Oleh : Arief Maulana

Success is a journeyBerjalanlah Dengan Tenang Namun Penuh Kepastian

Percayakah Anda bahwa tanpa kita sadari kita seringkali menganggap orang-orang yang lebih dulu sukses dari kita seakan-akan mereka adalah orang hebat. Tidak hanya itu, kita juga sering tanpa sadar berpikir mereka mencapai kesuksesannya hanya dalam waktu yang singkat, makanya predikat hebat melekat pada diri orang-orang sukses. Padahal kita sama-sama luar biasanya dengan orang-orang sukses.

Satu hal yang jarang kita lihat dari orang sukses adalah bagaimana mereka menapaki perjalanan suksesnya. Bagaimana mereka sampai ”berdarah-darah” memperjuangkan kesuksesannya.

Tidak sedikit saya menemui orang, baik itu di dunia online maupun di dunia, yang sering mendengar ungkapan-ungkapan seperti : ”sukses adalah sebuah perjalanan”, ”sukses adalah sebuah proses”, ”sukses adalah … ”. Tapi apa? Mereka ngga ngerti sama sekali maksud terdalam dari semua ungkapan itu.  

Memang suatu hal yang wajar bila kita sebagai manusia inginnya yang mudah, praktis, simpel, tapi bisa menghasilkan banyak hal. Akan tetapi ada hukum Tuhan yang tidak bisa kita pungkiri sama sekali. Apa itu? Hukum Proses dan Paket Sukses.

HUKUM PROSES

Segala sesuatu yang ada di alam semesta ini tumbuh dan berkembang luar biasa adalah karena proses yang terjadi di dalamnya. Tidak ada sesuatu yang sim salabim muncul begitu saja.

Contoh :

  • Terbentuknya alam semesta selama milyaran tahun yang diawali sebuah ledakan 2 bintang (Big Bang Theory).
  • Proses penciptaan manusia yang setahap demi setahap, sebagaimana yang dijelaskan pada kitab suci kita (dalam hal ini saya merujuk pada Al-Qur’an).

Jadi apapun bentuknya selalu ada awal, proses, dan akhir. Begitu pula dengan perjalanan sukses Anda. Tidak bisa Anda memulai tahu-tahu berharap sudah sampai di finish dan Anda menjadi seorang pemenang. Selalu ada proses di dalamnya yang menuntut Anda untuk selalu belajar dan berkembang. Inilah perjalanan panjang dan berat yang harus Anda lalui.

Jika Anda baru memulainya saat ini, jangan langsung berlari. Berjalanlah dulu dengan perlahan. Bila sudah stabil, berjalanlah lebih cepat dan biarkan itu menjadi irama baru Anda sekarang. Bila Anda sudah benar-benar kuat, maka berlarilah hingga kesuksesan tersebut yang mengejar Anda. Dan lahirlah pemenang baru di dalam kehidupan ini. Siapa, itulah Anda.

Yakinlah ketika semua perjalanan sukses itu Anda lalui dengan kesabaran dan penuh keikhlasan, maka akan menjadi suatu cerita yang menarik ketika nanti Anda berdiri di ”panggung kemenangan” dan bercerita bagaimana proses yang Anda lalui. Suatu cerita yang akan membuat dunia menghargai Anda, apapun profesi yang membuat Anda sukses.

Camkan baik-baik bahwasanya sebuah kesuksesan besar adalah kumpulan dari kesuksesan-kesuksesan kecil yang sudah terwujud. Dan setiap satu bagian kesuksesan memerlukan waktu. Jadi tidak bisa bila Anda mengharapkan jadi orang sukses seketika.

Anda harus terbiasa melakukannya setahap demi setahap dan mengikuti prosesnya. Lakukan mulai dari langkah-langkah sederhana hingga akhirnya tanpa Anda sadari Anda sudah sukses.

space

PAKET SUKSES

Tidak saya bahas disini panjang lebar karena sudah pernah saya posting di artikel terdahulu tentang paket sukses yang dikirimkan Tuhan kepada manusia.

Yang bisa saya simpulkan adalah tidak ada kesuksesan tanpa kegagalan. Setiap kesuksesan selalu beriringan dengan kegagalan-kegagalan kecil. Itu sudah hukum alam, bahwa sukses dan kegagalan adalah satu paket yang tidak terpisahkan. Anda harus menerima keduanya.

