Oleh : Arief Maulana

cafe bisnisAlhamdulillah, kemarin waktu blogwalking ke blognya Mas Octa ternyata artikel terakhirnya adalah pengumuman pemenang kontes akhir tahun review café bisnis. Dan disana disebutkan bahwa saya memenangkan kontes dan mendapatkan hadiah komisi afiliasi café bisnis. Tidak cuma itu, dari founder café bisnis sendiri (Lutvi Avandi), memberikan tambahan bonus berupa USD 10 ke seluruh peserta kontes. Model review yang saya ikut sertakan dalam lomba bisa dilihat di artikel hadiah jalan-jalan ke cafe bisnis.

Cafe Bisnis

Praktis dengan demikian, ini adalah kontes kedua yang saya menangkan sejak terakhir kali mengikuti kontes d’BC-Online dan mendapatkan total +/- 2,8 juta dalam 2 minggu. Kalau mau membaca ulasannya dan trick saya di kontes d’BC-Online bisa baca di bawah ini :

Lho bukannya banyak kontes beredar di internet? Bahkan Panduan Dasarnya Mas Cosa pun mengadakan kontes afiliasi. Benar sekali, hanya memang kegiatan offline saya akhir-akhir ini begitu padat. Bahkan saking padatnya, online dari laptop hampir jarang. Artikel-artikel yang terus update disini adalah artikel terjadwal yang sudah saya siapkan sebelum benar-benar dilanda kesibukan luar biasa. Tinggal membalas komentarnya cukup lewat blackberry saja. Daripada ikutan tapi ngga fokus, mending ngga usah sekalian biar memperbesar peluang yang lain untuk menang.

Disini saya tidak akan mengulas apa yang membuat saya menang. Karena ulasan yang menjadi point penilaian juri akan diulas sendiri oleh Mas Octa di artikel mendatang. Jadi silahkan Anda cek, kira-kira apa yang membantu saya bisa memenangkan kontes tersebut. Yang ingin saya bahas sekarang justru sisi lain dari kontes tersebut.

Dulu di blog ini juga, saya pernah menulis sebuah artikel yang tema utamanya adalah meraih sukses dengan kemampuan menulis. Artikel tersebut didasarkan atas ucapan dosen Bhs.Indonesia kepada saya pada saat kuliah (silahkan baca artikel tersebut bila ingin tahu jelasnya).

Ternyata sekali lagi waktu membuktikan kebenaran ucapan dosen saya tersebut. Saat ini, sebagian sumber pemasukan saya di bisnis internet adalah hasil dari menulis. Maka saya mengamini betul statement mas lutvi di blognya, pinter nulis baru bisnis.

Kemampuan menulis seakan-akan sudah menjadi basic yang mesti dikuasai pebisnis internet. Entah nantinya Anda terjun di bisnis Paid Review, Google Adsense, ataupun bisnis blog monetizing lainnya yang sama-sama mengandalkan kemampuan menulis.

Maka mulailah meningkatkan kemampuan menulis Anda. Paling tidak mulailah dari blog. Seperti artikel saya yang lalu, blogging for education, lewat blog Anda bisa belajar untuk rajin menulis. Seiring dengan waktu maka kualitas biasanya terbentuk. Practice make perfect, dan kualitas terbentuk dari kuantitas.

Jangan lewatkan juga kontes-kontes yang berkaitan dengan dunia tulis menulis. Misalnya seperti kontes review yang diadakan oleh Mas Octa. Bukan tidak mungkin ke depan akan banyak kontes-kontes seperti itu. Mengadu keterampilan menulis kita.

Tahukah Anda berapa peserta kontes yang diadakan mas Octa tersebut? Hanya 4 orang. Ya, Anda tidak salah baca hanya 4 orang pesertanya. Saya kurang tahu kenapa jumlah pesertanya sedikit. Padahal Mas Octa rasanya udah mengumumkan kontes ini di setiap jejak komentar yang ditinggalkannya di blog orang. Dan sempat juga masa kontes diperpanjang. Mungkin karena hadiahnya kecil kali ya, hanya komisi afiliasi dari pembelian café bisnis lewat referal pemenang.

Gara-gara ini juga, tiba-tiba saya jadi inget kata Pak Tung Desem Waringin dalam sebuah audio MP3 Life Revolution.

“Seringkali menjadi menang itu mudah, karena mereka yang memutuskan menjadi pemenang sejak awal jumlahnya sedikit”.

Contoh : untuk menjadi juara dunia bulu tangkis, Taufik Hidayat tidak perlu mengalahkan semua orang di dunia. Cukup mengalahkan beberapa orang saja yang memilih untuk berjuang dan menang. Padahal boleh jadi, Anda ataupun siapa saja di belahan dunia sana bisa bermain bulu tangkis lebih hebat dari dia.

Begitu juga dengan kontes review ini. Mungkin banyak yang berpikir :

  • Ah kontes kecil hadiahnya juga kecil, ngapain ikutan! (sudut pandang master)
  • Wah yang ikutan para master, pasti ngga bisa menang. (sudut pandang newbie)
  • Males ikutan kontes, pokoknya males. (sudut pandang ngga jelas)

Saya jawab satu persatu. Untuk alasan pertama, well justru karena itu seharusnya ikut. Bukankah dengan demikian peluang menang jauh lebih besar. Lawan yang bener-bener lawan kan lebih sedikit jumlahnya. Meski hadiahnya kecil, kalau sering menang lumayan juga kan.

Alasan kedua. Kalau semua newbie mikirnya seperti ini, gimana mau berkembang. Biasanya para master jarang ikutan kontes yang “ecek-ecek” hadiahnya. Entah gengsi atau komisi udah kegedean, makanya cari yang lebih besar hadiahnya. Artinya pesaing Anda adalah sesama newbie. Sayangnya karena kebanyakan newbie berpikir seperti ini, newbie yang ikut sudah pasti punya peluang menang besar.

Alasan ketiga. Ini alasannya orang yang suka melewatkan peluang, padahal peluang suka ngga datang dua kali. Kalaupun datang lagi, bentuknya sudah berbeda. Mungkin kontes semacam ini akan ada lagi, tapi pesaing kita mungkin sudah upgrade menjadi lebih baik. Sementara kita begini-begini aja. Sudah tentu peluang kita makin tipis.

Itulah mengapa kadang kala kita perlu ikutan kontes untuk menguji seberapa jauh kemampuan yang kita miliki. Dengan sudut pandang seperti ini, menang atau kalah tidak jadi soal. Ingat, kalau kita ngga rajin mengupgrade kemampuan diri, maka pesaing yang akan melakukannya. Akhirnya kita selalu tertinggal.

Oh ya, andai kata yang banyak yang ikut, sebenarnya lumayan loh. Walaupun ngga menang masih bisa dapet hadiah $10. Itu diberikan ke semua peserta sebagai hadiah tambahan, ngga peduli pesertanya menang atau kalah. Dengan kata lain, cuma ikut dapet $10. Tapi kudu punya paypal yang terverifikasi tentunya, entah itu dengan credit card ataupun VCC.

Saya kira ini aja ulasannya. Dari segi teknisnya, saya kira bisa Anda amati dan pelajari dari review café bisnis yang saya daftarkan. Pun kriteria penilaian juri dan siapa saja jurinya bisa Anda baca di artikelnya Mas Octa. Dan untuk Mas Octa, welcome to CBers Community.

Salam Sukses,
arief maulana
space

Sisi Lain Kontes Akhir Tahun Cafe Bisnis
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:         

158 thoughts on “Sisi Lain Kontes Akhir Tahun Cafe Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,551 bad guys.