Rahasia Bisnis Rasulullah (4)

Oleh : Arief Maulana

Setelah beberapa waktu, saatnya melanjutkan sharing kunci sukses bisnis Rasulullah. Karena ini adalah artikel lanjutan, bagi yang belum pernah baca / baru baca sekarang, silahkan baca juga Rahasia Bisnis Rasulullah (1), Rahasia Bisnis Rasulullah (2), dan Rahasia Bisnis Rasulullah (3). Yang jelas sebelumnya saya sudah membagikan 8 rahasia. Kali ini saya akan share lagi 3 rahasia.

3 rahasia yang akan kita kupas berikutnya antara lain :

  • Mengutamakan Sinergisme
  • Berbisnis Dengan Cinta
  • Pandai Bersyukur dan Berucap Terima Kasih

space

# MENGUTAMAKAN SINERGISME

Pada dasarnya manusia diciptakan oleh Allah sebagai makhluk sosial, dengan kata lain untuk bisa hidup kita dituntut harus bekerja sama satu sama lainnya. Belajar dari sana, ternyata bisnis juga seperti itu. Tidak semua hal bisa kita pegang sendiri.

Itulah mengapa para pebisnis umumnya selalu mencari celah untuk bisa bersinergi dengan pebisnis lainnya. Karena mereka sadar, tidak ada yang sempurna di dunia ini. Dengan bersinergi maka ada satu usaha untuk saling menutup kekurangan yang ada dan menyatukan kekuatan menjadi yang terbaik diantara yang lain. Memperingan pekerjaan, namun memaksimalkan produktivitas bisnis. 

Dan ngomong-ngomong, dengan sinergi kita bisa melejitkan karir bisnis kita. Dengan sinergi kita bisa memperkokoh bisnis kita. Ini juga yang saat ini sedang saya lakukan dengan beberapa pebisnis senior lainnya. Untuk Profesional Media, saya sinergi dengan Adi Wardana founder BisnisClickbank.com.

Contoh sinergi yang dilakukan Rasulllah adalah pada awal ketika beliau membangun bisnisnya. Rasulullah memiliki kemampuan marketing dan manajemen bisnis yang luar biasa. Disisi lain, beliau tidak punya modal awal yang cukup untuk memulai bisnis. Akhirnya beliau pun bersinergi dengan para pemodal bisnis. Dan kedua belah pihak pun mendapatkan keuntungan. Para pemodal mendapatkan untung dari pembagian dividen, Rasulullah sendiri mendapatkan untung dari operasional bisnis yang memang profit + bisa mengumpulkan modal untuk membangun bisnisnya sendiri.

space

# BERBISNIS DENGAN CINTA

Dalam artikel terdahulu saya pernah menuliskan “Rahasia Terdalam Untuk Sukses” (silahkan dibaca), sebagai hasil review atas seminar visi dan motivasi yang pernah saya ikuti. Ternyata setelah saya menemukan buku 12 Rahasia Bisnis Rasulullah, ada klop dengan satu poin yakni poin berbisnis dengan cinta.

Cinta memang sebuah power yang luar biasa. Karena cinta seseorang rela melakukan apa saja. Termasuk juga bisnis. Ketika Anda mencintai apa yang Anda lakukan (bisnis apapun itu), maka biasanya hasilnya akan sangat berbeda dengan mereka yang melakukan sesuatu dengan keterpaksaan tanpa ada cinta di dalamnya. Memang hasilnya masih ada, tapi tidak akan maksimal.

Lihatlah Iwan Fals, W.S.Rendra, Habiburrahman El Shirazy, Bill Gates, Ford, dll, yang merupakan gambaran orang-orang yang sukses menjalani bisnis dengan cinta. Kecintaan mereka atas pekerjaannya itu membuat mereka terus bersemangat meski pada saat-saat yang sulit. Kecintaan mereka itu pula lah yang membuat mereka sukses luar biasa, karena rasa cinta membangkitkan energi besar dalam diri mereka.

