Oleh : Arief Maulana

Rahasia Search EngineKenal dengan Pak Kusuma Putra? Itu tuh, founder Rahasia Search Engine. Ternyata dia hanyalah seorang penipu. Kok bisa? Padahal Pak Kusuma cukup populer di kalangan penikmat SEO, khususnya para pemula yang baru terjun di bisnis internet / online yang ingin mendalami jurus maut SEO. Nanti saya beberin sejumlah fakta aktual, tajam, terpecaya (Mbak Rossi, slogan Liputan 6 nya saya pinjem dulu).

Tadi pagi sebelum Jumatan saya sempat sharing santai sama seorang temen, Henda Ery founder www.GameHenda.com. Awalnya sih dia nyapa duluan, tanya apa saya punya themes WP bagus. Soalnya themes gratisan, ngga ada yang cocok. Dan setelah agak lama chatting via YM akhirnya keluar juga pertanyaan maut itu, yang intinya adalah (sori lupa disave record YMnya, keburu Jumatan) :

Mas, Arief gimana caranya biar traffic banyak?

Jawaban standar saya keluar, “SEO” mas. Dengan SEO kita bisa dapet traffic ke blog gratis tanpa iklan. Enak toh! Ngga bayar banyak pengunjung dan bisa dipastikan kalo itu situs jualan ato PPC, sekian persen Insya Allah ada aja tuh yang bikin income masuk.

Oke, fokusnya bukan di Henda yah! But, gara-gara chatting itu saya jadi inget beberapa waktu yang lalu sempat PM sama ********* (sensor, biar ngga rusuh). Saya kaget! Tiba-tiba orang itu protes sama saya. Inti protesnya,

“Ngapain sih, Mas Arief mau jualin produknya Pak Kusuma yang SEO itu? Pak Kusuma itu penipu. Ebooknya sampah. Aku nyoba ga ada hasilnya. Bullshit semua!”

Saya heran sama orang ini. Kok protesnya ke saya, bukan ke Pak Kusumanya. Beli lewat link affiliate saya juga ngga. Tahu-tahu nongol bukannya “salam kenal” malah langsung main damprat aja. Saya tanya aja ke orang itu, udah coba dipraktekin belum ebooknya? Soalnya saya sendiri waktu itu nyoba iseng cari di google hasilnya lumayan. Sebenernya waktu itu pengen langsung posting artikel terkait masalah itu. But, karena ada kesibukan jadi lupa (maklum pelupa berat). Untung tadi chatt sama Mas Henda jadi keinget lagi.

Karena inget, langsung aja saya coba cek di google untuk beberapa kata kunci berikut yang memang saya bidik :

  • Motivasi
  • Pengembangan Diri
  • Manajemen Diri
  • Blog Bisnis
  • Blog Motivasi
  • Blog Manajemen Diri
  • Blog Pengembangan Diri

Oh ya pencarian di google saya ngga pakai tanda petik and cari di google.co.id. Sebenernya pengen ngetes di google.com juga tapi tiap buka google.com mesti diarahin ke google.co.id. Karena lokasi di Indonesia kali! Dan ini hasilnya :

Keyword : motivasi

seo motivasiKeyword : manajemen diri

seo manajemen diri

Keyword : blog bisnis

seo blog bisnisKeyword : blog motivasi

seo blog motivasiKeyword : blog manajemen diri

seo blog manajemen diri

Keyword : blog pengembangan diri

seo blog pengembangan diri

Untuk keyword pengembangan diri, hasilnya masih belum memuaskan karena masih berada di halaman 7 daftar pencarian google. Tapi saya masih bersyukur untuk yang lainnya hasilnya cukup memuaskan.

And screen shot di atas, saya ambil pada tanggal 10 Juli 2009, sekitar pukul 12.30 siang. Kalau ada perbedaan hasil temen-temen dalam pengecekan gpp dipaparkan aja di kolom komentar.  Saya juga sama-sama belajar kok. Mungkin nanti saya undang pakar SEO komentar disini biar bisa diskusi sama-sama.

Terlepas dari itu semua, mari ambil satu pelajaran penting. Jangan suka langsung menyalahkan orang lain. Koreksi dulu apakah kita sudah melakukan apa yang diajarkan dengan benar, apalagi main kotor sama yang berhasil mempraktekkan ilmunya. Sama halnya ketika Anda mau menuntut garansi uang kembali, udah bener belum prosedurnya. Apa produk yang dibeli udah dipraktekin ilmunya?

Ilmunya sama, ngga ada yang berbeda. Hanya saja sikap kita dalam mempraktekkan ilmu itulah yang akan membedakan hasilnya. Jangan lantas Anda baru coba dikit, belum ada hasil lalu mengeluh dan protes sana protes sini.

Seorang pemenang sedikit mengeluh banyak bertindak, sementara seorang pecundang sedikit bertindak banyak mengeluh. Anda calon pemenang atau pecundang?

Jadi bener banget tuh, Pak Kusuma Putra founder of Rahasia Search Engine adalah PENIPU, versi *********. Kalau versi saya sih ngga. Justru malah terima kasih. Dari Pak Kusuma lah saya belajar SEO yang agak simpel dan sederhana serta mudah dipahami. Tinggal prakteknya aja ntar kedepan di poles terus… sambil menimba ilmu sama master SEO yang lainnya.

Anyway lepas dari itu semua tidak ada yang abadi dalam dunia SEO. Kompetisi terjadi setiap waktu. Makanya kalau ada pakar SEO (yang buka layanan jasa SEO website) bilang pasti bisa di posisi 1 terus, jangan langsung percaya. Lha wong Mas Tjandra Danny and Ali Akbar (master SEO juga) aja ngga pernah kasih jaminan kaya gitu.

