Oleh : Arief Maulana

seberapa-efektif-membangun-personal-brand-lewat-blogging-2Why don’t try it, if have effective result!

Sebelumnya pada artikel “Seberapa Efektif Membangun Personal Brand Dengan blog (1)” saya sudah memaparkan bagaimana dengan blog kita bisa menjadi siapa saja yang kita inginkan. Atau meminjam istilahnya Mas Joko, positioning. Saya rekomendasikan Anda untuk membaca juga artikel beliau “Bagaimana Memilih dan Mengukuhkan Positioning Blog Anda”.

Kali ini saya akan melanjutkannya dengan bagian kedua, alasan kenapa saya membangun personal brand dengan blog cukup efektif.

space

# LEWAT BLOG ORANG MENGENAL & MENARUH KEPERCAYAAN PADA KITA

Ada orang yang bilang bahwa tulisan bisa mencerminkan penulisnya. Seperti itulah blog. Dengan menulis di blog Anda sama artinya dengan memberikan kesempatan pembaca untuk lebih mengenal siapa Anda sebenarnya, terlepas apa status Anda di blog (positioning). 

Melalui blog Anda bisa mencurahkan isi pikiran yang mendasari bagaimana tindakan yang Anda lakukan selama ini. How? Cerita saja salah satu aktivitas Anda. Tidak apa-apa toh bercerita kegiatan Anda selama itu bisa diambil manfaatnya.

Coba Anda kunjungi dua rekan saya, Mas Fadly Muin dan Mas Umar Puja Kesuma. Anda bisa melihat bahwasanya keduanya adalah orang yang senang berbagi. Tidak semata-mata membantu karena urusan bisnis.  Banyak pelajaran yang saya ambil dari kisah-kisah mereka berdua.

Coba kunjungi juga blognya Mashengky, yang katanya para newbie, orangnya ketus, kasar, dll. Kalau Anda langganan main ke blognya Anda akan melihat bahwa beliau pada dasarnya senang bercanda. Anda saja yang terlalu sensi. Anda Mas Hengky terlihat kasar, itu sebenarnya hanya ungkapan to the point aja, tanpa basa-basi. Atau bisa juga suatu ketegasan, yang mana penting dalam pengambilan keputusan dalam sebuah bisnis.

Dengan lebih bersikap terbuka melalui tulisan, kita memberikan kesempatan pembaca mengenal kita yang ujung-ujungnya adalah membangun suatu kepercayaan. Dan di zaman seperti saat ini, dimana penipuan marak merajalela, kepercayaan menjadi suatu hal yang mahal harganya. Betul…?

Lantas kalau sudah berhasil membangun kepercayaan? You can do anything! Jika Anda berbisnis hal ini akan meningkatkan income karena sebagian besar pembeli melakukan pembelian produk karena kepercayaan terhadap penjualnya (pengalaman pribadi).

Disamping itu dengan kepercayaan ini, Anda akan lebih mudah menjual core competency (kemampuan inti) yang dimiliki. Muaranya adalah Anda bisa menjual jasa / kemampuan Anda dengan sangat mahal. Contoh nyata silahkan lihat sosok figur Romi Satria Wahono. Berbekal core competency yang dijual lewat blog dan IlmuKomputer.com, kini beliau tidak perlu lagi hidup mencari uang, melainkan uang yang mengejarnya (undangan seminar dimana-mana, orang rebutan iklan di situsnya, dll).

Anda tentu bertanya, “Mas Arief bilang blog ini bisa membangun personal brand dengan efektif. Mana buktinya…?”

