Oleh : Arief Maulana

Blacklist

4 hari yang lalu tanpa sengaja kacamata saya terjatuh pada saat melakukan supervisi di lapangan dan salah satu lensanya pecah. Memang sudah waktunya ganti mungkin. Mau tidak mau saya membawanya ke Toko Optik N***** di Cilegon. Selain  jaraknya yang dekat dari rumah, sekilas, saya lihat tokonya cukup bonafit. Setidaknya untuk awal, saya menaruh kepercayaan disana.

Setelah negosiasi selesai, saya bertanya ke mbak yang menjaga dan cukup kaget juga. Ternyata hanya untuk mengganti lensa kacamata saja butuh waktu 3 hari. Padahal di Sidoarjo, pagi saya serahkan sore sudah bisa diambil. Malah kata teman saya di Jakarta 2 jam sudah bisa selesai urusan ganti lensa seperti itu.

Hari ke-3 saya menelpon ke toko optik itu. Dengan santainya mbak-mbak yang jaga berkata, “Waduh Pak, ini belum jadi kacamatanya. Mungkin besok (hari ke-4) jadinya. Nanti segera kami hubungi.” Makin hopeless saya sama toko itu.

Hari ke-4 paginya saya telpon lagi. Masih dengan nada yang datar, mbak penjaganya menjawabnya? “Maaf Pak, belum selesai. Satu minggu baru bisa selesai Pak. Itu ada di struk pengambilan kacamatanya.” Saya langsung mengecek ke copy struk pengambilan. Benar ternyata disana tanggal pengambilan tertulis 1 minggu sejak frame kacamata saya masukkan.

Saya mengakui sedikit salah dan teledor. Mestinya saya cek dulu struknya, ngga asal percaya omongan mulut mbak yang melayani ketika itu. Jadilah saya terpaksa seminggu tidak bisa menggunakan kacamata.

Di luar dari semua itu, saya mencoba mengambil hikmah dari pelayanan toko yang kurang memuaskan sbb : Pertama, toko ini tidak memiliki tim teknis dan stok lensa sendiri. Sehingga menurut penuturan pemilik toko, harus di belikan dan dibetulkan di Jakarta. Jika dibandingkan dengan di Sidoarjo jauh rasanya. Disana hampir setiap toko optik memiliki tim teknis sendiri dan ada stok lensa.

Okelah seandainya memang harus dibawa ke Jakarta, mungkin butuh waktu. Sekarang kita coba lihat realitanya. Perjalanan Cilegon Jakarta berapa lama ya? Paling lama rasanya 3 jam perjalanan (bersadasarkan pengalaman saya). Nah, kalau memang demikian tentu semestinyaproses bisa dipercepat. Mungkin 1 hari bisa selesai atau maksimal 2 hari lah. Jadi apa sebenarnya yang membuat prosesnya begitu lama? Semua ini pada akhirnya membangun kekecewaan bagi saya sebagai pelanggan pertama. Secara pribadi, saya memblacklist toko optik tersebut. Anda ngga perlu ikut-ikutan melakukan hal yang sama lho!

Rekan-rekan, Anda punya bisnis sekarang? Bagus. Saya hanya sekedar mengingatkan. Biar bagaimana pun kepuasan pelanggan tetap harus dipegang. Pelayanan yang tepat dan optimal akan sangat bagus untuk mendongkrak bisnis Anda. Apalagi bila pelanggan Anda adalah pelanggan pertama. Kesan pertama yang bagus, akan membuat pelanggan Anda loyal.

Ingat, ini adalah era new wave marketing dimana saat ini pelanggan memiliki potensi untuk menjadi ujung tombak marketing bisnis kita. Bahkan, TANPA DIBAYAR! Pelanggan yang puas akan pelayanan kita, akan serta merta bercerita kepada orang lain. Merekomendasikan bisnis kita tanpa diminta.

Ini yang terjadi di KunciHost.com, penyedia layanan hosting yang saya gunakan. Pelayanannya yang cepat dan profesional membuat saya betah dan loyal. Kini satu persatu, web saya pindahkan kesana. Disamping itu, saya tidak segan-segan merekomendasikan kepada teman-teman yang sedang mencari layanan hosting yang oke. Apalagi KunciHost sering memberikan paket-paket spektakuler. Anda bisa cek sendiri ke situsnya disini.

Itu kalau layanannya bagus. Hati-hati juga, pelayanan yang jelek akan berdampak buruk juga untuk bisnis Anda. Selain bisnis Anda diblacklist oleh pelanggan, pun mereka tidak akan segab-segan untuk bercerita tentang ketidak puasan. Malah, yang banyak terjadi saat ada orang lain mengatakan ingin menggunakan jasa A, pelanggan yang tidak puas melarang. “Jangan beli di situ, pelayanannya bla bla bla…” Jadi, jangan pernah main-main dengan pelanggan Anda.

Ya sudahlah, kini saya hanya bisa bersungut-sungut dan mencoba sabar. Apalagi lama-lama kepala makin cenat cenut karena pusing. Tiap hari pusing dan masih akan terus pusing sampai kacamata saya selesai dibenahi. Cilegon oh Cilegon, industrimu maju nian melebihi Sidoarjo, dekat dengan Ibukota Negara pula. Tapi kenapa bidang jasa tidak seyahud kota-kota lainnya. Lagi-lagi tanya kenapa…?

Update : Akhirnya sore hari setelah artikel ini publish, toko yang bersangkutan menelpon saya mengabari bahwa kacamata sudah selesai dan bisa diambil. Sayangnya saya keburu ke Jakarta. Tapi ya sudahlah, yang penting sudah beres.

Selamat, Anda Saya Blacklist
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:             

47 thoughts on “Selamat, Anda Saya Blacklist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,556 bad guys.