Oleh : Arief Maulana

Belajar Dari Kesalahan
Belajar Dari Kesalahan

“Sudah belajar apa dari kesalahanmu?” Kalimat pertanyaan ini terlontar dari Tjandra Danny sebagai bentuk atas respon salah satu twit saya di twitter. Saya suka sekali karena ungkapan tanya ini menantang kita untuk tidak beralasan dan menyalahkan orang lain atas kegagalan yang kita alami.

Entah siapa yang salah, pendidikan di sekolah atau orang tua yang mendidik kita, sehingga seringkali ketika mengalami kesalahan yang berujung pada kegagalan, kita cenderung mencari kambing hitam untuk disalahkan alih-alih introspeksi dan mengevaluasi diri.

Fenomena ini juga kerap terjadi juga pada teman-teman yang terjun di internet marketing. Kita tahu, para pemilik panduan internet marketing membuat materi yang sama untuk setiap anggota baru yang join di program membership mereka. Panduannya sama, tapi mengapa hasilnya bisa berbeda untuk setiap orang?

Ada yang berhasil mengeruk banyak keuntungan atau mendatangkan profit dalam waktu yang singkat. Ada pula yang sudah menjalaninya dalam kurun waktu tertentu namun tidak juga memperoleh hasil sama sekali.

Memang ada banyak faktor, mulai dari daya tangkap dalam menyerap materi, keberanian untuk praktek, antusiasme dalam upaya terus mencoba tanpa kenal lelah, sikap ataupun mindset yang mendukung. Tapi apapun latar belakangnya, saya selalu percaya siapa yang bersungguh-sungguh dia akan berhasil. Man jadda wa jada.

Ujian sebenarnya datang pada saat kita melakukan kesalahan dan akhirnya gagal. Apakah lantas kita diam dalam keterpurukan dan menyalahkan orang lain, ataukah kita mencoba untuk menggali dan belajar dari kesalahan yang sudah dilakukan.

Yang perlu diingat adalah, tidak semua usaha yang dilakukan ujug-ujug langsung berhasil. Sukses dan gagal itu diciptakan 1 paket. Dengan kegagalan kita belajar untuk tidak mengulang kesalahan yang sama sehingga menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Berhentilah menyalahkan orang lain, karena hidup ini adalah tanggung jawab kita sendiri. Kita yang membuat keputusan dan tentu saja kita juga yang menanggung setiap konsekuensinya. Anda memilih untuk bergabung dalam suatu membership panduan internet marketing yang mana, pun itu adalah sebuah keputusan. Entah keputusan yang diambil karena emosi membaca sales letter (ingin cepat kaya ala instan, bahkan 45 menit sejak join atau profit hari ini), ataukah keputusan yang diambil setelah beberapa pertimbangan dan pencarian informasi yang cukup melalui search engine. Ayolah, tidak ada yang benar-benar instan di dunia ini. Semua butuh upaya.

Semua ada konsekuensinya. Ketika ternyata salah join dan malah tidak bisa mendapatkan profit coba evaluasi diri sebelum menyalahkan yang lain. Misalnya, berapa % dari materi yang diajarkan sudah dipraktekkan? Jangan suka berlindung dibalik perisai “masih newbie”, Anda tidak akan berkembang. Sampai kapan mau jadi newbie?

Lha kalau memang panduannya yang tidak bagus? Padahal sudah mencoba semuanya? Maka artinya kita sudah melakukan sebuah kesalahan. Mungkin dulu joinnya karena terbujuk sales letter. Selanjutnya jangan seperti itu. Coba cari informasi dulu. Apa benar-benar bagus isinya? Pasti banyak yang membuat review. Atau Anda bisa kontak orang-orang yang sudah berhasil mempraktekkan isinya dan memperoleh profit, bukan dari sekedar menjual ulang membershipnya.

Yang berhasil sekarang juga pernah melakukan kesalahan dan gagal. Bedanya mereka belajar dari kesalahannya dan tidak mengulanginya lagi. Nah, sudahkah Anda belajar dari kesalahan yang Anda perbuat?

Banyak orang melakukan kesalahan dan gagal, tapi hanya sedikit yang belajar dari kesalahan itu dan menjadikannya pijakan untuk menjadi sukses.  –  AM Words

Salam Sukses,
arief maulana

Sudah Belajar Apa Dari Kesalahanmu?
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

56 thoughts on “Sudah Belajar Apa Dari Kesalahanmu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,560 bad guys.