Pentingnya Pengembangan Diri

Oleh : Arief Maulana

pengembangan diri, buku pengembangan diriBerkembanglah Untuk Sukses

Entah kenapa belakangan ini setiap kali diundang membawakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa, saya selalu diminta membawakan materi Pengembangan Diri. Jujur saja materi ini lebih asyik dilakukan daripada sekedar dibahas sebagai teori belaka.

Tanpa kita sadari pengembangan diri sebenarnya memegang posisi yang sangat penting dalam peningkatan karir seseorang. Ini seperti yang disebutkan oleh Robert T. Kiyosaki dalam salah satu bukunya, “Penghasilan seseorang akan meningkat seiring dengan peningkatan pengembangan kepribadiannya”. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Saya beri ilustrasi sedikit.

Bayangkan Anda adalah bekerja sebagai seorang karyawan di sebuah perusahaan ternama. Pada saat itu salah satu posisi manager sedang kosong karena orang yang memegang posisi itu baru saja meninggal. Kekosongan itu tentu tidak dibiarkan berlarut-larut oleh General Manager. Maka mulailah GM mencari siapa kiranya yang pas.

Yang namanya posisi penting, tentu tidak sembarang orang akan dipilih. Hanya mereka yang memiliki nilai plus lah yang akan memenangkan persaingan memperebutkan posisi tersebut.

Katakanlah saat itu ada dua calon kandidat terkuat yang akan dipromosikan. Kandidat itu adalah Anda dan teman Anda. Secara prestasi kerja, Anda berdua sama-sama memiliki track record yang bagus. Hanya saja ternyata teman Anda sedikit memiliki kelebihan dibandingkan Anda, yaitu mampu bernegosiasi dengan baik. Selebihnya kemampuan Anda dan dia sama.

Andai Anda adalah GMnya, kira-kira siapa yang akan dipilih? Tentu orang yang punya kelebihan tadi kan. Sebagus apapun Anda, kalau ada orang lain yang memiliki kelebihan dibanding Anda tentu dia yang akan selalu dipilih dalam setiap promosi jabatan. Sampai disini paham ya!

Nah pertanyaannya adalah bagaimana agar kita bisa memiliki kelebihan dibandingkan orang lain, tidak hanya dalam hal akademik saja? Hanya satu. Tingkatkan nilai dalam diri Anda dengan pengembangan diri.

Namun, sangat disayangkan yang banyak terjadi adalah ketika kita sudah selesai kuliah dan masuk di dunia kerja, kita enggan untuk belajar dan berkembang lagi. Yang ada di pikiran kita adalah, kerja cuma gitu-gitu aja. Buat apa susah payah mengembangkan diri? Jika benar itu yang ada di benak Anda saat ini, maka jangan salahkan perusahaan tempat Anda bekerja bila tidak menaikkan gaji Anda.

Dilema ini akan terlihat betul di dunia kerja. Anda pasti akan melihat ada orang yang sudah kerja berpuluh-puluh tahun namun posisinya ya gitu-gitu aja. Disisi lain mungkin ada anak muda yang baru masuk, sebentar saja dia sudah diangkat untuk posisi dan jabatan tertentu. Ujung-ujungnya rasa iri pun mendera. Bener ngga?

Dan saya melihat trendnya sekarang bergerak ke arah sana. Anak-anak muda sekarang sudah mulai mengerti dan menyadari pentingnya pengembangan diri. Buktinya, sering kan kita lihat posisi-posisi penting di perusahaan ditempati oleh anak-anak muda. Bahkan tidak sedikit CEO perusahaan yang diduduki oleh orang-orang usia dibawah 30 tahun.

Jika Anda masih duduk di bangku kuliah, ini adalah kesempatan yang besar untuk mengembangkan diri Anda. Anda masih punya banyak waktu untuk berubah menjadi lebih baik lagi.

Dan buat Anda yang sudah terlanjur bekerja, tidak pernah ada kata terlambat untuk terus belajar dan berkembang. Bukankah proses pembelajaran dalam hidup adalah sampai kita mati.

