bs merasakan langsung manfaat dari blog ini.

  • Fadly Muin says:

    kerangka berfikir masa lalu yang menitik beratkan nilai kesuksesan / keberhasilan sebagai takdir / garis tangan / nasib dan sebagainya. tidak di pungkirimasih tertancap di DIRI kebanyakan orang.

    perlu waktu dan ketajaman logika untuk mengikis hal itu sedikit demi sedikit. sampai akhirnya bisa terpangkas sampai ke akar-akarnya.

    ***
    salam sukses mas

    arief maulana Reply:

    Maka dari itu, daripada tidak mari mulai dari sekarang kita kikis perlahan. Dan nampaknya, masih butuh banyak blog2 seperti blog motivasi mental milik mas fadly untuk membantu menyadarkan masyarakat kita.

  • lianawati natawijaya says:

    mas arief tepat sekali POSTINGANNYA sukses is my right kata andrie wongso SEMUA TERPULANG KE DIRI KITA MASING2 KALAU MAU SUKSES WORK SMART DAN MAU DISIPLIN MAUPUN JADWAL HARIAN SEHINGGA WAKTU SEMUA TERISI OLH HAL2 YANGN POSITIF OK

    arief maulana Reply:

    Saya jadi inget Andrie Wongso yg bergelar SDTTTBS (sekolah dasar tidak tamat tapi bisa sukses). Benar2 sang pembelajar di sekolah kehidupan.

  • keeptrying says:

    Kadang orang salah memahami takdir. Takdir Tuhan itu adalah kehendak-Nya yang sudah terjadi pada diri kita, dan itu yang harus kita terima. Selama belum terjadi, kita belum tahu apa yang akan menimpa kita. Artinya Tuhan masih Memberi kita kesempatan untuk berusaha (meraih yang kita inginkan). Orang yang kadung men’cap’ dirinya nggak bisa sukses berarti “sok tahu” karena “mendahului kehendak-Nya”
    Btw, kesuksesan bagi masing-masing orang itu perlu dibreakdown kali ya…biar bisa jawab pertanyaan yang nomor 5 :hehe:

  • dgs says:

    Saya masih ingat dengan teman yang tidak mau diajak kerja, alasannya karena rezekinya sudah cukup, dan dia tidak mau terlalu memikirkan dunia.

    Selang bebarapa bulan, saya mendatanginya karena anaknya meninggal. Saya tanya kenapa tidak dibawa ke rumah sakit. Dia menjawab karena tidak punya uang dan semua adalah takdir.

    Kalau seandainya dia mau bekerja sama saya, mungkin dia sudah dapat gaji dan bisa mengobati anaknya.

    Apakah ini takdir?

    rudy azhar Reply:

    @dgs, itu namanya pesimis Mas, sendainya dia menerima tawaran dari Mas keadaannya sekarang akan menjadi lain…

    arief maulana Reply:

    Dan karena dia memilih untuk pesimis dan menolak tawaran tsb… Maka ada konsekuensi dari pilihannya itu. Trims tambahannya mas Rudy

  • Pingback: Belajar Dari Tukang Es Cendol | ARIEF MAULANA | Success Is The Way Of My Life

  • sari says:

    pa kbr,mas arief?
    jujur saya tdk percaya sama peramal/paranormal(never)karena tak ada seorangpun yg tahu apa yg akan terjadi kedepan(jdh,rzki,mati) kecuali ILLAH.
    sukses adalah milik setiap insan yang mau meyakini akan hasil kerja kerasnya dan doa nya.karena Allah tdk menzalimi umatnya melainkan umat itulah yg menzalimi dirinyi sendiri,tidak meyakini akan keadilan Allah itu juga zalim makanya ada sebagian orang yg menyerah sblm tempur.
    motivasi yg sangat bermanfaat mas arief…Allah ya’tikal afia.:sip::sip:

    arief maulana Reply:

    @sari, Alhamdulillah baik mbak. Memang ngga ada yg tahu kedepannya seerti apa.

    Makanya itu kita sebagai manusia diminta untuk terus berusaha.