Pada diri Rasulullah sendiri kita sudah mengenalnya sebagai pribadi yang penuh rasa cinta dan kasih sayang. Ia tak pernah menyakiti orang lain, bahkan terhadap orang yang membencinya sekalipun. Beliau senantiasa bertindak lemah lembut dan penuh kecintaan.

Dalam bisnisnya beliau selalu ramah dan piawai memberikan perhatian yang tulus, baik itu pada pelanggannya maupun pada relasi bisnisnya. Akhirnya pelanggannya menjadi loyal dan terus melakukan repeat order. Pelanggan baru pun banyak berdatangan sebagai efek dari getok tular marketing. Adapun dengan relasi bisnisnya, mereka semua menjadi respek kepada Rasulullah dan tidak segan-segan memberikan bantuan ataupun mengadakan sinergis bisnis demi kebaikan semua.

space

# PANDAI BERSYUKUR

Di Al-Qur’an Allah sudah berjanji kepada kita, barang siapa yang mensyukuri setiap nikmat yang ada pada diri manusia, maka Allah akan menambahkan kenikmatan baginya. Dan sebaliknya, barang siapa yang kufur nikmat, tunggu saja adzab yang menanti!

Banyak orang seringkali merasa hidupnya selalu kurang, padahal jika dia mau jeli, sesungguhnya banyak hal yang mesti dia syukuri. Dan ketika kita menjadi pandai bersyukur ditunggu saja miracle-miracle datang. Ngga percaya? Lha wong saya aja mengalami kok dan pernah saya tuliskan di artikel singkat “Murah Hatinya Allah Pada Arief“. Coba cari dan baca juga buku The Secret dan Quantum Ikhlas yang banyak membahas soal Hukum Daya Tarik.

Wujud syukur itu sendiri bisa juga berupa menyisihkan sebagian hasil yang kita dapatkan dari bisnis untuk mereka, saudara-saudara kita yang benar-benar membutuhkan. Ketika Anda benar-benar ikhlas bershodaqoh, maka Allah akan memberikan kita lebih banyak lagi dari apa yang kita shodaqohkan.

Memang jika dipikir secara logika ngga masuk. Kita berpikir 10-1 = 9. Namun tidak demikian matematika Allah. Bisa jadi 10-1 = 19. Kok bisa? Hey, itu janji Allah di Al-Qur’an. Masa Allah ingkar janji. Tapi dengan satu syarat. Anda ikhlas. Biar lebih mantap, silahkan cari buku “The Miracle of Giving” karangan Ust. Yusuf Mansur.

Kalau saya menganggapnya sangat masuk akal. Ketika kita menshodaqohkan sebagian harta pada mereka yang membutuhkan, maka biasanya orang-orang yang kita bantu akan mendoakan kita. Ingat, doa orang miskin itu mudah sekali dikabulkan oleh Allah. Makin sering Anda shodaqoh sebagai wujud syukur, makin sering didoakan dan doa diterima, makin sukses Anda.

Bicara soal syukur, Rasulullah lah masternya. Beliau jarang mengeluh dan senantiasa mensyukuri apa yang dimilikinya. Dan beliau juga senang berbagi kepada saudara-saudaranya yang membutuhkan sebagai salah satu wujud syukurnya. Meski sukses, beliau tetap memilih hidup sederhana (low profile) agar tidak ada kesenjangan yang terlalu jauh antara dirinya dan mereka yang hidup susah. Sekali lagi inget, makin kita bersyukur makin dahsyat bisnis kita.

Oke, total hingga saat ini udah 11 rahasia bisnis rasulullah yang kita sharingkan. Masih tersisa satu rahasia lagi. Saya akan sharingkan di kesempatan berikutnya. Sengaja saya pisahkan karena yang terakhir ini sangat penting dan menyangkut satu falsafah hidup yang mendalam, bahkan bisa dibilang menjadi tujuan hidup kita kedua setelah hidup untuk beribadah (tujuan hidup utama). Jangan lewatkan.

Salam Sukses,
Photobucket
space

65 Responses to Rahasia Bisnis Rasulullah (4)

  • Fadly Muin says:

    Bombastis!!

