Oleh : Arief Maulana

Senang sekali rasanya ketika akhirnya Blog ini masuk ke salah satu media cetak nasional (Koran Republika). Rasanya baru kemarin saya cuap-cuap di Radio Sonora FM Surabaya, membawa blog dan aktivitas blogging ke hadapan pendengar kini sudah merambah ke media cetak. Someday, mungkin masuk TV kali yah… amin… *diamini berjamaah* :p

Ada satu benang merah yang saya dapatkan dari kedua event yang berharga ini. Keduanya merupakan efek dari aktivitas memperluas social circle. Yap. Saya bisa masuk ke Radio Sonora FM diundang oleh seorang teman yang dulu bekerja sebagai Marketing Communication di IBMT University (kabarnya udah pindah ke perusahaan lain sekarang). Sementara publikasi di Koran Republika tidak lain hasil dari rekomendasi teman di lingkaran sosial saya yang bekerja di perusahaan media.  

Memperluas Social Circle Tidak Cukup!

Di era seperti sekarang ini networking seakan menjadi satu syarat mutlak untuk berhasil.

Superman is dead, but super team is the winner.

Tentu pertanyaan selanjutnya adalahbagaimana membangun super team? Ya Anda mesti mencari orang-orang yang tepat. Perluas social circle Anda sesegera mungkin dan temukan orang-orang yang tepat. Beberapa tipsnya sudah saya berikan toh di artikel-artikel sebelumnya tentang bagaimana memperluas social circle.

Tapi sayangnya itu tidak cukup! Memperluas social circle kalau hanya sekedar saja juga buat apa. Boleh lah untuk melatih social skill Anda. Akan tetapi, kalau bisa dimaksimalkan sampai ke level karir ataupun bisnis Anda kenapa tidak? Jangan setengah-setengah!

Membangun Momentum

Untuk itu kita perlu pandai-pandai membangun momentum untuk mendapatkan efek berantai yang saling menguatkan. Kita mesti menyinergikannya antara personal branding dengan aktivitas memperluas social circle. Perhatikan skema berikut :

 

Sinergi Brand Building - Social Circle
Sinergi Brand Building - Social Circle

Ketika kita berinteraksi dengan seseorang, ada fase saling mengenal lebih jauh sesuai dengan tujuan dan kepentingan masing-masing pribadi. Akan datang juga saat dimana Anda memiliki kesempatan untuk menjelaskan siapa diri Anda, termasuk dalam hal karir atau bisnis. Inilah kesempatan emas untuk membangun personal branding Anda.

Ceritakan saja aktivitas Anda. Berikan cerita terbaik yang dipoles dengan story telling skill hingga yang mendengar berkesan. Bukankah ini seperti sebuah presentasi tentang diri Anda. So, show them the best of your self.

Mungkin tidak sekarang, tapi suatu saat ketika ada keperluan khusus yang berkaitan dengan bidang profesional Anda, siapa lagi coba yang diingat kalau bukan Anda. Meskipun yang butuh bukan teman langsung Anda, tapi selalu ada referensi, bukan? Persis seperti yang saya alami.

Kalau sudah branding jalan, biasanya juga akan berimbas pada social circle Anda. Makin Anda naik dan populer, akan makin banyak orang yang mengenal dan merujuk pada Anda ketika mencari referensi sesuai bidang yang Anda tekuni. Yang penting jaga konsistensi aja dan perdalam pengetahuan atau skill Anda disana.

Kesempatan Yang Berharga

Ketika saya diberi kesempatan On Air di Radio Sonora FM Surabaya, branding terdongkrak. Makin banyak yang mengenal. Artinya kesempatan saya untuk memperkuat branding yang sudah ada pun makin besar. Dan begitu seterusnya, branding meluas social circle pun ikut membesar.

Prestasi sekecil apapun yang Anda miliki dan mendukung personal branding, pasang saja di halaman “About Me”. Saya belajar dari Romi Satria Wahono bahwa internet adalah sarana dimana Anda bisa narsis senarsis-narsisnya sesuai bidang profesional yang Anda tekuni. Membangun branding dan memperluas social circle bisa dilakukan secara bersamaan alias saling sinergi.

Jangan menunda lagi. Kalau tidak Anda lakukan sekarang, kompetitor Anda yang akan melakukannya. Semoga tulisan yang sederhana ini bermanfaat untuk Anda semua.

Sinergi Dahsyat Social Circle dan Personal Branding
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

30 thoughts on “Sinergi Dahsyat Social Circle dan Personal Branding

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,429 bad guys.