Jangan tunda lagi. Berubah dan bekembanglah mulai sekarang. Jangan pedulikan rasa malas dan tidak enak yang Anda rasakan ketika akan berubah. Memang semua butuh proses.

Pertanyaan penutup saya adalah, KAPAN ANDA AKAN BERUBAH ?

Salam Sukses,
Photobucket
space

64 Responses to Pentingnya Pengembangan Diri

  • adi wardana says:

    pertamaaxxxxx.

    great artikel memang tiap orang harus selalu berkembang dan berinovasi

    “INOVATION OR DIE”

  • arief maulana says:

    Nah rekan-rekan Mas Adi Wardana ini adalah salah satu teman 1 jurusan saya yg notabene punya potensi besar jadi orang sukses bin motivator.

    Saya pernah kerjasama bisnis offline. Mungkin rekan-rekan bisa mengunjungi blognya…

  • Namanya berkembang itu pasti “jatuh bagun”, baru sukses. lucunya orang mau cari jalan pintaaaaaas terus. Alias ga mau kena resiko..

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Itulah yg saya sesalkan mas… banyak orang yang lupa dengan hukum proses. Ini tidak bisa ditolak lagi karena sudah menjadi sunnatullah…

  • Apa yang anda ceritakan itu juga sebenarnya sama dengan apa yang pernah saya alami, Mas. Sewaktu saya masih mengajar di Surabaya. Kebetulan tahun ajaran ini (2008) saya putuskan kembali ke kampung halaman.

    Kelebihan yang kita miliki walaupun tanpa kita sadari niscaya akan membawa kita pada derajat kemuliaan. Ini mungkin fakta dari janji Allah SWT yang akan mengagkat derajat orang-orang yang berilmu.

    Setelah lulus kuliah saya langsung mengajar. Tahun pertama saya masih santai karena tugas saya hanya mengajar. Tapi memasuki tahun kedua, Subhanallah…reformasi managemen sekolah yang berimbas regenerasi kepsek memberikan efek luar biasa dalam karir saya.
    Kepala sekolah yang baru, langsung memberi saya posisi struktural sekolah yang luar biasa. Kenapa saya katakan luar biasa, karena saya baru satu tahun menggeluti dunia pendidikan. SK jabatan-jabatan strategis membanjiri meja kerja saya, yaitu:
    1. Kepala Tata Usaha
    2. Kepala perpustakaan
    3. Pembina Ekstrakurikuler Jurnalistik
    4. Pembina Ekstrakurikuler Sinematografi
    5. Wali Kelas
    6. Guru Bidang Studi
    7. Guru Piket
    Bukannya kemaruk, tapi itu mandat yang apabila tidak saya jalankan berarti kiamat bagi karir dan kredibilitas saya. Tapi akhirnya saya nego untuk melepas salah satu. Semua posisi tersebut berimbas pula pada income bulanan yang jika ditotal ternyata paling besar dari semua guru yang ada, bahkan melewati angka pendapatan kepala sekolah sendiri. Wallahu ‘alam.

    Saya hampir tidak percaya, Mas karena saya merasa tidak ada yang istimewa dalam diri saya. saya masih baru, dan masih butuh banyak dan banyak lagi belajar dari mereka yang sudah puluhan tahun berkecimpung di dunia pendidikan ini.

    salam istimewa by http://www.bisnisguru.co.nr

  • patrice says:

    Lulus dan memiliki sertifikat pelatihan Pengembangan Efektiftas Diri (PED) sudah menjadi wajib persyaratan naik pangkat di PNS bahkan diswasta.
    Hanya saja nama pelatihan berbeda-beda. Materinya sama. Salah satu yang saya tahu persis ada di LPP Jogja untuk BUMN Perkebunan dan swasta. Mungkin Mas Arief lebih tahu yang lain karena berkecimpung di bidang ini

    Memang Pengembangan Diri itu sangat perlu, mumpung masih di bangku kuliah, karena salah satu nilai plus yang sangat dipertimbangkan untuk masuk dan diterima dalam dunia kerja nyata adalah orang yang mampu efektif thdp dirinya sendiri terlebih dahulu.
    Banyak perusahan swasta bonafid yang mengutamakan hal ini. Tidak hanya
    untuk fresh graduate yang baru direkrut saja, tapi karyawan yang sudah 10 tahun bekerja pun diharuskan mengikuti pelatihan ini untuk jenjang kenaikan jabatan.