    Saya interest dengan poin ikhlas. apalagi setelah membaca buku quantum ikhlas karangan Erbe Sentanu. benar-benar menggugah. semoga saja semua itu memberikan pelajaran yang berarti bagi perkembangan HATI kita kedepan

    Salam Hangat

    Luthfi Fuadi Majid Reply:

    @Fadly Muin,..
    Amina pak saya sepakat dengan anda..

    Salam kenal ya

    Luthfi Fuadi Majid
    Blog | Affiliate Marketing Info

    Fadly Muin Reply:

    @Luthfi Fuadi Majid, sama2 Pak :sip:

    arief maulana Reply:

    @Fadly Muin, betul mas. Setelah membaca buku Quantum Ikhlas karangan erbe sentanu, mulai banyak perubahan yg saya rasakan.

    Pastinya setelah mempraktekkan dan mendengarkan CD Brainmaticsnya :matabelo:

  • alie says:

    memang benar mas Arief jika kita pandai bersyukur InsyaAllah nikmat tak terduga yang lebih besar akan datang, sukses

  • Sistem Bisnis - Umar Hadi says:

    Bisnis apapun jika dilandasi dengan syukur dan ikhlas akan menjadi lebih mudah

    Winarno Reply:

    @Sistem Bisnis – Umar Hadi, ia mas apalagi di tambah dengan semangat dan usaha yg tekun insyaAllah tambah dimudahkan..

  • alhejawi says:

    Yap, memang seharusnya seperti itu. Jika begitu kan nantinya rizki yang kita peroleh akan barokah… :sip:

    arief maulana Reply:

    @alhejawi, betul mas… buat apa banyak sumber income kalau semuanya tidak halal. Selain tidak membawa ketenangan, itu sama saja dengan kita memesan tiket ke neraka. :wooo:

  • mamas86 says:

    Pokoknya, seberapapun rizki yang kita peroleh, kita harus tetap bersyukur…. :diem:

  • Kontes SEO Aristia Wida Rukmi says:

    Betul mas…saya sreg banget dengan poin no.2 BISNIS DENGAN CINTA. Ya…gampangannya, kalo kita mau membangun rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan warrahmah tentu harus dengan cinta yang suci. Hal ini pun sama dengan kita memperlakukan bisnis kita, jika tanpa diserta dengan kecintaan kita yang tulus untuk bisnis yang kita jalani maka seperti kita berusaha menelan sebuah batu. Sekecil apapun batu tersebut, pasti sulit ditelan karena secara akal sehat kita tidak menyukainya bahkan termasuk nyeleneh kalo ada yang makan batu…ha..ha..:hehe:

    Mantap Mas..!

    arief maulana Reply:

    @Kontes SEO Aristia Wida Rukmi, :lempar:

  • Mantap untuk pecerahan.

    Thanks atas masukannya pada blog anak jagung saya. he2x…

    salam sukses slalu

    arief maulana Reply:

    @Manshur Mashuri, yg ada blog anak manusia mas… hahaha :hihi:

  • zams says:

    Bisnis apapun yang dilandasi dengan cinta dan kasih sayang, Insya Allah hasilnya akan positif karena tanpa cinta maka sulit untuk mengatasi masalah yang selalu dan pasti menghampiri.. inspiring post mas Arief..

  • imam meqels says:

    Dalam kehidupan kita sebagai manusia memang sangat di perlukan satu sikap keihklasan dalam menjalani apa yang telah di gariskan oleh TUHAN,semua sudah sangat jelas dicontohkan oleh baginda Nabi kita MUHAMMAD SAW,dan patut kita teladani bersama,agar kita selalu mendapat ridho dan barakahNYA,amin.salam

  • imam meqels says:

    Juga kita sebagi manusia harus tetep pandai bersyukur sebagaimana yang selalu di sabdakan NABI kita MUHAMMAD SAW,dalm segala hal dalam kehidupan kita agar kita selalu bisa mawas diri dalm menyikapi segala cobaan yang di berikan,dalam bisnis juga itu dibutuhkan agar segala yang terjadi bisa dimaklumi,dan tak lupa diri karna nya,salam

