Review Buku : Think Dinar!

Oleh : Arief Maulana

Think Dinar!
Think Dinar!

“Percayakah? Biaya haji turun setiap tahun. Biaya semakin murah. Biaya hidup semakin rendah. Jika Anda berpikir Dinar!”

Itulah tagline di cover buku Think Dinar! yang membuat saya tertarik untuk membelinya. Sudah lama sebenarnya saya mengenal konsep emas, hanya saja saya ingin tahu bagaimana dari sudut pandang dinar emas. Buku ini ditulis oleh Endy J. Kurniawan. Seorang pakar di bidang emas yang juga lumayan aktif di social media twitter untuk menjawab pertanyaan dari teman-teman, baik itu tentang Dinar Emas ataupun emas logam mulia pada umumnya.

Di bagian awal buku, Endy bercerita bagaimana jebakan sistem kapitalis dalam perekonomian telah menjerumuskan kita pada kondisi yang sangat tidak adil. Anda akan disuguhkan beberapa fakta yang mungkin selama ini belum Anda ketahui. Beberapa di antaranya :

  • mitos dan fakta tentang menabung
  • mitos dan fakta tentang nilai mata uang
  • mitos dan fakta tentang uang sebagai alat tukar
  • mitos dan fakta tentang uang dan kemakmuran rakyat

Disini Anda akan melihat bagaimana sebenarnya kita amat sangat dirugikan ketika menabung. Tingkat inflasi pertahun rata-rata 10%, sementara bunga bank rata-rata 5%. Belum lagi potongan-potongan yang dilakukan oleh pihak bank, entah itu pajak ataupun biaya administrasi.

Kalau Anda memiliki pendapatan yang sifatnya tetap atau naiknya sedikit, maka bisa dipastikan di saat pensiun nanti tabungan Anda tidak akan bisa membiayai kehidupan Anda dikarenakan tergerus oleh inflasi. Lain halnya ketika tabungan kita adalah dalam bentuk emas, dimana  setiap tahunnya ada kenaikan rata-rata sebesar 25%. Lihat, ini mengalahkan nilai inflasi.

emas logam mulia
emas logam mulia

Selain itu, Anda akan disuguhkan model perhitungan bagaimana dengan konsep Dinar Emas, biaya-biaya seperti : biaya haji yang makin turun dari tahun ke tahun, biaya pendidikan juga semakin murah, biaya hidup semakin ringan dan tabungan pensiun yang akan mencukupi Anda di hari tua nanti.

Setelah disuguhkan beberapa fakta untuk membuka paradigma berpikir Anda, maka selanjutnya barulah masuk ke materi tentang Dinar Emas. Pada bab ini Endy memaparkan bagaimana investasi dalam bentuk Dinar Emas jauh lebih perkasa dari rencana finansial dan investasi lainnya. Disamping itu diberikan juga rahasia kekuatan Dinar Emas. Juga keuntungan investasi dalam bentuk dinar emas dibandingkan emas batangan.

Tak luput dikupas juga masalah Dirham perak. Walaupun tidak sepowerful Dinar Emas, Dirham Perak tidak bisa diremehkan. Sebagai pembahasan akhir dari buku Think Dinar!, Endy juga menjelaskan bagaimana penerapan konsep Dinar Emas dalam perekonomian yang berbasis ekonomi Islam mampu memberikan kesejahteraan dan mengangkat kondisi perekonomian bangsa kita menjadi lebih baik lagi.

dinar emas dan dirham perak
dinar emas dan dirham perak

Buku inilah yang pada akhirnya membuka mata dan menyadarkan saya tentang kebodohan berpikir kebanyakan karyawan BUMN ataupun PNS yang mengandalkan potongan / tabungan dana pensiun untuk menghidupi mereka di hari tua. Tentu kita sering dicekcoki oleh orang tua dan disarankan masuk ke dalam birokrasi (PNS) ataupun BUMN agar mendapatkan uang pensiun dan hidup di hari tua bisa lebih tenang. Padahal tidak demikian.

Saya sendiri sempat menganalisis tabungan pensiun saya, jika nanti pensiun sebagai karyawan di BUMN tempat saya bekerja. Hasilnya adalah tidak cukup. Jauh di bawah kebutuhan hidup normal. Maka dari itu, saya berpikir untuk mulai mengonversikan sebagian besar tabungan ke dalam bentuk emas. Dimana kalkulasi kasarannya, ketika pensiun nanti kehidupan saya bisa lebih dari cukup, syukur-syukur berkelimpahan.

Ini dulu sharing dari saya tentang buku Think Dinar! Bagi yang belum tahu konsep emas, buku ini bisa menjadi pegangan awal sebelum Anda mulai berinvestasi di emas. Entah itu emas logam mulia atapun Dinar Emas. Silahkan cari di toko buku terdekat atau toko buku online langganan Anda. Semoga bermanfaat. :)

“Sejak zaman Rasulullah SAW sampai dengan sekarang, satu dinar selalu cukup untuk membeli satu ekor kambing kualitas terbaik.” – Endy J. Kurniawan

    • @Mashengky, cek aja ke para penjual dinar atau ke antam langsung. 1 Koin dinar harganya sekitar 2 jutaan. Itu bisa buat beli 2-3 kambing malah. Atau 1 kambing dengan kualitas terbaik :D

    • @Cinta Allah, yes. Itu salah satu bukti kalau sebenarnya sistem perekonomian yang dibangun oleh Rasulullah SAW bekerja dengan baik. Sayang sekarang ditinggalkan dan malah beralih ke sistem kapitalis & liberalis.