Mengingat panjangnya perjalanan sukses yang akan Anda tempuh dan juga betapa melelahkannya hingga bahkan menguras fisik, mental, pikiran, dll, maka sangat diperlukan visi yang kuat dan tepat.

Visi inilah yang akan menjadi penuntun sekaligus motivator alami Anda dalam menghadapi segala rintangan yang akan menghadang. Sehingga Anda bisa tetap tegar dan selalu mantap dalam melangkah.

Pernah mendengar cerita perjalanan menuju sukses yang begitu pahit? Kira-kira kenapa orang sukses tersebut bisa bertahan hingga sukses? Jawabannya adalah karena mereka memiliki visi yang kuat dan fokus terhadap visinya, bukan pada masalahnya.

Jangan pernah patah semangat, karena setiap orang punya hak untuk sukses. Buang jauh-jauh dari pikiran Anda bahwa kesuksesan itu adalah faktor nasib. Semua itu adalah pilihan, apakah Anda mau hidup sukses atau hidup biasa-biasa saja. Hati-hati juga dengan penyakit-penyakit pikiran yang akan membuat Anda goyah dan mundur dari arena pertarungan.

Sebagai penutup saya ingin mengambil suatu analogi sederhana. Anda pernah melihat bintang di langit? Kira-kira bintang bersinar terang ketika langit gelap (malam hari) atau langit terang (siang hari)?

Itulah perumpamaan kesuksesan. Tuhan menciptakan masalah ketika kita mencoba meraih kesuksesan ada tujuannya. Pertama, agar Anda tumbuh menjadi menusia yang lebih kuat. Yang kedua, agar kesuksesan Anda terasa lebih manis. Bayangkan, lebih enak mana cerita perjalanan sukses yang berliku-liku atau yang lurus-lurus tahu-tahu sukses?

Yang terpenting, imbangi usaha Anda dengan doa. Tidak ada kesuksesan tanpa anugerah dan rahmat dari Sang Khalik. Berjalanlah setapak demi setapak dan nikmati prosesnya. Itulah perjalanan sukses Anda.

Semoga artikel ini bisa menjadi bahan bakar awal Anda dalam menempuh perjalanan sukses 1 tahun kedepan. Selamat menempuh perjalanan sukses Anda, saya tunggu di puncak kesuksesan…

Salam Sukses,
Photobucket
space

Sukses Adalah Sebuah Perjalanan
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

81 thoughts on “Sukses Adalah Sebuah Perjalanan

  • Pertamaxx juga….(bales .red)..hehehhe…
    Sepakat mas, semua perjalanan manuasia adalah proses…proses menuju sesuaru yang akan kita raih… dan yang paling penting adalah kesuksesan dan kegagalan merupakan cobaan….Hingga kita tak menjadi takabur dan putus asa ketika sukses itu datang dan kegagalan itu menghampiri kita…

    salam…

  • Sukses adalah capek, perjuangan dan berdarah-darah (pinjem istilah mas Arief), namun sukses juga relatif tergantung norma dan ukuran apa yng kita usung dan pola masyarakat sekitar yang menilainya.

    Namun dari kerelatifitisan tersebut ada satu titik mutlak yang bisa di pungut dan disetujui bersama, yaitu cara apa yg kita tempuh saat meraih kesuksesan tersebut, benarkah? atau cara yang tidak benar? Karena kebenaran adalah mutlak, jikalau cara anda benar maka itulah yg disebut mutlak, oleh karenanya banyak yg mengatakan bahwa kesuksesan adalah di rujuk dari CARA yg kita tempuh, karena kalo benar maka mutlaklah kesuksesan kita.

    Makasih mas Arif untuk artikelnya inspiring me.

  • betul sekali! Tanpa kerja keras kesuksesan hanyalah sebuah kamuflase tidak ada kepuasan terbesar selain kepuasan sseseoorang yang telah bekerja keras meraih kesuskesan! :)

  • betul mas arief, meraih kesuksesan yang sejati memang memerlukan perjalanan yang panjang, dan pasti di tengah perjalanan yang panjang itu pasti akan menghadapi masalah dan hambatan yang bisa menghambat kesuksesan kita, hanya orang yang mampu menghadapi masalah dan hambatan tersebutlah yang akan mencapai ksuksesan sejati..

    salam sukses selalu..

