Semua Orang Pasti Punya Kekurangan, Termasuk Anda

Oleh : Arief Maulana

Kekurangan Diri

Kekurangan Diri

Tadi malam, saya menyempatkan waktu untuk berbicara dengan seseorang nun jauh disana. Via telpon karena saya di Batam dan dia di Malang. Banyak hal kami bicarakan, hingga tidak terasa 3 jam saja waktu berlalu. Salah satu topik pembicaraan adalah tentang kekurangan yang ada di dalam diri kita masing-masing.

Tidak bisa dipungkiri bahwasanya kita sebagai manusia adalah makhluk yang tidak sempurna. Bahkan mereka yang mengklaim diri paling sempurna pun pasti memiliki kekurangan juga. Tinggal bagaimana kemudian kita menyikapi kekurangan ini.

Sebagian orang mungkin memilih untuk fokus pada kekurangan yang dimiliki. Kerjanya dari hari ke hari hanya terus mengeluhkah kekurangan yang ada di dalam dirinya. Lupa bahwa nikmat yang diberikan Tuhan pada dirinya, di luar kekurangan dirinya, masih banyak. Lupa untuk bersyukur. Hidupnya pun terasa bagai siksaan demi siksaan. Tidak bisa dinikmati sedikitpun.

Namun, ada sebagian lagi yang kemudian memilih untuk menerima kekurangan yang ada di dalam dirinya. Betapapun hal itu sangat mengganggunya, ia tetap berusaha untuk mencintai dirinya sendiri. Orang ini pun banyak bersyukur karena dia menyadari masih banyak hal-hal lain yang bisa dikembangkan dan menjadi kekuatan sekaligus pembeda dirinya dengan orang lain. Dengan kata lain, ia fokus pada solusi bukan pada masalahnya.

Menerima semua kekurangan yang ada di dalam diri kita sendiri adalah langkah awalnya. Berhenti untuk terus mempertanyakan dan mengkritisi apa yang terjadi pada diri kita sendiri. Karena selama kita belum bisa menerima, maka fokus dan perhatian kita hanya berkutat pada masalah itu dan itu lagi. Anda jadi tidak bisa melihat sisi lain yang menonjol dalam diri Anda.

Begitu Anda mulai bisa menerima itu semua, saya yakin akan mulai kelihatan sisi lain diri Anda yang bisa dikembangkan dan menjadi kekuatan sekaligus pembeda yang membuat Anda istimewa dibandingkan orang lain. Begitu sudah mulai terlihat, fokuskan saja diri Anda disana. Kembangkan apa yang perlu dikembangkan. Kalau perlu berinvestasi untuk ikut seminar tertentu asal bisa membantu perubahan diri Anda menjadi lebih baik, lakukan itu. Toh investasinya juga akan kembali pada diri Anda sendiri.

Sayangi diri Anda. Jangan terus menyalahkan diri atas kekurangan yang ada pada diri Anda sendiri. Mulailah fokus pada kelebihan atau apapun yang bisa dikembangkan menjadi kelebihan diri Anda. Dan mulailah melihat dunia ini dari sudut pandang yang berbeda agar Anda tidak melulu dihinggapi perasaan pesimis dan perasaan negatif lainnya. Yuk mulai berubah mulai saat ini, karena Anda tidak sendiri. :)

Kelemahan Sumber Kekuatan

Kelemahan Sumber Kekuatan

78 Responses to Semua Orang Pasti Punya Kekurangan, Termasuk Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 365,599 bad guys.

Advertisement

Daftarkan diri Anda di newsletter saya secaca GRATIS & saya akan berikan informasi yang akan membantu bisnis pertama Anda, mulai dari sekarang.

First name

E-mail address

Privasi Anda sangat penting buat saya & Anda boleh mengundurkan diri setiap saa.t

Kategori Tulisan
Arsip