Review: Cara Gampang Mengelola Keuangan Pribadi dan Keluarga

Oleh : Arief Maulana

Buku Cara Gampang Mengelola Keuangan Pribadi dan Keluarga
Cara Gampang Mengelola Keuangan Pribadi dan Keluarga

Kalau ada yang bilang mengelola keuangan itu mudah, saya rasa tidak semua orang bisa melakukannya. Kita selalu memiliki kecenderungan untuk malas melakukannya. Bahkan sempat ada anekdot bahwa mengelola keuangan, pengeluaran, dsb jauh lebih sulit dari menghasilkan uang itu sendiri.

Saya sendiri mengamini hal tersebut. Malas rasanya mengatur sedemikian rupa. Biasanya ada komisi affiliate marketing ataupun blog monetizing masuk langsung ke rekening. Kalau pengen belanja banyak ya tinggal gesek BCA Card aja. Hingga kadang-kadang cashflow mengalir deras. Deras masuknya, deras juga keluarnya.

Kalau Anda punya masalah yang sama, mungkin buku yang baru saja saya baca bisa menjadi sebuah solusi praktis. Maka dari itu, saya menghadirkan review buku ini siapa tahu bisa berguna untuk Anda.

  • JUDUL : Cara Gampang Mengelola Keuangan Pribadi
  • PENERBIT : Gramedia Pustaka Utama
  • PENULIS : Indrasto Budisantoso & Gunanto
  • ISI : 100 Halaman Buku + 1 CD Program “Uang dan Belanjaku v.2”

Di bagian awal, kita akan disajikan mengapa penting dalam mengelola keuangan. Semakin dini memulainya, akan semakin baik. Setidaknya dengan mulai mengatur keuangan, kita bisa mendapatkan gambaran riil kondisi keuangan yang bisa digunakan sebagai dasar analisa sekaligus perencanaan yang terarah dalam mencapai tujuan tertentu, misalnya : merencanakan liburan keluarga ke luar kota, dll.

Begitu alasannya sudah didapat, barulah masuk ke materi mengenai perencanaan keuangan itu sendiri. Materi disajikan secara ringkas dan sederhana karena memang ditujukan untuk pemula. Jadi sekalipun kita tidak sekolah di jurusan accounting, pengelolaan bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi ada bantuan software yang disertakan dalam buku ini.

Selain itu kita pun akan dituntun bagaimana mengendalikan uang. Dimulai dari menentukan posisi keuangan lewat neraca keuangan, membuat rencana keuangan, dan memonitor serta mengevaluasinya secara berkala. Dan sekali lagi, semua itu dibantu dengan bonus software yang diberikan dalam bentuk CD.

Sebagai penutup materi, kita akan diberikan 27 tips dan trik khusus dalam masalah keuangan. Kenapa saya bilang penutup materi? Karena di materi selanjutnya lebih ke arah teknis penggunaan program “Uang dan Belanjaku v.2”.

Awalnya saya mengira programnya semacam sheet excell yang sudah didesain sedemikian rupa, sebagaimana program-program serupa yang banyak dijual di internet (sempat tertipu juga, karena saya bisa buat yang begituan). Ternyata bukan. Programnya berupa aplikasi yang diinstal layaknya program-program semacam Ms.Office, Adobe Reader, dll.

Namun sebelum menjalankannya, kita terlebih dahulu harus mendapatkan password untuk serial number dari program yang diisntal. Cukup SMS dengan format tertentu, menyertakan serial number yang ada di CD.

Nah, ini review singkat saya. Kalau ada yang mau ditanyakan sepintas soal isi buku bisa di form komentar. Nanti saya jawab sebisanya, berdasarkan buku yang sudah saya baca. Semoga bermanfaat.

  1. herlina mutmainah says:

    seru juga nih ada sofware programnya, dan dalam bentuk buku, jadi bisa di baca kapan dan dimana saja tanpa penat di mata (ini kelebihan buku dari ebook). cari ah tar kalo ke gm

  2. Syafii Ramdhani says:

    Assalamualaikum mas Arif,
    salam kenal, nih baru kali pertama saya mampir ke blog nya,

    btw,.gmn cara sy dapet buku+cdnya? kl dijual, beli dimana? brp hrganya?

