Pencapaian Selama Tahun 2011

Oleh : Arief Maulana

Resolusi Akhir Tahun
Resolusi Akhir Tahun

Akhir tahun. Biasanya salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah membuat resolusi tahun berikutnya. Perubahan apa saja yang ingin dilakukan, goal-goal apa yang ingin dicapai, dan sebagainya. Mungkin juga termasuk Anda, pembaca blog ini.

Bagaimana resolusi Anda tahun 2010 dulu? Apakah semua tercapai di tahun 2011 ini? Ataukah sama seperti tahun-tahun sebelumnya, menjadi sebuah deretan tulisan tanpa makna, tulisan yang berlalu dan terus menjadi tulisan dari tahun ke tahun.

Well, daripada berusaha keras membuat resolusi yang berhasil tapi tidak dilaksanakan mendingan membuat resolusi akhir tahun yang pasti GAGAL. Kebetulan teman saya, Coach Tjia Irawan sudah menuliskannya dalam satu artikel tentang “Cara Sukses Membuat Resolusi Akhir Tahun Yang Pasti GAGAL”. Saya serius loh ini.

Tulisan kali ini saya memang tidak tujukan untuk berbagi soal tips-tips membuat resolusi akhir tahun. Saya hanya ingin sharing apa saja pencapaian saya selama tahun 2011 ini.

Tidak semua resolusi akhir tahun yang saya buat tercapai. Tapi tidak ada satupun goal yang tercapai, tanpa saya pernah menuliskan atau memimpikannya terlebih dahulu.

Anda percaya the power of dream? Saya PERCAYA! 

Guest Speaker : Blogging and Personal Branding

Setelah tahun lalu saya menjadi pembicara dalam seminar motivasi, maka di tahun 2011 saya menargetkan kembali menjadi pembicara dalam bidang blogging dan personal branding. Sedikit meleset pencapaian saya, tapi alhamdulillah… setidaknya nama saya sempat “berkibar” lewat dua media :

Bekerja Di Classification Society

Ini adalah salah satu dream saya ketika masih duduk di bangku kuliah. Tahun 2010, selepas wisuda saya menargetkan bisa bekerja di Biro Klasifikasi Indonesia (BUMN). Sayang waktu itu belum kesampaian, dan ternyata itu adalah jalan lain untuk mewujudkan dream yang lain lagi, bekerja di perusahaan Marine Consultant. Akhirnya pada akhir tahun 2010, saya membuat goal bisa masuk dan bekerja di BKI pada tahun 2011. Alhamdulillah… Agustus 2011, saya resmi bekerja di BKI.

Classification Surveyor
Classification Surveyor

Kopdar Dengan Para Spesialis Marketing

Saya tidak menuliskannya secara detail, tapi yang jelas saya menuliskan bahwa di tahun 2011 akan bertemu dengan para pakar marketing yang expert di bidangnya. Alhamdulillah tahun ini saya sudah bertemu dengan 3 pakar marketing :

  • Mashengky, Pebisnis yang memiliki beberapa bisnis sekaligus. Founder dari Kunci Management. Sudah lama saya ingin bertemu dengan Mashengky, namun baru kesampaian di Januari 2011.
  • Andry Sianipar, international marketer dari perusahaan swasta di Bali sekaligus founder dari sebuah bisnis yang tengah dibangun di Jakarta. Saya bertemu dengan Mas Andry September 2011.
  • Aeres M. Sofida a.k.a Mbafi atau Mbak Fifi, diamond dari salah satu perusahaan MLM internasional. Kalau bukan karena kemampuannya memasarkan produk dan juga leadership yang bagus, tentu tidak akan duduk di posisi diamond. Saya bertemu dengan Mbak Fifi November 2011.

Membuat Web Penjualan

Bermain di area affiliate marketing itu sudah biasa. Saya biasanya menggunakan website replika milik affiliate merchant dengan hanya mengganti link affiliatenya dengan URL Redirect. Namun ada keinginan waktu itu di akhir tahun 2010 untuk membuat satu web penjualan yang menjual produk real, bukan semata-mata ebook atau panduan bisnis internet seperti yang sekarang ini. Ketika itu, saya belum tahu produk apa nantinya yang akan dijual.

Menjelang akhir tahun, akhirnya saya mendapatkan produk real yang akan saya jual. Saya pun membangun website penjualannya dengan sistem semi dropshipping. Artinya supplier sudah ada dan siap kirim barangnya langsung. Saya perantaranya yang menjual langsung dari web penjualan pribadi.

Alhamdulillah… awal Oktober 2011, situs penjualan saya launching dan sekarang sudah mendapatkan beberapa customer dari sana. Silahkan kunjungi di www.ProgramDIETMudah.com.

