Satpam Galeri Indosat Sidoarjo

Oleh : Arief Maulana

Satpam
Satpam

Kemarin siang saya pergi ke galeri Indosat di sidoarjo. Biasalah beli voucher fisik untuk mengisi Indosat M2, salah satu senjata saya berbisnis online dari rumah di samping gadget blackberry untuk kepentingan mobile online yang mendesak.

Antrian cukup penuh dan sepertinya cukup banyak keluhan hari itu. Yah, saya mesti bersabar sedikit meski sekedar untuk beli voucher fisik aja. Kalau di luar mahal sih, karena sekarang kan zamannya pake voucher elektrik. Sayangnya kok dari penjelasan customer servicenya IM2 masih belum bisa diisikan via elektrik. Kalaupun ada yang bisa, faktanya (kata CS) mesti pake kode yang ada di voucher fisik.

Waktu saya datang sih biasa aja. Satpamnya belum nongol, masih di toilet sepertinya. Karena kalau dia ada, biasanya untuk beli voucher elektrik ngga perlu sampai ke meja customer service. Cukup tunggu bentar, ntar si satpam ini yang ambilin. Kita tinggal bayar ke dia. Berhubung dia ngga ada, terpaksa ikut antrian.

Selang saya lagi nunggu antrian, eh si satpam muncul. Pengen sih langsung minta ke dia, cuma berhubung udah pegang no antrian ya sudah lah. Lagian saya juga kebetulan emang lagi asik dengan chatting dan twitteran (alesan sebenernya).

Di sela-sela saya nunggu, ada seorang customer datang. Bapak-bapak yang dari seragamnya sepertinya seorang marinir. Sebelum ambil no antrian, si satpam bertanya. Saya tidak tahu pasti percakapan meraka lantaran tempat saya duduk dengan posisi si satpam agak jauh juga. Tapi saya mengamati dengan cermat, seperti saya mengamati Ko Adi yang dulu itu.

Nah, tiba-tiba si satpam meminta membuka HP si customer tadi tadi. Dia entah seperti membetulkan apa itu di dalamnya (lepas baterai). Kemudian SIM Card dipasang, baterai dipasang, dan HP dinyalakan. Selang agak lama, si satpam nampak sedang menyetting HP milik customer itu. And… selesai sudah masalah si customer.

Wah ternyata disini satpam juga dibekali sedikit masalah teknis. Sehingga masalah yang tidak perlu sampai ke tangan si customer service. Otomatis, selain meringankan pekerjaan CS dengan adanya satpam ini, tentu efektifitas layanan Indosat sendiri bisa ditingkatkan. Makin banyak customer terlayani.

Dan ini juga mengingatkan saya sama postingannya mas Candra  (yang sekarang lagi getolnya ngurusin bisnis hosting di kunci host) “Belajar Melayani Pelanggan, Bisa Dari Satpam Bank”. Anda bisa baca juga.

Ini sharing aja lah, semacam market insight versi artikel dari saya. Kalau Mas Tuhu Nugraha kan versi 140 karakter twitter. Siapa tahu aja menginspirasi Anda kalau ntar punya bisnis besar sampai punya satpam, hahaha… Semoga bermanfaat.

Update Artikel : Setelah cross check lagi ke beberapa temen (salah satunya Maksum Priangga), ternyata emang bisa via elektrik. Mungkin saya coba bulan depan, meski artinya jarang dah ketemuan lagi sama mbak-mbak CSnya yang ada di Galeri Indosat Sidoarjo. Hahaha…

Salam Sukses,
arief maulana
space

  1. :ngakak: m2 kan bisa pake elektrik mas, saya aja pake elektrik terus, kalau voucher juga bisa kok pake yang m3 atau mentari, ngapain ngantri mas, pakai aja elektrik, asal mtronic pasti bisa :hihi:

  2. Satpam sekarang memang bukan hanya dibekali dengan badan kekar untuk menjaga keamaan saja, tetapi harus santun dan juga bisa memback-up masalah-masalah yang tidak terlalu besar.

    Itu juga berlaku untuk Satpam di Bank, dimana selain ramah mereka juga bisa membantu kita mengisi form-form yang tidak kita mengerti….

  3. Nah. Gmn caranya terapkan itu di dunia online pak Arif.. Jadi kita bisa layani semua plgn kita dg maksimal dan optimal…

  4. Terkadang memang kita gak boleh melihat sesuatu itu hanya dari kulit luarnya saja… kitakan gak tau isi yang di dalam. :hihi:
    Satpam yang cerdas…
    Salam mas arief

  5. Agung Prasetyo says:

    Mungkin jika dikaitkan dengan dengan bisnis online. Memberikan informasi yang cerdas baik itu yang positif ataupun negatif sebelum mengunjungi situs utama dan jujur.

    Selain kita memiliki integritas, pastinya konsumen akan lebih respect ke kita.

    Mungkin seperti itu mas? Gimana mas Arief.

  6. keren tuh satpam
    jaman sekarang profesi satpam ternyata bukan hanya ngurusi seputar keamanan

    btw kalo saya nangkap sekilas sepertinya alasan ke situ gara2 ada yg ditaksir hehehe

  7. mas, isi IM2 kan bisa pakai voucer menari atau IM3. saya selalu begitu. jadi tidak perlu beli voucher IM2.

    tapi kalau mau sering2 ketemu CS cantik sih, monggo di teruskan ;)

  8. iskandaria says:

    Jadi inget nih pas saya ke bank Mandiri. Satpamnya juga sekaligus jadi pembimbing pengunjung yang mau ngisi blanko :hihi:

    Ini sangat membantu pengunjung yang baru pertama kali ke situ atau bingung dalam memilih blanko yang tepat sesuai jenis transaksi yang akan dilakukannya.

  9. Lutvi Avandi says:

    Mirip dengan satpam BCA. Emang satpam sekarang musti multifungsi. Karena kalo kerjaannya cuma duduk2 doang jadi pengawas yang rugi perusahaan :)

    • @Lutvi Avandi, Iya mas. Satpam2 yg laen juga begitu. Kayanya udah jadi standar minimal satpam, kudu bisa multifungsi.

      Jangan2 ntar satpam dicari yg wajah ganteng fisik oke. Biar memukai custumer :ngakak::ngakak::ngakak:

  10. Update Artikel : Setelah cross check lagi ke beberapa temen (salah satunya Maksum Priangga), ternyata emang bisa via elektronik…

    Ngoreksi nih mas..bukan elektronik, tapi elektrik :sip:

  11. hanifilham says:

    mungkin bukan tekhnis mas yah? karena sering mondar mandir di dalam galeri indosat, sehingga masalah dasar sang satpam pun mengerti. hehe…

  12. Wah lama g koment udah keduluan aj atuh, terpaksa dah nomer berapa ne saya.:hiks: he..he…

    Ya elektrik kan lebih simple juga to mas.. tapi gpp lah yang pentingkan bisa OL toh… hiii… hiii…

    Mas sharing ke blog saya donk, saya ingin belajar banyak ne mas mas arief tentang bisnis online..:nangis::nangis:

  13. :ngakak ternyata satpam yang penuh talenta. Berbakat juga tuh Mas kayaknya Satpam Indosat untuk bisnis online

  14. Pingback: Soviet
  15. Blog Peluang bisnis says:

    Kalo ada satpam dibekali seperti itu di berbagi tempat, saya rasa antrean dimana-mana bisa diatasi. Customer puas, satpam tambah pintar, CS tidak repot melayani banyak orang,win win solution

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,788 bad guys.