But, daripada tidak ada baiknya kita belajar SEO toh! Entah itu dengan trial error ataupun mengikuti beberapa kontes SEO. Tapi inget, kudu jaga etika. Jangan sampai main copas aja.  Seperti yang sempat diulas Mashengky di blognya (kabarnya sampai ada yang rela copas dari artikelnya Sang Master SEO).

Artikel ini bukan bermaksud pamer atau apa. Karena inti yang mau saya tekankan disini. Kurangi protes, banyakin praktek. Bersabarlah di setiap proses yang dijalani, kelak pasti ada hasilnya. Percayalah para pembuat panduan SEO, termasuk Pak Kusuma, sudah memberikan segala upaya terbaiknya untuk hasil yang terbaik serta membawa manfaat yang baik pula pada diri kita.

Mohon maaf bila ada kata yang salah, semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat, menginspirasi dan membuat kita lebih semangat lagi belajar SEO. Karena SEO mutlak harus dikuasai pebisnis internet / online. Dan lagi pula Pak Kusuma masih mau kok berbagi ilmunya. Yang mo menimba ilmu beliau lebih dalam, monggo ke situs Rahasia Search Engine.

Salam Sukses,
Photobucket
space


space

UPDATE ARTIKEL :

Setelah ada beberapa komentar dari Para Master SEO di bawah, ternyata kondisi login dan tidaknya kita berpengaruh pada hasil pencarian. Dan hasil take screen shot saya di atas diambil dalam kondisi masih login di google account. Special thanx to Mas Lutvi Avandi and Mas Umar Hadi!

Pak Kusuma Putra Penipu
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:             

263 thoughts on “Pak Kusuma Putra Penipu

          1. @arief maulana, kapan bikin artikel anne ahira penipu, mas hengky penipu, joko susilo penipu, welly mulia penipu, lutvi avandi penipu, dini shanti penipu dst dst? wkwkwkwkw…

          2. @mashengky.com, mungkin bsk lagi akan terjadi seperti itu bro….karena mas arif kehabisan ide hingga bikin hal2, kacangan bro….
            Edukasi ya edukasi tapi malah gak mendidik blas

          3. @wong ndeso, Iya neeh…

            Saya memang kacangan, boleh saya belajar sama wong ndeso? Mana websitenya bos? :clinguk2:

            Yah… sama aja dengan yang lainnya… OMDO. :diem:

            Memang ngga mendidik pula. Sampai-sampai semua ilmu SEO keluar di komentar2 di bawah ini.

            Atau jangan2 wong ndeso ini yang rada ngga bisa nangkep cara belajar dan sistem pendidikan disini. Apalagi penjelasannya mas Lutvi, Umar Hadi, Mas Zams, Mas Handoko, dll. :opoiki:

            Ketauan kan sekarang… siapa yg ndeso and sok tau! Hahaha… :ngakak:

          4. @arief maulana,
            Halo orang2 yg merasa dirinya pandai, hargailah orang2 yg anda rasa masih belum pandai dan janganlah anda rendahkan mereka.
            Dimasa mendatang kemungkinan orang2 yg anda rasa belum pandai tsb akan lebih pandai dari anda2 yg merasa pandai.
            DAN INGAT SESEORANG TIDAK AKAN PANDAI TANPA PETUNJUK DARI TUHAN YG MAHA ESA..:mlorok:

          5. @Mohammad, justru saya sangat menghargai mereka yg belum pandai dan memiliki semangat belajar yang tinggi Pak. Yang saya kurang berkenan adalah mereka yang mencoba saja tidak berani atau tidak mengikuti sepenuhnya apa-apa yang sudah diberikan sebagai petunjuk, namun lantas menyalahkan orang lain atas ketidakberhasilannya. Bukankah lebih baik introspeksi diri terlebih dahulu.

            Panduannya sama, kenapa hasil yang dicapai antara satu dengan yang lain berbeda? Tentu kembali kepada masing-masing individu.

          6. @mashengky.com, oh beda dong… beda orang beda produk, beda juga ntar cara reviewnya… :hihi:

          7. @arief maulana, review produk khan ga harus dimulai dari bad news khan … tapi kalau memang byk yg mengalami bad news alias gagal apa salahnya…bisa ditelusuri sumber kegagalannya, dari produknya atau dari pemakainya

          8. @bunda, ngga. Example DBC nya mbak Dini Shanti atu TDW Universitynya Tung Desem Waringin. Good nesw itu…

            Hehehe…:sip:

      1. @arief maulana,
        Dasar! Basi tau!!!
        Loe niru model promosi blog lain biar penjualan loe naik toh …
        Bilang si Kusuma itu penipu, tapi di akhir loe ngarep orang pada beli ebooknya …
        Yang loe arepin penjualan loe naik toh …
        Itu toh motifator dari Suroboyo …
        Atine welek ……

        1. @Eko,
          1. ATM = Amati,Tiru, Modifikasi. Ajarannya Pak Tung D.W tuh. Yg penting saya ngga copas toh… Mas Umar saja ngga protes, malah memberikan tambahan masukan. Lha situ kok ? Hahaha…

          2. Mas ngga baca dengan seksama. Yg menjadi point penekanan saya justru di yg suka protes2 tapi no action.

          Disamping itu, yang bilang penipu siapa mas…? COba dibaca baik2. Duh ngga lulus program membaca efektif neeh Mas Eko!

          3. Kok ngga berani naruh link? Jangan2 situ cuma bisa protes… tapi OMDO. Blog aja ngga punya. Atau takut kali yee…

          4. Btw… saya bukan dari Surabaya Mas… hihihi…
          :hihi:

          1. @arief maulana, kalo dia gak berani naruh link..jangan diladenin mas..percuma…
            Yang penting maju terus brow…:sip::sip::sip:

          2. @Agung Jatnika, gpp mas. Biar temen disini juga sekalian melihat. Bisnis selalu dihiasi dengan hitam dan putih.