    Jadi sangat benar pendapat Mas Arief, Efektif terhadap diri sendiri pasti akan efektif pula dalam dunia kerja, termasuk yang menjalankan bisnis internet, … iya nggak ?

    salam sukses

    http://bikinmesinuanganda.blogspot.com

  • Wah kalo saya beda mas arief…kuliah nggak selesai di semester 4. Padahal ditawari jadi asisten dosen praktikum teknik sipil di Jogja. Tapi sayangnya all about money…mahalnya bok..

    Hampir semua teman dan dosen pada nangis semua, sebab saya nggak bisa nerusin kuliah….weks…banyak air mata mengalir.

    STOP

    Namun semangat saya tidak pernah berhenti. Pulang kampung langsung NIKAH…
    Perubahan dahsyat terjadi…hehehehe…ternyata sukses nggak kudu selesai kuliah….
    Because SUKSES itu dari DALAM, KELUAR….

    En then ketemu deh sama mas arief….
    Sekarang pengen sukses juga di dunia bisnis online.

    Sudah membuktikan hebatnya Formula The Best

    Sudah melesat bikin blog OWN LEADERS

    End gara2 mas arief , ikutan juga di ADSENSECAMP

    LETS START

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Wah… Anda lebih luar biasa dari saya berarti. Tetep semangat aja mas…
    Andrie Wongso aja ngga lulus SD bisa sukses. Ingat, kita punya sekolah yang luar biasa melebihi pendidikan manapun didunia ini.

    Kita punya sekolah yang guru besarnya adalah Allah, dan guru-guru lainnya adalah seluruh alam semesta ini. Apalagi kalau bukan sekolah kehidupan.

    Trims mas… komentar mas, membuat saya semakin bersemangat saja…

  • arief maulana says:

    Nah… ternyata rekan-rekan disini punya pengalaman yg luar biasa dan bisa kita jadikan contoh teladan…

  • Wawan Purnama says:

    Salam SEMANGAT!!

  • jpurnomo says:

    Salam sukses semuanya…

    Kalo dikantor saya sih biasanya minimal setahun sekali ada pelatihan2 kaya gini…
    Tapi hampir dan selalu pasti, paling efektif perubahannya sampe 3 bulan, setelahnya kembali normal seperti biasanya sebelum ada pelatihan.

    Menurut saya ini nggak cuma dikantor saya aja, di kantor / instansi yg lain juga hampir mirip kalo gak mau dibilang sama…
    Kebanyakan orang seneng pelatihan bukan karena materinya, tapi karena faktor jalan2nya dan 1 lagi krn sertifikat….. (saya termasuk gak ya?..hehehe – mudah2an gak)

    Materi yang bagus tanpa diimbangi niat dihati yang lurus, jadinya ya.. begitulah.
    Padahal kantor / instansi sudah mengeluarkan dana yg gak sedikit.

    Trims, Artikel yang bagus, anda mau jadi motivator ya mas?.. dari style-nya sih kayanya iya…hehehe. mudah2an deh..

  • Wawan Purnama says:

    Pokoknya kita ga boleh kasih kesempatan “si tuan pesimis” datang ke diri kita. Titik

    Mas arif, mohon izin, pada artikel baru saya pada awal tulisan saya ceritakan sedikit proses menulis blog yang pernah Anda sarankan, silahkan berkunjung :

    Penikmat artikel blog :
    http://wawanpurnama.com/2008/12/14/seberapa-cepat-kita-menulis-artikel-blog/

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Yang mana itu mas? saya udah lupa. Btw silahkan bila itu bisa membantu dan bermanfaat bagi orang lain.