  • Budi Warsana says:

    Melaksanakan pekerjaan dengan gembira saja sudah merupakan langkah awal yang baik apalagi bersinergi dengan cinta tentunya akan lebih luar biasa. Satu rahasia yang sering kita lewati dan abaikan adalah bersyukur dan berterimakasih yang selalu membuat hidup menjadi garing dan kurang bermakna. Terimakasih Cak Arief yang mengingatkan sy pribadi perlunya belajar bersyukur, Salam & semoga sehat selalu..

    arief maulana Reply:

    @Budi Warsana, masih sama-sama perlu belajar kok mas. Makanya diposting biar termotivasi untuk melakukannya juga.

  • imam meqels says:

    Tulisan yang sangat meyejukkan kita semua ,karna dengan membaca tulisan diatas kita mendapat banyak sekali renungan yang bisa kita jadikan satu refrensi dalam menjalani kehidupan kita ke depan,dan kita semua harus sadar atas apa yang terjadi adalah satu takdir yang telah di gariskan dan atas kehendakNYA,salam

  • imam meqels says:

    Dalam kita menjalani kehidupan haruslah dengan penuh ketulusan agar hidup yang telah berat dengan segala himpitan bisa terasa indah dan meyenangkan,salam

  • sunar says:

    Barangsiapa bersyukur maka akan 4JJ1 tambahkan kenikmatannya, tetapi barang siapa yang kufur/mengingkari kenikmatan 4JJ1 sesungguhnya adzab 4JJ1 amat pedih.

    So bersyukurlah maka kasih sayang dan nikmat-Nya akan senantiasa menyertai kita.

    SALAM ACTION and SUXES SLALU.

  • zilla says:

    mantap mas infonya….

    arief maulana Reply:

    @zilla, tengs… :hiks:

  • Winarno says:

    Ya, Mas Arief bersyukur adalah kunci pembuka rizki, seberapapun rizki yg kita dapat selalu bersyukur,karena itu adalah pemberian dari Allah SWT.
    Saya tunggu peluncuran terakhir…

    arief maulana Reply:

    @Winarno, ehm… mungkin episode terakhir setelah 1-2 artikel berikutnya. Sabar ya mas… Masuk daftar antrian neeh. hahaha…

    Winarno Reply:

    @arief maulana, Ya udh, tak mantepin belajarnya seri 1,2,3 :nangis::ngintip:

  • rudy azhar says:

    Mas, entar kalau udah siap sequel Bisnis Rasulullahnya tolong dibuat ebooknya ya ? and dibagikan gratis gitu loh..
    Biar enak bacanya he..he..he..:hore:

    arief maulana Reply:

    @rudy azhar, wah sori. Kalo itu ngga bisa mas. Ini soale ada bukunya.

    12 Rahasia Bisnis Rasulullah, karangan Prof. Laode Komaruddin. Mending cari langsung di Gramed aja. Lengkap tuh, ada ayat2 qurannya juga!

  • Adi F. Paputungan says:

    Sangat inspiratif! Great post Mas Arief. Bersyukur adalah praktek yg paling simple & paling tepat dalam menerapkan Law of Vacuum. Sehingga kita bisa menarik hal yg positif lebih banyak lagi. Thks mas Arief.

    arief maulana Reply:

    @Adi F. Paputungan, yup. Tapi sayangnya mudah diucapkan sulit dipraktekkan mas. Tul ngga? :hihi:

    Adi F. Paputungan Reply:

    @arief maulana, Betul sekali mas. Kalau setiap teori yg ada gampang dipraktekkan oleh semua orang, tidak ada orang susah di dunia ini :hihi:

  • Does Ichtiah CP says:

    Betul Mas, Tunggu rahasia berikutnya…Karena kalau ditulis sekarang bisa berlembar-lembar…he..he BTW, sekali lagi thanks concernnya yach…Tapi themes yang dikirim gak bisa diupload..Gak apa-apa,buat koleksi aja
    BTW lagi, begitu lihat foto ustad Yusuf mansyur jadi tertegun, karena minggu lalu aq habis ikut seminarnya dengan tema “menjemput rejeki dalam 21 hari dengan shodakoh”…Luar biasa memang…

    arief maulana Reply:

    @Does Ichtiah CP, masa sih mbak.Coba upload ke email terus kirim ke tim support hostingnya. Minta tolong mereka uploadkan ke WP nya!

