Punya Impian, Tuliskan Saja! Mumpung Bermimpi Gratis

Oleh : Arief Maulana

I have a dream
I have a dream

Alhamdulillah satu lagi mimpi yang ada di dream book saya terwujud, yaitu bekerja di perusahaan klasifikasi kapal. Dream ini sudah saya inginkan dan saya tulis di dream book sejak masih duduk di bangku kuliah, tepatnya pada tahun awal tahun 2009 usai melaksanakan kerja praktek di perusahaan tersebut.

Asik rasanya kalau satu persatu yang kita tuliskan di dalam dream book terwujud. Rasanya seperti memenangkan sebuah perlombaan dan kita dinobatkan menjadi juaranya. Walaupun tidak semua yang kita tuliskan akan terwujud. Tapi seperti sebuah quote yang sering saya dengar,

“Tidak semua mimpi kita akan terwujud, namun tidak ada hal-hal besar yang terwujud tanpa di awali sebuah impian terlebih dahulu.”

Dream book kerapkali diremehkan oleh kebanyakan orang. Banyak yang tidak percaya dan merasa malu untuk menuliskan impiannya sendiri. Yang lebih parah adalah, sudah tidak berani membuat dream booknya sendiri, eh malah menertawakan dream book orang lain. Padahal itu untuk dirinya sendiri. Coba deh lihat kembali video jejak mimpinya Danang A. Prabowo yang pernah saya publish saat menuliskan tentang “Jangan Pernah Menertawakan Mimpi Anda”.

menulis impian

Pernah juga ada kejadian-kejadian unik terkait dengan dream book ini. Pernah pada suatu waktu, saya jarang sekali melihat sederetan impian yang saya tuliskan di dream book ini. Sampai suatu saat timbul sedikit keisengan untuk melihat kembali dream book ini. Saya kaget. Kenapa? Karena ternyata ada beberapa yang saya tuliskan disana telah terwujud tanpa saya sadari. Percaya atau tidak itu terjadi. Sejak itu saya semakin doyan bermain dengan dream book. Saya buka, saya lihat, dan saya bayangkan sudah mencapai itu semua. Tentang bagaimana terwujudnya, itu urusan nanti.

“Bagaimana bisa sukses, untuk bermimpi sukses saja tidak berani. Padahal bermimpi sukses itu gratis.”

Masih banyak orang yang tidak punya impian dalam hidupnya. Mengalir saja, apa adanya. Tidakkah ada keinginan untuk menjadi ‘sesuatu’ atau membuahkan karya tertentu yang akan dikenang dan diingat oleh orang lain saat kita tidak ada nanti? Hidup cuma satu kali, rugi rasanya kalau cuma begitu-begitu saja dan tidak bisa bermanfaat.

berani bermimpi
berani bermimpi

Mulailah dari berani memiliki mimpi, kemudian tuliskan itu. Kalau cuma diingat saja, suatu saat pasti terlupa. Tapi kalau ditulis dan sering dilihat, maka itu semua akan masuk dalam pikiran bawah sadar dan menuntun tindakan kita secara tidak langsung untuk bergerak mewujudkan impian yang kita tulis. Ingat, bermimpi saja tidak cukup. Harus ada tindakan untuk mewujudkan impian. Mulailah bertindak dengan keyakinan penuh dan jangan lupa, impian yang besar butuh energi besar untuk mewujudkannya. Maka dari itu, dekat-dekatlah dengan pemilik energi terbesar dalam jagat raya ini, siapalagi kalau bukan Tuhan yang memberi kita kehidupan.

Selamat bermimpi dan mengejar impian Anda. Yang punya pengalaman, sharing ya di kolom komentar.