  • Bunda says:

    apa itu takdir??? wah bahasannya rumit nie…

  • rudy azhar says:

    kalau kita lemah dalam menjalani hidup ini maka kehidupan akan keras kita rasakan tapi sebaliknya, jika berusaha dengan keras menjalani hidup maka kehidupan akan tunduk dengan apa yang kita harapkan..

    arief maulana Reply:

    Kayanya saya pernah baca ini di bukunya Andrie Wongso. Bener quotenya dia ya mas?

  • adif says:

    Mas Arief,apa khabar..?
    Komen ya…
    Betul sukses adalah pilihan,itu semua tergantung masing2 individu.
    Anda adalah apa yang anda pikirkan dan lakukan,kata sebuah ungkapan.
    Keberadaan anda saat ini adalah hasil dari pikiran dan tindakan beberapa waktu yang lalu.
    Kadang2 orang terlalu rendah menilai dirinya sendiri,padahal dia punya potensi luar biasa yang tidak disadarinya.
    Sukses itu katanya perpaduan antara kesempatan dan kesiapan diri.
    Banyak orang pengen sukses tapi kesempatannya tidak muncul,sebaliknya ada yang sudah dikasih kesempatan/ jalan untuk sukses tapi orang tersebut ragu untuk menangkap kesempatan tsb.
    Satu lagi,kalau ingin sukses disuatu bidag,bergurulah kepada orang yang sudah sukses dibidang tersebut,masuklah dan bergaulah dengan orang2 sukses tersebut,nanti terbakar dan mau belajar.
    Banyak orang pengen sukses bergaulnya sama orang2 yang tidak jelas masa depannya, nanti terbawa deh kaya mereka.
    Untuk Sukses harus dibangun”paradigma Sukses”.
    Mohon ma’af bila salah,tks..

    arief maulana Reply:

    Alhamdulillah baik. Mas sendiri gmn? Thanx tambahannya…

  • Meningkatkan Pengunjung says:

    Makasih mas atas motivasinya, memang kita tidak boleh pasrah pada nasib..

    arief maulana Reply:

    Sama-sama mas.

  • Pingback: Bisnis Internet | Bisnis Online Untuk Pemula | ARIEF MAULANA | Success Is The Way Of My Life

  • bisnisonline,sukses,mantap says:

    Ssaya sudah memutuskan untuk menjadi orang sukses Mas !

    arief maulana Reply:

    Mantap… gitu dong! :sip:

  • “Anda dilahirkan untuk sukses”, jadi bukan sekedar pilihan, tetapi suatu keharusan.Kesuksesan tergantung kriteria apa yang dimaksud sukses bagi masing-masing person. Contoh: bagi saya sukses adalah kelak dapat berjumpa dengan Allah SWT dalam naungan cinta dan ridoNya. Jadi, saya akan terus saja membuat postingan yang memenuhi kriteria sukses tersebut, apapun yang terjadi termasuk masih sepinya komentar, yang menurut sebagian orang mungkin dianggap bukan kesuksesan.

    Kriteria sukses dan keyakinan bahwa “seseorang dilahirkan untuk sukses” amat berpengaruh dalam sebagian besar kehidupan seseorang. Dan saya yakin, dua poin yang saya sebut di atas — kini telah membuat kehidupan ini begitu indah bahagia, tentram dan damai di hati, jauh dari stress — apapun yang terjadi termasuk ketika orang lain memandang saya dalam posisi “belum sukses”.

    Keyakinan seorang Muslim, apapun peristiwa termasuk kesuksesan seseorang marupakan takdir dari Allah SWT.Karena Dalam kesuksesan itu ada campur tangan Allah.:hiks: :hiks: :hiks:

    arief maulana Reply:

    @Web Hidup Mulia, wah ini ulasan yg menarik. Bisa jadi artikel tersendiri. Terima kasih tambahannya.

    Btw, mau bu menulis di blog ini?