Oke. Ini beberapa hasil yang saya dapatkan dari personal brand building by blogging.

space

1. Peningkatan Volume Penjualan

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, banyak prospek yang membeli produk berbekal kepercayaan kepada penjualnya. Dan itu yang terjadi. Ketika awal membangun blog, sedikit yang bisa saya jual. Namun makin lama ngeblog makin banyak saja pembelian yang terjadi.

space

2. Donasi Untuk Kegiatan Bermanfaat

Silahkan baca artikel “Murah Hatinya Allah Kepada Arief”. Di artikel tersebut saya menceritakan bahwa ada seorang pengusaha yang murah hati memberikan donasi kepada saya senilai x juta dengan cuma-cuma dan ikhlas. Ketika saya tanya beliau alasannya, beliau hanya menjawab, “Saya percaya, yang sedikit saya keluarkan ini akan bermanfaat untuk Mas Arief dan orang lain lewat kegiatan-kegiatan bermanfaat yang Mas Arief rintis.” Dan sesuai amanah, insya allah sebagian sudah saya bagikan kepada saudara-saudara yang membutuhkan dan sebagian lagi kedepannya akan saya gunakan untuk hal bermanfaat.

space

3. Free Product For More Business Chance

Tahukah Anda bahwa dari sekian banyak produk yang saya handle (reseller/affiliate marketing), tidak semuanya saya beli sendiri. Beberapa diantaranya diberikan gratis (termasuk hak resellernya), karena hubungan baik. Disamping itu, saya mendapat kepercayaan untuk menelaah dan mempelajari produk tersebut untuk kemudian memberikan masukan serta testimoni di dalam situsnya / produknya.

space

4. Tawaran Sebagai Trainer Pengembangan SDM + Motivasi

Di level kampus (free charge) tawaran ini banyak datang dari berbagai jurusan lain. Namun di luar kampus, beberapa waktu yang lalu saya juga mendapatkannya. Yang mengundang adalah salah satu instansi pemerintah, dan saya diminta membawakan materi Motivasi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam suatu acara khusus oleh kepala bagiannya.

Sayangnya kabar terakhir, acara tersebut dipending sampai waktu yang tidak jelas, dengan alasan atasannya punya prioritas acara lain. Saya pribadi berpikir mungkin ini cara Allah mengatur seluruh aktivitas dan kegiatan saya. Dengan demikian saya tetap bisa fokus pada kegiatan-kegiatan saat ini dan tidak terbebani kegiatan baru (positive thinking and positive feeling).

space

5. Mading Kampus Memuat Tulisan Di Blog Saya

Kepala Divisi Jurnalistik Himpunan Mahasiswa Jurusan beberapa waktu yang lalu mengontak saya, meminta izin untuk memuat tulisan di blog ini sebagai artikel tetap. Saya bilang tidak masalah selama sumber disebutkan. Tadinya saya pikir hanya main-main, karena lama sekali tidak terbit. Ternyata memang benar-benar diterbitkan. Paling tidak ini menjadi media promosi tersendiri buat Blog Motivasi Arief dengan pangsa pasar mahasiswa ITS yang lewat dan membaca mading tersebut.

space

6. Pembicara Workshop Internet Marketing untuk UKM di Sidoarjo

Sebenarnya ini adalah Program Kreativitas Mahasiswa yang didanai oleh pemerintah. Kebetulan yang mendapatkan adik kelas saya satu fakultas. Mereka melihat konsistensi saya di dunia blogging dan bisnis online, dan akhirnya memberikan kepercayaan kepada saya untuk membawakan materi blogging for beginner dan materi e-commerce blog for business dalam workshop internet marketing as a business support untuk UKM di sidoarjo.space

Cukup panjang juga artikel saya kali ini (artikel terpanjang). Saya harap tidak sia-sia dan cukup memotivasi Anda untuk terjun ke dunia blogging mengingat manfaatnya sudah cukup banyak seperti yang pernah saya paparkan sebelumnya. Silahkan baca kembali artikel blogging untuk edukasi, blogging untuk bisnis, dan blogging untuk personal branding.

Untuk yang masih asing dengan blog, apa dan bagaimana membuatnya. Teman saya, David Odang punya produk bagus berupa home video course. Silahkan cek langsung ke situsnya :


www.bbi.ariefmaulana.com – (atau klik pada gambar).

Dalam video tersebut, Anda akan menemui panduan membangun blog yang profesional dan bisa mendatangkan penghasilan. Ditambah lagi dengan adanya ebook + video action plan 14 hari. Ikuti langkah-langkahnya, maka dalam 14 hari Anda sudah memiliki blog profesional yang siap dipakai, apapun itu tujuannya.