  1. ,-yang tidak tertulis saja bisa tercapai apalagi yang tertulis *pengalaman pribadi :hihi:

    Saking getolnya nulis impian sampai password pun bisa jadi sarana, tiap hari diketik tu :sip:

  2. di awal tahun 2011, saya tuliskan berat badan tahun 2011 ini di sticky notes laptop turun sampai 70 kg. skrng dah 74 kg. 4 kg’s to go :)
    ——————-
    o ia besok dah puasa mas. mohon maaf lahir batin ya. Selamat menjalankan ibadah puasa
    Blogger Bahagia recently posted..Ikutan Kontes SEO LagiMy Profile

  3. Berhubung artikelnya tentang dream. Bolehlah saya berbagi info tentang tools goal setting online yang bisa membantu teman2 dalam meraih goal atau dream nya masing2. Setidaknya ada 11 tools gratis.. silakan dipilih2 sendiri di sini : http://www.goal-setting-college.com/goal-setting-software/11-goal-setting-software-tools-you-can-use-for-free/. (No live link, biar ngga melanggar TOS :P)
    Patih San recently posted..Ketika Bahasa Tuhan Terdistorsi Logika MantikMy Profile

    • @kaget, benar mas. Sebaiknya ketika baru bangun tidur dan sesaat sebelum tidur, memvisualisasikan impian. Ini akan membantu memasukkan semua dream itu ke dalam pikiran bawah sadar kita. :D

  4. Saya setuju dengan anda mas arief, Saya juga sudah mencatat impian saya sejak baca buku Think n Grow Rich, dan beberapa sudh terwujud diantaranya saya sudh punya blog sendiri, punya laptop hasil keringat sendiri dan saat ini sedang mengejar mimpi-mimpi yang lain,, :) impikan-renakan-lakukan semoga cepat tercapai.. just do it.. :)
    andhika ahmad recently posted..Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1432 HMy Profile

    • @joko muryanto, dulu saya pernah membuat dream book di sebuah buku tulis kecil. Disana saya tempel juga visualisasi apa-apa yang saya inginkan. Tapi waktu pindahan ke luar kota ketinggalan. Sekarang saya tuliskan di hp mas, di media-media yang saya bisa sering ngeliatin itu.

  5. artikel mas arif bagus sekali, saya bahkan menuliskan mimpi saya tak hanya berupa dream book saja, tapi malah saya madingkan di dinding kamar saya, dan posisinya tepat saya hadapkan pada posisi saya berbaring.
    jadi setiap mau tidur saya visualisasikan dream-dream yang saya pajang di mading hingga masuk ke pikiran bawah sadar saya…
    so fun…
    GRATIS dan mimpin indah :sip:

  6. apapun itu, smua pasti di awali dari sebuah impian…
    saya mempunyai impian menjadi orang yang berhasil mencapai tujuan,,
    juragan pasti juga panya kan :D
    salam kenal

  7. Lukman Nulhakiem says:

    Yap saya sangat setuju. Selama hampir 1 thn terakhir, saya tulis cita2 saya dan ternyata Alloh swt menakdirkan mimpi saya itu.

    Ternyata kekuatan mimpi pula yang memberikan energi tambahan bagi saya untuk selalu bergerak, do action bukan hanya sekedar membuat satu rencana ke rencana lain.

  8. I embrace realism because I am a realist. But I do think you’re missing some key ideas because part of being a realist is accepting the fact that things can get better because they do…

  9. :sip:

    Terstruktur, terarah dan motivational.. Itu denyut nadi tulisan-tulisan di ariefmaulana.com…

    9 dari 10 impian / keinginan saya yang saya capai, rata-rata apa yang saya tulis sebelumnya, kemudian saya petakan langkah demi langkah untuk “how to get”-nya..

    Kalo boleh saya tambahkan: Coba tempelkan tulisan2 “impian paling dekat itu di depan meja kerja / tempat yang paling sering kita lihat untuk mengingatkan dan memotivasi diri..”

    Satu Quotes tambahan juga:
    “Bermimpilah besar, karena kesuksesan besar berawal dari impian terbesar Anda!”