  • arief maulana says:

    3 bulan itu udah bagus Pak. Yang saya tahu biasanya efek dari sebuah pelatihan hanya bertahan 2 minggu aja. Maka dari itu untuk membangun kualitas diri yang bertahan sepanjang masa, perlu niat dan motivasi dari dalam diri.

    Kalau sudah motivasi dari dalam diri untuk berubah kuat, maka pelatihan-pelatihan pengembangan diri akan menjadi akselerator yang luar biasa.

  • onabunga says:

    Sepakat Mas. Hidup terkadang tak mau tau dengan kemampuan kita. Mau ga mau ya harus terus berkembang untuk menyelaraskan dengan tuntutan hidup.

    btw matur tengkyu sudah berkunjung ke blog saya. tolong dievaluasi nggih. thanx juga sudah menautkan di link. tapi namanya digandeng itu Mas. jadi Onabunga. bukan Ona Bunga. terima kasih….

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Udah dibenahi tuh dik Ona… ^o^

  • sumar tono says:

    Pengembangan diri memang tidak hanya harus dilakukan oleh mereka yang sedang kuliah aja. Seperti saya ini yang sudah kerja offline, lulus S1 tahun 2004 berarti sudah 4 tahun tidak menghirup baunya kampus. Namun merasa masih kurang dalam pengembangan diri.
    Ternyata untuk sukses di dunia offline tidak hanya dibutuhkan kepintaran atau kecerdasan IQ, tapi faktor kecerdasan emosi (EQ) lebih dominan. Tapi terkadang ada sekat lain yang susah kita tembus yaitu sifat like and dislike pada diri atasan.

  • zams says:

    Wah komennya panjang-panjang.. he..he.. Memang waktu sekolah harus dimanfaatkan untuk hal yang positif, biar gak nyesel…

  • elly.s says:

    lha..kalo ibu2 kayak aq piye?

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Banyak jalan mengembangkan diri bu.
    Anda bisa mulai dengan membaca buku-buku pengembangan diri, atau mencari informasi pengembangan diri di internet. Nah, untuk penerapannya memang biasanya menunggu situasi yang mendukung. Namun, sisi positifnya, Ibu bisa mengajarkan kepada anak-anak bagaimana cara mengembangkan diri sejak dini.

    Jadi andaikata ibu “terlambat” berkembang, anak-anak tumbuh menjadi orang luar biasa…

    Semoga bisa menjawab.

  • adif says:

    Salam kenal mas Arief,

    Saya ini termasuk masih baru dalam hal internet secara umum.
    klik sana klik sini ketemulah blog mas Arief,saya buka blog nya,saya baca artikelnya,memang cocok dengan saya selama ini,artinya saya mencari artikel yang mengarah ke motivasi pribadi,untuk pengembangan diri dan orang lain.

    sampe2 saya bookmarks tuh blog mas Arief.
    Saya selain minat dipengembangan diri(saya pernah ikuti seminarJim Gwee,TDW , saya koleksi juga buku motivasi kaya: the 8 th habit,JC Maxwell,RT Kiyosaki dll) paling tidak untuk saya pribadi dulu,baru berbagi dg yg lain,saya juga minat dibidang kesehatan,kedokteran,MLM .

    Ok deh mas segini aja dulu coment saya,salam sukses dari saya

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Sepertinya kita satu visi dan misi neeh mas…
    subscribe aja emailnya di side bar blog. Ntar kalo ada info terbaru dari blog ini bisa update.