  • kerja part time says:

    Mau sukses atau tidak itu tergantung orangnya, mau berubah atau tidak :)

    arief maulana Reply:

    @kerja part time, betul. Makanya jangan buru2 menyalahkan nasib. Karena siapa tahu itu jg hasil keputusan kita yg tdk mau berubah, bukan begitu? :sip:

  • arkum says:

    maturnuwun ms arief udah dikirimin lg artikelnya.Lama sih usianya tp tetep OK.Numpang nimbrung nih ms, kl menurut sy bahasan ms arief kl ini bukan skedar bhs topik motivasi tp sdh masuk ranah konsep takdir.Kl sy ms, pnya konsepsi takdir, semua itu telah Allah ciptakan sunatullahnya tinggal manusia yg menjalankan, jikalau tuhan turun tangan mungkin pd peristiwa2 luarbiasa sj.Dn manusia tdk tahu kpn bantuan itu akan tiba.Yg pentng kerja keras-kerja cerdas dan pantang menyerah mengejar impian,Insya Allah tercapai.Kl manusia itu sukses y krn mrk jalan disunatullah-Nya begitupun dg jika gagal (kl inget AQ :…”surga karenamu,neraka krnmu” & “nasib suatu kaum tidak akan berubah jika kaum itu yg merubahnya”).Artikelnya SIP banget ms

    arief maulana Reply:

    @arkum, Sebenernya sengaja saya schedulekan artikel lama2 mas. Karena fondasi dari artikel2 baru saya justru ada di artikel awal2 blog.

    Btw, saya suka konsep takdir Mas Arkum. Memang tujuan dari artikel ini adalah menepis alasan orang2 yang suka mempermasalahkan takdir dan menjadikannya alasan kegagalan…

  • arkum says:

    Oh gitu y ms,jadi hrs baca artikel2 pondasi yg lain dong kl ingin tahu konstruk berpikirnya ms arief ?Oh y ms,arief,kl artikel ini bagus knapa nggak ms arief sosialisasikan sj kefacebook/twiterr/yg media yg lain, shg konsepsi mrk yg salah bisa dibetulkan.

    arief maulana Reply:

    @arkum, yap. Udah tak set otomatis kok mas. Ntar mas dpt artikel2 basic lainnya secara bertahap.

    Sbenernya udah mas. Makanya saya kasih button ‘share on facebook’ di bawah artikel dan juga icon retweet di kanan artikel. Kalau mas ada facebook or twitter bisa share pake icon2 itu.

  • Pingback: Awas Blog Anda Dicopas Manusia Tidak Bertanggung Jawab | ARIEF MAULANA.com

  • yanhasanudinmalik says:

    betul betul betul, sukses adlh sebuah pilihan. Takdir adalah hasil dari sejumlah usaha yang kita lakukan. Meskipun makanan tersedia di depan kita, tapi kalau kita g mau makan g bakal an kita kenyang, kan? Allah tlh
    menurunkn rezeki, mustahil kita peroleh kalau tak ada usaha. Nah, gabungan dari qadha (ketentuan Allah)+ qadar (usaha yang sesuai)= takdir. Berusaha dengan optimal, maksimalkan potensi diri, hasilnya kita serahkan kepada Allah, itulah rahasia sukses

    arief maulana Reply:

    @yanhasanudinmalik, Wah penjelasannya mantap pak mengupas dari sisi agama. Like this!

  • Tjia Ngie says:

    Halo Bung Arief,
    sudah lama ga liat wb nya,skrg tambah lengkap infonya

    Sukses selalu

    arief maulana Reply:

    @Tjia Ngie, iya pak. Monetize blognya jg mulai jalan.

  • A9YnD1LV3R says:

    Yang membuat orang tidak yakin karena mengganggap kesuksesan hanya sebatas materi saja. Sehingga membuat orang lupa bersyukur.

    Bagi saya, seperti yang telah banyak orang katakan dan Tuhan juga sudah mengingatkan. “Pandai-pandailah bersyukur. Insya Allah nikmat bertambah”. Ini yang saya sebut sukses. Jika kita sudah mampu bersyukur setiap hari, berarti sama dengan setiap hari sukses.

    Kita sebagai mahkluk spiritual . Seharusnya lebih mengedepankan sesuatu yang spiritual juga.

