Oleh : Arief Maulana

affiliate marketingHalo, masih mengikuti artikel serial ini? Good. Kalau belum bisa baca di 2 artikel sebelumnya, yaitu : “Alhamdulillah Menang Kontes Affiliate Marketing 2009” dan “Rahasia Menang Kontes Affiliate Marketing Dini Shanti”. Yang rajin ngikuti, ini ada 3 poin terakhir yang mau sedikit saya bahas. Dan ini adalah artikel seri terakhir yang membahas point-point penunjang volume penjualan saya.

Saya review dulu sedikit point-point sebelumnya :

  1. Goal dan alasan yang kuat
  2. Belajar dari yang terbaik
  3. Berikan review terbaik Anda
  4. List building power
  5. Membangung kepercayaan
  6. Berikan nilai plus

Dan 3 point terakhir silahkan dibaca di bawah ini.

|

7. IKLAN, BOLEH JUGA?

Tidak bisa dipungkiri, iklan juga memegang peranan penting dalam meningkatkan volume penjualan. Seperti yang rekan-rekan ketahui bahwa ada beberapa metode beriklan mulai dari iklan PPC, iklan baris gratis, tools submit ratusan iklan baris, dll. Kebetulan pada saat kompetisi kemarin, metode iklan yang saya gunakan iklan melalui email autoresponder.

Coba rekan-rekan ingat. Iklan pertama ada pada email broadcast yang saya kirimkan untuk memberitahukan bahwa ada artikel baru di AriefMaulana.com, yang mana sebenarnya adalah review produk Mbak Dini Shanti + pemberitahuan kontes affiliate marketing.

Iklan kedua saya lagi-lagi ada di email broadcast saat saya memberitahukan ada artikel baru, meskipun artikelnya tidak berhubungan dengan kontes ataupun produk Mbak Dini Shanti. Iklan saya taruh di bagian awal email dalam bentuk reminder, mengingat masa promosi produk Mbak Dini kan Cuma 2 minggu aja.

Iklan terakhir seharusnya saya kirimkan pada H-1 batas akhir habisnya masa promosi, yakni hari Sabtu. Cuma saja sayangnya waktu itu kesibukan ngga bisa ditolerir sehingga iklan terakhir gagal dikirimkan. Untungnya kok, masa promosi ditambah 1 hari lagi sama Mbak Dini. So, ngga pake lama saya kirim iklan terakhir sebagai momentum akhir untuk mendesak dan mempengaruhi emosi calon pembeli.

Jadi untuk iklan, masih tetep bergantung pada list building sebagaimana point no.4 di artikel sebelumnya. Dan kunci utama dari list building adalah autoresponder, makanya yang belum punya pake aja dah. Banyak untungnya kok.

|

8. MEMAINKAN EMOSI CALON PEMBELI

Entah dimana, saya pernah membaca di sebuah buku bahwa saat ini ada pergesaran dalam dunia marketing. Dulu, para pembeli benar-benar membeli karena butuh. Logika betul-betul dimainkan. Tidak seperti sekarang, yang mana emosi lebih dominan mempengaruhi seseorang dalam proses pembelian satu produk. Kebetulan, teman saya Mashengky sudah pernah menuliskannya dalam sebuah artikel “Apakah Anda Membeli Dengan Emosi Atau Logika?”

Oleh karena itu, salah satu kuncinya adalah dengan memainkan emosi para calon pembeli sehingga pada akhirnya mereka memutuskan untuk membeli produk yang kita pasarkan. Lantas bagaimana saya melakukannya?

Anda coba perhatikan point sebelumnya. Di detik-detik terakhir (hari terakhir sebelum masa promosi habis maksudnya), saya masih saja mengirimkan email iklan. Dan justru disana adalah momentumnya. Saya berusaha menciptakan satu keterdesakan waktu sehingga pada akhirnya berujung pada dominasi emosi ketimbang logika. Dan ujung-ujungnya deal, pembelian pun terjadi.

But, saya yakin kok meski demikian, para member yang membeli produk Mbak Dini tidak menyesal. Isinya memang bagus dan pas sekali untuk pemula yang mau belajar, entah itu belajar bisnis affiliate marketing, belajar bikin web dengan wordpress ataupun belajar html.

|

9. JANGAN PERNAH LUPAKAN… TUHAN

Inilah faktor X yang mau tidak mau akan menentukan apakah rekan-rekan nantinya akan berhasil atau tidak. Yang saya syukuri adalah, kontes justru berlangsung di Bulan Ramadhan yang notabene doa pada dikabulkan. Ya tidak saya sia-siakan kesempatan tersebut.

Dalam setiap ibadah saya masukkan doa supaya diberi kemenangan dalam kontes tersebut, karena memang ada kebutuhan besar menghadang di belakangnya. Saya ingat saja pesan ibu dan nenek,

“Berdoalah pada Allah. Minta apa yang kamu mau. Justru kalau ngga minta, kita dianggap sombong karena seakan-akan ngga butuh Dia. Jangan malu-malu kalau berdoa, detilkan saja permohonanmu. Ngga usah maksa doa pake bahasa Arab, bahasa Indonesia aja. Toh Allah Maha Tahu.”

Kebanyakan kita kan kalau berdoa sukanya yang general-general aja. Minta selamat dunia akhirat, betul? Tapi pernah ngga doa yang mendetail ingin A, B, C, dst. Tentunya juga harus dibarengi dengan keyakinan dan positif thinking kepada Allah plus usaha. Kalau kita berdoa tapi ngga yakin, sama aja kita meragukan kemampuanNya. Di “The Secret” juga diajarkan gitu toh, kalau udah ingin sesuatu kudu yakin sampai terwujud.

Bila memang tidak terwujud juga, ingatlah bahwa yang ada di dunia ini hanyalah rencana yang sempurna. Mungkin di mata kita kelihatannya itu baik, tapi tidak dimata Allah. Jadi ikhlaskan saja Dia menghapus apa yang menjadi harapan kita dan menggantinya dengan yang lebih baik.

Oke, saya kira itu saja. Semoga semua 9 point yang saya sharingkan kepada Anda bisa bermanfaat dalam menambah wawasan tentang dunia affiliate marketing. Mohon maaf jika ada salah.

Salam Sukses,
Photobucket
space

Rahasia Menang Kontes Affiliate Marketing Dini Shanti (terakhir)
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

61 thoughts on “Rahasia Menang Kontes Affiliate Marketing Dini Shanti (terakhir)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,422 bad guys.