Program Diet Mudah
Web Program Diet Mudah

Menerbitkan Buku “You Are The Best Motivator”

Ini adalah salah satu resolusi saya yang sempat tertunda. Pada waktu itu, saya berharap bisa menerbitkan buku You Are The Best Motivator di akhir tahun 2010. Isinya saja berisi kumpulan tulisan pilihan di blog ini sejak tahun 2008 s/d 2010. Yang bikin lama adalah proses editing yang tentu saja saya lakukan sendiri demi menyesuaikan kondisi saat ini. Alhamdulillah… November 2011, buku saya terbit melalui NulisBuku.com.

Berat Badan 80 kg.

Terdengar konyol, hahaha… tapi ini juga masuk dalam resolusi saya di tahun 2010 yang lalu. Saya menyadari bahwa tubuh sudah sangat overweigth dan sangat tidak sehat. Tapi ya gitu mau mulai diet kok ya malas betul. Kayanya hopeless dan hanya sekedar menjadi resolusi yang tetap dari tahun ke tahun.

Alhamdulillah… akhir Bulan Desember 2011 berat badan saya di bawah 74 kg. Saya berhasil turun kurang lebih 17 kg dari berat badan semula, 91 kg. Start program diet mulai dari akhir Bulan September 2011. Pun gaya hidup saat ini sudah lebih baik dan lebih sehat. Good bye migrain, maag, masuk angin, and cepet capek. :D

Itu saja resolusi tahun 2010 lalu yang berhasil saya capai di tahun 2011. Ini hanya yang nampak dan cukup besar bagi saya. Kalau yang kecil-kecil, lumayan banyak lah. Yang jelas semua harus disyukuri. Tanpa bantuan Allah, semua usaha ini mungkin tidak akan membuahkan hasil yang maksimal.

Reach Your Goal
Reach Your Goal

Dan saya mohon maaf, bukan bermaksud pamer. Saya justru berharap kita semua jadi termotivasi untuk mengejar goal-goal baru ataupun resolusi akhir tahun yang sudah dibuat di penghujung tahun 2011 ini. Meski simpang siur kiamat 2012 makin ngga jelas berhembus, itu urusan nanti. Yang penting, perjuangkan semua mimpi-mimpi Anda sampai saat-saat terakhir. See, pencapaian saya kebanyakan justru menjelang akhir tahun. Hehehe…

Oh ya, jangan cuma sekedar buat resolusi belaka. Coba dievaluasi. Apa saja resolusi tahun lalu yang tidak tercapai dan apa kira-kira penyebabnya. Jadi, kalau mau diteruskan di tahun 2012 kita sudah tahu celah-celah keberhasilannya dimana. Banyak juga soalnya yang doyan bikin resolusi gagal tanpa mengevaluasi penyebab kegagalannya.

Akhir kata, semoga bermanfaat untuk kita semua. I Believe In Dream…

 

  1. Ada sampai 6 resolusi, ya Mas? Banyak juga pencapaiannya di tahun 2011. Kalau saya malah tak pernah menuliskan resolusi saya satu pun di tahun 2010 maupun tahun ini, Mas.

    Kalau dibilang hidup tanpa resolusi kayaknya gak mungkin, ya? Sebetulnya ada, sih dan saya lebih memilih tidak menuliskannya tapi langsung praktek saja. Saya berprinsip yang penting hidup harus growth saja. Kita harus bertumbuh dengan melakukan banyak continuos improvement setiap hari. Dan perimbangannya tentu tetap menjalani hidup dengan mengalir seperti air.

    Entah kenapa saya cenderung memilih prinsip hidup seperti yang dijalani (gaya) Bob Sadino. Hidup mengalir saja tanpa harapan dan tanpa rencana.
    Joko Sutarto recently posted..Maaf, Saya Harus Memecat Citibank Dari Daftar Bank SayaMy Profile

  2. Memang tidak semua yang kita rencanakan berjalan sesuai rencana, tapi paling tidak ada banyak hal yang bisa dicapai bahkan mungkin itu diluar perkiraan dan rencana tahunan yang sudah di buat dan direncanakan sebelumnya,sukses terus ya Mas GBU.

  3. assalam.salam kenal mas arief.alhamdulilah yah,banyak goal yang sudah di capai mas arif,berharap saya pun bisa mengikuti jejaknya untuk tahun baru ini.salah satu dream tahun ini ,ingin benar2 jadi seorang blogger.karena ini baru memulainya,so mohon dukungan n doa nya mas arief. .. .

  4. Seneng juga membaca keberhasilan mas Arief, semoga kecipratan. Aku sendiri merasa senang dengan pencapaianku, walaupun tidak maksimal karna sibuk dengan kegiatan offline. 8 bulan mulai ngeblog, aku cukup puas. Alhamdulillah. Dan tetap optimis dengan usaha, tawakal dan do’a akan semakin baik. Insya Allah.
    Rohiman recently posted..Ini Resolusiku, Apa Resolusimu?My Profile

  5. Catatan pencapaian yg bagus. Dan menurut saya, dengan membuat catatan pribadi seperti di atas kita akan tahu telah sampai di mana kita, dengan melihat peta besar yg kita punya.

    Selamat Mas, semoga berkah Alloh SWT selalu menyertai.

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,533 bad guys.