  • Does Ichtiah CP says:

    Nambah lagi ; kalau matematika biasa 10-10=0, tapi kalau matematika shodakoh 10-10=100…Betul kan Mas??

    arief maulana Reply:

    @Does Ichtiah CP, betul mbak. But, ngga ada yg bener2 tahu matematika Allah. Yg pasti biasanya makin deket sama Dia, makin aneh perhitungannya.

    Makin sering berbagi makin banyak masukknya!

  • wellsen says:

    Kerjasama akan meningkatkan kekuatan kita..
    Berbisnis dengan cinta akan membuat kita bekerja dengan bahagia tanpa merasa terbeban..
    Bersyukur akan membuat hidup menjadi lebih indah..

    Nice :sip:

    arief maulana Reply:

    @wellsen, rangkuman yg bagus! :sikut:

  • habibie reza says:

    Matematika Allah bisa juga 10-1=1, atau 10-9=9.
    Misalkan kita punya $10 kita shodaqohkan $9, berapa harta yang kita punya? Jawabnya = $9, karena $9 yang kita belanjakan di jalan Allah itu yang menjadi harta yang akan menemani kita di akhirat nanti, :nyembah:

    arief maulana Reply:

    @habibie reza, wah mantap… ternyata yg kenal konsep matematika Allah banyak juga. Sip! :sip:

  • Ricky says:

    Ditunggu-tunggu akhirnya diterbitkan juga lanjutannya mas :sip:

    Entah kenapa ya, saya selalu suka ketika membaca artikel motivasi yang mengingatkan kita untuk selalu bersyukur..Benar adanya mengenai rumus diatas mas, tidak ada yang tahu pasti bagaimana rumus shadaqoh itu bekerja, tapi yang bisa kita yakini bahwa rumus itu ada.
    salam sukses

    Ricky
    Businessman

    Ricky Reply:

    @ealah, dicari-cari mau isi buku tamu ga taunya udah ilang ya mas..hehe..ya udah amplopnya ta masukin disini aja ya, ada suguhan baru dibilik saya tuh mas. sukses

    arief maulana Reply:

    @Ricky, sengaja diacabut mas. Soale lebih sering negatif isinya. Ngerusak kekondusifan aura positif di blog ini. :ngupil:

  • Elsa S says:

    Wah, luar biasa artikelnya!

    Saya pernah cari buku tentang rahasia Bisnis Nabi Muhammad, tapi kok pas saya baca isinya sejarah bangsa Arab, mesir kuno, dll. Jadinya ga jadi deh….hehehe..nggak to the point gitu lho :hihi:

    Oh ya, saya suka sekali dengan konsep sodhaqoh. Menurut khotbah ustadz yang pernah saya dengar, harta kita itu sebenarnya harta yang sudah kita shodaqohkan. Sedang harta yang kita simpan di dompet/rekening bank bukan harta kita sebenarnya, karena tidak dibawa mati.

    Hukum daya tarik juga sangat berhubungan dengan konsep bersyukur, karena itulah saya juga memasukkannya dalam salah satu point eBook saya :sip:

    Salam Sukses!

    Elsa

    arief maulana Reply:

    @Elsa S, tadinya aku juga seperti itu mbak. Nemunya malah sejarah2. Sampai ketemu yg karangannya Prof Laode itu. Nah itu baru bener to the point bahas 12 rahasia bisnis rasulullah.

