Review : Panduan Paid Review

Oleh : Arief Maulana

Menarik sekali ketika beberapa waktu yang lalu, saya mengunjungi blog teman yakni Mas Agus Siswoyo. Saya tertarik pada salah satu artikelnya, “Masjid Juga Dimonetisasi”. Judul yang sedikit menggelitik dan membuat saya ingin segera membacanya.

Intinya di artikel tersebut, Mas Agus menceritakan soal bagaimana Masjid bisa dimonetisasi apalagi blog. Pun saya dengar kabarnya Mas Agus saat ini sedang mempersiapkan metamorfosisnya menjadi blog bisnis yang termonetisasi.

Bicara soal monetisasi tentu banyak cabangnya. Mulai dari google adsense yang bukunya memenuhi rak bisnis internet Gramedia, hingga bisnis paid review. Lagi-lagi pikiran saya meluncur ke beberapa waktu dimana saya sempat chat + diskusi dengan Mas Handoko Tantra soal bisnis Paid Review yang tengah digelutinya.

Saya ingat, ketika itu Mas Handoko pernah bilang bahwa seandainya saja Blog Arief Maulana.com ini dengan kondisi yang sekarang (PR dan Alexa Ranknya) ditambah lagi dengan gaya menulis saya dalam mereview, bila dikemas dalam bahasa inggris bukan tidak mungkin potensi pendapatan yang bisa diperoleh lewat bisnis paid review mencapai $50/review

Wow, saya sedikit takjub soal hal ini. Ternyata potensi monetisasi blog saya cukup luar biasa. Padahal selama ini monetisasi yang saya lakukan hanya sebatas pada promosi produk affiliate merchant yang saya pegang link referalnya dan juga space iklan yang nongkrong di sidebar blog ini.

Saya pun menanyakan kepada Mas Handoko (yang sudah terjun langsung dan mulai merasakan nikmatnya paid review), adakah IM yang hidup dari bisnis Paid Review dan menuliskan sebuah panduan sukses berbisnis paid review. Jawab beliau ada. Salah satunya adalah Mas Yuswono Hadi.

Ngga perlu menunggu lama, saya langsung hunting ebooknya. Anda tahu kan kebiasaan saya, suka menambah ilmu dan mengambil sisi terbaiknya untuk meningkatkan marketing skill dalam bisnis internet selling. Dan Alhamdulillah banyak yang saya dapatkan dari ebook “Step by Step : Sukses Bisnis Paid Review”.

Untuk Anda saya bedah dikit, kira-kira apa  yang akan didapatkan nantinya dari ebook ini. Secara garis besar saya bagi menjadi 4 bagian utama yaitu : Pendahuluan, Persiapan, Strategi Menulis Artikel, dan Mencari Job Review. Inilah beberapa paparan dari bagian-bagian ebook tersebut.

# TAHAP PENDAHULUAN

Seperti namanya, di tahap pendahuluan penulis memberikan penjelasan soal seluk beluk bisnis paid review. Disini Anda akan mendapatkan gambaran bagaimana cara kerja bisnis paid review, termasuk komponen-komponen penting yang saling berkaitan di dalamnya.

Disamping itu, Anda juga akan diberikan gambaran berapa modal yang mesti disiapkan untuk bisa langsung berbisnis paid review dalam waktu yang singkat, tanpa harus menunggu website / blog Anda mencapai tingkat popularitas tertentu (makin populer, makin mahal Anda dibayar per review).

# TAHAP PERSIAPAN

Its time for shopping. Yap, tahap persiapan adalah waktunya kita belanja berbagai keperluan untuk bisnis paid review. Tentu saja karena basis dari bisnis paid review adalah website / blog yang dijadikan tempat review ditulis, maka yang kita beli adalah domain dan hosting.

Bedakan dengan kebiasaan kita belanja domain dan hosting selama ini, entah untuk keperluan ngeblog ataupun sekedar website statis biasa. Karena untuk bisnis paid review, maka domain yang dibeli bukan domain sembarangan melainkan domain yang cukup populer alias memiliki Page Rank tinggi.

