Oleh : Arief Maulana

Buku Cara Gampang Mengelola Keuangan Pribadi dan Keluarga
Cara Gampang Mengelola Keuangan Pribadi dan Keluarga

Kalau ada yang bilang mengelola keuangan itu mudah, saya rasa tidak semua orang bisa melakukannya. Kita selalu memiliki kecenderungan untuk malas melakukannya. Bahkan sempat ada anekdot bahwa mengelola keuangan, pengeluaran, dsb jauh lebih sulit dari menghasilkan uang itu sendiri.

Saya sendiri mengamini hal tersebut. Malas rasanya mengatur sedemikian rupa. Biasanya ada komisi affiliate marketing ataupun blog monetizing masuk langsung ke rekening. Kalau pengen belanja banyak ya tinggal gesek BCA Card aja. Hingga kadang-kadang cashflow mengalir deras. Deras masuknya, deras juga keluarnya.

Kalau Anda punya masalah yang sama, mungkin buku yang baru saja saya baca bisa menjadi sebuah solusi praktis. Maka dari itu, saya menghadirkan review buku ini siapa tahu bisa berguna untuk Anda.

  • JUDUL : Cara Gampang Mengelola Keuangan Pribadi
  • PENERBIT : Gramedia Pustaka Utama
  • PENULIS : Indrasto Budisantoso & Gunanto
  • ISI : 100 Halaman Buku + 1 CD Program “Uang dan Belanjaku v.2”

Di bagian awal, kita akan disajikan mengapa penting dalam mengelola keuangan. Semakin dini memulainya, akan semakin baik. Setidaknya dengan mulai mengatur keuangan, kita bisa mendapatkan gambaran riil kondisi keuangan yang bisa digunakan sebagai dasar analisa sekaligus perencanaan yang terarah dalam mencapai tujuan tertentu, misalnya : merencanakan liburan keluarga ke luar kota, dll.

Begitu alasannya sudah didapat, barulah masuk ke materi mengenai perencanaan keuangan itu sendiri. Materi disajikan secara ringkas dan sederhana karena memang ditujukan untuk pemula. Jadi sekalipun kita tidak sekolah di jurusan accounting, pengelolaan bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi ada bantuan software yang disertakan dalam buku ini.

Selain itu kita pun akan dituntun bagaimana mengendalikan uang. Dimulai dari menentukan posisi keuangan lewat neraca keuangan, membuat rencana keuangan, dan memonitor serta mengevaluasinya secara berkala. Dan sekali lagi, semua itu dibantu dengan bonus software yang diberikan dalam bentuk CD.

Sebagai penutup materi, kita akan diberikan 27 tips dan trik khusus dalam masalah keuangan. Kenapa saya bilang penutup materi? Karena di materi selanjutnya lebih ke arah teknis penggunaan program “Uang dan Belanjaku v.2”.

Awalnya saya mengira programnya semacam sheet excell yang sudah didesain sedemikian rupa, sebagaimana program-program serupa yang banyak dijual di internet (sempat tertipu juga, karena saya bisa buat yang begituan). Ternyata bukan. Programnya berupa aplikasi yang diinstal layaknya program-program semacam Ms.Office, Adobe Reader, dll.

Namun sebelum menjalankannya, kita terlebih dahulu harus mendapatkan password untuk serial number dari program yang diisntal. Cukup SMS dengan format tertentu, menyertakan serial number yang ada di CD.

Nah, ini review singkat saya. Kalau ada yang mau ditanyakan sepintas soal isi buku bisa di form komentar. Nanti saya jawab sebisanya, berdasarkan buku yang sudah saya baca. Semoga bermanfaat.

Review: Cara Gampang Mengelola Keuangan Pribadi dan Keluarga
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

74 thoughts on “Review: Cara Gampang Mengelola Keuangan Pribadi dan Keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,560 bad guys.