            Ngga selamanya mulus. Selalu ada kerikil. Cuma yang disesalkan mereka cuma bisa OMDO tanpa berani menunjukkan wajah aslinya… :sip:

          3. @rudy azhar, betul. Seru, asal bukan kita yg accident. Kalau kita bisa2 bukan seru malah nyeru-duk kesana kemari and masuk RS… hehehe…:ngakak:

          1. @pangki[dot]com, iya… masih lebih mantap “Chicken Little” yg ada di film tuh… (habis nonton filmnya) … :merokok:

        2. @Eko, :ngakak:jaman sekarang masih aja ada yang iri sama kesuksesan orang lain melalui cara – cara yang “kampungan”.:ngupil:
          He2..h2..h2..TETAP MAJU MAS ARIEF.. APAPUN YANG TERJADI.. KAMI MENDUKUNGMU..HE2..(Seperti mo perang aja..:waaa:

          1. @Nur Izzah, biasa mbak… iri tanda tak mampu. Saya sih santai aja… kalau orang kaya mereka dipikirin… bisa2 kita yg stress. Orang mereka aja ngga pernah mikirin kita.. :hihi:

          2. @arief maulana,
            O, santai aja ya?
            Tapi koq balesnya emosi gitu wakakakakakaka……
            Munafik loe, belagak nyantai di tulisan, tapi aslinya panas tuh …. wakakakakakak …..

          3. @Eko, wah kayanya yg ngga bisa jaga emosi mas eko deeh. Dari awal aja udah kepancing kasih koment negatif, walau artikel ini positif.

            Sementara Saya menjawab dengan argumen yg ada dasarnya toh?

            Yg emosi biasanya cenderung mengajak debat kusir tanpa argumen.

            Kalau memang mas eko merasa lebih baik tunjukkan dong dengan bukti.

            Kalau memang merasa mampu menghadirkan artikel lebih baik tunjukkan blognya.

            Kalau memang merasa punya produk lebih oke tunjukkan juga.

            Bukannya sebuah debat kusir tanpa dukungan bukti real hanya makin menyudutkan mas eko sendiri dan menunjukkan pribadi yg tidak intelektual sama sekali.

            Biarkan rekan2 disini memiliki penilaiannya masing2.

            :uhuk:

          4. @Eko, Dari yang saya ketahui mas Eko ini tipe-tipe orang yang jalan kesuksesannya lambat (ato malah bisa jadi gk bisa sukses? Tanya kenapa?) Sudah sedikit Jentel kalo dilihat (Tapi masih Chicken Little. Malahan lebih jentel Chicken Little lagi):melet: Sudah mau menyertakan LINK. Cuma sayangnya broken alias gak ada.

            @arief maulana, Gak usah dilayanin mas. Senjata yang paling ampuh itu Waktu. Dia yang bisa membuktikan siapa nantinya yang berKualitas. Tetep maju terus, keep power!:sip:

          5. @pangki[dot]com, cuma kasihan aja mas. Gimana bisa berubah dan menjadi sukses kalau kita punya sikap seperti iti. But sebagai manusia, kita bisa usaha dengan mengingatkannya… :hihi:

        3. @Eko, inget selalu ya mas arief.. harus jadi PEMENANG bukan PECUNDANG..HAYO… siapa nih Yang PEMENANG? dan siapa yang PECUNDANG? bisa menilai sendiri kan??:melet:

      2. @arief maulana, :sip::ngakak:mantaps juga nie pancingannya…pake umpan opo toh, koq sing kejaring akeh……ada teri sampai paus…..

      1. @arief maulana, btw.. Ampun mas arief..:hiks:iya deh… artikelnya agak nyidir ya..:nangis:sempet inget kejadian beberapa hari lalu mengenai cp artikelnya mas arief.. di blog.. :hehe:jahat banget ga dicantumin sumbernya.Btw q juga pernah dapat salesletter dari ***link mengenai program bisnis online yang hanya mimpi belaka. but bener kata mas arief.. kalau linknya bermutu pasti gak akan pernah menjelek-jelekan link lain. setuju….:hore:.. selain belajar juga harus praktek + dipandu sama mentor yang udah tau caranya. bukan asal2an (HE..HE..HE.. :hehe:nyindir diri sendiri:ngikik:

        1. @Nur Izzah, cara mendeteksinya mudah sebenernya mbak. Coba kasih pertanyaan Maut :

          “Kalau saya orang terakhir yang bergabung and tidak ada orang lain lagi… Saya untung apa rugi”?

          Program bisnis tipu menipu berkedok investas dsb, kalau dikasih pertanyaan diatas… cenderung ngga bisa jawab.

  • mas mau tanya neh..udah pernah pencarian nya di pc lain atau di warnet pakah posisinya msih tetap urutan pertama kalo di pc laen…….
    itukan yg di capture diweb mas arief pencariannya di komp sendirikan….

    1. @mumu, dulu pernah coba di warnet dan hasilnya sama… selama itu di google.co.id.

      Beda PC rasanya ngga terlalu ngefek. Yg ngefek itu cokies kalau kita buka situs penjualan dengan sistem reseller / afiliasi.

      Kalau udah kesana pake PC yg satu biasanya untuk beberapa waktu reseller id nya ga ganti walau link affiliate yg diketik beda.

      Kalaupun besok dicek turun or ngga di posisi satu, seperti saya bilang kan… tidak ada yg abadi di dunia SEO.

