Review Asus X202E Vivobook (versi orang awam)

Review Asus X202E Vivobook

Oleh : Arief Maulana

Hampir dua minggu sudah, laptop lama saya Axioo Neon Series yang sudah berumur kurang lebih 7 tahun bermasalah. Awalnya hanya masalah software belaka. Mudah lah kalau itu. Tinggal reinstall saja dan semuanya akan kembali normal seperti biasanya sebagaimana yang biasa saya lakukan beberapa tahun terakhir. Namun, ternyata masalahnya bukan itu saja.

Namanya juga laptop tua, masalahnya tidak lagi sebatas software namun sudah merambah pada fisik laptop saya. Mulai dari USB Port yang susah sekali mendeteksi semua peralatan yang dihubungkan ke laptop (printer, flashdisk, external hard disk, scanner, dll). sampai dengan proses log on dan log off yang lama dan selalu berstatus update windows.

Mungkin karena laptop tua saya, sudah tidak kompatibel lagi dengan OS Windows 7 Profesional yang terinstall di dalamnya. Ibaratnya, meski mesinnya berusaha diganti baru, tetap saja kalau body sudah rongsokan tidak akan bisa melaju sebagaimana mestinya.

Ini tidak bisa dibiarkan. Lama-lama sangat terasa mengganggu pekerjaan saya. Saat butuh cepat, saya masih harus direpotkan perkara “barang tua” tentu sangat tidak produktif. Menunggu laptop baru jatah dari kantor pun masih belum jelas kapan datangnya. Akhirnya saya putuskan membeli laptop baru.

Review Asus X202E Vivobook
Review Asus X202E Vivobook

Awalnya, saya ingin membeli merk Hewlett Packard (HP) seperti milik istri saya. Ringan dan nyaman digunakan. Namun semua itu berubah, saat saya mencoba Asus X202E Vivobook. Apalagi istri juga membenarkan bahwa laptop ASUS cukup bandel digunakan dalam waktu yang lama dan tidak mudah panas. Dengan mengucap bismillah… akhirnya saya memilih laptop asus ini, dan ini dia review singkat saja, ala-ala pemula yang tidak terlalu membahas detil karena bukan anak IT.

Desain Asus X202E Vivobook

Dari sisi desain, saya suka dengan Asus X202E Vivobook karena mirip dengan Macbook. Elegan dan sebagian besar bodynya menggunakan bahan alumunium sehingga ringan dibawa kemana-mana. Beratnya pastinya sih saya tidak tahu. Tapi dibandingkan dengan laptop lama saya yang layarnya juga berukuran kurang lebih 11,6 inch dan kayanya berbahan plastik, Asus X202E Vivobook jauh lebih ringan. Iya lah, selain dari bahan alumunium laptopnya juga tipis banget. Kalau ditutup tebalnya kira-kira 2 cm saja.

Namun ada satu hal yang saya kurang suka. Bezel atau pinggiran layarnya terlalu tebal, kurang lebih 2 cm. Mengingat Asus X202E Vivobook menggunakan teknologi touch screen pada layarnya, mungkin lebih oke kalau bezelnya tipis saja. Ya kira-kira 0,5 cm lah.

Kalau baterenya, menurut saya sih awet dan tahan lama. Cuma desain baterenya tidak seperti laptop kebanyakan. Batere di Asus X202E Vivobook terpasang secara internal seperti Macbook. Tidak bisa dilepas pasang dan ganti seenaknya.

Keyboardnya juga nyaman dan empuk menurut saya. Istri saja yang pengguna HP dan ikut mencoba¬†Asus X202E Vivobook jadi ingin tukar laptop dengan saya. Hahaha… *senyum penuh kemenangan*

Review Asus X202E Vivobook
ini dia Asus X202E Vivobook saya

Processor dan System Asus X202E Vivobook

Asus X202E Vivobook yang saya gunakan menggunakan processor Intel Core I3 (1,8 GHz). Kecepatannya memproses data cukup cepat menurut saya yang sebelumnya hanya pengguna Intel Core 2 Duo. Disamping itu, saya paling suka fitur instan on yang mana hanya membutuhkan maksimal 2 detik saja untuk siap digunakan.

Asus X202E Vivobook juga langsung dilengkapi OS Windows 8. Ya, masa sudah keren-keren touch screen, eh Windowsnya masih pake WIndows 98. Mungkin karena saya yang katrok dan tidak mengikuti perkembangan zaman, jadi pas waktu beli laptop ini saya tanya ke mas penjualnya, “Mas, CD Installer Windows 8-nya ada, kan? Terus CD driver untuk hardware laptopnya mana?” Terang saja mas penjualnya tertawa dan mengatakan kalau semuanya sudah ada di dalam laptop ini.

Btw, sejak pagi tadi hingga malam ini saya menulis di blog, Asus X202E Vivobook saya tidak dimatikan sama sekali. On terus. Saya cuma ingin membuktikan kata-kata istri saya, bahwa pemakaian jangka panjang laptop ASUS yang berprosesor Intel tidak cepat panas. Ternyata benar adanya. Ini saya pegang, tidak panas. Masih tetap dingin. Cocok lah kalau untuk kerja lemburan bikin laporan di rumah… #eh #digetokbojo :))

Harga Asus X202E Vivobook

Dari segi harga, laptop Asus X202E Vivobook ini kemarin saya beli seharga Rp.5,6 juta. Saya belinya di Batam sih. Entah jatuhnya lebih murah dari di Jawa atau sama saja. Yang jelas saya tawar dari penjualnya yang semula menjual harga Rp.5,9 juta. Dan setelah muter-muter di Nagoya Hill mencari laptop yang sama-sama menggunakan OS Windows 8, saya kira Asus X202E Vivobook ini paling murah dan worth it lah.

Tidak cuma itu, entah memang bawaan dari Asus X202E Vivobook atau bonus dari penjualnya, yang jelas saya dapat bonus external DVD Room yang merknya juga Asus. Dan bonus lain dari penjualnya berupa : cooling pad, mouse optic, mouse pad, tas laptop, dan keyboard guard screen (banyak juga ternyata).

Technical Detail Asus X202E Vivobook

Buat anak-anak IT yang mencari tahu detil teknisnya, ini saya lampirkan detil teknis dari Asus X202E Vivobook.

Data Teknis Asus X202E Vivobook
Data Teknis Asus X202E Vivobook

Kesimpulan dari saya adalah… alhamdulillah saya tidak salah beli laptop. Dan semoga Asus X202E Vivobook awet sampe 10 tahun ke depan hahaha… Ya maklum lah. Saya bukan tipikal yang suka gonta ganti gadget kalau tidak benar-benar rusak. Dan buat teman-teman yang sedang mencari laptop baru, Asus X202E Vivobook cukup worth it kok untuk dimiliki.

Sekian review ala kadarnya dari saya.

  1. indah angelica says:

    saya mau nanya, kalo sekarang di batam seri laptop ini masih adakah? soalnya sekarang di jawa dan sumatra sudah tidak produksi, saya disarankan beli diBatam, mohon infonya, makasih banyak :)

  2. Gini mas laptop q persis kaya gini
    Tp skrg q lg kebingungan ini, tiba” layar laptopmx gerak sendiri kaya ada titik d layar nx.
    gara” touch screen pada gerak semua cursor nx.
    Kira” itu kenapa yah ??

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 472,229 bad guys.