Oleh : Arief Maulana

Kerendahan Hati, Kunci Belajar Dari Sekolah Kehidupan
Kerendahan Hati

Seperti biasa, sebelum melakukan rutinitas “Sunday Reflection” untuk menyambut Senin dengan penuh semangat, saya menyempatkan diri untuk menonton tayangan Mario Teguh Golden Ways. Salah satu tayangan favorit yang cukup membantu untuk tetap berada di dalam kerangka berpikir dan bertindak positif serta memompa motivasi dalam mengejar impian demi impian yang ada dream book saya.

Agak telat sebenarnya karena 30 menit sebelumnya saya habiskan untuk keluar makan malam bersama teman-teman 1 kontrakan. Tapi daripada tidak sama sekali. Toh, masih ada hal-hal positif yang saya dapatkan. Di sela-sela menonton MTGW, saya juga membuka twitter. Apa yang bisa saya sharing ya saya tweet. Sedikit berbagi dengan follower yang mungkin ingin menonton tapi tidak bisa karena suatu hal.

Bukan twitter namanya kalau yang suka nyinyir sedikit. Beberapa orang di list following saya pun seketika nyinyir dengan menyindir Mario Teguh yang arahnya merendahkan beliau. Ingin membalas mereka, tapi saya urungkan. Biarlah, masing-masing orang punya jalan pemikiran masing-masing. Daripada repot mikirin orang lain, lebih baik fokus pada diri sendiri dan mengukur seberapa sukses kita saat ini.

Satu yang agak lucu adalah mereka yang suka nyinyir dengan sosok motivator (siapapun itu) bila dibandingkan kehidupannya dengan si motivator ternyata tidak lebih sukses juga. Dalam hal ini saya menggunakan tolok ukur sukses dalam 5 aspek : Intelligence Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), Financial Quotient (FQ) dan Spritual Quotient (SQ).

Artinya apa? Mestinya kita sedikit ngaca dan introspeksi. Apakah kita memang sudah merasa lebih baik daripada orang lain yang kita nyinyirin? Kan tidak lucu juga kita merendahkan orang lain tapi kehidupan kita yang sebenarnya jauh lebih rendah kualitasnya dari mereka.

Mario Teguh Golden Ways
Mario Teguh Golden Ways

Motivator memang sama manusianya dengan kita. Yang sempurna memang hanya Tuhan. Tapi ketika memang mereka bisa membuktikan apa yang diucapkan dengan kualitas kehidupan yang mereka miliki, apa masih mau menutup mata dan enggan untuk belajar? Tidak sayang kah, melewatkan ilmu-ilmu yang sering mereka bagi lewat pengalaman hidupnya? Masih mau berlagak sombong dan lebih hebat dari mereka?

Rendah Hati Adalah Kuncinya

Ketika kita mengambil sikap tidak rendah hati alias sombong, maka sama artinya dengan kita menutup mata dan pikiran jernih. Akibatnya kita tidak bisa lagi melihat sisi-sisi positif dari seseorang. Yang ada hanya selubung rasa tidak senang. Ini sungguh sangat disayangkan.

Ingat, kehidupan adalah sekolah yang luar biasa. Semua orang bisa kita jadikan guru, baik itu yang levelnya di atas kita, yang sejajar, ataupun mereka yang levelnya di bawah kita. Syarat utama untuk bisa belajar dari para guru kehidupan adalah kerendahan hati. Turunkan sejenak ego Anda dan bersikaplah terbuka serta bersahabat. Cukup ambil hal-hal positif yang dirasa perlu. Tidak semua hal perlu kita serap. Sesuaikan dengan nilai-nilai diri yang kita miliki.

Siapapun orangnya, cobalah untuk tidak merasa lebih tinggi daripada dia. Belajarlah dari orang-orang besar yang sepenuhnya menerapkan ilmu padi. Makin berisi, makin merunduk. Merendahkan hati dan mau belajar dari siapapun, itu juga salah satu kunci sukses.

Kesombongan yang mutlak hanyalah milik Tuhan Yang Maha Sempurna. Kita mau nyombongin apaan sih? Kalau tiba-tiba semua nikmat yang kita rasakan sampai detik ini juga dicabut sama Tuhan? Masih bisa sombong?

KETERANGAN : “Nyinyir adalah memberikan perintah / wanti-wanti secara berulang yang seharusnya tidak diulang pun si penerima sudah mengerti. Namun di twitter, nyinyir mengalami penurunan makna menjadi sindiran merendahkan.” – @acidive

Rendah Hati, Kunci Belajar Dari Sekolah Kehidupan
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

36 thoughts on “Rendah Hati, Kunci Belajar Dari Sekolah Kehidupan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,417 bad guys.