Disini kita akan dipandu bagaimana mendapatkan domain berPR tinggi, baik itu dengan cara membeli biasa atau bahkan mendapatkannya dengan harga murah melalui proses lelang. Ngga cuma sekedar membeli, pun Anda nantinya akan dipandu bagaimana mengecek validitas PR domain tersebut.

Yah, jangan sampai lah kita beli mahal-mahal karena faktor PR, eh ketika dicek ternyata PRnya tidak seperti yang dijanjikan. Adapun untuk hosting, juga dipaparkan bagaimana tips dan strategi memilih hosting yang pas untuk bisnis paid review kita nantinya.

Masih di tahap persiapan, kita juga akan dibimbing bagaimana membuat blog. Yah, saya rasa mengenai ini sudah banyak yang tahu. Hanya saja oleh penulis tetap dimasukkan karena biar bagaimanapun yang namanya tutorial step by step, semua mesti ada alias komplit!

Yang saya suka adalah, bagaimana kita dipandu untuk sedikit melakukan modifikasi blog yang optimum untuk bisnis paid review. Termasuk bagaimana menyiapkan blog baru menjadi blog yang siap untuk bisnis paid review tanpa butuh waktu yang lama. Dan jujur saya pun baru tahu soal ini.

Satu yang harus kita pegang dalam bisnis Paid Review sebagai fondasi awal yaitu, “Keberhasilan Anda dalam berbisnis paid review adalah tergantung dari keberhasilan Anda mempersiapkan blog tersebut.”

# STRATEGI MENULIS ARTIKEL

Blog sudah siap, maka waktunya bekerja. Untuk memiliki harga jual yang tinggi di setiap review ada beberapa point yang harus diperhatikan. Termasuk bagaimana nantinya cara Anda menuliskan setiap reviewnya. Ngga asal nulis sembarangan. Menulis sambil membangun kredibilitas, salah satu caranya dipaparkan di point terakhir strategi menulis artikel.

# MENCARI JOB REVIEW

Ini adalah tahapan terakhir. Percuma semua persiapan oke kalau ngga ada job review. Maka disini kita akan dibimbing bagaimana mencari job review, baik itu melalui broker paid review ataupun mencari sendiri. Jelas ada perbedaan. Melalui broker, akan ada potongan bagi hasil. Sementara mencari sendiri, hasil tergantung negosiasi kita. Namun dari segi kemudahan mendapatkan job, tentu jauh lebih mudah menggunakan bantuan broker.

Di bagian akhir ini, dipaparkan beberapa broker paid review yang cukup populer menjadi andalan para pebisnis paid review. Untuk setiap broker paid review, penulis memaparkannya dalam beberapa point meliputi :

  • Preview
  • Ilustrasi penghasilan
  • Flowchart sistem kerja broker paid review maupun alur kerja kita sebagai reviewer
  • Langkah-langkah mulai pendaftaran, taking order, hingga pengumpulan laporan
  • Tips-tips khusus untuk setiap broker paid review

Point-point yang hampir sama juga dipaparkan untuk metode mencari sendiri job review. Ada langkah-langkah yang bisa langsung Anda ikuti.

Satu hal yang pasti, penulis (Yuswono Hadi) bukan sekedar menulis ataupun merangkum beberapa panduan paid review yang sudah ada. Namun, beliau hidup dari bisnis paid review ini dan menuliskan pengalamannya dalam sebuah ebook “Step by Step : Sukses Bisnis Paid Review”. Dengan kata lain beliau adalah praktisi yang sudah membuktikan semua yang ditulis disini.

Nah, kurang lebih itu special review dari saya. Dan kali ini saya mau bagi-bagi discount berupa cashback. Inilah cashback dari saya, khusus untuk Anda yang ingin menekuni bidang paid review.

  • Cashback Rp.50.000,- untuk 1 orang pertama
  • Cashback Rp.25.000,- untuk 5 berikutnya
  • Cashback Rp.10.000,- untuk 10 berikutnya

Sistem yang saya berlakukan adalah bukan siapa yang cepat order, melainkan siapa yang duluan order dan membayar. Makin cepat, makin besar cashback yang Anda dapatkan. Program Cashback ini saya batasi hanya sampai tanggal 10 Februari 2010.

