Oleh : Arief Maulana

Membuat Blog

Kian hari, saya melihat bisnis internet di Indonesia semakin berkembang. Para pebisnis yang menyediakan panduan bisnis internet pun semakin banyak. Ada yang panduannya memang berkualitas, namun tidak menutup mata juga kalau ada panduan yang “ecek-ecek” ala kadarnya. Otomatis arus informasi pun tak terbendung lagi.

Dengan arus informasi sederas itu, masih banyak juga teman-teman yang baru terjun di bisnis internet mengontak saya pasca mereka bergabung dalam free membership newsletter saya. Pertanyaannya standar, bisnis apa yang cocok untuk pemula atau barangkali apa langkah pertama yang mesti dilakukan oleh seorang pemula jika nantinya ingin serius di bisnis internet.

Saran pertama yang biasa saya berikan adalah mulailah dengan aktivitas blogging. Buat sebuah blog kemudian mulailah menulis di blog tersebut. Untuk awal terserah, bisa menulis apa saja. Seiring dengan berjalannya waktu, blog bisa dibenahi baik dari segi desain blog yang profesional ataupun kontennya.

Kenapa harus ngeblog? Pertama, seorang pebisnis internet identik dengan memiliki sebuah website. Dan salah satu bentuk website yang paling mudah untuk dibuat oleh para pemula adalah blog. Disamping itu ada beberapa manfaat juga yang pernah saya tuliskan di postingan terdahulu (bisa Anda baca kembali), diantaranya dengan blog kita bisa :

  1. Menambah pengetahuan (blogging for education). Bukan hanya untuk pembaca kita, tapi justru kitalah yang juga akan ikut bertambah pengetahuannya.
  2. Membangun identitas dan pesona diri (blogging for branding).  Dengan blog Anda bisa membangun jati diri dan identitas ingin dikenal sebagai profesional dalam bidang apa di bisnis internet.
  3. Membangun pundi-pundi penghasilan (blogging for business). Yang ini ngga usah dijelasin juga udah jelas yah.

Untuk mulai ngeblog, Anda bisa memilih. Bisa cara gratisan atau cara berbayar. Pilih yang pas di hati saja. Kalau gratisan ada blogger.com atau wordpress.com. Catatan kecil, kalau Anda ingin menjadikan blog sebagai mesin uang dengan cara gratisan, sebaiknya menggunakan blogger.com. Karena kalau tidak salah di TOS wordpress.com ada ketentuan yang tidak memperbolehkan blog ini dengan tujuan komersil. Dengan kata lain tidak bisa dipasang “program penghasil uang”.

Alternatif lain, Anda langsung praktek membuat blog yang berbayar. “Keluar duit dong?” Ya jelas! Cara ini butuh sedikit modal. Kalau memang dana terbatas, Anda bisa menggunakan hosting berbayar di Kunci Host. Ada paket yang murah meriah disana. Apalagi di bulan Ramadan ini ada promo istimewa, gratis domain seumur hidup. Jangan lewatkan kesempatan tersebut. Kalau panduannya, Anda bisa dapatkan di Café Bisnis. Free member dapet panduan wordpress hosting berbayar gratis. Kalau Anda upgrade membership ya dapetnya lebih banyak, termasuk ilmu SEO (Search Engine Optimization).

Mau langsung ngetop dalam waktu singkat dari blog? Silahkan sering-sering berkunjung ke blog teman saya, Agus Siswoyo. Kebetulan baru launching juga ebook “3 Langkah Menjadi Selebblogger”.

Kalau membuat blog sudah bisa dan Anda sudah mulai rutin memposting artikel disana, barulah fokuskan ke bagaimana caranya blog Anda bisa menghasilkan duit. Ada banyak kok, mulai dari bisnis PPC, paid review, affiliate marketing, dll. Intinya sekalinya ngeblog dapet duit juga. Coba baca lagi artikel saya “2 Model Bisnis Internet Yang Direkomendasikan”.

Jadi kalau Anda belum punya blog tunggu apalagi? Segera buat blog pertama Anda dan mulailah membangun kerajaan bisnis internet Anda dari blog.

Salam Sukses,
arief maulana
space

Pemula, Sebaiknya Mulai Dengan Membangun Blog
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:             

145 thoughts on “Pemula, Sebaiknya Mulai Dengan Membangun Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,424 bad guys.