      Yang penting usaha dulu dah! :maenps:

      And point penting artikel ini sebenernya bukan pamer SEOnya. Tapi memberikan sindiran kepada yg kerjanya cuma bisa protes tapi action nol putul ato ngga maksimal… :yoyo:

  • sempat kaget, masa sihhhh eh… lega deh pada akhirnya. walopun saya bukan pembeli ebooknya pak kusuma, tapi liat kredibilitasnya dari blog dan mailing listnya, saya mengagumi sosoknya. salam hangat:koprol::koprol::koprol::mikir::mikir::mikir::mikir::mikir::mikir::mikir::mikir:

    1. @herlina mutmainah, salam hangat juga mbak. Ini yang namanya memadukan :

      – Ilmu Psikologi (ubek2 emosi orang yg pertama kali baca)
      – Jurnalistik (bad news is a good news).
      – SEO (saya beberapa kali nembak keyword tuh)
      – Marketing (soft selling, penawaran terselubung).

      Semua dalam 1 artikel. Saya belajar dari temen saya… yg jauh lebih luar biasa.

      :guayarek:

        1. @Does ICP, Kode etik konsultan mbak. Ngga boleh dong beber nama di depan umum. Cukup saya, dia dan Allah saja yg tahu :sip:

          Lha wong saya ngga beber nama aslinya aja ada yg protes2 tuh di atas… Hehehe…

      1. @arief maulana, standing applaus untuk gaya review produknya Mas. Ramuan yang bagus dengan sedikit bumbu kontroversi ala mashengky.
        Hmmm…jadi tambah penasaran gaya apa lagi yang bakal ditampilkan dalam review produk berikutnya.
        Salam ACTION, Mas! ilmu marketingnya TOP BGT

        1. @Umar Puja Kesuma, Terima kasih mas Umar. Lagi nyoba beberapa model and pengen tahu yang mana paling efektif. :hihi:

  • Penipu atau tidak itu tergantung dari sisi mana memandang, kalau kita memandang dengan kaca mata hitam maka isi dunia ini gelap tapi kalau sebaliknya insyaallah kebenaran itu akan terlihat, saya hanya bisa katakan sesuatu tak ada yang abadi.

  • Kaget bener dengan emailnya mas Arief tadi mengenaiPak Kus…
    Langsung saya klik dan masuk ke artikel ini…

    Yah, ternyata eh ternyata…
    :hehe:

    Versi *******.
    Kita lihat Pak Kusuma nyasar ke sini gak nih…

    1. @beny, saya sih berharap Pak Kus kesini mas… kasih koment gitu… Hehehe… sapa tau screen shot saya di atas dimasukin juga ke testimoni webnya.. :hehe:

      1. @arief maulana, Kalau liat judul kaya gitu pastilah mampir ke sini..

        Kirim aja testimoni di kolom tetimoni yang ada di member area mas..
        :baca:

  • Aneh.. maaf nih mas Arif, mungkin kompi saya lagi error, tapi hasil penelusuran saya di google.co.id tanggal 10 Juli 2009 jam 16.40 mendapat hasil berbeda:

    motivasi = urutan 7
    manajemen diri = > 10 (gak nongol di halaman pertama)
    blog bisnis = > 10 juga (gak nongol di halaman pertama)
    blog motivasi = urutan 1
    blog manajemen diri = urutan 1
    blog pengembangan diri = urutan 9

    Saya menggunakan google.co.id tanpa login di GMail. Tapi pilihan telusur saya menggunakan web (default)

    1. Tenang mas lutvi… pasti saya approve kok. Saya cukup objective. Kebetulan karena mas Lutvi pakar SEO ada disini, kira2 apa yg menyebabkan perbedaan hasil itu ya mas? Biar bisa jadi pembelajaran buat kita disini. Soalnya saya itu take screen shotnya tanggal 10 Juli juga cuma sekitar jam 12.30 an habis jumatan…

      Well… I’m ready to learn with you master. :nyembah:

      1. @arief maulana, kalau sewaktu pengecekan di Google kita sign in di Google baik itu email,blogspot ataupun adsense, maka sewaktu cek pencarian akan berbeda dengan kondisi sewaktu kita tidak sign in mas.

        Ini berdasarkan pengalaman saya juga, klo sign in maka dalam SERP selalu ada tombol vote search wiki berwarna hijau…

        Jadi menurut saya bukan karena beda kompienya atau IP nya, lha kalo beda-beda karena kompie ama IP yang beda, ntar penilaian hasil akhir kontes seo pada banyak yang protes tuh…he..he..he..

        Koreksi mas…klo saya ada yang salah yach..:sip:

        1. @Stop Dreaming Start Action, ehm kalau liat jawaban Mas Lutvi sih bener Mas.

          Saya pribadi jujur baru tahu masalah login / logout memberikan efek.

          Kalau ngga posting begini kan ngga tahu… So, sekarang jadi nambah ilmu deh, walau ada yang ngga suka tuh di atas… :hihi:

    2. @Lutvi Avandi, and barusan aku cek lagi juga beda lagi hasilnya… perbedaan IP komputer kita ngaruh ngga mas?

      Ato memang pergerakan SERP memang sedinamis itu… :belajarkeras:

      1. @arief maulana,
        Ada banyak kemungkinan hasil beda. Pertama ya itu tadi login dan gak login. Karena google ingin memberi hasil yang terbaik buat kita, ketika kita login, maka kemana saja kita menuju akan dicatat. Semua klik dari hasil pencarian yang kita lakukan akan tercatat. Sehingga, ketika kita kembali melakukan pencarian, maka akan diberikan situs2 yang sering kita kunjungi (favorit)

        Kedua, persaingannya memang ketat. Boleh jadi ketika mas Arief lihat, backlink para pesaing belum terindex, tapi pas saya lihat ternyata sudah terindex, maka jadilah mas Arif kalah dalam jml backlink

        Ketiga, justru backlink mas Arif yang hilang. Mungkin akibat menggunakan iklan baris dan tidak diperbarui. Jadi ketika iklannya terhapus, maka backlinknya hilang

