Oleh : Arief Maulana

Senin Mencekam
Senin Mencekam

Lain pebisnis, lain pekerja. Lain profesi lain pula menyikapi hari senin yang sering dianggap sebagai hari paling “tidak menyenangkan”. Ngga seperti hari Jum’at, hingga muncul istilah “Thanks God, It’s Friday”.

Setidaknya itu yang saya tangkap dari twit teman-teman di twitter setiap senin pagi. Tapi, ada juga yang menghadapi hari senin dengan begitu bersemangat. Setelah beberapa investigasi *uhuk*, akhirnya saya coba menuliskannya disini dan berbagi dengan Anda semua.

#1 Jangan Tunda Pekerjaan Yang Bisa Diselesaikan Sebelum Weekend

Menunda adalah salah satu kebiasaan yang dimiliki banyak orang. Termasuk dalam hal pekerjaan. Seringkali karena terbawa suasana “besok weekend”, kita menunda pekerjaan yang mestinya bisa diselesaikan di penghujung hari kerja. Akibatnya, di hari Senin pekerjaan menumpuk dan membuat kita semakin malas untuk bekerja.

#2 Habiskan Waktu Weekend Dengan Berkualitas

Saya pernah baca di sebuah buku (tolong yang tahu buku apa, saya diberitahu), dimana disana dipaparkan hasil riset cara orang menghabiskan waktu weekendnya. Mereka yang menghabiskan weekend dengan berkualitas cenderung lebih bersemangat menyambut hari kerja di minggu berikutnya (senin).

Anda bisa keluar bersama keluarga atau teman-teman ke tempat yang menyenangkan. Tidak harus selalu yang menghabiskan banyak duit. Yang penting suasananya dapet. Lepaskan semua beban pekerjaan, dan sebisa mungkin jangan bawa masalah pekerjaan ke rumah apalagi di waktu weekend.

#3 Malam Hari? Relaksasi

Setelah seharian menghabiskan waktu dengan berkualitas, malamnya (Minggu malam Senin) bisa kita habiskan untuk relaksasi. Entah dengan mendengarkan musik klasik, membaca, atau apapun yang membuat Anda menjadi rileks dan tenang sembari menunggu tidur. Dibawa berdzikir juga lumayan menenangkan hati lho.

#4 Tidur Jangan Terlalu Larut

Ada yang biasa tidur larut di hari Minggu malam Senin? Mungkin karena sayang dengan waktu weekend yang hampir habis, sehingga kalau bisa dinikmati betul sampai lewat tengah malam. Besoknya? Ngga heran kalau pada akhirnya malah ngantuk dan ngga bersemangat.

Coba deh Minggu malem Senin jangan tidur terlalu larut. Jadi istirahatnya cukup dan keesokan harinya bisa bangun dalam keadaan segar bugar, siap beraktivitas dengan penuh semangat… *kok mirip iklan suplemen :cd *.

#5 Bangun Pagi Dengan Penuh Rasa Syukur

Di film “The Secret” ada bagian yang memaparkan tentang bagaimana kita memulai hari akan memberikan efek pada 1 hari yang akan kita lalui. Orang yang sering ngomel-ngomel ngga jelas, marah, ataupun membuka hari dengan perasaan tidak baik akan cenderung mengalami kejadian yang makin membuat perasaannya makin tidak baik. Baru bangun udah BT, seharian bakalan BT terus.

Lain sekali dengan meraka yang sejak bangun tidur, membuka hari dengan penuh rasa syukur. Alhamdulillah sudah diberi kesempatan oleh Allah untuk hidup dan beramal 1 hari lagi. Penuh semangat, menyegerakan berwudhu dan lanjut shalat subuh. Memulai dengan perasaan yang baik, Insya Allah seharian akan banyak kebaikan-kebaikan yang dirasakan. Kalaupun ada cobaan, paling ngga perasaan tidak enak tersebut bisa segera berganti dan membuat kita bisa menikmati setiap prosesnya.

Semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk Anda semua. Kalau ada rekan-rekan ataupun para trainer / motivator yang juga punya saran dan masukan, monggo ditambahkan di kolom komentar. Yang bagus akan saya tambahkan dalam Quote di posting ini.

Salam Sukses,
arief maulana
space

Senin Penuh Semangat? Boleh Dong
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:             

52 thoughts on “Senin Penuh Semangat? Boleh Dong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,416 bad guys.