Salam Sukses,
Photobucket
space

Seberapa Efektif Membangun Personal Brand Lewat Blog? (2)
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:                         

51 thoughts on “Seberapa Efektif Membangun Personal Brand Lewat Blog? (2)

  • Sekalai lagi pengalaman dan waktu yang ditempuh membuktikan. bahwa menjadi diri sendiri sangat berarti

    Spt mas Arief, didukung keperibadian yg istimewa menjadikan semuanya sangat berharga dan patut dijadikan contoh. be your self.

    1. @Irwan M Santika, kuncinya adalah tidak sungkan untuk belajar dengan siapa saja mas. Mau yg lebih senior, newbie, kelas atas, kelas bawah, dll.

      Menjadi pembelajar dari kehidupan ini enak sekali…

  • Memang kepercayaan adalah sebagai modal utama, terutama dalam bisnis. Sebab tanpa ada kepercayaan dari mitra atau calon pelanggan kita, jangan harap bisnis kita apapun jenisnya akan berkembang dengan pesat.

    Btw, Mas Arief fans Pak Romi Satria Wahono ya? Memang dia super sibuk. Kok saya tahu?… Sejujurnya saya tinggal di komplek Purigading-Villa Besakih yang kebetulan hampir semua penghuninya masih keluarga muda. Pak Romi tetangga saya, satu RT lagi (RT 03 RW 13). Saya sangat mengenal keluarganya. Karena kesibukan masing2, kami jarang bertemu. Nanti kalau ketemu dia, saya salamin deh…

    1. @sumartono, saya kagum dengan mas Romi mas. Dia punya kebiasaan luar biasa, yakni mengurangi tidur.

      Namun tujuannya adalah untuk kebaikan dan membangun bangsa ini. ORangnya juga lucu dan ramah.

      Terima kasih!

  • Rasanya sudah berulang kali Mas Arief mengangkat topik seputar Personal Branding. Namun, dari waktu ke waktu, pokok bahasan Mas Arief mengenai Personal Branding semakin matang saja. Bukti-bukti manfaat yang diraih dan dirasakan pun semakin berderet. Dan sungguh, semuanya memang bukan sekedar retorika, betul-betul realita yang patut diteladani untuk semua pengunjung blog ini.

    Salam ACTION, Mas Arief!
    Terimakasih trackbacknya dan Salam Istimewa!

    1. @Umar Puja Kesuma, dan Anda adalah salah satu tempat saya belajar Mas Umar. Anda memang salah satu guru kehidupan.

  • Hanya bisa mengucap: syukur alhamdulillah! Ketekunan plus ketulusan pasti akan membuahkan balasan yang manis.
    Selamat Mas Arief atas pencapaian luar biasa selama ini. Selalu bersyukur dan terus ACTION!

    1. @Joko Susilo, alhamdulillah mas semua juga berkat ilmu yang ada di SMUO. Karena jujur saja itu panduan bisnis online pertama yang saya miliki.

      Apalagi Mas Joko juga sering membantu lewat trackback2 yang mas berikan di JokoSusilo.com
      :nyembah:

      1. @arief maulana, iya aku juga sangat terotimasi artikel-artikel Pak joko yang di tulis di jokosusilo.com artikel-artikelnya sangat memn=bantu saya yang masih belajar bisnis online ini dan saya juga mengucapkan banyak terimakasih pada mas rif juga :nyembah:

  • wah luar biasa mas arief… anak muda yang sudah memiliki brand dan yang pasti itu butuh perjuangan dan kerja maksimal…namun tak terlepas juga bantuan dari Allah…
    semoga kedepan semakin banyak yang percaya kepada mas arief..

  • salam kenal

    hebat …… suatu pelajaran yang sangat – sangat berharga bagi pemula seperti saya

    salam 1%

  • Memang butuh waktu,usaha dan kesabaran untuk bisa mencapai brand image sebuah produk, dan itu sudah dibuktikan oleh mas arief dengan blog motivasinya.
    Terimakasih artikelnya mas, perjuangan mas arief memang selalu menjadi inspirasi bagi orang lain.