        Keempat, hanya Allah dan programmer Google yang tahu.. hehehe

        BTW, stidaknya ada 2 keyword yang jadi number 1 :sip:

          1. @Stop Dreaming Start Action, seperti kata Mas Lutvi… hanya ALlah dan Programer yg tahu… :hihi:

          2. @Stop Dreaming Start Action,
            Yang penting bukan banyaknya. Insya Allah di ebook saya nanti Menuju #1 Google di Kontes SEO akan saya beberkan kenapa para pemenang bisa menang.. hehehe.. Ada juga analisa kontes SEO joko susilo

            Silahkan ke blog saya kalau mau dapat infonya. Ebooknya gratis kok*

            *Syarat dan ketentuan berlaku

          3. @stop dreaming start action,
            Saya ngecek siang ini menggunakan tool sampeyan itu malah 2 peringkat teratas milik saya semua.. hehehe..

            Kemungkinan ya soal cache juga berpengaruh kok. Dan memang kalau ngeceknya menggunakan proxy atau SEOSerp hasilnya lebih aktual karena mereka kan gak nyimpan cache.

        1. @Lutvi Avandi, wow… thanx penjelasannya Mas Lutvi. Semoga temen2 yg lain ikut membaca komentar ini…. :sip:

          1. @arief maulana, sudah baca dan mengerti.. itu hal yang lazim.. apalagi ada cache di browser kita, tentu saja berpengaruh terhadap munculnya link fav kita.

          2. @mashengky.com, sip deh. Walau ada yang protes tuh di atas. Tapi ngga berani ninggalin link situsnya.

            Atau jangan2… just no action, talk only… :panas:

          3. @arief maulana, seneng deh mampir disini.. :hore::sip::sip: bisa nambah ilmu dg baca komentar pakar SEO kayak mas Lutvi…:baca::baca:

  • Hasilnya jelas sangat berbeda mas, yakni ketika anda login dengan tidak login di acoount google anda meskipun itu sama2 googl co.id-nya.

    Saya juga cek keyword2 tersebut dan hasilnya sama dengan pemaparan mas Lutvi.

    Thx, nggak ada maksud apa2, just share

    1. @Umar Hadi, yoa. Saya coba logout memang beda hasilnya. And sudah dijelaskan dengan baik oleh mas Lutvi di atas… hehehe… Thanx mas Umar! :sip:

  • Tambahan lagi, kalau bisa variabel postif-nya (artikel marketing)harus lebih besar daripada headline-x, biar orang nggak salah paham terhadap produknya pak Kus yang jelas2 sangat berbobot dan aplikatif. Sebab takutnya entar malah berfikir sesuai headline-x seperti pada coment diatas. Thx

    1. @Umar Hadi, Yap… beberapa editing sudah saya lakukan. Thanx sekali lagi atas kesediaan waktunya mampir disini. :sip:

  • Ebook pak kusuma memang maknyusss.. meskipun di google udah byk bertebaran ilmu SEO spt itu..
    Mengenai bad news is good news sptnya saya sdh pnh mendapatkan info dg judul serupa dari blog tmn… jadinya kurang mak news lah.. hihihi…
    Tersentak ketika pak Arief bilang “Jangan lantas Anda baru coba dikit, belum ada hasil lalu mengeluh dan protes sana protes sini.”
    Terkadang memang over expectation pak… udah keluar duit sekian hrsnya menerima produk yg bagus… eh. kok gini ternyata… tp skg saya sadar bahwa TAKE ACTION itu penting sekali…

    :hiks::hiks::hiks:

    1. @ADAbisnis, maka biarkanlah yg belum pernah membaca yang merasakan good news nya.

      Kebanyakan rekan-rekan yg share sama saya rata-rata gitu pak. Isinya banyak mengeluh. Kalau saya tanya sejauh mana actionnya… baru deh… pada :mikir:

      1. @arief maulana, pasti dong Rief.. maju tak gentar membela yang benar.. loh? :D

        Rief, baca offline message YM yaa

          1. @mashengky.com, walah… walau belum di jakarta, kan mas udah teken kontrak kerja sama tuh… kliling2 Indo berdua… :ngelamun:

      1. @arief maulana, Dalam SEO gak ada istilah menang atau kalah hirarki-nya…. Seperti sebuah roda yg kadang di atas kadang di bawah…. Lebih bijak dan lebih bermotivasi bukan? Semua orang bisa…

        1. @arief maulana, :sip:saya baca banyak yang positif koq….nambah ilmu, justru yang negatif membuat mas arief mengeluarkan argumen yang bermanfaat sebagai jawaban….kalau positif semua malah ga asik mas, ngelmunya datar-datar aja….semakin dipancing semakin keluar ilmu pesugihannya mas arief dan para pakar di sini

          1. @arief maulana, :ngakak::ngakak:ya enggak laaahh ilmu pesugihannya khan beda2…Dukun blogger tetap top jampe2 nya

    1. @Ricky, itu salah satu bukti kegagalan mental yang dialami kebanyakan masyarakat kita mas.

      Mental gratisan, instan, tidak mau bekerja keras, dsb, bener-bener mendarah daging.

      Sayang sekali kita tidak belajar dari penjajahan bangsa Jepang dulu. Padahal secara tidak langsung mereka mengajarkan untuk disiplin + kerja keras!

  • Emmmmmmmmmmmm………
    Cak Arief, sebenarnya saya mau komentar kayak diatas, tapi udh dijelaskan panjang lebar ama teman2 diatas, ya gak jadi,..

    wiss No koment panjang2 ahh,….. heheee…..