  • info seminar says:

    kembangkan kemampuan diri. Setuju!!
    Ini artikel bener2 “membakar” di hari Senin yang mendung ini

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Sama Pak… ditempat saya juga mendung. Jadi agaka rasen2 mau ke kampus…

  • Kamalul Fikri says:

    Terlebih dahulu saya ucapkan salam kenal buat Mas Arief.
    Artikelnya bagus sekali, sangat mengena di hati. Memang betul apa yang Mas Arief katakan, bahwa kemauan untuk meningkat kemampuan diri adalah satu hal yang wajib ada pada diri seseorang, apakah dia bekerja di perusahaan pemerintah ataupun swasta. Di perusahaan tempat saya bekerja, kemauan untuk meningkatkan kemampuan diri merupakan salah satu kriteria penting bagi karyawan yang mau dipromosikan ke posisi jabatan yang lebih tinggi, disamping kedisplinan, kerajinan, team work, dan lain sebagainya. Marilah kita mulai kembangkan diri, karena tidak ada kata terlambat untuk memulai bagi orang memiliki pikiran positif. Semoga.

  • fadly says:

    iya neh komentarnya pada panjang2.
    tapi itu bagus. artinya pada serius semua baca artikel mas Arief.

    salam sukses semuanya

  • arief maulana says:

    Terima Kasih mas Kamalul Fikri…
    Informasi Mas bener-bener berguna dan membuka cakrawala rekan-rekan yang akan terjun di dunia kerja…

    Sering-sering main kesini ya mas.

  • slamet TB says:

    Salam kenal mas.Sebuah artikel yang bagus dan bisa menjadi inspirasi bagi siapa saja yang ingin merubah hidupnya. Saya juga baru belajar untuk sukses mas.bisa kasih saran untuk blog saya. Saya sangat tertarik dengan dunia inspirasi dan motivasi. Maaf saya memang belum posting apa2.Insya Allah tidak lama lagi saya akan posting artikel artikel tentang inspirasi dan motivasi.salam sukses terus mas…

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Wah wah wah… tambah saingan lagi neeh. Hehehehe… ^o^
    Tapi ngga apa-apa saya senang kok kalau motivator-motivator baru pada bermunculan. Yang Indonesia butuhkan adalah orang-orang yang bisa memotivasi dirinya sendiri dan orang lain untuk bisa sama-sama sukses…

  • slamet TB says:

    Ah mas arief bisa aja.Saya ga ada apa apanya dibanding dengan mas arief.Prinsip sy menyebarkan ilmu kepada orang lain kan jauh lebih berharga daripada kalau dipendam untuk diri sendiri.salam sukses

  • arief maulana says:

    Sebenarny bukan karena artikelnya mas fadly, tapi justru rekan-rekan yg comment disini saya yakin punya potensi yg luar biasa untuk mengembangkan dirinya.

    Buktinya mereka semua punya kisah bahkan kiat masing-masing untuk bisa tumbuh dan berkembang menjadi orang luar biasa.

    Karena sukses adalah hak setiap orang

  • TE-O-PE BE-GE-TE abis…blognya rame!
    Man Jadda wa jadda…
    You’re special now…

  • arief maulana says:

    I’m not special mas…
    I just ordinary man who have high spirit to learn. Just it.
    Not like you who have so many experience.

    I think I must learn much more to you…

  • Lho to…usia kita selisih 6 th. But, njenengan cepat belajar…
    Berarti di usia 30 th saya yakin njenengan akan mendapatkan impian yang dicita-citakan.
    Learn from the best….menjadi yang tebaik.

    ________________________________________________________

    Sopo wonge….kang ora seneng sukses. Hayyo..?

    Mas arief usia 30 th —-> saya 36 th, hihihihh..tambah tuwo saya….
    Semakin berkurang jatah hidup kita ini…

    Selanjutnya mau apa? Kalo bukan hanya meninggalkan sebuah karya besar…

  • arief maulana says:

    Bener banget mas… jangan sampai kita meninggalkan dunia ini begini-begini aja.
    Download berbisnis dengan hati mas di page free to you.

    Buku itu bagus banget untuk membentuk spiritual marketer top.

  • thanks..dah tak masukke sekalian di blog saya…

  • Mohon maaf saya ikutan nimbrung komen, oleh judulnya yang menggelitik ingin berbagai.

    Memang benar adanya bahwa pengembangan diri, walau diawali dari yang paling sederhana, MUSTI DILAKUKAN.

