Oleh : Arief Maulana

Cara Dahsyat Jadi Penulis Hebat
Cara Dahsyat Jadi Penulis Hebat

Akhirnya tuntas sudah saya selesai membaca buku “Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat” yang ditulis oleh Mas Jonru, founder Sekolah Menulis Online. Bagaimana rekan-rekan? Anda sudah memilikinya? Saya ucapkan selamat untuk yang sudah mengambil kesempatan diskon 60% Paket Promosi Pra-Ramadhan. Ini ada kebetulan promosi lagi, diskon 50%. Tapi seperti biasa, cara dan kode kuponnya hanya saya bagikan untuk rekan-rekan yang sudah join di dalam data subsciber saya.

Kesempatan kali ini saya ingin mereview sedikit buku “Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat”. Ya, biar Anda semua mendapatkan gambaran seperti apa isi buku ini.

Secara garis besar buku ini bisa dibagi menjadi 2 topik bahasan utama, bagian pertama tentang softskill dan bagian kedua tentang hardskill. Tentu keduanya masih berhubungan dengan dunia penulisan terlepas dari apa jenis tulisannya, fiksi ataukah non fiksi.

Pada bagian awal, dibahas mengenai pendefinisian ulang arti dari penulis. Kalau versi lama, “Penulis adalah orang yang sudah menerbitkan buku atau karyanya dimuat di media cetak.” Padahal jaman sudah berkembang dan definisi itu sudah tidak cocok lagi. Malah lewat buku ini saya mendapati pembagian 4 jenis penulis :

  • Penulis Profesional : orang yang mencari penghasilan dari kegiatan menulis.
  • Penulis Amatir : orang yang menjadikan kegiatan menulis sebagai hobi belaka.
  • Penulis Pemula : orang yang baru belajar menulis.
  • Penulis Senior : penulis yang sudah berpengalaman.

Jadi ketika Anda sudah mulai menggoreskan tinta ataupun mengetik sederet huruf di layar komputer dengan keyboard komputer untuk menuliskan sesuatu apapun itu, predikat penulis sudah bisa melekat pada diri Anda. Hanya yaitu, penulis kategori yang mana.

Di buku ini juga saya menangkap sebuah pesan tersirat bahwa untuk menjadi penulis hebat komponen softskill justru memegang peranan terpenting. Di dalamnya mencakup bagaimana kita mengelola mental, mindset, sikap, dsb sebagai seorang penulis.. Ini yang membedakan antara penulis yang sudah dan akan sukses, dengan penulis “coca cola” yang ngebuzz sebentar lalu hilang persis seperti soda minuman softdrink tersebut.

Karena akan sangat percuma kita punya skill penulisan yang bagus (hard skill), kalau kemudian naskah kita mengalami penolakan sekali lantas kita keok dan tidak berani lagi mengirimkannya. Atau contoh lain, kita mengerti berbagai aturan penulisan, tata bahasa dsb, tapi tidak pernah berani mempublikasikan tulisan meski hanya di sebuah blog. Takut dan malu karena menganggap ilmu belum cukup. Kalau di buku “Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat” ini dibahas tuntas pada bagian “Racun-racun yang Harus Kita Hilangkan” (bukan keong racun lho ya).

Baru setelah Anda membaca dan meresapi bagaimana membangun soft skill yang baik, bab-bab selanjutnya lebih ke arah teknis alias hard skill. Misalnya : kiat-kiat penulisan dan beberapa strategi (menembus media massa atau menerbitkan sebuah buku).

Salah satu yang saya sukai dari buku ini adalah, pengemasan dan penyajian materi yang sifatnya lepas namun saling berkaitan, sama halnya dengan beberapa buku pengembangan diri yang bersifat aplikasi seperti “Berpikir dan Berjiwa Besar”, “Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi Orang Lain”, “Skill With People”, dll.

Apa maksudnya? Kita bisa membaca materi manapun yang kita suka tanpa harus urut dari halaman pertama hingga halaman terakhir. Sewaktu-waktu kita butuh membaca buku itu kembali, cukup buka daftar isi dan lihat pada bagian mana yang kita butuhkan. Untuk membantu, Mas Jonru juga sudah memberikan saran bagaimana sebaiknya membaca buku ini. Dan uniknya justru saran yang diberikan tidak membaca buku berurut dari awal. Hehehe…

Di akhir buku ini, juga ada beberapa diskon yang bisa Anda manfaatkan untuk mengikuti program-program terkait yang bekerja sama dengan Mas Jonru. Seperti misalnya diskon Rp.500.000 untuk sebuah workshop E.D.A.N, dll.

Terakhir, kemarin saya sempat main-main di Gramedia. Buku “Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat” ini sudah tidak ada lagi. Jadi yang berminat untuk memesan via online baik versi cetak maupun versi e-booknya, bisa langsung ke cek informasinya ke http://ambil.info/bukupenulishebat atau klik saja banner di bawah ini.

Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat

Dan bagi yang sudah join sebagai subscriber saya, jangan lupa gunakan kode kupon yang saya berikan ekslusif untuk Anda via email agar bisa mendapatkan diskon 50%.

Semoga bermanfaat.

Salam Sukses,
arief maulana
space

Review Buku : Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

47 thoughts on “Review Buku : Cara Dahsyat Menjadi Penulis Hebat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,551 bad guys.