Pemula, Sebaiknya Mulai Dengan Membangun Blog

Oleh : Arief Maulana

Membuat Blog

Kian hari, saya melihat bisnis internet di Indonesia semakin berkembang. Para pebisnis yang menyediakan panduan bisnis internet pun semakin banyak. Ada yang panduannya memang berkualitas, namun tidak menutup mata juga kalau ada panduan yang “ecek-ecek” ala kadarnya. Otomatis arus informasi pun tak terbendung lagi.

Dengan arus informasi sederas itu, masih banyak juga teman-teman yang baru terjun di bisnis internet mengontak saya pasca mereka bergabung dalam free membership newsletter saya. Pertanyaannya standar, bisnis apa yang cocok untuk pemula atau barangkali apa langkah pertama yang mesti dilakukan oleh seorang pemula jika nantinya ingin serius di bisnis internet.

Saran pertama yang biasa saya berikan adalah mulailah dengan aktivitas blogging. Buat sebuah blog kemudian mulailah menulis di blog tersebut. Untuk awal terserah, bisa menulis apa saja. Seiring dengan berjalannya waktu, blog bisa dibenahi baik dari segi desain blog yang profesional ataupun kontennya.

Kenapa harus ngeblog? Pertama, seorang pebisnis internet identik dengan memiliki sebuah website. Dan salah satu bentuk website yang paling mudah untuk dibuat oleh para pemula adalah blog. Disamping itu ada beberapa manfaat juga yang pernah saya tuliskan di postingan terdahulu (bisa Anda baca kembali), diantaranya dengan blog kita bisa :

  1. Menambah pengetahuan (blogging for education). Bukan hanya untuk pembaca kita, tapi justru kitalah yang juga akan ikut bertambah pengetahuannya.
  2. Membangun identitas dan pesona diri (blogging for branding).  Dengan blog Anda bisa membangun jati diri dan identitas ingin dikenal sebagai profesional dalam bidang apa di bisnis internet.
  3. Membangun pundi-pundi penghasilan (blogging for business). Yang ini ngga usah dijelasin juga udah jelas yah.

Untuk mulai ngeblog, Anda bisa memilih. Bisa cara gratisan atau cara berbayar. Pilih yang pas di hati saja. Kalau gratisan ada blogger.com atau wordpress.com. Catatan kecil, kalau Anda ingin menjadikan blog sebagai mesin uang dengan cara gratisan, sebaiknya menggunakan blogger.com. Karena kalau tidak salah di TOS wordpress.com ada ketentuan yang tidak memperbolehkan blog ini dengan tujuan komersil. Dengan kata lain tidak bisa dipasang “program penghasil uang”.

Alternatif lain, Anda langsung praktek membuat blog yang berbayar. “Keluar duit dong?” Ya jelas! Cara ini butuh sedikit modal. Kalau memang dana terbatas, Anda bisa menggunakan hosting berbayar di Kunci Host. Ada paket yang murah meriah disana. Apalagi di bulan Ramadan ini ada promo istimewa, gratis domain seumur hidup. Jangan lewatkan kesempatan tersebut. Kalau panduannya, Anda bisa dapatkan di Café Bisnis. Free member dapet panduan wordpress hosting berbayar gratis. Kalau Anda upgrade membership ya dapetnya lebih banyak, termasuk ilmu SEO (Search Engine Optimization).

Mau langsung ngetop dalam waktu singkat dari blog? Silahkan sering-sering berkunjung ke blog teman saya, Agus Siswoyo. Kebetulan baru launching juga ebook “3 Langkah Menjadi Selebblogger”.

Kalau membuat blog sudah bisa dan Anda sudah mulai rutin memposting artikel disana, barulah fokuskan ke bagaimana caranya blog Anda bisa menghasilkan duit. Ada banyak kok, mulai dari bisnis PPC, paid review, affiliate marketing, dll. Intinya sekalinya ngeblog dapet duit juga. Coba baca lagi artikel saya “2 Model Bisnis Internet Yang Direkomendasikan”.