    -salam sukses-

    1. @Ricky, saya masih jauh dari sukses kok mas. Ini masih merintis. Terinspirasi sama Mas Romi Satria Wahono yang sukses “menjual dirinya”.
      :hehe:

    1. @yanuar, terima kasih mas Yanuar, itu semua tidak lepas dari campur tangan Allah juga kok. Saya ini kan hanya manusia biasa yg berusaha semaksimal mungkin.

      Yang membuat itu semua begitu cepat adalah faktor X, yakni bantuan Allah itu sendiri.
      :uhuk:

    1. @TUHAN INILAH PROPOSAL HIDUPKU~~,

      Tanpa saya sadari ternyata anda berkembang luar biasa. Mas Syahwahid yg dulu seingat saya masih .blogspot.com sudah berani action dengan icon keberuntungan.com.

      Secara tidak langsung anda membantu alam semesta ini dalam proses lukcy creation (law of creation). Tentu dengan seijin Allah.

      Salam Sukses selalu mas!

      :sip:

  • Satu bukti lagi bahwa keseriusan akan berbuah manis. Dan terbukti dengan berjalannya waktu blog ini semakin matang.. semoga yang menjadi harapan bahwa blog ini ramai sperti jokosusilo.com dapat terwujud amien…

  • personal brand, sebuah kata yg bermakna luas. tapi mampukah blog saya membentuk personal brand saya sekarang? mohon pencerahan, karena saya masih belum berkompeten untuk efektifitas blog saya dalam membentuk personal brand :)

    1. @pakdejack, mampu kalau diniatkan dan fokus serta konsisten dengan apa yg kita tulis.

      mengenai penilaia, sabar ya mas. Belum bisa banyak blogwalking. Jadwal off masih padet. Insya Allah kalau sudah kosong saya ke tempat anda. Tolong diingatkan!

      Trims

    1. @pakdejack, Pakde… blognya mantap. Nichenya juga pas, karena saat ini orang banyak yang lagi getol dengan masalah kesehatan. Sangat efektif.

      Hanya saja mungkin fotonya bisa sedikit disesuaikan. Mungkin dengan pakai pakaian putih ala dokter gitu, sehingga brand anda terbentuk dengan sempurna.

      Demikian penilaian saya.
      Terima kasih

    1. @adi wardana, bisa aja neeh sohib yg satu ini. Walau sebenernya dia jauh lebih dahsyat dari saya… hehehe…!

      Diam-diam menghanyutkan! :sip:

  • Yang saya suka dari blog ini ialah di kelola oleh pribadi yang kuat, ambisius dan tulisan2x yang fokus sehingga membentuk sebuah niche yang solid.

    1. @Abi, begitu pula dengan Blognya Mas Abi, SPECIALIS SEO. Makanya kadang saya sangat merekomendasikan teman-teman yang ingin belajar SEO main ke tempatnya mas!
      :sip:

  • tuh..tuh…tuh…, akhirnya keluar juga pengakuan diri. hmmm, jangan-jangan kemarin itu test pasar ya…:hihi:

    betul-betul anak muda kreatif… eh, di blog saya juga ada dua anak muda yang sedang belajar kreatif. menggabungkan kekuatan mereka dalam “kolaborasi antara..”

  • Wah2 udah hampri seminggu ga maen ke sini udah ada yang baru nih dan dengan artikel yang super! :sip: , membuat saya terus termotivasi dan eksis membagikan ilmu (walaupun ilmu saya mungkin ga ada apa apanya) dan contoh dari pak Romi itu saya ikut, yaitu kurangi tidur, tapi berimbas pada “sesuatu” yang memarahi saya haha. tapi thanks buat artikel supernya mas! :hore:

    1. @gilank, bagikanlah ilmu yang kita miliki walau itu hanya setetes air… terima kasih kunjungannya mas. Jadi rutin ke sini neeh!

      Ngomong-ngomong fansnya Mas Romi juga ya? Hehehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,431 bad guys.