    1. Masalah sudah pasti datang. Yang terpenting adalah bagaimana sikap kita terhadap masalah. Bila masalah diibaratkan dengan sebuah batu, maka ada 2 pilihan :
      1. Kita mati tertimpa batu
      2. Kita jadikan batu tersebut sebagai batu loncatan untuk melompat lebih tinggi dan menggapai bintang harapan (sukses)

  • Halo Mas Arief,
    Artikelnya siip deh…memang sukses itu tidak gratis, ada harga yang harus kita bayar. Tapi di mana ada kemauan, selalu aja jalan buat kita. Saya minta tukeran link ya Mas…bisa dicek di blog saya link Anda sudah terpasang. Thanks…

    LINGGAWATI SAPUTRA ST, MM
    http://www.inhousebusiness.com

    1. @Arief Maulana, saya santik saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan kepada anda
      1.apa keuntungan menjadi sales?
      2.apa produk/jasa yang anda jual?
      3.kira-kira berapa pendapatan anda setiap bulan?
      3.resiko apa yang dihadapi saat menjadi sales?
      tolong balas di email saya :santik49@rocketmail.com
      saya tunggu…..
      terima kasih

  • Bagus juga artikelnya, aku seneng ngebacanya. Cuma gimana kalo dibumbuhi dengan cerita yang menginspire juga. Mungkin akan lebih mantep.. Wadya think?

  • Saya setuju seratus persen nak Arief,memang untuk meraih kesuksesan tidak bisa simsalabin,kecuali IA yang bisa Kun Fayakun,kita perlu proses, pengalaman hidup saya perlu proses panjang,mungkin bagi yang lain lebih pendek,saya mulai merintis usaha dengan satu orang karyawan ditahun 74,alhamdulillah sekarang karyawan hampir 100 orang itu memerlukan proses, pesan bagi anak anak muda jangan cepat putus asa bila mengalami kegagalan,kegagalan bukan untuk ditakuti akan tetapi bila kegagalan itu kita dapati,kegagalan itu harus kita pelajari,
    berjuang terus songsong masa depan dengan kejujuran, keseriusan Insya Allah kesuksesan akan menanti.
    Saya minta izin untuk menyebut Nak untuk Nak Arief dari sisi usia memang saya pantas menyebut sebutan itu, Nak Arief saya punya anak lima semuanya laki-laki kata orang Pondowo Lima, sibungsu Lutfi Helmi 06 selesai FT Triksakti sekarang sedang belajar di UPM Malaysia belajar tentang Finance.
    Saya bangga dengan anak anak muda yang berperestasi seperti Nak Arief, juga saya bangga dan bersyukur dengan kelima anak-anak saya titipanNYA.
    salam h mohammad aspuri hz.

  • Tidak ada yang gratis di dunia ini.
    Jika kita ingin sukses kita harus membayarnya dengan mahal.
    Kita harus membayarnya dengan kerja keras, perjuangan, ketekunan, dan masih banyak lagi kesenangan yang harus kita korbankan.
    Mudah-mudahan allah memberikan kita kesabaran dan ikhlasan dalam menapaki jalan menuju kesuksesan.

    1. Membenarkan sedikit mas… kerja pintar (smart).
      Kalau cuma sekedar kerja keras ngga cukup. Tukang becak kerjanya tiap hari lebih keras dari kita. Tapi kebanyakan ngga ada perubahan berarti.

  • yup, sukses ato tidak tergantung pilihan memang. yang jelas kalau milih sukses harus berani membayar harganya.

    baca juga tulisan terbaru saya : Menyetiai Mimpi 2 : Kreatif meski Kondisi Sulit

    happy new year too…………………

  • selamat tahun baru 2009' semoga dilimpahkan rahmat , keselamatan dan berkah dari ALLAH SWT, Amien, sukses selalu buat blogers indonesia,
    artikel yg selalu ditunggu…blog motivasi Arief,……see you then…
    B,N from Florida.

  • Selamat Tahun Baru. Hm artikel yang menarik banget untuk disimak dan dihayati maknanya. Setuju banget kalau sukses suatu perjalanan dan perlu diperjuangkan.

  • SELAMAT TAHUN BARU 2009 MAS ARIEF!!

