Punya Masalah? Ini Kesempatan Kita Untuk Menjadi Lebih Ahli

Oleh : Arief Maulana

IBN
IBN

Beberapa waktu yang lalu saya begitu semangat mendapatkan email dari ID Blog Network (IBN). Isinya tentang job review dari salah satu corporate ternama di Indonesia. Tentu saja senang, karena ini kali pertama saya mendapatkan job premium dengan komisi yang cukup menggiurkan, tidak seperti review-review yang dulu sering saya dapatkan dimana komisi berkisar antara 50-200ribu / review.

Tugas pun telah saya tunaikan dengan baik. Review sudah dipublish. Tidak ada masalah yang berarti, hanya ada sedikit revisi atas permintaan dari advertiser, itu pun sebatas mengganti screen shot saja. Artinya, saya tinggal tenang-tenang dan menunggu komisi di transfer.

Selang 2 minggu pasca tugas review selesai dilaksanakan, ternyata IBN memberikan pengumuman di facebook. Disana diberitahukan kalau blogger yang mendapat job dari IBN diminta untuk memberikan laporan statistik impression dan klik pada link tujuan (dengan Google Analytic) dari artikel review. Duh, keribetan apalagi ini pikir saya.

Saya sempat sebel sama IBN (manusiawi sekali kan yah). Alasannya :

  1. Dulu-dulu job review saya ngga pake melaporkan statistik impression dan klik segala. Pokoknya artikel udah dimuat, laporan ke advertiser, tinggal tunggu komisi ditransfer.
  2. IBN sudah saya masukkan dalam list viewer traffic (di Google Analytics) blog yang saya gunakan untuk review. Secara logika saya berpikir IBN seharusnya sudah bisa mengecek berapa traffic ataupun impression dari job review, tanpa meminta laporan dari blogger.
Frustasi
Frustasi

Yang bikin super repot adalah, saya tidak tahu bagaimana mengecek impression ataupun klik keluar dari link yang kita pasang di artikel. Saya sempat tanya kesana ke mari. Entah via message Facebook, Twitter, bahkan kirim email ke orang-orang yang saya yakini mengerti luar dalam soal google analytics.

Untunglah akhirnya saya menemukan jawabannya. Ditulis oleh seseorang yang namanya mirip dengan nama saya, Mas Arief EW. Ditambah lagi dengan artikel dari Mbak Nunik yang memperjelas semuanya. Ini dia list artikel yang sangat membantu saya :

Bagi Anda yang nantinya mau fokus terjun di bisnis review dengan klien-klien level corporate, akan ada kecenderungan besar untuk dimintai laporan semacam itu. Jadi silahkan dikunjungi dan dibaca 3 link yang saya tulis di atas.

Masalah Datang Untuk Membuat Kita Lebih Ahli

Usai menyelesaikan report untuk IBN, saya lantas merenung sejenak dan tiba-tiba tersenyum. Ah, untung IBN membuat saya sebel. Untung ada semua masalah seperti ini. Sekali lagi thanx untuk untuk IBN, Mas Arief EW, dan Mbak Nunik.

Gara-gara ada masalah seperti ini, saya jadi belajar hal-hal yang selama ini belum saya sentuh. Google analytics selama ini cuma saya gunakan untuk mengetahui traffic blog secara umum saja, hanya sebatas berapa pengunjung harian blog dan itu pun ke homepage saja. Dengan pengetahuan baru ini, saya bisa ngetrack dengan lebih detail lagi visitor untuk konten tertentu.

Terima Kasih Untuk Masalah
Terima Kasih Untuk Masalah

Manusia oh manusia. Kita sering kali mengeluh ketika masalah datang. Mestinya kita berterima kasih saat masalah itu datang. Yang namanya masalah,  itu datang bukan tanpa tujuan. Masalah ada untuk membuat kita menjadi lebih ahli, tentu saja dengan menyelesaikannya. Kalau cuma lari dari masalah, itu sih namanya malah menambah masalah dengan menumpuknya di akhir.