    10 bulan yang lalu, saya menekuni bisnis afiliasi dengan menjual Formula Bisnis. Walau relatif kecil, telah nyata mengenyam bonusnya. 3 Bulan ini saya kembangkan untuk fokus di Internet Business Global. Eh ga tauya, pengembangan diri ini bedampak sangat luar biasa. Berteman, belajar, dan berjualan dengan sesama Internet Marketer di seluruh dunia.

    Alhasil, Alhamdulillah … dengan modal terus berbenah diri, keyakinan maju dan menjadi kredibel, dan mantab beristiqomah, adalah sarana utama untuk meraup dollar se-banyak2nya!

    Sukses untuk Anda
    ilitasberteman

  • yugin says:

    Pengembangan diri, terkadang manusia selalu bermasalah dengan pengembangan diri sendiri tetapi jika kita sudah berkomitmen kita akan menjadi orang yang besar.

    saya mempunyai pengalaman soal ini,
    saya mempunyai seorang teman satu angkatan di perusahaanku, mulai dari bawah bersama-sama namun karirnya melesat cepat dibandingku,

    Kesuksesan meninggalkan petunjuk.
    jadi tak segan-segan aku bertanya : Dia menjawab Rahasia kesuksesan dia adalah dia selalu mencari kata-kata pembangkit ketika dia drop, dia sering belajar dari kegagalan dan mengembangkannya, dia selalu belajar hal yang baru dan dia melakukan pekerjaan sepenuh hati bahkan melebihi dobdest.

    dia bagaikan kecambah yang tumbuh menjadi pohon sehingga memecahkan toples, sekarang sahabatku ini telah pindah di perusahaan terkenal dengan gaji yang sangat besar.
    Rupanya Rahasianya karena dia lebih banyak mengembangkan diri dibanding teman-teman sekantornya,Salut pada orang-orang yang berusaha mengembangkan diri,

    salam sukses

  • Tjandra Danny says:

    Buat selalu nilai tambah dalam hidup, biar kecil tapi ada nilai tambah.
    sekecil apapun dan sekecil apapun perubahan dari kita akan meningkatkan nilai tambah buat kita.

    Pengembangan diri merupakan nilai tambah kita dalam hidup.
    pernah ketemu gak dengan orang usianya baru 20 th tapi sikap,cara ngomong, dsbnya seperti orang dewasa(red.bukan di buat2), itu karena orang tersebut memiliki pengembangan diri yang lebih daripada orang di usia yang sama.

    sukses selalu

  • Pingback: Aku Manusia Luar Biasa | Blog Motivasi Arief

  • hade says:

    Dari 3 artikel yang saya baca, ketiganya baru saja selelsai saya update atas diri saya.
    Bentar lagi nggantiin Mario Teguh nih Mas Arief…:-)

    ARIEF MAULANA menjawab :

    Mudah-mudahan… amin! hahaha…

  • Pingback: Blogging For Education | Blog Motivasi Arief

  • Golden Gold says:

    Kesuksesan meninggalkan petunjuk.
    jadi tak segan-segan aku bertanya : Dia menjawab Rahasia kesuksesan dia adalah dia selalu mencari kata-kata pembangkit ketika dia drop, dia sering belajar dari kegagalan dan mengembangkannya, dia selalu belajar hal yang baru dan dia melakukan pekerjaan sepenuh hati bahkan melebihi dobdest.

    dia bagaikan kecambah yang tumbuh menjadi pohon sehingga memecahkan toples, sekarang sahabatku ini telah pindah di perusahaan terkenal dengan gaji yang sangat besar.
    Rupanya Rahasianya karena dia lebih banyak mengembangkan diri dibanding teman-teman sekantornya,Salut pada orang-orang yang berusaha mengembangkan diri,

    salam sukses

    puisi ini persis sebuah cerita nya dimana temen saya dari medan yg berhasil meningkatkan penjualan hingga 2 kali lipat….
    melalui sebuah program Very Incredible Programme (V.I.P) : “TRUE RICHES WITHIN”… oh ya bagi teman2 yg ingin tau lebih banyak tentang VIp ini bisa liat di http://www.vipone.co.cc