    Semoga tahun ini menjadi saksi kesuksesan bisnis kita. amiinn…

    Sekalian mohon izin Artikel anda ini saya jadikan review artikel saya (CPNS part 2). Terimakasih sebelumnya.

    Oya, selamat juga dalam waktu singkat blog ini dah melesat ke PR 1. Jadi pengen tahu rahasianya, boleh dikirim di email saya. trims kawan!

    Salam Istimewa dari BISNIS GURU

  • Kesuksesan memang butuh proses ya mas, ibarat manusia, semua yang lahir semuanya dimulai dari bayi. Mengalami proses tumbuh kembang, lalu jadilah manusia yang sempurna.
    Salam sukses….

    1. Bener… dari lahir, merangkak, berdiri, kemudian berlari (passive income).
      Kalau Anda merasa ada proses yg dilewati, hati-hati.

      Bisa jadi itu cara Tuhan untuk menjatuhkan Anda dengan keras. Naikkan dengan cepat untuk kemudian dijatuhkan dengan cepat pula.

      Be carefull. Karena saya punya teman yang seperti itu. Dan hampir dia mundur karena frustasi. Untungnya tetep bertahan…

  • "sebuah kesuksesan besar adalah kumpulan dari kesuksesan-kesuksesan kecil yang sudah terwujud. Dan setiap satu bagian kesuksesan memerlukan waktu. Jadi tidak bisa bila Anda mengharapkan jadi orang sukses seketika."

    Kalimat diatas mengingatkan kita agar tidak menyepelekan yg kecil sebelum meraih yg lebih besar, kata2 yg menarik mas arif… semoga tambah sukses di tahun 2009

  • Dan memang yg perlu kita nikmati adalah perjalanan menuju kesuksesan tersebut,karena terkadang dan tidak jarang kesuksesan tercapai setelah waktu berjalan begitu lama, dimana kita sdh tidak bisa menikmati kesuksessan kita dikarenakan umur dan atau sebagai nya.

    Akan sayang jadinya jika kita ingin mencapai kesuksesan tapi mengabaikan nikmatnya proses mencapai kesuksesan tersebut.

    Kalau lah tuhan memberikan kita umur panjang, tapi bagaimana jika tidak, dikala kesuksesan kita datang tuhan berencana lain.

    Proses adalah sangat penting dalam menuju kesuksesan.@@@

  • Tulisan anda sangat bagus. Tapi kenapa anda mengiklankan produk penjual mimpi di website anda yang sangat bertolak belakang dengan tulisan anda? di iklan "BIKIN DUIT ".

    1. Disini saya hanya bersikap profesional as an affiliate marketer and as an ads publisher. Sampai akhirnya tadi malam saya mendapatkan kiriman materi dari seorang rekan member 'bikin duit".

      Saya baca materinya, ternyata memang benar adanya. Kualitas ebook bikin duit memang jauh di bawah standar kualitas. Dan kebetulan baru sempat koneksi lancar sore ini. Jadi setelah menghubungi pihak pengiklan dan mengembalikan modalnya, saya langsung hapus.

      Sedangkan untuk beberapa iklan yg lain, saya sudah tahu isinya seperti apa. Dan menurut saya memang layak untuk diiklankan.

      Adapun jika Anda merasa ini sebuah hal yang dilematis, antara iklan dengan tulisan saya. Justru karena itulah. Saya disini sebagai pihak netral hanya bisa memfilter lewat tulisan. Pilihannya tetap berpaling kepada pembeli. Sama halnya dengan kondisi pemerintah terhadap perihal masalah rokok. Hanya bisa menghimbau. Pilihannya tetap pada peroko itu sendiri.

      Andai saja Anda tahu bagaimana saya bekerja memasarkan produk, mungkin Anda tidak akan berburuk sangka, karena saya selalu menjelaskan dengan jujur kepada para prospek produk seperti apa yang akan mereka beli, walau itu mungkin bertentangan dengan sales letter web resellernya. Maka dari itu, tidak semua produk yg dipajang dalam text link ads, saya pasang di page kerjasama bisnis yang berisi produk yang saya pasarkan.

      Anyway terima kasih karena sudah kritis. Masukannya sangat berharga.

