Show At PP LKMM FTK 2009

Oleh : Arief Maulana

Bersama Peserta PP LKMM FTK 2009
PP LKMM FTK 2009

Seperti yang udah sempet saya singgung sebelumnya di tulisan “Rezeki Tidak Pernah Salah Alamat“, salah satu alasan saya menolak tawaran Mas Dadang adalah karena harus mengisi materi di Pelatihan Pemandu Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Fakultas Teknologi Kelautan 2009 alias PP LKMM FTK 2009 (sengaja dipanjangin… biar ketauan kerennya, hehehe…).

Saya selalu senang setiap kali hadir untuk memberikan materi PP LKMM ini, dimanapun fakultasnya di ITS. Why, karena itu artinya investasi saya jalan. Investasi apa? Investasi akhirat dengan jalan ilmu (bisa baca selengkapnya di “Investasi, Kunci Sukses Dunia Akhirat”)

Wajah-wajah baru… generasi baru, bibit baru calon pemandu yang akan menggantikan tugas saya dan teman-teman yang semestinya sudah berakhir sejak semester yang lalu. Tapi karena agak sedikit tertunda kelulusannya, ya mesti diterima undangan dari rekan-rekan Pemandu FTK.

Well, back to wajah-wajah baru. Semangat membara masih saya rasakan meski ngga secara langsung. Paling tidak antusiasme mereka dan rasa keingintahuan para calon Pemandu baru itu terhadap materi yang dibawakan menambah spirits tersendiri dalam mengemban amanah membawakan materi “Hakikat Kepemanduan”. Hanya saja, ada selalu ada pertanyaan lanjutan di benak saya :

Apakah semangat ini akan terus bertahan? Ataukah pada akhirnya terkikis waktu dan kesibukan?

Yang jelas, saya teringat beberapa filosofi yang pernah disampaikan oleh Mas Nasyih (Pemandu Senior) dalam acara Upgrading Pemandu ITS 2008. Beliau mengatakan bahwa akan ada 2 tipikal Pemandu ITS. Dan kita sebagai pemandu pasti masuk di salah satunya. Apa saja itu :

  1. Pemandu is THE KING MAKER
  2. Pemandu is TISU TOILET

Well, saya sempat tersenyum mengingat ungkapan Mas Nasyih tersebut. Karena saya tahu persis apa yang dimaksudkan oleh Mas Nasyih. Pemandu ITS memiliki peranan penting dalam membawakan kegiatan LKMM yang notebene menjadi lini terdepan dalam pengkaderan mencetak para pemimpin organisasi.

Yes… we are the king maker… Tapi jangan terburu-buru… karena bisa jadi kita hanya menjadi Pemandu Tisu Toilet. Apa hubungannya? Pemandu yang hanya sekaliĀ  bertugas sudah hilang dan tak terdengar lagi. Persis seperti tisu toilet yang cuma bisa sekali pake aja.

Ehm… ingatan saya kembali melambung tinggi mengingatkan pada rekan-rekan satu angkatan pemandu, saat kami sama-sama duduk sebagai peserta di PP LKMM BEM II ITS. 40 orang terjaring dari seluruh penjuru ITS dengan seleksi yang sangat ketat. Namun hanya kurang dari 10 yang masih tetap eksis memandu hingga akhirnya wisuda menjemput. Dan alhamdulillah, saya masih diberi ketetapan hati untuk tetap eksis walau saat ini benar-benar menanti agar wisuda segera datang menjemput… (*masih berjuang dengan Tugas Rancang dan Tugas Akhir).

Balik lagi ke PP LKMM FTK 2009, wajah baru semangat baru dan tentu investasi baru. Paling tidak harapan terakhir saya adalah mereka bisa terus eksis hingga lulus dan menelurkan Pemandu-pemandu LKMM baru nantinya. Paling tidak menginspirasi lah, agar lebih banyak lagi yang mau dengan tulus menjadi pemandu. Why? Karena Pemandu tidak seperti profesi para trainer profesional dengan fee nya masing-masing.

Kita hanya berbekal sebuah ingatan dan balas budi atas jasa para senior yang mengajarkan banyak ilmu manajemen mahasiswa dengan tanpa memungut bayaran sama sekali. Sebagai imbal baliknya, kita pun meneruskan tongkat estafet mereka.