  • Pingback: Blogging For Education | ARIEF MAULANA .com

  • Pingback: Berinvestasi Untuk Sukses | ARIEF MAULANA .com

  • Pingback: Gagal 3 Kali, Akhirnya Berhasil Juga | ARIEF MAULANA .com

  • Pingback: Percayalah, Anda Sungguh Bernilai | ARIEF MAULANA .com

  • aerka says:

    Ibarat komputer, kemampuan akademis ibarat hardware dan pengembangan diri ibarat software nya. Salam kenal

  • Pingback: Efektivitas Personal Brand Building Dengan Blog (2) | ARIEF MAULANA .com

  • Pingback: Bagaimana Menyikapi Masalah Dalam Hidup Kita | ARIEF MAULANA - The Next Success Leader

  • Pingback: Cara Sederhana Mengembangkan Diri | ARIEF MAULANA | Success Is The Way Of My Life

  • lianawati Natawijaya says:

    WAH SDH LAMA SAYA CARI POSTINGAN MAS KOG VACUUM RINDU JUGA BERDISKUSI EH MAKIN MANTAP MAS IBARAT TANAMAN KALAU TAK BERKEMBANG KAN JADI BONSAI INILAH HIDUP HARUS KREATIF DAN INOVATIF SETUJU…….SUKSES

  • adif says:

    Bahasannya “pengembangan diri” ya mas, saya suka ituuu.
    Pengalaman saya, untuk pengembangan diri,saya suka baca buku2 motivasi,apapun judulnya,saya baca,kalau ga beli ya nongkrong ditoko buku itu sambi baca,atau cari ebook motivasi,ebook pengembangan diri di internet,banyak koq gratis lagi.
    satu hal,kalau kita berpikir positip,akan menghasilkan tindakan positip,terus jadi karakter positip,terus semuanya menyebabkan perubahan pada nasib/keadaan kita.
    jadi nasib kita berubah karena cara berpikir kita berubah.
    satu lagi bergabunglah dengan orang-orang yang sevisi,yg sama2 menyukai perubahan,bukan orang2 yang stagnan,sebab akan ngaruh juga.
    Betul mas Arief?,mohon ma’af bila salah.

  • dg-studio says:

    tempat kerja saya bosnya termasuk tipe kompeni.
    kalao ada anak buahnya punya nilai lebih, akan diperalat buat kepentingan sendiri. dikasih tugas berat-berat, ujung-ujungnya uangnya diambil sendiri.

    maka dari itu saya sering pura-pura bodoh.
    biar gak disuruh macem-macem, yang penting gaji lancar.

    moga-moga bisa dapat kerjaan yang lebih baik didepan.

  • Dedi Nugraha says:

    Memang betul Pak, pengembangan diri sangat penting. Mudah- mudahan kita senantiasa diberi petunjuk terus oleh Allah, untuk terus berbenah. Amin

  • Pingback: Aku Manusia Luar Biasa | ARIEF MAULANA | Success Is The Way Of My Life

  • Pingback: Efektivitas Personal Brand Building Dengan Blog (2) | ARIEF MAULANA | Success Is The Way Of My Life

  • RaRa Wulan says:

    Artikelnya mantap jaya…
    saya jadi tergugah untuk lebih mengembangkan diri saya lagi maz ..
    kebetukan saya sudah bekerja jadi pengembangan diri buat saya sangat penting ..
    makacih maz artikelnya sudah membuat saya ingin mengembangkan diri lagi
    :hihi:

    arief maulana Reply:

    Terima kasih. Memang sudah seharusnya kita selalu berkembang. Jangan sampai usia membuat kita malas untuk menjadi manusia yng lebih baik. Sala kenal!