    1. Maaf kalau saya mengecewakan mas danang. Tapi saya ngga terkejut sama sekali ke situsnya mas.

      Lha wong dari situs yang sama dengan yg mas promosikan saya udah dapet 2,4 juta. Hehehe…

  • artikel yang menarik bro… sukses itu bisa diibaratkan dengan perjalanan. setapak demi setapak, meletihkan namun menantang :) butuh perjuangan, kerja keras, fokus dkk… sayangnya masih banyak orang yang berpola pikir salah. maunya instan, cepat menghasilkan tapi tidak mau membayar harganya.

    Kadang saya mengidentikan kesuksesan itu seperti pohon yang tumbuh dari kecil, lalu menjadi besar dan berbuah. mungkin dalam konteks bisnis, buah bisa diibaratkan seperti uang, prestise atau penghargaan. Untuk bisa berbuah memang perlu proses dan butuh usaha keras (tapi cerdas :) ) itulah proses alami yang harus dilewati…

    keep the spirit bro..
    mari menuju puncak sukses

    gurumuda

  • Saya sangat suka sekali artikel anda ini. Karena saya juga ingin merasakn sukses itu. Saya berharap mas arief mau mampir ke blog saya http://bisnisrizal.blogspot.com.(jgn tertipu nama blognya ya mas,karena hanya sebuah nama aja he he he) Saya butuh kritik dan saran mas agar blog saya pun akhirnya bisa menjual dan meraih sukses seperti mas arief

  • Pingback: Bagaimana Keyakinan Membawa Kesuksesan | ARIEF MAULANA .com
  • thank u mas..
    memotivasi sekali.

    Kesuksesan seseorang tak hanya diukur dari kekuatan fisik semata,
    namun juga bagaimana ia melupakan kegagalan yang dahulu dan mengobati rasa sakit hatinya.

  • Pingback: Sukses Dengan Mindset Yang Tepat | ARIEF MAULANA .com
  • Pingback: Tuhan Tahu Waktu Terbaik Untuk Kita | ARIEF MAULANA | The Next Success Leader
  • Wah…tulisan mas arief nambahin motifasi nich, emang bukannya kesuksesan itu mesti pakai tahapan ‘jer basuki mawa bea” Dan finalnya kepuasan akan usaha kita hakekatnya bukan nilai akhir tapi real action dari setiap “nawaetu” itu sendiri yang udah kita lakukan. Iya tho..mas, “Paket” diujung perjuangan kan prerogatifnya Tuhan, hak kita cuman berbuat yang terbaik.
    Ok deh sukses tuk semua.

    1. yes, you are right. Sebagai manusia, kita wajib berusaha. Namun kita tidak berhak menentukan apa yang menjadi hak prerogatif Allah, yakni sukses atau gagal. Meski demikian, kegagalan masih bisa diminimalisir dengan mendekat pada pemilik hak prerogatif tersebut.

      Selamat datang di Blog Motivasi Arief, silahkan baca artikel-artikel terbaru yang lain.
      Salam Sukses

  • Pingback: Rahasia Bisnis Rasulullah | ARIEF MAULANA - The Next Success Leader
  • Pingback: barunguik » Berkat Tuhan Datang Tepat Pada Waktunya
  • Pingback: Belajar Dari Tukang Es Cendol | ARIEF MAULANA - The Next Success Leader
  • Pingback: Bisnis Internet | Bisnis Online Untuk Pemula | ARIEF MAULANA | Success Is The Way Of My Life
  • Pingback: Konsep Action Joko Susilo | Kiat Sukses Seleksi dan Kuliah
  • trims mas arief.. posting ini menyemangati saya ..

    :hiks:
    betul mas segalanya memerlukan proses..namun terkadang kita tidak sadar akan proses yang harus kita lewati, sedang godaan begitu kuatnya mempertanyakan usaha kita untuk sukses, karenanya menetapkan visi dan menjaga semangat merupakan modal penting yang harus kita jaga…
    thx…

    :sip:

    oya mas lekas sembuh ya…

  • Pingback: Jangan Menyesali Perjalanan Hidup Anda - pelajaran
  • Perjalanan hidup mas dan sikap orang tua terhadap pilihan hidup mas ada kemiripan dengan saya cuma bedanya sampai detik ini saya belum merasa sukses. TETAP SEMANGAT ! TETAP MELANGKAH !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,416 bad guys.