Tapi bukan lantas kita mencari-cari masalah. Tidak usah dicari, masalah juga pasti akan datang sendiri kok. Dia akan datang, disaat kita dirasa sudah waktunya untuk naik level. Yang penting adalah bagaimana sikap kita terhadap masalah. Apakah kita mau lari dan bersembunyi dari masalah atau kita memilih fokus mencari solusi dan menyelesaikan semua masalah tersebut.

Yang jelas, mereka yang mendapatkan masalah dan berhasil menyelesaikannya tentu menjadi lebih ahli dari sebelumnya. Bukankah kita belajar dari pengalaman. Walaupun ada yang bilang belajar dari pengalaman orang lain itu lebih baik, adakalanya kita mesti belajar dari pengalaman kita sendiri.

So, kalau ada masalah hadapilah dengan berani dan ksatria! Anda punya pengalaman serupa? Share dong di bawah! :)

  1. Untungnya, pas dapet job review Carissa Putri (2 bulan lalu), saya sama sekali nggak dimintai laporan pageviews. Saya cuma masukin alamat email IBN aja di akun Google Analytics saya. Tapi mungkin juga itu karena saya udah pasang script PHP di bawah judul postingan (yang bisa menampilkan data/angka pageviews postingan tersebut). Jadi, pihak advertiser dan IBN bisa langsung melihat data pageviews-nya pada halaman postingan review yang telah saya publish.

    Oya, pengalaman dapet job review Carissa Putri juga membuat saya jadi banyak melakukan riset online untuk menulis reviewnya. Akhirnya saya jadi banyak tahu seluk-beluk profil si artis. Padahal sebelumnya, yang saya tahu, dia cuma pernah main film AAC dan membintangi beberapa sinetron di TV :)
    iskandaria recently posted..Mengukur Kekuatan SEO Website dengan SeoAnalyserMy Profile

    • @iskandaria, asik yah ga pake laporan lagi. Oh ya bagaimana dengan link keluar? BUkannya juga dimintai yah sama IBN. Jadi ga cuma page viewnya doang, tapi link keluar dari brand yang direview.

      • @arief maulana, link keluar dari brand yang direview? Kok saya waktu itu sama sekali nggak diminta ya mas. Padahal di postingan review tersebut ada sisipan link menuju website brand/advertisernya. Tapi saya juga nggak tahu, apakah teman-teman yang waktu itu menerima job tersebut juga tak dimintai (baik laporan pageview/impression maupun data link keluarnya).

        Tapi sumpah deh, waktu itu saya memang sama sekali nggak dimintain laporan. Saya cuma nulis review sesuai panduan, submit, dan lalu ngisi alamat email pihak IBN pada akun GA saya. Cuma itu yang saya lakukan.

        Mungkin mas Arief bisa tanya pada mbak Rika, kenapa job Carissa waktu itu nggak pakai syarat laporan segala. Bisa jadi karena brand-nya nggak minta atau bagaimana. Saya juga kurang tau sih.
        iskandaria recently posted..Mengukur Kekuatan SEO Website dengan SeoAnalyserMy Profile

        • @Iskandaria, iya mas. Yang reviewku terakhir sampai diminta report link keluarnya di klik berapa kali. Jadi ada 2 report dalam 1 hari, report pageview sama report berapa kali link keluar di klik. Mungkin emang dari pihak corporate yang sekarang minta, makanya ada penegasan lagi dari pihak IBN.

    • @Abdul Majid, memang sudah seyogyanya kita menggali dan menganalisa lebih dalam soal traffic ke blog. Teman saya bahkan sampai kepada jam-jam traffic berkunjung dan menggunakan momentum disaat pengunjung lagi ramai-ramainya.

    • @Fenny, masalah jodoh tentu bikin kita mikir, “emang kurang apa sih aku?” yang pada akhirnya membuat kita tanpa sadar ningkatin kualitas diri. Semacam upaya memantaskan diri untuk calon pasangan kita nanti, siapapun itu. Di Al-Qur’an ada kan, bahwasanya yang baik akan dipertemukan dengan yang baik dan sebaliknya.

  2. Di luar topik dulu mas. Blog ini pakai moderasi ya? Atau cuma karena plugin antispam-nya yang salah tangkap? Soalnya komen-komen saya selalu ilang pas abis disubmit.

    Kemudian, selalu muncul kotak pop-up usai mensubmit komentar. Rasanya agak sedikit mengganggu. Apalagi jika salah pencet opsinya.

