Semua Orang Pasti Punya Kekurangan, Termasuk Anda

Oleh : Arief Maulana

Kekurangan Diri
Kekurangan Diri

Tadi malam, saya menyempatkan waktu untuk berbicara dengan seseorang nun jauh disana. Via telpon karena saya di Batam dan dia di Malang. Banyak hal kami bicarakan, hingga tidak terasa 3 jam saja waktu berlalu. Salah satu topik pembicaraan adalah tentang kekurangan yang ada di dalam diri kita masing-masing.

Tidak bisa dipungkiri bahwasanya kita sebagai manusia adalah makhluk yang tidak sempurna. Bahkan mereka yang mengklaim diri paling sempurna pun pasti memiliki kekurangan juga. Tinggal bagaimana kemudian kita menyikapi kekurangan ini.

Sebagian orang mungkin memilih untuk fokus pada kekurangan yang dimiliki. Kerjanya dari hari ke hari hanya terus mengeluhkah kekurangan yang ada di dalam dirinya. Lupa bahwa nikmat yang diberikan Tuhan pada dirinya, di luar kekurangan dirinya, masih banyak. Lupa untuk bersyukur. Hidupnya pun terasa bagai siksaan demi siksaan. Tidak bisa dinikmati sedikitpun.

Namun, ada sebagian lagi yang kemudian memilih untuk menerima kekurangan yang ada di dalam dirinya. Betapapun hal itu sangat mengganggunya, ia tetap berusaha untuk mencintai dirinya sendiri. Orang ini pun banyak bersyukur karena dia menyadari masih banyak hal-hal lain yang bisa dikembangkan dan menjadi kekuatan sekaligus pembeda dirinya dengan orang lain. Dengan kata lain, ia fokus pada solusi bukan pada masalahnya.

Menerima semua kekurangan yang ada di dalam diri kita sendiri adalah langkah awalnya. Berhenti untuk terus mempertanyakan dan mengkritisi apa yang terjadi pada diri kita sendiri. Karena selama kita belum bisa menerima, maka fokus dan perhatian kita hanya berkutat pada masalah itu dan itu lagi. Anda jadi tidak bisa melihat sisi lain yang menonjol dalam diri Anda.

Begitu Anda mulai bisa menerima itu semua, saya yakin akan mulai kelihatan sisi lain diri Anda yang bisa dikembangkan dan menjadi kekuatan sekaligus pembeda yang membuat Anda istimewa dibandingkan orang lain. Begitu sudah mulai terlihat, fokuskan saja diri Anda disana. Kembangkan apa yang perlu dikembangkan. Kalau perlu berinvestasi untuk ikut seminar tertentu asal bisa membantu perubahan diri Anda menjadi lebih baik, lakukan itu. Toh investasinya juga akan kembali pada diri Anda sendiri.

Sayangi diri Anda. Jangan terus menyalahkan diri atas kekurangan yang ada pada diri Anda sendiri. Mulailah fokus pada kelebihan atau apapun yang bisa dikembangkan menjadi kelebihan diri Anda. Dan mulailah melihat dunia ini dari sudut pandang yang berbeda agar Anda tidak melulu dihinggapi perasaan pesimis dan perasaan negatif lainnya. Yuk mulai berubah mulai saat ini, karena Anda tidak sendiri. :)

Kelemahan Sumber Kekuatan
Kelemahan Sumber Kekuatan
  1. Setelah lama tidak berkunjung ke web mas arief, rasanya sudah banyak perkembangan yang saya lewatkan.

    Saya suka dengan gaya tulisan mas arif yang selalu mengandung stimulus bagi pembacanya. Kali ini saya belajar dari tulisan mas arief bahwa kekurangan itulah sebenarnya penyemangat diri kita. Maka ketahuilah kekurangan kita dan mari kita jadikan itu bara semangat. :sip:
    ismail recently posted..Sukses Dengan Belajar Dari Yang TerbaikMy Profile

  2. Alhamdulilah akhirnya posting juga.aku termasuk penikmat tulisan2 mas arifmaulana.Banyak pelajaran yang bisa diambil manfaatnya,
    ngomongin judul di atas,aku termasuk orang yang kadang masih suka meikirkan kekurangan2 diri tanpa melihat kelebihan yang telah ada…semoga saya bisa menjadi pribadi yang mudah untuk bersyukur,,,
    ibnu ch recently posted..Kumpulan Sms HoaxMy Profile

  3. Allah itu maha adil. Seseorang yg diciptakan mempunyai kekurangan yg sangat ekstrem, tapi disisi lain dia pasti memiliki kelebihan yg sangat ekstrem pula. Tinggal kitanya bagaimana menggali dan mengembangkan kelebihan kita tersebut.