Jadi kalau Anda belum punya blog tunggu apalagi? Segera buat blog pertama Anda dan mulailah membangun kerajaan bisnis internet Anda dari blog.

Salam Sukses,
arief maulana
space

  1. Agus Siswoyo says:

    Patut disadari oleh kawan-kawan pemula, tidak ada cara pintas untuk langsung menjadi terkenal dan mendapatkan aliran uang tanpa henti ke rekening Anda. Bahkan Sistem Mesin Uang Otomatis pun bukanlah jaminan kesuksesan Anda. Semuanya butuh proses.

    Termasuk juga Ebook yang saya tulis pun tidak menjamin Anda akan sukses menjadi blogger yang diperhitungakn keberadaannya (sengaja saya tidak memakai istilah seleblogger-pen).

    Kesuksesan ngeblog Anda ditentukan oleh seberapa besar komitmen Anda membangun personal branding pada bidang tertentu, mempromosikan potensi yang dimiliki secara wajar dan yang terakhir adalah keluwesan membangun interaksi dengan kawan-kawan lain dari dunia maya.

    • @Agus Siswoyo,
      Kuncinya, jadikan blog dan tulisan-tulisan kita tidak pasaran (alias unik). Untuk pemula, sering-sering nulis aja deh kuncinya. Tidak ada yang lebih sakti dari itu untuk membentuk karakter via blog :hihi:

      • Agus Siswoyo says:

        @iskandaria, habis di tulis, jangan lupa di promosikan ya. Bisa melalui blogwalking ataupun submit ke sosial media yang terbukti ampuh mengalirkan traffic blog.

        Kalau nggak mau me-marketing-kan potensi diri, segala abillity (kemampuan) bisa menjadi disabillity. Kalau gitu kan eman-eman. Sudah nulis panjang lebar tapi nggak ada yang baca. Hehehe…

          • Agus Siswoyo says:

            @adi priyadi, sosmed yang cocok itu relatif. Tiap blogger punya kecenderungan gaya interaksi yang berbeda-beda. Ada yang suka online di facebook, ngetwit di twitter atau justru masih betah di friendster.

            Kalau mau lebih detail, cek aja AwStat blog Anda. Nanti ketahuan sosmed mana yang memiliki andil besar dalam menyumbang traffic blog. Kalau sekiranya facebook nggak begitu produktif untuk aktivitas blogging Anda, saya menyarankan untuk tutup akun aja, seperti saya. hehehe…

          • @adi priyadi, intinya sih manfaatkan social networking site seperti :
            – twitter
            – facebook, dll

            Social bookmarking site seperti :
            – lintasberita.com
            – infogue.com, dll

            Bahasa kasarnya, berikan banyak pintu menuju blog kita :sip:

  2. Novianto Syahmud says:

    Saya pikir dulu juga gitu..karena dari blog semua berawal..pembangunan branding diri juga dari blog..karena netter yang berada jauh diseberang sana hanya bisa mengenal kita dari blog kita :))

    Semoga komennya ngk membingungkan :toast

  3. nhaaa…ini dia…
    pas men to mas arief ni…
    meski sebenarnya nggak ada kata ketinggalan kereta…ni kebetulan saya juga baru mulai lagi nih mas..bikin blog berbayar….ee jebulnya murah ya…
    jd inget kenangan jaman dulu he-he. saling berebut comment di blognya JS.
    Nice post, lanjutGan!

  4. mantap.. tapi jelas kalau newbie biasanya kurang memperhatikan hal kecil mereka langsung menuntut hal yang besar dalam bisnis online atau branding melalui blogging.. semua artikel ini bisa menyadarkan newbie biar memulai dari 0 karir dunia mayanya

  5. mas arief…

    baru aja aku selesai buat blig.
    terima kasih atas dukungan dan motivasinya….
    dilandasi dengan niat dan doa plus ACTION, semoga blog saya bisa memberi manfaat,amin,,,,,

  6. Rata-rata pemasar internet memang berusaha membangun brand, trust, serta kredibilitasnya melalui media blog. Tidak harus dengan tema bisnis online dulu untuk mengawalinya. Yang penting nikmati dulu menulis yang disukai. Nanti lama-lama kan terbentuk tuh karakternya :hihi:

    • @Dhian, gpp wajar kok kalau baru ngeblog. Tulisan saya di awal jg kaku. Ga usah mikir tulisan disukai / tidak disukai.