  • d D4n says:

    mank dimna sich SDTTTBS itu ??:puyeng:

  • lucky says:

    balik lagi ke pola pikir ya mas..Aku ingat juga pernah baca bahwa untuk jadi sukses itu kita harus mengubah kebiasaan. Kebiasaan yang tidak mengarah pada kesuksesan harus diubah menjadi kebiasaan yang mengarah pada kesuksesan, karena kalau kita sudah terbiasa dengan langkah yang menuju kesuksesan maka kesuksesan itu akan datang tanpa terasa karena sudah jadi kebiasaan..:mlorok::mlorok::mlorok:

  • ekogondo says:

    aku senang bisa tukar pikiran mas arif akau mau tanya lagi berapa lama anda belajar di internet ini dan berapa lama anda dapat menghasilkan uang dalam bisnis maya ini pada awal nya jika tidak keberatan, mas arif soalnya ini sebagai mindset saya kelak,kadang saya berpikir pada awal nya orang sukses harus banyak bertanya pada yang sudah sukses duluan…bolehkan…

  • ketik komputer online says:

    Sukses adalah sebuah pilihan. Setelah kita berpikir sebagai orang sukses, tetap fokus dan masukkan di bawah sadar. bukan hanya sekedar kebiasaan, dan motivasi tapi sikap. Jadi selanjutnya adalah the secret (LOA = law of attraction atau hukum gaya tarik).
    salam sukses.

    arief maulana Reply:

    Mantap :sip:

  • Mirsatu says:

    Mantap tap tap…

    Sukses adalah pilihan. :sliweran:

    Memilih takdir sukses atau takdir gagal.:puyeng:

  • jericho0407 says:

    Terus terang selama mengikuti tulisan mas Arief, posting inilah yang menurut saya paling bagus. Tidak saja hal itu dialami oleh banyak orang, tetapi saya sendiri mengalaminya. Kurang lebih sepuluh tahun saya bergumul dengan kekurangan dan ketidakpastian nasib kehidupan. Saya juga sempat mengalami pergumulan psikis yang cukup berat. Sukurlah, karena akal sehat saya yang dominan, akhirnya saya bisa melalui itu semua.
    Saya menarik satu simpulan pribadi: kesuksesan bersifat pribadi dan terletak dalam hati kita masing-masing. Saya cukup sukses karena mampu bertanggungjawab menghidupi dan mendidik anak isteri saya. Mungkin bagi orang lain yang disebut sukses bila punya punya rumah mewah dan banyak mobil. Apa pun itu, menurut saya kesuksesan, kekayaan, kebahagiaan, semua bergantung bagaimana hati kita memaknainya. Salam.

  • Rahasia Website Pemula says:

    Kata Pak Andrie Wongso ” “Filosofi saya adalah Success is My Right. Sukses adalah hak saya. Sukses juga hak Anda. Sukses adalah hak siapa saja yang mau dan berani memperjuangkannya”. :sip:

  • tireguard says:

    sukses adalah nama saya,
    kalau ada orng berkata sukses, jiwa saya bergetar

    dan tuhan meng iyakan orang yg mengubaj nasibnya untuk masuk shaf orang2 sukses

  • Pingback: Manusia Luar Biasa « Cinafelixter's Blog

  • Zainur Rochim says:

    Betul mas, saya coba minjam kalimat dari Bong Chandra yaitu “Lazy is Silent Killer” yang jika diartikan berarti malas adalah Pembunuh secara diam-diam. Artinya malas merupakan pembunuh kesuksesan, dan kitapun dengan mudah menuding “ini emang sudah takdirnya”

    Jadi intinya rasa malas juga salah satu penyebab tidak bisanya seseorang menjadi sukses…dan sukses adalah sebuah pilihan selain pilihan menjadi tidak sukses..tinggal kita saja yang memilihnya..

    arief maulana Reply:

    @Zainur Rochim, Man jadda wajada. Barang siapa bersungguh-sungguh maka dia akan berhasil. Dan dalam konteks bersungguh-sungguh tidak ada itu yang namanya ‘malas’ hehehe…

  • Risna says:

    Dari kelima pertanyaan terakhir, kesulitan yang masih saya hadapi yaitu berkaitan dengan pertanyaan ke-lima yaitu
    Tindakan apa yang sudah Anda lakukan untuk mencapai kesuksesan itu?
    masih sulit untuk saya bertindak..kenapa ya??

  • Feber says:

    Yup. Sukses adalah pilihan. Sebuah pilihan hidup. Karena hidup adalah pilihan dan saya memilih untuk sukses

    arief maulana Reply:

    @Feber, kalau sudah memilih jangan lupa tindakannya juga yah!