    • @BlogBayu, wah bagus mas. Untuk perbandingan antara koin dinar dan emas batangan, dibahas di dalam buku Think Dinar! Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Pada akhirnya kita bisa memilih dengan mempertimbangkan keduanya.

  1. Saya pun termasuk satu di antara orang yang berada di lingkungan yang meng elu-elukan PNS, mohon maaf bukan bermaksud memandang rendah PNS namun dari sudut pandang saya, kenapa mereka rela bertahun2 menanti kesempatan menjadi PNS padahal banyak sektor lain yang bisa menjadi penopang hidup, dan dengan sedikit berpikir jernih sesuai buku yang di review mas Arief tentu masa depan tetap memiliki harapan cerah
    mjumani recently posted..Mengenal Ekosistem MangroveMy Profile

    • @Mjumani, betul mas. Saya juga dulu berpikir seperti itu. PNS terjamin di hari tua. Tapi akhirnya kemudian paradigma itu berubah. Pekerjaan apapun bisa, asal kita mengerti bagaimana berinvestasi untuk mengamankan masa tua.

    • @hyden06, Coba baca dulu buku ini. Ada juga buku The Dinar Way. Disana pembahasannya ga selengkap Think Dinar!, tapi ada gerai-gerai dimana kita bisa beli koin dinar. Termasuk tips-tipsnya.

    • @Asnawi ST, dan banyak juga buku-buku yang kurang bagus beredar. Hahaha… Tapi yang pasti pengetahuan finansial harus terus ditingkatkan. ini yang tidak pernah diajarkan di sekolah, sekalipun jurusan ekonomi.

    • @Joko, Dinar emas disini maksudnya adalah emas 22 karat yang dibuat dengan standar Dinar Emas pada zaman Khalifah Umar Bin Khattab. Jadi bukan dinar mata uang arab atau irak. Tapi emas dalam bentuk koin.

    • @Sabar, sebenarnya kalau kita mau membuka pikiran sedikit, konsep perekonomian Islam yang dibangun oleh Rasulullah SAW sangat baik diaplikasikan dan itu akan menjamin kesejahteraan yang merata ke semua warga negara. Sudah banyak yang berpikir demikian

  2. well…
    memang benar menabung emas atau berinvestasi emas dinar lebih baik daripada menabung konvensional di bank.
    selain itu, sebagian besar masih belum paham tentang investasi emas sehingga masih belum siap untuk berinvestasi emas.
    salut deh informasi.

  3. alhamdulillah dapat informasinya dulu…. next time semoga bisa beruntung seperti teman-teman semua. Sementara masih mikirin tagihan bulanan yang kurang mlulu….

  4. thanks mas arief atas reviewnya. semoga di buku ini juga dijelaskan tentang dimana dan bagaimana membeli atau menjual dinar yang terpercaya. saya simpan dulu tulisannya, ntar segera cari bukunya setelah ke kota lagi :)

  5. Tetuko J Pamungkas says:

    :puyeng:Sangat luar biasa walau awalnya bingung dan ragu, ketika ada teman yang memperkenalkan investasi emas. Tapi setelah Mas Arif membeberkan lebih gamblang dan simple, kenapa tidak saya mulai dari dulu investasi emas… Luar biasa. Ajari dong mas Arif yang satu ini.

    • @Deddy, emas dinar bentuknya koin emas. 22 karat dengan berat tertentu. Di toko emas kalau tidak salah kebanyakan adalah emas batangan dan emas perhiasan. Jarang yang jual dinar emas. Biasanya ada gerainya khusus.

  6. kalo mamu beli dinar yang aku tau baru ada 2 tempat usaha.. 1 GERAI DINAR 2. WAKALA INDUK NUSANTARA…!! KLIK AJA DI Embah Google

    • @Agus SIswoyo, bener banget mas. Ekonomi Islam yg dicontohkan Nabi dan para sahabatnya udah paling pas itu sebenernya. Mensejahterakan semua. Sayang kita terlalu bangga dengan ekonomi barat. Dan emang dibuat seperti itu sih sistemnya.

    • @gun peluw, kalau baca sejarah tentang uang, dulu hakikat uang adalah kertas yang ada jaminan emasnya. Tapi sejak tahun berapa gitu, oleh salah satu presiden amerika diubah. Uang tidak lagi terikat dengan emas.

  7. buku yg te-o-pe be-ge-te !! membuka mata kita tentang investasi yg sesungguhnya (the real investment), yg perlu diikuti oleh setiap orang ingin ‘menyelamatkan masa depan finansialnya’. bisa dibeli juga sec online di toko asmanadia (penerbitnya langsung), biasanya ada diskon juga.

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,671 bad guys.