  • akhir-akhir ini Kebanyakan muncul pecundang…Mungkin karena saking sudah kesulitan financial…maunya cepet dapet duit…dan yang menawarkan juga memberikan iming-iming yang menggiurkan…jadi deh…Padahal hanya Allah lah yang menentukan rezeki kita n kita kudu sabar n tawakal dalam proses menjemput rezeki tsb :mikir::mikir:

    1. @Does ICP, dan parahnya… mereka lupa untuk melibatkan Allah sebagai pemberik keputusan akhir apakah orang tersebut layak sukses atau tidak…

  • Selamat malam mas arief, saya alfred dari bali…gileee judul yang bombastis…tis…tis…tis! kaget gila:meledak:WUH untungnya cuma penipu versi xxxxxx. Sukurlah. soalnya saya udah join dengan pak kusuma, lewat affiliasinya mas arief gitu…Sekali lagi makasi banget atas referalnya, RSEnya mantab abiz, simple and enak dikerjain…Oia mas btw, saya mengajukan permohonan backlink ke mas arief, btw link saya belum dipasang ya??atau ada syarat2 tertentu? matur nuwun salam sukses :wooo::sip:

    1. @Alfred | dreamingandstartaction, Ngga lah… saya udah join juga kok. Dan emang bagus + aplikatif isinya.

      Ada syaratnya mas… minimal PR3. Hahaha… Ngga kok. Cuma kemarin ngga sempat aja pasang. Udah tak pasang, silahkan dicek!
      :sip:

    1. @aliyusrie.com | Blog Bisnis Internet, Soalnya yg menjadi perhatian ada di website penjualan mas.

      Tapi ada kan satu ebooknya yg membahas SEO untuk affiliate strategy and SEO untuk blog.

      Intinya beragam SEO ada disana, disajikan dengan renyah dan aplikatif …

    1. @aliyusrie.com | Blog Bisnis Internet, oh iya…btw Mas Ali nembak keyword itu ya? Sepertinya bentar lagi saya kesalip neeh…. hahaha :hihi:

  • dah banyak tuh kalimat negatif dari pemula….
    mestinya coba aja dulu seluruhnya daripada tidak mencoba lantas copas…
    :phew:

    1. @Dimas, biasa mas… pemula yg maunya instan and cepet kaya. Bisnis online itu bisnis juga, butuh proses dan waktu untuk sukses… :sip:

    1. @BLOG BISNIS MUKLIS|Motivasi dan bisnis, hehehe… saya suka kata “cuma dia yg ketipu”.

      Sebenernya ngga ada yg ketipu, cuma belum nemu hasilnya aja dari praktek SEO itu.

  • @Mas Arief
    :hiks:
    Kok mas arief tiap ngasih link buat saya selalu pakai ambil.info sih?
    :nangis:
    Tapi yang lainnya dikasih link langsung..
    :nangis: :nangis:

  • huaaa.. judul yang menipu
    kirain ada perang lagi..:puyeng:
    hahaha

    Setuju banget..
    sebelum teriak2 menyalahkan orang lain, sebaiknya introspeksi diri dulu..
    Menimpakan kesalahan pada orang lain hanyalah sikap seorang pecundang.. :guayarek:

    Saya akhiri dengan nyanyian:

    We are the champions,my friends
    And we’ll keep on fighting till the end
    We are the champions
    We are the champions
    No time for losers
    ‘Cause we are the champions

    :uhuk:

  • smemang butuh praktek dan penerapan dalam meningktkan SEO. Bukan hanya membaca saja karena hal itu tidak akan berhasil. ingat ACTION!!! :no:
    SEO pun semakin berkembang dalam optimasinya, semua adalah rahasia sarch engine dan kita hanya bisa menganalisa, menerapkanya dan memperbaikinya.:uhuk:

  • Wah, koment nya seru. Themanya makin melebar. Tapi, suer, saya seneng yang kayak gini.

    Kapan maskuncoro,net serame ini, ya?:belajarkeras:

    1. @maskuncoro, baut aja yg rada kontroversi mas… rame tuh ntar. Btw konsisten aja ngeblog mas. Ntar ada masanya rame kok.

  • Kalau kita nilai secara obyektif, mana ada sih pembuat produk ingin menipu pembelinya? Orang foto dan linknya ketahuan kok..:panas: Kalau ada yang marah itu karena karakter sifatnya saja yang tidak sabaran:setan:
    Coba kalau mau pratekin dengan serius pasti tidak akan menuduh pembuatnya penipu:hore::hore:

    1. @Sumartono, iya mas… kebanyakan orang itu usaha belum maksimal ngakunya udah mentok.

      Yang lebih parah lagi habis baca udah pesimis duluan kalau dia ngga bisa ngelakuin apa yg diajarkan..

      :phew:

  • Makin dahsyat aja nih bawain artikelnya mas…ini pake gaya ganda campuran yaa? mantabs…emang bener nih…sdh tepat dgn gelar master afiliate marketing…hehehehee…
    maju terus brow…soal protes?? anggap aja angin lalu….
    sukses selalu untuk mas Arief…
    :sip::nyembah::koprol:

    1. @Agung Jatnika, iya mas. Dari yg protes bisa dijadiin artikel marketing neeh… review + soft selling juga/ :hihi:

  • maaf saya blogger newbie nih….bisanya baca….nglongo…pasang tampang bego…ga ngerti apa-apa, yang penting peace aja deh….sing penting jualan inyong laku keraz….

