Oleh : Arief Maulana

Inspirasi.Net
Inspirasi.Net

Sudah bukan rahasia lagi kalau sekarang ini eranya informasi. Kalau kata Om Hermawan Kartajaya, sekarang eranya New Wave Marketing. Everythings is connect with internet. Dan internet membuat segalanya menjadi jauh lebih mudah. Inilah garis besar yang saya dapatkan dari buku “Inspirasi.Net” yang ditulis oleh Mbak Ollie (@salsabeela), founder situs KutuKutuBuku.com.

Saya mengenal Mbak Ollie lewat twitter, itupun gara-gara teman saya. Anda tahu yang luar biasa? Mbak Ollie pernah membuat novel yang bersetting di Seattle dan Paris, tanpa pernah menjejakkan kakinya disana sama sekali. Apakah lantas mengada-ada? Tentu tidak.

Setiap detil lokasi yang diceritakan benar-benar ada di kedua tempat tersebut. Jadi kalau pikiran Anda sudah mulai jalan-jalan lewat novel tersebut dan nantinya entah kapan Anda kesasar di Seattle / Paris, suasana dan lokasinya tidak akan jauh berbeda dengan yang Anda tangkap lewat novelnya Mbak Ollie. How? Inilah yang dikupas mendetail di buku “Inspirasi.Net”.

Melihat bulan dan tahun terbitnya buku ini, agak terlambat rupanya saya. Buku ini diterbitkan pada bulan November 2009. Namun sampai sekarang dan ke depannya saya kira masih cukup layak untuk dikoleksi dan dijadikan referensi, terutama bagi rekan-rekan yang nantinya akan mengambil jalur penulisan fiksi. *lirik Agus Siswoyo*.

Apa yang akan kita dapatkan dalam buku ini sebagian besar materinya adalah tentang riset. Yap, penulis ngga bisa asal menulis begitu aja. Perlu adanya riset-riset tertentu. Sehingga nantinya hasil dari tulisan tersebut, khususnya tulisan fiksi, mampu memberikan gambaran bagi para pembacanya. Yang bagus sih, kalau kita membaca, otak serasa memutar sebuah film. Setiap detilnya tergambar dengan jelas. Dan semua itu hanya bisa terwujud kalau riset yang dilakukan penulis tepat.

Buku ini dibuka dengan sebuah penjelasan singkat tentang pentingnya melakukan riset bagi seorang penulis. Tapi jangan dibayangkan ruwetnya. Ikuti saja yang ditulis oleh Mbak Ollie. Step by step, beliau sudah menuliskkannya dengan bahasa yang enak dan mengalir, mulai dari tahap persiapan hingga pengumpulan riset, bahkan sampai bagaimana menuliskannya.

Cakupan riset dalam penulisan fiksi sendiri tidak hanya mengenai lokasi, lokasi dan lokasi, melainkan juga karakter para tokohnya. Penulis dituntut mampu untuk membentuk karakter tokoh yang kuat dan menjadi pembeda. Kalau tokohnya orang Indonesia sih mungkin masih mudah, tapi bagaimana kalau karakternya orang luar, misalnya orang Perancis? Eits jangan khawatir itu juga dibahas loh rahasianya disini.

Layaknya buku How To, buku ini dilengkapi juga dengan link-link website ataupun tools yang siap pakai. Sehingga kita ngga perlu repot lagi mencarinya di internet. Ikuti dan gunakan saja untuk membantu kita. Dilengkapi pula dengan beberapa screen shot menarik.

Meskipun penekanannya di bidang penulisan fiksi, namun ada juga beberapa materi yang bisa kita manfaatkan rahasianya untuk penulisan non fiksi. Misalnya, bagaimana memaksimalkan Search Engine untuk membantu kita menggali informasi. Atau dimana tempat-tempat kita bisa mencari inspirasi di internet.

Sebagai contoh penerapan materi dari bab-bab sebelumnya, di akhir buku kita akan disajikan sebuah cerita pendek yang cukup menyentuh hati (menurut saya). Complete bukan!

Entah, karena enak dan begitu mengalirnya saya membaca, rasanya ngga bisa berhenti. Hingga buku ini saya habiskan dalam semalam. Oh ya, hampir lupa. Buku ini formatnya dalam bentuk PDF yang diterbitkan sendiri oleh KutuKutuBuku.com. Ada sekitar 80++ halaman seukuran A4. Untuk harga, saya intip ada diskon tuh di KutuKutuBuku.com.

Andai saja buku ini dipasarkan dengan affiliate marketing asik kali yah! Lumayan kan bisa dapet komisi affiliate seperti biasanya hehehe… Sayangnya tidak. Ini review saya sebagai ucapan terima kasih karena sudah diberi kesempatan menikmati buku “Inspirasi.Net” oleh Mbak Ollie.

Buat rekan-rekan yang mau mencoba membaca 2 Bab pertama dengan gratis, bisa langsung ke blognya Mbak Ollie. Atau kalau mau langsung beli di KutuKutuBuku.com juga bisa. Terserah lah gimana enaknya.

Semoga sekilas intermezo ini bermanfaat, khususnya untuk rekan-rekan yang ingin terjun di bidang penulisan fiksi. Buat yang menantikan artikel motivasi, bisnis, ataupun manajemen diri. Stay tune aja deh. Oke!

Salam Sukses,
arief maulana
space

Review Buku : Inspirasi.Net
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:                 

48 thoughts on “Review Buku : Inspirasi.Net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,556 bad guys.