Oleh : Arief Maulana

IBN
IBN

Beberapa waktu yang lalu saya begitu semangat mendapatkan email dari ID Blog Network (IBN). Isinya tentang job review dari salah satu corporate ternama di Indonesia. Tentu saja senang, karena ini kali pertama saya mendapatkan job premium dengan komisi yang cukup menggiurkan, tidak seperti review-review yang dulu sering saya dapatkan dimana komisi berkisar antara 50-200ribu / review.

Tugas pun telah saya tunaikan dengan baik. Review sudah dipublish. Tidak ada masalah yang berarti, hanya ada sedikit revisi atas permintaan dari advertiser, itu pun sebatas mengganti screen shot saja. Artinya, saya tinggal tenang-tenang dan menunggu komisi di transfer.

Selang 2 minggu pasca tugas review selesai dilaksanakan, ternyata IBN memberikan pengumuman di facebook. Disana diberitahukan kalau blogger yang mendapat job dari IBN diminta untuk memberikan laporan statistik impression dan klik pada link tujuan (dengan Google Analytic) dari artikel review. Duh, keribetan apalagi ini pikir saya.

Saya sempat sebel sama IBN (manusiawi sekali kan yah). Alasannya :

  1. Dulu-dulu job review saya ngga pake melaporkan statistik impression dan klik segala. Pokoknya artikel udah dimuat, laporan ke advertiser, tinggal tunggu komisi ditransfer.
  2. IBN sudah saya masukkan dalam list viewer traffic (di Google Analytics) blog yang saya gunakan untuk review. Secara logika saya berpikir IBN seharusnya sudah bisa mengecek berapa traffic ataupun impression dari job review, tanpa meminta laporan dari blogger.
Frustasi
Frustasi

Yang bikin super repot adalah, saya tidak tahu bagaimana mengecek impression ataupun klik keluar dari link yang kita pasang di artikel. Saya sempat tanya kesana ke mari. Entah via message Facebook, Twitter, bahkan kirim email ke orang-orang yang saya yakini mengerti luar dalam soal google analytics.

Untunglah akhirnya saya menemukan jawabannya. Ditulis oleh seseorang yang namanya mirip dengan nama saya, Mas Arief EW. Ditambah lagi dengan artikel dari Mbak Nunik yang memperjelas semuanya. Ini dia list artikel yang sangat membantu saya :

Bagi Anda yang nantinya mau fokus terjun di bisnis review dengan klien-klien level corporate, akan ada kecenderungan besar untuk dimintai laporan semacam itu. Jadi silahkan dikunjungi dan dibaca 3 link yang saya tulis di atas.

Masalah Datang Untuk Membuat Kita Lebih Ahli

Usai menyelesaikan report untuk IBN, saya lantas merenung sejenak dan tiba-tiba tersenyum. Ah, untung IBN membuat saya sebel. Untung ada semua masalah seperti ini. Sekali lagi thanx untuk untuk IBN, Mas Arief EW, dan Mbak Nunik.

Gara-gara ada masalah seperti ini, saya jadi belajar hal-hal yang selama ini belum saya sentuh. Google analytics selama ini cuma saya gunakan untuk mengetahui traffic blog secara umum saja, hanya sebatas berapa pengunjung harian blog dan itu pun ke homepage saja. Dengan pengetahuan baru ini, saya bisa ngetrack dengan lebih detail lagi visitor untuk konten tertentu.

Terima Kasih Untuk Masalah
Terima Kasih Untuk Masalah

Manusia oh manusia. Kita sering kali mengeluh ketika masalah datang. Mestinya kita berterima kasih saat masalah itu datang. Yang namanya masalah,  itu datang bukan tanpa tujuan. Masalah ada untuk membuat kita menjadi lebih ahli, tentu saja dengan menyelesaikannya. Kalau cuma lari dari masalah, itu sih namanya malah menambah masalah dengan menumpuknya di akhir.

Tapi bukan lantas kita mencari-cari masalah. Tidak usah dicari, masalah juga pasti akan datang sendiri kok. Dia akan datang, disaat kita dirasa sudah waktunya untuk naik level. Yang penting adalah bagaimana sikap kita terhadap masalah. Apakah kita mau lari dan bersembunyi dari masalah atau kita memilih fokus mencari solusi dan menyelesaikan semua masalah tersebut.

Yang jelas, mereka yang mendapatkan masalah dan berhasil menyelesaikannya tentu menjadi lebih ahli dari sebelumnya. Bukankah kita belajar dari pengalaman. Walaupun ada yang bilang belajar dari pengalaman orang lain itu lebih baik, adakalanya kita mesti belajar dari pengalaman kita sendiri.

So, kalau ada masalah hadapilah dengan berani dan ksatria! Anda punya pengalaman serupa? Share dong di bawah! :)

Punya Masalah? Ini Kesempatan Kita Untuk Menjadi Lebih Ahli
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

64 thoughts on “Punya Masalah? Ini Kesempatan Kita Untuk Menjadi Lebih Ahli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,429 bad guys.