    Maju terus Mas Arief

    1. @blog buat bisnis, ayo mas… kita belajar and maju sama-sama. Sambil jualan tingkatkan pengetahuan diri juga. Biar bisnisnya makin berkembang… :sip:

        1. @blog buat bisnis, Jangan bilang blog reyot dong. Bilang istana, cuma belum selesai dibangun… jadi lebih positif kan! :hihi:

  • PEMENANG DAN PECUNDANG

    Pemenang selalu menjadi bagian dari jawaban
    Pecundang selalu menjadi bagian dari masalah

    Pemenang selalu memiliki program
    Pecundang selalu memiliki alasan

    Pemenang berkata : ” Mari kubantu ”
    Pecundang berkata : ” Itu bukan tugas saya ”

    Pemenang melihat pemecahan dalam setiap masalah
    Pecundang melihat masalah dalam setiap pemecahan

    Pemenang berkata : ” Agak sulit, tapi bukannya tidak mungkin ”
    Pecundang berkata : ” Mungkin saja, tapi terlampau sulit “

    1. @harto, i like your statement. Oh ya mas Harto, kapan hari sempat kirim email ke saya ya. Itu ngga sengaja kehapus.

      Kalau ngga salah nanya soal page tambahan di blog. Ntar tak coba bales. Kalau ada yg kurang reply aja.

  • wah saya kira bener-bener penipu gitu … sempet shock juga baca judulnya.
    Sekarang saya mulai takut beli dan jual produk informasi … takut dibilang penipu :)

    1. Makanya mas, jangan salah memilih affiliate marketer. Kalau saya pribadi biasanya memberikan kesempatan bagi prospek untuk konsultasi pra pembelian. Apakah produk itu bener2 cocok atau tidak. kalau ngga pas, saya arahkan ke yang lebih pas. Jadi mereka bener2 dapet informasi yang dicari. Tidak semata marketing oriented belaka.

  • Review dengan judul kontroversi untuk saat ini lagi hangat-hangatnya saya liat Mas, dan Judul Mas diatas adalah salah satunya… tapi isinya lengkap dan mudah dimengerti bagi pemula yang ingin merambah dunia Internet Marketing… just like me…

    Apa yang Mas bisa kasih jika saya bergabung menjadi affiliatenya mas??? discount, cashback, ebook gratis atau apa???:nantanggue:

    1. @rudy azhar, jangan tanyakan apa yg bisa negara kasih untuk anda, tapi tanyakan apa yg bisa anda persembahkan untuk negara… halah… :puyeng:

      Saya ngga pernah kasih discount or cashback mas. Just an simple ebook “Meraih 1 juta pertama melalui reseller program”

      Disana ada rahasia follow up efektif dan strategi snow ball effect. Strategi follow up sama SB Effect sengaja ngga saya masukin di The Simple Affiliate Marketing biar tetep ekslusif… hehehe

    2. @rudy azhar, Oh ya satu lagi. Saya ada software iklan baris massal yg ngga terikat sama situs iklan.

      Jadi ngga perlu bayar lagi untuk operasinya. Tapi resiko tanggung sendiri, soalnya belum pernah nyoba. Cuma kata temen sih bisa. Hehehe… ntar tak kasih juga link downloadnya.

  • Saya nggak terlalu banyak comment, <b wasting time I mean… Langsung aja ke pokok masalah, Anda menawarkan saya merespon tawaran Anda. Anda menjual saya siap membeli (tapi nilai lebihnya dimana??)

    1. @rudy azhar, tanpa saya kasih bonus pun sebenernya di produknya Pak Kusuma nilai lebihnya luar biasa.

      Liat aja Mas Umar Hadi yg belain mati-matian produk Pak Kusuma itu. Dia master lho mas… dan suka ikut SEO kontes.

    1. Ah ngga ribut kok Mas Cosa. Biasalah ada yg usil dan ngga suka. Btw, di artikel saya berikutnya, pinjem namanya ya! Buat referensi. Hehehe…

  • Wah, ramai bener nih Mas…:puyeng:
    ga kayak biasanya adem ini mah..:panas:
    Tapi saya ikut belajar SEO nya aja. Saya coba ketikkan blog motivasi bisnis masih belum no 1 Mas, malah punyaku bisa di bawah Mas Arief. Cara upload screen shot di posting gimana Mas? maklum masih gapteker…

    Sukses selalu Mas Arief

    1. @Winarno, hehehe… kalau ngga gini ngga keluar tuh master2 SEO nya mas.

      Tapi sekarang jadi Lutvi Avandi, Cosa Aranda, Umar Hadi jadi pada mampir kesini…

      My main keyword sebenernya “blog motivasi” tapi barusan tak cek “blog motivasi bisnis” no.1. Coba mas logout dulu dari akun googlenya.

      Cara upload screen :
      1. Pencet “Prt Screen” di keyboard.
      2. Mas buka program gambar (photoshop ato apa) trus ctrl + v
      3. Simpen sebagai jpeg / png
      4. Upload deh ke blog.
      :sip:

  • sedikit atau banyaknya ilmu yang kita dapat, sangat bergantung dari seberapa baik sikap kita menyerap ilmu tersebut..

    semakin naik popularitas suatu blog, ada saja orang yg ingin di lirik dengan cara yg miris..

    go…go.. Mas Arief.
    Artikel2nya sangat membantu, jadi cuek aja gitu loh

  • Kurangi protes, banyakin praktek. Bersabarlah di setiap proses yang dijalani, kelak pasti ada hasilnya……

    Lemah teles, gusti Allah sing mbales….

  • saya sering main kesini karena saya memang lebih membutuhkan motivasi, saya lebih senang membaca tentang motivasi mas arief di artikel-artikel yang dulu…kayaknya lebih gimana gitu, di artikel ini memang pembelajaran SEO tapi apa tidak lebih bagus bila menggunakan judul yang lain…ini cuma dari sudut pandang saya saja…

    thanks atas artikel SEO ini..

