dosen jualan

Seminar dan Workshop Dosen Jualan di Batam

Oleh : Arief Maulana

Akhirnya… setelah sekian lama, Batam kedatangan juga praktisi sekaligus pemateri workshop bertemakan internet marketing. Kali ini yang datang membagikan ilmu adalah Suryadin Laodang alias Dosen Jualan. Beliau adalah salah satu dari sekian banyak internet marketer Indonesia yang sudah membuktikan sendiri gurihnya melejitkan omzet bisins lewat internet, khususnya dengan metode sosial media marketing.

Beruntung saya sekelebatan melihat update status beliau di Facebook, dimana tercantum informasi bahwa beliau akan mengadakan workshop di Batam. Tanpa banyak kata, saya pun langsung mengajak istri saya untuk ikut bersama-sama belajar dengan Dosen Jualan. Yah, daripada saya yang berbusa-busa menjelaskan konsep internet marketing dengan strategi pemasarannya, mendingan pembicaranya saja yang berbusa-busa, hahahahaha…

Sehari sebelum Workshop Dosen Jualan, terlebih dahulu diadakan Seminar Sosial Media Marketing yang bertempat di The Hills Batam. Namanya juga seminar, tentu isinya lebih pada pengenalan konsep dasar internet marketing, khususnya menggunakan sosial media. Pas untuk mereka yang benar-benar buta akan konsep internet marketing.

seminar dosen jualan

Meski hanya berdurasi kurang lebih 3 jam, informasi dan trik-trik yang diberikan cukup membuat kami para peserta kagum. Beberapa contohnya :  

  • Bagaimana mendapatkan customer untuk radius 2 km dari tempat produksi / jualan kita.
  • Bagaimana memilah market potensial dengan cepat, dari kondisi finansialnya, hanya dari no HP dan pin BBMnya.
  • Trik broadcast message via BBM yang pasti dibaca, termasuk jam-jam broadcast yang efektif sesuai dengan target market kita.
  • Trik menghadapi calon pembeli yang PHP, tanya harga, membanding-bandingkan.
  • Cara mencari calon pembeli di Facebook & twitter, serta trik agar mereka yang mengejar-ngejar kita dan nge-add akun kita duluan, dll.

Dan masih banyak lagi lainnya. Seminar yang cuma 3 jam doang aja dan harga tiketnya yang kelewat murah (masih dikasih harga promo lagi), materinya “daging” banget, apalagi workshopnya?

Tanpa pikir panjang, saya dan istri saya akhirnya memutuskan untuk “berinvestasi: demi belajar lebih dalam di Workshop Dosen Jualan keesokan harinya. Yup, kami seserius itu untuk memulai bisnis sampingan dan memaksimalkan setiap waktu luang kami.

Pada keesokan harinya, workshop dimulai kira-kira pukul 13.30 dan berakhir pukul 22.30 malam. Durasinya lebih lama dan tentu saja dengan materi yang lebih intens. Itu pun tidak cukup waktu untuk menjelaskan semua materinya.

Namanya juga workshop, isinya tentu bukan hanya pemaparan materi belaka melainkan PRAKTEK ! Ya, praktek materinya langsung mulai dari riset, menyetting akun sosial media khusus untuk jualan, hingga promosi dan follow up. Dan ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Hingga pada akhirnya, sistem pembelajaran dibuat dengan sistem : Tugas dan Evaluasi Progress.

Apa itu sistem Tugas dan Evaluasi Progress?

  1. Peserta dimasukkan dalam “kelas” alias private group alumni workshop.
  2. Di kelas tsb, peserta diberikan tugas yang harus dilakukan step by step dan akan dievaluasi setiap minggunya. Tentu saja disesuaikan dengan produk yang dijual masing-masing peserta.

Memang harus dibuat begitu menurut saya, apalagi sebagian besar peserta adalah pemula yang baru mengenal internet / sosial media marketing. Dan senangnya saya adalah Pak Suryadin Laoddang benar-benar berkomitmen kepada peserta workshop agar tidak merasa sia-sia mengikut Workshop Dosen Jualan. Tidak muluk-muluk, targetnya bisa mendapatkan Rp.100.000,- / hari saja.

Itulah kenapa, support after workshopnya bagus sekali. Bahkan untuk alumni di Batam, akan dijadwalkan pertemuan sesama alumni untuk saling bantu satu sama lain sehingga semuanya bisa sama-sama mendapatkan hasil.

Sudah beberapa hari sejak workshop berakhir dan tugas-tugas dikerjakan. Belum sampai tahap promosi yang tertarget dan terjadwal, sudah ada yang mengadd akun-akun sosial media saya, meskipun belum terjadi deal transaksi.

Sampai tahap ini bagus menurut saya. Artinya apa yang diajarkan memang terbukti bekerja. Ngga kebayang kalau nanti sudah mulai promosi. Sayangnya, tugasnya belum sampai situ. Mengutip kata orang jawa, “alon-alon asal kelakon”. Pelan-pelan saja, asal sampai tujuan. Pelan progressnya tapi bisa stabil bisnisnya.

Nah, untuk teman-teman yang kebetulan kotanya bakal didatangi oleh Pak Suryadin Laoddang alias Dosen Jualan, saran saya mending sisihkan uang untuk ikut materinya. Minimal seminarnya deh, syukur-syukur lanjut ke workshopnya. Ngga rugi, selama mau… PRAKTEK!

Mudah-mudahan ke depannya bisa lebih maksimal lagi dalam meraup keuntungan dari pangsa pasar online ini. Terima kasih, Pak Dosen Jualan. :)

Workshop Dosen Jualan Batam

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 472,385 bad guys.