      Yang penting Anda menyukai dulu tulisan anda. Lambat laun kalau terus-terusan menulis kualitas akan terbentuk. Banyak2 saja membaca :)

    • luthfi fuadi says:

      @bisnis di rumah, terus belajar dari para master bisnis online..hehe banyak peluang bisnis online di blog ku juga..hehe
      berkunjung ya

  7. Betul mas, jika diibaratkan, blog itu seperti passport atau kartu pengenal kita ketika memasuki ranah bisnis online. lalu bagaimana orang bisa tau kita jika tidak kenal..

    Saya sendiri juga memasarkan bisnis melalui media blog, walapun sampai saat ini tak jarang masih “menuhankan” mood untuk menulis di blog seperti yang Anda sebutkan pada artikel Anda..

    sperti yang dikatakan orang bijak, bahwa kita tidak akan tau dimana kesalahan kita jika tidak pernah mencoba…

    lebih baik gagal setelah berusaha daripada berusaha gagal sebelum mencoba..

    oke mas, mudahan nyambung ya quote-nya itu he3x..salam kenal..
    :toast :iloveindonesia

  8. luthfi fuadi says:

    baru bisa online lagi nich…hehe
    blog awal yang tepat dalam membangun bisnis di internet..sepakat! tinggal mengelola dengan baik aja mas..:sip:

  9. Sekedar ingin menyampaikan Salam perkenalan dari komunitas keluarga miskin.
    Semoga berkenan mengunjungi blog kami untuk menyumbang kesempatan meraih masa depan yang lebih baik dan harmonis.
    Terima kasih

  10. putrigee | pena cinta | layak sukses says:

    Makasih mas atas ilmunya..

    Sekarang masih ingin nulis, nulis dan nulis dulu. Bisnisnya masih mempelajari dan menemukan yang tepat (semoga segera ketemu) Kelamaan ga nemunya ntar ga mulai-mulai.. ^^

    • @UntungNyata!com | Budhi K. Wardhana, lo sesuai tagline blognya mas : blog motivasi, bisnis, manajemen diri.

      Jadi sesekali diberi sajian bisnis dong. Itung2 juga u/ mendanai operasional blog ini. Hahaha…

  11. Tambahan mas, kalau ingin sedikit profesional dan tambah pengalaman bisa menggunakan ‘Free domain dan free hosting’ karena tujuanx hanya untuk belajar khan pertama kalinya…

    • @Jamal, betul. Tapi terkadang dengan memulainya dari sesuatu yg berbayar, orang seringkali lebih serius.

      Karena udah kadung keluar duit, rugi dong ga diseriusin. Dan ini menciptakan keterdesakan u/ belajar dengan cepat. Semacam power of kepepet.

  12. Muhammad Arifin says:

    :sip:

    memang kalau sudah jalan seperti ini enak ya mas, oya di artikelnya banyak sekali link jualanya heeee

    ngeblog juga sebagai sarana bergaul di dunia maya ini, btw yg sms tentang panduan dasar kmren saya..belum bisa dibuka juga nih

    • @Muhammad Arifin, gpp dong. Namanya juga blog bisnis *lirik tagline*. Dan blog ini kan butuh biaya operasional. Hahaha…

      Udah coba hubungi cosa lewat tim supportnya. Aku belum nyoba sistem proteksinya yg baru. Masih produk dg sistem proteksi lama ini yg di laptop.