    • @Iskandaria, iya aku pake askismet. Kurang tau juga ini, kadang suka menjaring spam yang ga spam. Tapi kalau kulepas, buanyak yang spam beneran. Bout pop up, ntar aku cek deh plugin pop upnya. Soalnya settingan dasarnya, setiap leave halaman dia akan muncul.

  3. Eh, ternyata komen saya yang di atas bisa langsung muncul. Padahal komen reply buat mas Arif sebelumnya ketelan :)

    Oya, sedikit saran. Kotak pop-up penawaran mungkin lebih baik dimunculkan hanya ketika pengunjung meng-close halaman blog ini.

  4. Taufan Prakoso says:

    Ahaha.. lihat gambar mbak-mbak di depan komputer pada halaman atas artikel ini,
    saya jadi ingat ketika menulis kontes SEO dari idBlognetwork kemarin. Saya hampir menggunakan gambar itu, setelah search gambar di Google dgn keyword “Mata Lelah”. Untung gak jadi.
    Hihihihi..

    :cendolbig

  5. Agus Siswoyo says:

    Kata Oom Mario, masalah itu menambah value diri agar lebih layak menyandang anugerah yang lebih baik.

    Pop up-nya mengganggu banget nih.

  6. Kalau menurut saya, perantara seperti iBN sepatutnya memudahkan membernya dalam hal-hal teknis. Karena kan tak semua blogger paham urusan begituan. Tapi utk hal-hal mudah memang tak ada salahnya juga kita belajar sedikit-2.
    @zizydmk recently posted..Tete TuaMy Profile

  7. Saya masih kesulitan dengan Google Analytic, statistik impression dan segalanya, masih baru di IBN :D
    Untung ada blogger2 tenar macam Mas Arief dan Isnuansa yang mau berbagi ilmu, jadi bisa belajar.
    indahjuli recently posted..BorndayMy Profile

  8. Lain ladang lain belalang ya mas, saya terima job review juga gak seribet ini kayaknya… hehehehe.. tetep semangat.. dan selamat untuk job reviewnya, semoga terus berlanjut,
    Makasih udah berkunjung di blog saya yang butut dan terimakasih juga untuk masukannya mas :)
    MisterXWebz recently posted..Kenapa MisterXWebz ??My Profile

  9. Selama kita masih hidup di dunia maka masalah akan tetap ada dan gak usah dicari. Karena yang namanya masalah itu akibat dari kita belum tahu bagaimana jalan keluar untuk menyelesaikan sebuah persoalan(masalah)yang sedang kita hadapi, apabila kita telah mengetahui sebelumnya cara penyelesaian sebuah persoalan yang akan kita hadapi maka hal ini tidak akan menjadi masalah, jadi selama masalah ada maka proses belajar tidak pernah berhenti dan diujung dari penyelesaian masalah itu adalah ilmu pengetahuan kita semakin bertambah untuk menjadi bekal meraih kesuksesan. Sukses terus untuk Mas Arief GBU.
    Franky T recently posted..Cara Mengganti Template BloggerMy Profile

  10. wew…
    para mastah IBN berkumpul disini semua…
    rata-rata udah pernah dapet review…

    Selamat aja deh…
    dan doakan yang niubi ini bisa daftar n langsung dapet job review…
    hahahaha….

  11. Mas Arief, yang jadi masalah sekarang kalau di blog saya. tracking tujuannya tak jalan statistiknya. Klik tujuan sudah saya setting tapi hasilnya masih tetap nol, tak ada yang klik sasaran. Padahal beberapa kali saya ngetest klik lewat BB, Opera Mini dan dari browser komputer saya. Kalau impressionnya sih ngitung. Tinggal outgoing kliknya yang masih masalah.

    Ada yang mengalami seperti saya? Saya sudah setting sesuai petunjuk dari blognya Mas Arief MW itu. Tapi tetap aja. Help me! :(

    • @Anax Kolonx, apanya? Hostingnya. Sebenernya itu cerita pembuka aja sih. Inti blogpostnya ada pada salah satu metode manajemen masalah. Jadi gimana caranya menyelesaikan masalah-masalah besar.

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,671 bad guys.