    Many thanks, Mr.Arif! :)

      • @arief maulana, ya mas saya juga lagi belajar menulis untuk bisa lebih enak dibaca dan terstruktur… setiap tombol broacast auto mu pencet, Sy langsung mendarat di sini. Tapi suka gak bisa ngomong apa-apa saking bagusnya tulisanmu! Baru kemaren deh terangsang untuk ngomong. :hihi:

        Keep post ah, karena berbagi itu indah… :sip:

    • Salman Herbal says:

      @Lulu Kemaludin, saya suka poin ini “Bermimpilah besar”.
      Saya teringat kata seorang ustadz Mintalah Surga Firdaus sama Allah Azza wa Jalla, jangan ingin emperan surga. Tentunya permintaan harus didukung upaya yang besar. Thanks.
      Salman Herbal recently posted..Sari Kurma TamrMy Profile

      • @Salman Herbal, Betul sekali Mas… Apa sih yang tidak mungkin untuk-Nya mengabulkan apapun yg kita inginkan, sekali pun itu besar… Emh, dan saya sangat setuju dengan kalimat terakhirnya.. Lengkap deh! :sip:

        Salam kenal yah.. :-)

  10. Salman Herbal says:

    Ini adalah bagian mimpi saya, yang saya sedang bangun sambil terus belajar. Semoga hasilnya seperti yang diinginkan. Makasih mas Arief atas tulisan2 inspiratifnya. Jazakallah khairan.
    Salman Herbal recently posted..Sari Kurma TamrMy Profile

  11. Cara Mengobati Penyakit Nyeri Sendi Secara Alami says:

    bahagia banget kaya mas ya,,mimpinya bisa terwujud,,
    tapi entah kenapa saya sekarang jadi takut bermimpi mas,,soalnya tiap saya bermimpi dan membuat harapan seolah semuanya hilang didepan mata saya artinya gagal,,itu membuat saya takut buat bermimpi,,,giman solusinya mas?
    Cara Mengobati Penyakit Nyeri Sendi Secara Alami recently posted..Cara mengobati Penyakit Darah Tinggi Secara AlamiMy Profile

    • @Cara Mengobati Penyakit Nyeri Sendi Secara Alami, mas. Dari seluruh list yang saya coret, tidak semuanya berhasil. Yang gagal juga banyak. Cuma yang saya sering munculin adalah yang berhasil. Sama kan kaya biografi orang sukses.Ga ada biografi orang gagal. YAng dimunculin ya yang berhasil.Tapi dibalik keberhasilan akan ada kegagalan-kegagalan yang memang harus dilalui terlebih dahulu.

      Kenapa saya tetap berani bermimpi? tidak semua mimpi sukses kita akan terwujud. Tapi tidak ada kesuksesan tanpa diawali sebuah mimpi terlebih dahulu.

  12. Alhamdulillah….
    Pencapaian tahun 2o11 menikah terwujud…salah satu yang,saya tulis…
    Utk tahun ini 2o12 pencapaian terkabul…..!! Tiap malam saya berdoa
    Semesta alam mendukung sepenuhnya….
    Law attraction membantu saya menarik lebih kuat lagi mencapai mimpiku di tahun ini…
    Thanks infonya….

  13. cak AM, berbeda dengan cak AM yang pernah mempunyai impian bergabung di Classification Society (CS), aku gak sekalipun mimpi atau bekerja di CS, hampir semua yg terjadi dalam perjalan hidupku belum pernah aku impikan sebelumnya, begitu juga sebaliknya, mungkin cak AM punya tulisan ttg fenomena atau anomali ini, he he klo bisa disebut anomali, salam

    • @MH, sebenarnya bukan sebuah anomali. Karena pada dasarnya yg kita jalani saat ini adalah hasil dari pilihan kita.

      Kalau saya pribadi, daripada sekedar mengikuti aliran air. Saya lebih suka membuat goal dan hidup berorientasi goal.

      Ini bikin hidup jadi lebih hidup. Dan ada kepuasan tersendiri saat goal yg kita upayakan berhasil tercapai.
      arief maulana recently posted..Semua Orang Pasti Punya Kekurangan, Termasuk AndaMy Profile

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,853 bad guys.