  • Abukafi says:

    kesuksesan tidak lebih daripada suasana pikiran dan perasanan yang membathin didalam diri manusia, bila seseorang mampu mempositioningkan (bener gak tulisanya ) kesuksesan itu pada langkah pertama, maka sesungguhnya kita telah berada pada ruang sukses yang sejati, jadi pada perinsipnya sukses itu sudah ada didalm diri kita, ga perlu nyari2 kemana-mana…..bedanya manusia sering mengidektikan kesuksesan dengan kekayaan, jabatan, kekuasaan dan hal2 yang ada kaitanya dengan materi….

    segitu ajah….

    arief maulana Reply:

    @Abukafi, betul. Dan memang dalam konteks apa yg saya tuliskan erat kaitannya dengan masalah materi. Saya sendiri berpendapat kurang lengkap rasanya kalau sukses tidak menyangkut materi. Why? Karena dalam kondisi yang materi yang lebih dari cukup, tentu lebih banyak lagi kebaikan yang bisa kita lakukan.

  • sukses bersama golden life says:

    Bagi saya sukses adalah pilihan kita sendiri…
    artikel yg bagus, thanks atas infonya

    arief maulana Reply:

    Good, saya suka semangat positifnya

  • Pingback: Hidup Menyenangkan Tanpa Mengeluh | ARIEF MAULANA.com

  • Pingback: Paket Sukses | ARIEF MAULANA.com

  • ali asrofi says:

    :tidak jauh dari pikiran saya,paling tidak suka sudak takdir anada seperti ini,pasrah dengan apa adanya,sukses ada didiri kita kemauan kita percaya kemampuan kita yakin kita mampu.
    salam sukses

    tanks

  • ari giduk says:

    perlahan mari kita coba untuk meraih sukses kita masing2, bukankah sukses itu memiliki tahapan dan setiap orang berbeda tahapan dan ukuran suksesnya. semangat SELAMAT PAGI kita raih masa depan kita

    arief maulana Reply:

    @Ari giduk, betul tiap orang memiliki standar kesuksesannya sendiri.

  • Pingback: Winner Never Quit, Are You Sure | ARIEF MAULANA.com

  • Pingback: Impian Besar, Pekerjaan Besar | ARIEF MAULANA.com

  • eny says:

    salam sukses,
    duluu…jauh sebelum saat ini, saya tidak berani mempunyai impian yg tinggi, orang bilang sdh underestimated, tapi begitu ketemu dengan orang2 berenergi positif, Sukses itu memang sebuah Pilihan…
    :)

    arief maulana Reply:

    @Eny, nah itu kuncinya. Sering-sering aja kumpul dan bergaul dengan orang-orang positif. Itu komunitas bagus yang saling support, tidak seperti orang kebanyakan yang cenderung meremehkan kita yang punya impian besar.

  • Lois says:

    Arif,

    Seberapa besar sukses yg anda peroleh saat ini? dan seberapa besar kegagalan yg anda peroleh saat ini jg?

    Salam,
    Lois

    arief maulana Reply:

    @Lois, ukuran kesuksesan saya ga muluk-muluk pak, saat apa yang saya tuliskan di dream book terwujud. Dan udah banyak yang terwujud. Adapun soal kegagalan, lebih pada saat goal yang saya inginkan meleset dari batas waktu yang saya tetapkan.

  • Pingback: Success Is A Journey | ARIEF MAULANA.com

  • Pingback: » RoH – Right on Horrible Winner RoH – Right on Horrible Winner

  • alfret says:

    sucesses is your choice,…but, God is ur way to rigth sucesses….:sip:

    arief maulana Reply:

    @alfret, terima kasih untuk tambahannya
    arief maulana recently posted..Life SignsMy Profile

  • ginaialiya says:

    setuju bro!!!
    ginaialiya recently posted..Penyakit Pada Pria Seiring Pertambahan UsiaMy Profile

  • Pingback: Rahasia Terdalam Sebuah Kesuksesan | ARIEF MAULANA.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 336,233 bad guys.

Advertisement
Kategori Tulisan
Arsip