Terus kapan seorang Pemandu akan dibayar… saya selalu meneguhkan hati… Nanti. Bukan manusia yang akan membayarnya, tapi Allah langsung. Dan jika Allah yang membalasa sungguh Dia akan memberikan yang terbaik dan balasannya cenderung berlipat-lipat… Tapi mungkin bukan sekarang, bukan saat saya menjadi Pemandu ITS. Selalu ada waktu yang tepat untuk menerima “bayaran” tersebut…

Ini beberapa dokumentasi PP yang sempat terekam :

waiting for show time
waiting for show time
CV dibacakan, narsis dulu sama fotografernya
CV dibacakan, narsis dulu sama fotografernya
Show Time : Hakikat Kepemanduan - Psikologi Belajar
Show Time : Hakikat Kepemanduan - Psikologi Belajar
nonton film pas pelatihan, udah biasa...
nonton film pas pelatihan, udah biasa...
tiba-tiba lampu mati, but show must go on
tiba-tiba lampu mati, but show must go on
akhirnya berhasil juga mengeluarkan bola aura...
akhirnya berhasil juga mengeluarkan bola aura...

NB : 2 foto terakhir itu mengada-ada, hehehe… cuma lagi iseng pake photosop aja.

Salam Sukses,
Photobucket
space

  1. :sip::sip::sip:
    Sungguh merupakan semangat yang sangat positif mas.
    keteguhan hati yang mulia, terus memberi, memberi dan memberi dengan semangat yang positif…
    Sukses selalu untuk anda.

  2. Kesuksesan usaha adalah bertambahnya manfaat bagi sesama… setiap kita memberi sesuatu Pastilah Allah akan membayarnya… Berharaplah pada-Nya. Trims infomya, sangat bermanfaat untuk instropeksi diri:sip:

  3. Kesuksesan usaha adalah bertambahnya manfaat bagi sesama… segala sesuatunya berharaplah pada Allah SWT… Allha Maha Tahu akan segala-galanya… Trims atas pencerahannya sangat bermanfaat, sudah mau berbagi. :sip:

  4. semoga mas arief mendapatkan balasan yg berlipat ganda dari Allah atas amal baik yang mas arief lakukan…:hiks::hiks: Semoga cepet wisuda yak… :ngacir::ngacir:

  5. woww..kapan kapan dateng ke mbi mas..kasih motivasi…
    ntar mau ada acara taunan
    Latihan Dasar Kepemimpinan dan Manajemen. kita jadi senior…
    mungkin mas bisa jadi nara sumber..gimana mas??:sip::sip:

    • arief maulana says:

      @radiv, bisa… jangan lupa feenya ya. Itung2 uang transport kesana gitu.

      Kalau memang mau ngundang… jangan dadak2. Biar bisa nyiapin materinya dengan maksimal…

  6. :hiks:
    terharu neh… masih diingat.. hwhehehehe

    Salah satu hal yang paling saya syukuri di ITS adalah saya bisa menjadi seorang “PEMANDU”….

    sungguh menjadi anugrah yang luar biasa…

    kalau dibilang tanpa bayaran memang tanpa bayaran…

    Tapi apa yang dibalas oleh Tuhan sungguh Luar Biasa..

    mulai dari berbagai keajaiban saat TA, sampai di Dunia kerja.. semuanya terjadi secara luar biasa tanpa saya bayangkan sama sekali….

    bahkan didunia kerja ini ilmu yang saya pakai adalah 70% pemandu 30% teknis…..

    tetap semangat maju terus pemandu ITS

    • @Nasyih Aminnulloh, insya Allah masih inget lah mas. itulah enaknya investasi ilmu. Makin diinget dan di amalkan, mengalir terus pahala untuk kita.

      Semoga bisa mengikuti jejak prestasi mas Nasyih :hihi:

  7. Salam kenal,
    saya afandi, alumni t mesin ITS angk 95
    saya termasuk perumus pertama PP LKMM TD maupun PP LKMM TM
    dari pihak Dosen/ rektorat sehingga di tranfer ke mahasiswa (BEM),
    sekarang saya bekerja di Astra Otoparts group
    saya sedang membutuhkan materi PP LKMM TD untuk mempersiapkan materi Training for trainer
    mohon bantuannya untuk di share materi PP LKMM
    karena buku-buku dan soft file saya banyak yang hilang
    Terimakasih sebelumnya
    Afandi

    • @Akhmad Afandi Gunawan, Salam kenal pak. Waw, beruntung sekali saya bisa kontak dengan salah satu perumus LKMM di ITS. untuk materi PP LKMM sendiri saya masih menyimpan. Hanya saja tidak seberapa lengkap, Pak. Dan filenya cukup besar. Saya juga agak bingung bagaimana memberikannya kepada Bapak.

      Dan materi PP LKMM yang ada di Saya, isi materinya sudah general. Tidak mengerucut pada jenjang tertentu. Sehingga pemandu yg dihasilkan bisa membawakan materi tergantung pada jenjang LKMM yg sudah diikutinya.

      Bagaimana Pak?

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,853 bad guys.