  13. Enaknya bermain internet, banyak informasi dan dari gaptek sekarang lambat laun bisa juga ” tak ada yang tak mungkin kalau mau belajar “

    • @ichsan, yang penting adalah membiasakan menulis. Tulis saja apa yang mas ketahui. Mau curhat di blog juga gpp. Saya pun di awal membangun blog malah sedikit artikel bisnisnya karena yg saya pahami hanya sebatas materi motivasi dan manajemen diri. Seiring berjalannya waktu, ketika pengalaman bisnis internet mulai ada saat itulah tulisan saya juga sedikit demi sedikit ada unsur bisnis internetnya,

  14. usaha bisnis internet says:

    Setuju gan,,, kita jangan kalah sama negara-negara lain,,, keep studying, learning and make relationship… Salam gan. “Blogger Jepara”.

  15. Salam kenal mas arief…
    Saya bisa di bilang pendatang baru dalam dunia internet marketing..
    wlu pun sebenarnya udah lama tapi krn semangat naik turun jadinya saya cuma selalu jalan di tempat..
    Kalo boleh mohon saya di kasih petunjuk bagaimana tetap bisa bertahan dgn semangat saya…
    sekarang ini saya udah mulai lagi bekerja, saya juga sudah bikin blog tapi kaena bingung nulis apa… saya cuman isi dengan puisi – puisi…
    saya bingung gimana caranya ngeblog yang baik…
    mohon petunjuknya mas arief dan kawan – kawan semua…
    makasih….

  16. CariDuitCariUangCariDolar says:

    Baru belajar ngeblog dan cari duit… belum profesional bikin blog tapi program PTC (paid to click) yang kutampilkan dan kuikuti spertinya profesional dan membayar membernya…

    Belajar butuh waktu.. dan pantang menyerah:mataduitan::mataduitan:

  17. tipsnya singkat, padat, jelas. tapi menjalaninya perlu waktu dan konsistensi. ternyata blogging tu seperti langkah mendekati cewek. mesti sabar, telaten, dan banyak belajar sifat itu cewek, sebelum akhirnya memperoleh …

  18. salam kenal,,aku adlah peminat bisnis dan blog tp belum tau caranya tp aku dah member affiliate tp msih belajar baca2 sana sini tp masih bingung,membaca blog anda saya jd termotivasi utk bisa,sampe skrg ku belum buat blog krn waktu yg terbatas pdhal aku punya warnet..trims

  19. irsyad ababil says:

    assalamualaikum mas arif,
    saya mau bertanya, simple sekali.
    saya sudah membuat blog di wordpress. apakah harus menggunakan bahasa inggris untuk membuat suatu artikel?
    mohon saran nya..
    thanks. :)

  20. saya bingung ni.. mas Arief.. wordpress itu kan gratis.. tapi kok kalau nuat web disarankan pakai wordpres, maksudnya apaan ya…

    • @Abdul Ghofar. WordPress yang gratis itu di wordpress.com. Kalo bapak buat disana alamat webnya akan ada embel-embel .wordpress.com. WordPress juga membagikan script webnya di WordPress.org. Script inilah yang digunakan untuk membangun web berbasis wordpress di domain + hosting berbayar.

      Jadi inget ini aja :
      Wordpress.com –> gratis dengan embel-embel wordpress situsnya
      Wordpress.org –> gratis script WP, tapi harus pake hosting dan domain berbayar (u/ website profesional)

  21. saya setuju dengan artikelnya mas arief maulana.Karena saya sendiri juga masih pemula dalam membuat blog.Mungkin kalau berkenan bisa berkunjung ke blog saya Kalau ada saran dan kitik yang membangun, sangat diterima, ok.. sukses selalu untuk kita semua

    • @Anis, pernah kepikiran pake wordpress ga? Keknya saya liat temanya seperti sulit untuk diedit-edit. Panduan wordpress gratis bisa ambil setelah submit nama dan email di sidebar blog saya.

  22. keduapuluh-duaxx !!
    Malu rasanya,baru punya blog pertama yang isinya 3 posting hasil copas.:kembik2:
    Sudikah rekan untuk mengunjungi+beri kritikdi blog saya? Thanks:matabelo:

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,853 bad guys.