Lewat tanggal tersebut, meski jatah quota cashback masih ada, maaf tidak ada cashback yang saya berikan! Jadi jangan menunda jika memang Anda ingin menekuni bisnis paid review saat ini.

Dan seperti biasa saya ingatkan. Ilmu sehebat apapun yang diberikan Mas Yuswono, tidak ada artinya kalau tidak Anda praktekkan. Paling ngga cobalah di kontes-kontes review kecil-kecilan seperti yang diadakan Mas Octa kemarin. Lumayah toh!

Salam Sukses,
arief maulana
space

    • arief maulana says:

      @pasutrisatu, yah, inilah gaya mereview saya. Mengulas dari sisi lain dengan gaya bahasa yang enak.

      Flow like a story… :cendol

  1. Obsesi Menjadi Co-Writer Blog says:

    …Maka pagi ini saya daftar jadi co-writer blog Motivasi Arief Maulana. Dan alhamdulillah sudah dibuatkan akun….

  2. Obsesi Menjadi Co-Writer Blog says:

    …Seperti kata motivator muda kita, lingkungan turut mempengaruhi pola pikir dan kesuksesan seseorang….

  3. Panduan paid review ini mantab banget, apa lagi di toko buku belum banyak yang bahas tentang paid review, kembanyakan masih seputar PPC, online store, blogging dll. Saya masih butuh banyak persiapan untuk terjun ke paid review, b.Inggrisnya masih senen-kemis, daridulu gak bener-bener :hiks:

  4. Handoko Tantra says:

    Wehh…mantap reviewnya neh…kalo ini bakalan banyak komisinya dari penjualan afiliasi ebooknya…he..he…

    Oya…ta tunggu review blog ariefmaulana.net neh… :lapar

  5. Cukup menyenangkan :mataduitan:bila jg menguasai teknik Paid Preview, tapi msh banyak nih ms yg hrs pelan2 u dikuasai yg lainnya. Sabar….sabar ris ya.:bisik:

  6. andrik sugianto says:

    kog makin mantab aja ya wong sidoarjo, keknya pengen ketemuan nih? kira2 sulit gak ya nemuin bos yang satu ini? apa hrs bikin janji dulu?

    • @andrik sugianto, ngga mas. Asal ngga bentrok sama kegiatan saya.

      Tapi kalau mau main ke rumah saya yang mlosok desa, saya oke-oke aja.

      • @arief maulana, :hiks: masih jauh dibanding mas arief…..masih mesti banyak belajar ne…..:hehe:
        uia btw cara bikin emoticon biar diatas kolom komentar gmn mas?
        trus biar pas dklik more baru pada nongol banyak emoticonya gmn …mohon pencerahannya…..:mlorok::plis:

  7. Urai Banjarsari,S.Pd says:

    Halo Mas salam kenal saya igin menyampaikan sukses untuk mas ,Menurut Mas Joko Susilo saya harus belajar lebiih lagi dengan Mas ,Tolong Tip Mas.Blog saya http://www.uraibanjarsari,
    siapa tahu ada teman-teman yang suka silakan kunjungi dan kasi komentar.

    Ok.Maaf dan salam sukses

    Urai Banjarsari,S.Pd
    hp.081345270750

    • @agribisnis, ngga juga sih. Cuma pertanyaan saya berapa lama Anda sanggup bersabar dalam mengelola blog hingga akhirnya siap dimonetize.

      Pada dasarnya memang semua blog bisa dimonetize. Hanya yaitu tadi, jika memang butuh cepat menghasilkan, salah satunya dengan membeli domain berPR tinggi.
      :sip:

    • @Putra, Banyak sebenarnya yg bisa dilakukan kalau bermodalkan menulis pak. Selain Paid Review, ada juga PPC, ghost writer, dll. Yang penting fokus di satu hal dulu. Salam Kenal

  8. Pingback: Asyiknya Menulis Dengan Blogging…
  9. Pingback: Obsesi Menjadi Co-Writer Blog | Catatan Motivasi Blogging Indonesia
  10. Pingback: Update Kontes Co-Writer | Catatan Motivasi Blogging Indonesia

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,853 bad guys.