Seminar Optimasi Blackberry

Oleh : Arief Maulana

Berawal dari sebuah informasi yang disampaikan Ali Akbar (@PakarSEO), akhirnya minggu kemarin sempat juga saya mengikuti Seminar Optimasi Blackberry. Karena Blackberry kita, kalau dijadikan alat marketing itu cukup powerful juga. Data tahun 2011, para pengguna Blackberry di Indonesia menembus 4 juta. Dan sebagian besar menggunakan Blackberry hanya untuk gaya-gayaan, gengsi, dsb. Mereka yang memanfaatkan Blackberry untuk kepentingan bisnis (marketing tool) sedikit sekali, dan itu pun tidak teroptimasi dengan baik. Artinya market sharenya besar sekali.

Saya jadi ingat deal penjualan senilai 40 juta yang terjadi di awal tahun kemarin, semuanya berawal dari promosi via Blackberry juga. Sebenarnya konsep Blackberry Marketing ini sendiri sudah saya aplikasikan sejak lama dan pernah saya tuliskan artikelnya di blog. Hanya saja memang tidak seoptimal yang diajarkan oleh Ali Akbar kemarin.

Seminar Optimasi Blackberry
Seminar Optimasi Blackberry

Di dalam seminar Optimasi Blackberry, para peserta diajak untuk mempraktekkan langsung bentuk-bentuk optimasinya. Dan ternyata memang benar, tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan respon-respon dari teman-teman kita yang ada di list Blackberry Messenger. Waktu itu yang dicontohkan adalah untuk memasarkan seminar Optimasi Blackberry selanjutnya.

Tidak hanya soal bagaimana memaksimalkan Blackberry saja, di dalam seminar tersebut pun para peserta diberitahu trik-trik untuk menjaga kesehatan Blackberrynya. Apa-apa yang mesti dilakukan agar Blackberry tetap fresh dan optimal bila digunakan. Tidak gampang hang dsb. Dan saya baru tahu ternyata usia optimal Blackberry itu hanya didesain hingga 1,5 tahun sejak pertama kali kita aktifkan. Jadi yang memiliki Blackberry sudah lebih dari 1,5 tahun dan sekarang banyak bermasalahnya, itu artinya sudah waktunya Anda mengganti Blackberry Anda. Saya jadi bersyukur, Blackberry yang saya miliki sejak Bulan Oktober 2009 hingga saat ini tidak pernah bermasalah. Hanya sempat ganti casing satu kali karena pecah.

Profil Ali Akbar
Profil Ali Akbar

Di Seminar Optimasi Blackberry, Ali Akbar juga bercerita alasan kenapa beliau sampai memiliki 6 Blackberry. Tidak lain karena keterbatasan Blackberry menampung PIN di Blackberry Messenger. Konsepnya hampir sama dengan List Building di Internet Marketing. Makin banyak orang yang masuk di list kita, maka akan makin mudah menawarkan jasa promosi kepada para pengusaha-pengusaha. Hanya sekali broadcast message, ribuan orang menerima dan membaca iklan tersebut. Maka pantaslah bila para pengusaha membayar mahal kepada beliau.

Satu lagi kesalahan yang banyak dilakukan oleh orang  adalah tidak pernah membackup Blackberrynya dengan software Blackberry Desktop Manager yang sebenarnya sudah disertakan CD-nya dalam box Blackberry kita. Pernah satu kejadian, Ali Akbar kehilangan 4 Blackberrynya sekaligus. Baginya membeli 4 Blackberry sih mudah, tapi data di dalamnya itu yang penting. Sore hari pasca kehilanga. Bagaimana bisa? Tentu saja dengan fitur backup software Blackberry Desktop Manager tadi.

Di tengah-tengah seminar, beberapa testimoni mereka yang berhasil via Blackberry Marketing ini pun dihadirkan. Termasuk beberapa orang yang berhasil menjual mobil-mobil mewah seharga di atas 1 milyar, hanya dari Blackberry. Keren ngga? Asyik ngga?

Ali Akbar
Ali Akbar

Dan yang paling penting di akhir adalah, saya mendapatkan hampir seluruh peserta yang ada di dalam Seminar Optimasi Blackberry tersebut, karena ada sesi saling sharing dan add pin peserta yang lain. Hampir semuanya adalah pebisnis. Siapa tahu nanti ke depan ada joint venture yang terjadi, who knows.

Bagi yang ingin tahu sebagian materi dari seminar Optimasi Blackberry ini, Ali Akbar sendiri sudah menuliskannya di sini. Namun materi lengkap beserta prakteknya, bisa Anda dapatkan di seminarnya. Insya Allah tiap bulan ada seminar ini. Pantau saja tweetnya Ali Akbar (@PakarSEO). Nanti dekat-dekat seminar biasanya ada beritanya. Adapun harga tiketnya Rp.250.000,-. Saya beruntung, waktu itu dapat harga early bird hingga cukup membayar Rp.125.000,-.

Nah rekan-rekan pengguna Blackberry, sudahkah Anda melakukan optimasi pada Blackberry Anda?

  1. Saya kemarin beli BB cuma itungan jam langsung tuker android, memang rencana awal ingin belajar dulu.. tapi tak pikir2 sekarang lebih bermanfaat BB nya ya… apa ndobel aja.. haha malah nggaya tar..
    Siipp makasih pandangan matanya mas.. pengen juga ikutan…
    dHaNy recently posted..Pengantar MakananMy Profile

  2. saya sejujurnya nggak suka BB, tapi utk kepentingan optimasi bisnis online yg sedang sy jalankan saat ini, mau tidak mau saya jadi rajin optimasi BB yg paling sering nyoba2 aneka software BB di app world utk bisnis online saya & it’s very helpfull :)
    BlogBayu.com recently posted..Hajar Bleh!My Profile

  3. wah saya belum punya Blackberry mas hehe, namun sayapun biasa menggunakan hp saya ini untuk kegiatan follow up dan menjalin silaturahmi dengan klien.:sip:
    tapi thanks banget sudah sharing siapa tau ntar saya juga kepengen beli BB he

  4. usia optimal Blackberry itu hanya didesain hingga 1,5 tahun sejak pertama kali kita aktifkan. Jadi yang memiliki Blackberry sudah lebih dari 1,5 tahun dan sekarang banyak bermasalahnya, itu artinya sudah waktunya Anda mengganti Blackberry Anda, beli baru???

  5. Naaah saya tuh termasuk yang percaya banget bahwa BB seharusnya memang bisa dimanfaatkan secara optimal untuk bisnis. Masalahnya belum pernah nyoba, soalnya bb saya malah rusak sewaktu saya mau memulai bisnis :hiks: padahal belum 1,5 tahun tuh bb. anyway thanks sharing nya ya mas, mudah2an saya bisa beli bb lagi dan bisa mengoptimalkan penggunaannya…
    suci recently posted..Nostalgia Dengan Warkopp DKI (Saya Duluan Dong-Warkop DKI)My Profile

  6. Keren nih mas Aief….
    Saya sepertinya datang pada waktu dan acara yang sama. Sekarang sedang menulis optimasi blackberry, eh…ketemu sama mas Arief.
    Salam optimasi mas.

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,998 bad guys.