    Mantaps :sip:

  • munawar am says:

    Islam terasa lebih Indah dalam uraian perspektif bisnis; terutama menyangkut motivasi yang hadir dalam hati

    arief maulana Reply:

    @munawar am, karena sesungguhnya Islam adalah pembawa kedamaian, bukan begitu? :uhuk:

  • Kahono says:

    Cinta memang energi yang sangat dahsyat.. begitu indah bila bisnisman kita punya sifat dan watak seperti ini.. dengan rejeki halal barokah tentu akan terbentuk masyarakat yg damai.. amin

    Mantep baget Mas..

    arief maulana Reply:

    @Kahono, betul mas… tidak saling sikut satu sama lain dan bersaing secara sehat tentunya. :licik:

  • sari says:

    tidak akan saya lewatkan lanjutan yang berikutnya mas(INSYAALLAH).benar sekali mas,kerjaan apapun jika kita landasi dengan cinta maka akan ada keikhlasan disana.bersyukur tidak saja ketika kita mendapat rezeki/bahagia tapi dikala sakit/dapat musibah pun kita harus tetap bersyukur kepada-Nya(hasbiallah wa nimal wakil)soal memberi,Allah menjajikan untuk kita yaitu jika memberi satu maka akan dibalas sepuluh,bayangkan kalo kita bisa memberi lebih(tapi tentunya ngga usah di ingat2 kan mas,hehe..)karena Allah paling cepat hitungannya.
    sukses n thanks.

    arief maulana Reply:

    @sari, terima kasih mbak. :love:

  • Agung Jatnika says:

    Saya senang sekali dengan penguraian point “PANDAI BERSYUKUR”, semoga kita selalu menjadi orang2 yang pandai bersyukur…Amiin.
    Luar biasa artikelnya nih mas Arief…thanks..:sip::sip::sip:

    arief maulana Reply:

    @Agung Jatnika, terima kasih Mas Agung…

  • David says:

    Apapun pekerjaan kita, asalkan kita melakukan yang terbaik maka kita akan merasakan hidup dengan damai&sejahtera.

    arief maulana Reply:

    @David, do the best, dan allah akan memberikan balasan yang terbaik pula untuk kita. :sip:

  • Keren. Semoga saya bisa seperti itu, aminn.. bener2 penuh motivasi disini. :sip:

    arief maulana Reply:

    @Maulana Malik, bisa kalau kita mau dan berusaha. Amin… semoga aura positif disini bisa tetap terjaga. :sip:

  • M. Ansori says:

    Kalo ketiga elemen di atas digabung dan dijalankan secara istiqomah, akan mendatangkan kesuksesan lahir dan batin, serta dunia dan akhirat.

  • wiwinds says:

    dengan bekerjasama, adanya rasa cinta dan pandai bersyukur…suksess akan bisa diraih mas arif…dan nikmat akan ditambah Allah dengan jalan yang tiada disangka2…insya Allah…
    sukseess mas arif

    salam

    arief maulana Reply:

    @wiwinds, sukses juga mbak! :love:

  • Semoga saya bisa konsisten dengan tiga hal di atas dan delapan poin sebelumnya.

    Rasulullah adalah suri tauladan kita, segala ucapan dan tindakan beliau adalah yang terbaik

  • nur kholiq says:

    subhanallah…

    bener2 mulia Rosul kita…

  • d D4n says:

    Wew, Artikel beseri yg ckup pnjang tentng bisnis Rasulullah.

    Btw slah satu Rahsia d atas adalah SINERGI!!!

    Tapi gimna sich cra nya memilih teman yg cocok dgn visi misi kita???

    :hiks:

  • Pingback: Rahasia Bisnis Rasulullah (5) | ARIEF MAULANA | Success Is The Way Of My Life

  • Pingback: Rahasia Bisnis Rasulullah | ARIEF MAULANA.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 400,903 bad guys.

Advertisement

Daftarkan diri Anda di newsletter saya secaca GRATIS & saya akan berikan informasi yang akan membantu bisnis pertama Anda, mulai dari sekarang.

First name

E-mail address

Privasi Anda sangat penting buat saya & Anda boleh mengundurkan diri setiap saa.t

Kategori Tulisan
Arsip