  • Pingback: Manfaat Mengasah Kemampuan dan Menambah Wawasan Secara Rutin | ARIEF MAULANA.com

  • msaadsikir says:

    Alhamdulillah,..Saya setuju dengan jalan pikiran Mas Arief melalui artikelnya, dan sudah barang tentu sejalan dengan firman Allah bahwa

    ” Allah tidak merubah nasib sesuatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang merobahnya ” karena itulah mungkin Allah merahasiakan setiap Takdir Hambanya, agar Ikhtiar dan berusaha itupun selalu ada dari hamba itu sendiri Mas.

    Dalam konteks pengembangan diri, mungkin hampir semua orang apalagi kalau dia karyawan atau pegawai(negeri)misalnya yang meniti kariernya, tentu selalu saja ingin terus maju dan melaju.

    Tapi tidak jarang seseorang itupun mengalami hambatan ataupun kendala dalam meniti karier tersebut oleh tidak berfungsinya sistem yang ada di dalam satu institusi misalnya, akibat dari oknum yang mampu memutar balikkan fakta karena berbagai pengaruh, semisal pengaruh politik ataupun kesewenang-wenangan oknum yang duduk sebagai pejabat yang berkompoten di bidangnya.

    Jujur saya katakan bahwa sebenarnya aturan dan mekanisme yang ada sudah bagus, bahkan kita dapat mengembangkannya lebih baik lagi.Tapi yang menjalankan atau pelaksana dari mekanisme,aturan dan sistem yang ada kebetulan di plesetkan oleh oknum yang moralnya hancur Mas,maka teori yang kita dapatkan di dalam pendidikan maupun pelatihan menjadi jauh panggang dari pada api dalam aplikasi di lapangan.

    Saya punya sedikit pengalaman ataupun kenangan menjadi seorang amtenar yang maaf sampai saat ini masih aktif di suatu institusi. Menurut saya, keadaan di suatu era yang lalu akan berbeda dengan era saat ini, Nah tiap oknum memiliki kinerja yang berbeda pula. Jadi pengembangan jati diri itu memang perlu asal saja disertai ahlak yang bermoral.

    Sekarang ini buanyak oknum pejabat yang mengembangkan jati dirinya hanya sekedar memperbaiki status sosialnya saja tanpa memiliki budaya rasa malu sebagai koruptor dan membodohi serta membohongi rakyat.Nauzubillah.

    Mungkin udah terlalu banyak bintang sehingga perang bintangpun tak terelakkan.Untung Matahari hanya satu demikian pula bulan he he he he he he he. Lebih baik Mas Arif jadi Mataharinya dan aku jadi Bulannya ya Mas?.hahahahahaha Mas Arief Jangan marah ya? :ngakak:

  • Pingback: Cara Sederhana Mengembangkan Diri | ARIEF MAULANA.com

  • Pingback: Aku Ingin Menjadi Luar Biasa | Muhammad Risal.Com

  • Pingback: Bagaimana Menyikapi Masalah Dalam Hidup Kita | ARIEF MAULANA.com

  • Pingback: Ikutan Seminar, Tidak Pernah Rugi | ARIEF MAULANA.com

  • Pingback: Membangun Paradigma Positif | ARIEF MAULANA.com

  • Pingback: Review Buku You Are LIKEable | ARIEF MAULANA.com

  • Pingback: Percayalah, Anda Sungguh Bernilai | ARIEF MAULANA.com

  • Rizky Zakariya says:

    Haduuu,,,,,,kayaknya hidup saya bakal susah.

    apa yang musti saya lakukan???
    saya masih SMA.
    kuper,tertutup T_T

    arief maulana Reply:

    @Rizky Zakariya, lah susah kenapa? Justru masih SMA ini dong dikembangin. Belajar bergaul biar ga kuper dan tertutup.

  • sangat penting sekali mas
    reseller hosting recently posted..Hello world!My Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 388,366 bad guys.

Advertisement

Daftarkan diri Anda di newsletter saya secaca GRATIS & saya akan berikan informasi yang akan membantu bisnis pertama Anda, mulai dari sekarang.

First name

E-mail address

Privasi Anda sangat penting buat saya & Anda boleh mengundurkan diri setiap saa.t

Kategori Tulisan
Arsip