    • arief maulana says:

      @Suarakelana, iya mas. Soalnya seperti yg saya sebutin di atas. Arus Cashflow suka deres banget dan itu ngga kerasa… :hihi:

  3. edukasi seperti ini yang saya dan kebanyakan orang butuhkan,, siip deh buat reviewnya ,, kalo sempat jalan2 saya coba cari bukunya:sip:

    • arief maulana says:

      @MasterClickCom, bukan om.
      Tapi emang saya yang mau review karena buku ini bagus.

      Dulu di blog lama sempat juga kok ngereview beberapa buku. Mungkin nanti tak masukin lagi ke sini.

      • MasterClickCom says:

        @arief maulana, Sip deh… ditunggu kelanjutan buku lain-nya.

        mana tau suatu saat ada sponsor yg mau membagikan buku ke AM untuk di review

        • arief maulana says:

          @MasterClickCom, alhamdulillah sudah ada Mas. Kemarin bukunya dikirim untuk minta direview dari Penerbit Atria.

  4. online-business-story.com says:

    mengelola keuangan bisa diakali dengan membuat beberapa rekening bank. satu untuk bisnis, satu untuk belanja, satu untuk keperluan masa depan. saya lakukan itu dan lumayan cukup berhasil, walaupun terkadang kalo kepepet suka nyuri-nyuri :D

    Salam Kreatif,
    Octa Dwinanda

    • arief maulana says:

      @online-business-story.com, betul mas. Itu salah satunya. Kalau saya pake 2 rekening.

      Yg satunya non bisnis, tidak saya optimalkan fungsi inet bankingnya. Just ATM. Biar ga tergoda belanja online :hihi::hihi::hihi:

  5. tips beli rumah says:

    Saya sudah coba mengatur keuangan dengan membuat tabel perencanaan keuangan, hasilnya sangat memuaskan, saya bisa menekan anggaran belanja 20 % perbulan

  6. tetenw(blog sehat) says:

    mengelola keuangan adalah salah satu masalah pelik bagi seorang pebisnis pemula .. mungkin disini ada solusinya kan mas Arif?:hihi:

    • arief maulana says:

      @Erdien, justru karena masih sedikit uangnya mas, mesti dibiasakan.

      Ntar kalau udah banyak uang itu udah jadi bagian dari kebiasaan.

    • arief maulana says:

      @Bisnis di Internet, Terima kasih. Mudah-mudahan dilirik penerbit, biar dikirimin buku gratis untuk direview :hihi::hihi::hihi:

  7. Panduan Bisnis Hosting says:

    Kira-kira ada nggak ya buku cara gampang mengelola keuangan khusus buat yang dah terlanjur banyak punya utang…:hihi::hihi:

    • arief maulana says:

      @Panduan Bisnis Hosting, klo udah gitu mending langsung ke perencana keuangan Pak.

      Mereka bisa bantu bagaimana step2 keluar dari jeratan hutang.

  8. :hiks:saya beli bukunya + cd tapi saya ngga bisa dapatkan serial number utk aktifkan cd programnya…no HP sudah disms tidak dijawab, diemail tidak dibalas, ditelp no telpon sudah tidak terpasang..bukunya tidak berguna kalo tidak bisa gunakan CD programnya..di CD tidak ada nomor cdnya…VERY BAD…

    • arief maulana says:

      @denni, wah ga tau lagi. Saya lancar-lancar aja tuh. Cuma waktu itu saya belinya weekend.

      Jadi diaktifkan dan dibalasnya SMS pas hari dan jam kerja. Kalau mau protes bisa langsung kontak GRAMEDIA tuh.

      Setahu saya buku2 terbitan Gramedia ngga ada yang jelek soalnya.

  9. Brambang Bawang says:

    duh ada g ya yg punya versi e booknya, di gramed di cari2 udah g ada.. bs g ya dapat file copynya.. :) ngarep.banget

  10. I’m really impressed with your writing abilities and also with the layout for your weblog. Is that this a paid subject or did you modify it your self? Either way stay up the nice quality writing, it is rare to peer a nice weblog like this one nowadays..

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,788 bad guys.