  4. Kalau kata Ralph W. Emerson sih ‘Our strength grows out of our weaknesses’.. saya fikir, itu benar. Dibalik kelemahan pasti ada kekuatan, dan dibalik kekuatan pasti ada kelemahan yang tersembunyi dibaliknya.

    Tapi memang hanya pribadi2 yang mampu menilai diri sendiri lah yg bisa menemukan kelemahan2 dan kekuatan2nya. Dan yang lebih repot, kita sering menilai orang lain selalu lebih dari kita, padahal itu hanya kamuflase, karena orang lain pun punya anggapan yang sama terhadap diri kita.

    Jadi betul kata mas Arif, fokus pada solusi, bukan pada masalah. Dengan begitu kelemahan2 akan ‘tertutup’ oleh kekuatan2 hasil dari usaha. Yang kalau ditilik lebih jauh, kelemahan dan kekuatan kita adalah pelengkap kelemahan dan kekuatan orang lain. Inilah yg sering disebut dengan sinergi.

    So, mari berani mengakui kelemahan, karena itu adalah kekuatan yang sesungguhnya :)

  5. Obat Herbal Gagal Ginjal says:

    tepat sekali saat saya berkunjung lagi kesini memabahs tentang kekurangan..saya juga yakin bahwa kekurangan akan selalu dimili oleh semua orang,,tinggal kita menyikapinya dn terus bersyukur,,

  6. Bener. Yang bisa bikin kita maju adalah diri kita sendiri. Dan yang bisa bikin kita jeblok juga adalah diri sendiri.
    Berdamai dengan diri sendiri, menerima segala kekurangan, bersyukur atas segala yang ada, berupaya untuk lebih baik lagi.
    Kayaknya itu ya mas Arif.
    Mantap ah
    Thiar Thea recently posted..Cara Gampang Bikin Blog dengan WordPressMy Profile

  7. Dani Siregar says:

    Allah swt. telah berfirman bahwa dibalik kesulitan ada kemudahan. Dan Allah swt. juga telah berfirman bahwa bila kita bersyukur, maka nikmat kita akan ditambah. Bisa jadi, 1 detik setelah kita optimis (fokus pada solusi), kita akan mendapatkan kekuatan baru dan kemudahan. :D

  8. “Menerima semua kekurangan yang ada di dalam diri kita sendiri adalah langkah awalnya.” –> Ini yang susah mas. Tapi terima kash buat artikelnya, bagus buat langkah awal :)

  9. Artikel yang sangat menggugah dan inspiratif, memang benar tidak ada manusia di dunia ini yang sempurna, semua pasti punya kekurangan. Karena kekurangan itulah kita wajib untuk terus belajar dan menimba ilmu,,salah satunya dengan berkunjung ke situs mas arief..salam kenal mas arief,,semoga terus memotivasi dan terus menginspirasi kita semua….
    Cafe Motivasi recently posted..Keluarlah Dari Comfort Zone AndaMy Profile

  10. Jangan pikirkan kekurangan anda, nanti anda akan selalu minder. Tapi, jangan melupakan kekurangan anda, nanti anda menjadi sombong dan tidak pernah memperbaiki diri.

  11. saya jdi inget buku yg pernah di baca, klo ga salah ad pertanyaan lebih meilih mana, memperbaiki kekurangan atau menambah kelebihan kita?

    jwban bijak dri buku itu ialah lebih baik fokus utk menambah kelebihan kita, karena kekurangan bsa di tambal olehh orang sekitar kita. dan kita hanya jadi orang rata2 kalau hanya fokus pd kelemahan kita.

    nice artikel, jngn lpa berkunjung ke blog sya jg yah..
    hehe
    d D4n recently posted..Gratis Tapi Asli,My Profile

  12. selalu bersyukur dengan apa yang telah diberikan Allah pada diri kita, karena setiap kekurangan yang Allah berikan pasti akan ada kelebihan disana.
    Sangat menginspirasi dan memotivasi artikelnya. terima kasih dan sukses selalu…

  13. mungkin saya anggota baru disini,saya bingung bgt jika di tanya kelebihan atau kekurangan kita,bagaimana caranya itu,tlong kasih thu ya

  14. Tulisan Mas Arief tetap bermutu,
    sy sangat terkesan dg tulisan Mas :) Oya sudah makin dekat ya Mas Arief..tinggal “menghitung hari..” Semoga berkat TUHAN semuanya berjalan dengan baik dan lancar. amin

  15. tya shizuka says:

    :hiks:
    aqu terharu bgt ngebacanya
    artikel ini dapat lebih memotivasi diri saya untuk menjadi lebih baik lagi dan melakukan perubahan yang baik utk saya dan utk org disekitar saya >thanks mas arif :)

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,719 bad guys.