Oleh : Arief Maulana

Skill With People
Skill With People

Saya teringat dulu ketika mengikuti sebuah seminar tentang ilmu komunikasi di kampus, seorang pembicara yang notabene adalah praktisi ilmu komunikasi (ngga sekedar teori) pernah mengatakan bahwa ada 3 hal yang akan mendukung kesuksesan kita : ilmu akademik, ilmu komunikasi, dan koneksi. Jadi selama masih kuliah, perdalam lah 3 hal ini. Sehingga ketika lulus nanti, tidak hanya sekedar lulus tapi punya nilai tambah.

Bicara soal komunikasi, saya kebetulan punya sebuah buku mengenai ilmu komunikasi. Saya suka buku ini karena tidak bertele-tele seperti buku ilmu komunikasi lainnya. Tidak perlu banyak cerita, tapi langsung panduan step by step untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi Anda. Apa bukunya? “Skill With People” yang ditulis oleh Les Giblin.

Beberapa dari Anda mungkin sudah mengenal buku “Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain” karangan Dale Carnegie. Nah, buku Skill With People ini adalah buku semacam itu hanya saja pengemasannya lebih ringkas dan cocok untuk mereka yang tidak punya banyak waktu untuk belajar masalah ilmu komunikasi. Bukunya bisa Anda kantongi kok, karena tipis dan kecil (tebalnya cuma 0.5 cm).

Di bagian awal buku, Anda akan disuguhkan 3 pemahaman mendasar tentang manusia dan bagaimana pada umumnya kita berinteraksi satu sama lain. Ibaratnya, kita mencoba mengenal medan pertempuran yang akan diterjuni nantinya. Dengan pemahaman ini pula, seakan kita bisa belajar “strategi lawan” yang biasa digunakan. Paling ya itu-itu saja.

Baru setelah pemahaman diberikan, Anda akan belajar berbagai “cara terampil berkomunikasi” yang mencakup :

  • Cara terampil berbicara dengan orang lain
  • Cara terampil untuk mempengaruhi orang lain
  • Cara terampil untuk meyakinkan orang lain
  • Cara terampil untuk membuat orang mengatakan “YA”
  • Dll

Jumlahnya semua ada 11 cara terampil, yang bisa langsung Anda praktekkan. Sebagai penutup, Les Giblin pun memberikan catatan penting terkait apa-apa yang sudah diberikan olehnya di awal hingga akhir buku itu.

Nah, bagi temen-temen yang mau mencoba mengembangkan ilmu komunikasinya, buku ini bagus untuk dikoleksi, dibaca dan DIPRAKTEKKAN. Semoga bermanfaat.

  • JUDUL : Skill With People (terjemahan)
  • PENERBIT : Gramedia Pustaka Utama
  • PENULIS : Les Giblin
  • ISI : 88 Halaman Buku

Ps. Bagi yang kesulitan mencari buku ini dikarenakan terbitan tahun 2005, beberapa toko buku online yang saya telusuri masih menyediakan. Ini linknya :

Salam Sukses,
arief maulana
space

Review : Skill With People
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

76 thoughts on “Review : Skill With People

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,551 bad guys.