    1. Saya kebetulan sedang uji coba mas. Saat ini masyarakat kita kan lagi demam hal-hal skeptis. Dengan judul seperti di atas, pasti menarik lebih banyak traffic masuk. Ketika mereka masuk, baru kita berikan edukasi positif secara perlahan. Tapi tenang… ini hanya uji coba kok. Saya tetep pada gaya menulis saya yang dulu…

  • bener banget mas arif…
    hal apapun kalo kita berfikir positif duluan, hal jelek sekalipun deh..
    kalo berfikirnya positif pasti jadi lain kok mas

    setuju mas Arif

    1. ini hanya soal paradigma saja mas Andy. Mereka yg mengambil manfaat terbaik lewat action tentu berpandangan positif. Sementara yg action kurang dan tidak menunjukkan hasil… ya itu yg biasanya protes-protes negatif. Hehehe…

    1. Wah… dibacanya pelan-pelan dong artikelnya. Jangan cuma judulnya aja Mas. Kan saya dah tulis tuh… yang bilang penipu orang lain. Saya sih ngerasa produknya Pak Kusuma keren abis. Hehehe…

  • :hiks::nangis: aku ga tau tuh seo kayanya seru deh sampai diperbincangkan. ajarin aku dong kang arif yang baik…biar aku lebih paham masalah2 yng gituan aku pingin belajar dari nol.. heheh minta ym dong kang arif

    1. SEO itu ilmu wajib mas. Biar website kita bisa nongkrong di posisi 1 google. Kalau itu terjadi, kita bisa dapet traffic (pengunjung) gratis tanpa perlu ngiklan kesana kemari lagi. Apalagi sekarang banyak kontes SEO, ladang cari duit tuh. Untuk SEO mending langsung belajar sama Masternya mas, Pak Kusuma. Ngga ada ruginya kok. Monggo liat infonya di http://ambil.info/seomaster

    1. Makanya om dibaca sampe tuntas dong artikel di atas, jangan maen fast reading. Ngga bijak lho mengambil kesimpulan dengan cepat tanpa memahami lebih lanjut dan mendalami apa yang dibaca. Lagipula artikel ini intinya malah bukan di screen shotnya tapi pada respon sikap ke yg suka protes-protes.

      Di atas sudah saya tuliskan bahwa ada beberapa kondisi pada saat saya mengambil screen shot :
      1. Saya dalam kondisi login di akun google
      2. Screen shot diambil pada tanggal 10 Juli 2009, sekitar pukul 12.30 siang

      Kedua hal tersebut sangat mempengaruhi hasil pencarian, terutama kondisi login di akun google. Dan soal rekayasa photoshop? Saya ngga bisa maen rekayasa photoshop. Gambar keren di atas hanya memakai software faststone. Itupun hanya mengcapture and efek robekan kertas + gradasi + panah. Just it.

      Baca juga komentar para master SEO yang saya undang ke sini : Lutvi Avandi & Umar Hadi.
      Salam Sukses,

  • saya jual produk tutorial SEO dari nubi sampe mahir..ada yg mau gag ya? :hiks:

    *saingan ama pak kusuma ceritanya..ohohoho:puyeng:*

  • Salam Kenal buat semuanya, luar LUAR BIASA Salut buat Mas Arief maulana saya jadi inggat trik pemasaran kayak trik jurnalis juga Headlinenya harus bikin penasaran sampai2 komentar rekan2 saya cermati salam sukses buat semua “YAKIN USAHA SAMPAI”

  • wah seru juga nyimak komentar2 dari master SEO sampe yang rada2 panas komentarnya, Aku tetap dukung mas Arief untuk selalu berkarya, aku doain juga akan menjadi motivator ulung sekelas TDW…Sukses mas…

  • salam kenal semuanya,,keliatannya para pakar internet ngumpul smua ne,,btw sy mau sharing sedikit ttg Pak Kusuma,,two thumbs for him,,sy ibu rt yg gaptek abis aza bisa dibantu ama Pak Kus ampe bbrp kata kunci sy di 10 besar google,bahkan ada yg No 1,,( cara diet,turun berat badan,diet herbalife dll)..beliau ok buanget deh menurut gw..dgn sabar membimbing ku ampe berhasil..tadi sempat kaget juga awalnya dgn berita ini..tapi syukurlah “Kebenaran tetap di atas segala2nya” …salam sukses buat smuanya ya..

    1. tenang bu, saya sengaja bikin sedikit kontroversi dan mengundang para master SEO kesini. Jadi biar saling share satu sama lain dan semua bisa saling belajar.

  • Asww…numpang belajar nih mas Arief…Judulnya sih sah2 aza di Gramedia ada tuh buku “Be Negative” klw baca judulnya hehe…pada negative semua tp stelah dibaca dalem2 isinya positive bgt. Lumayan bt belajar menata hati berbaik sangka & gk melulu bisnis internet mlulu.
    Klw saya perhatiin setiap ebook yg gk dipraktekin & diharap2 instant selalu dianggap sampah berbanding trbalik dgn mereka yg optimis kerjakeras mempraktekannya lalu memetik hasil maka menganggapnya bukan ebook sampah namun sbg anugerah.

    1. Paradigma orang emang beda2 mas. Yg udah take action dan dapet hasilnya cenderung bilang produk bagus. Dan yg ga pernah action nganggap itu sampah. Well ada baiknya kita menjadi pribadi yg talk less do more… hehehe

  • Hai Arief,

    Thanks sekali sudah menulis dan mereview mengenai saya di blog mas.. menyenangkan sekali membaca mengenai diri dan produk kita. Karena jika kita saja yang mengatakan sendiri tentu tidak banyak yang mau percaya.

    Karena tukang kecap selalu mengatakan no 1.

    Bagaimanapun saya juga bukan penjual kecap. Hanya penjual produk Rahasia Search Engine, yang baru saja menyelesaikan kontest seo no 3 se Indonesia. (Juga tidak sedang ngecap ).

    Mas Arief, bukti hasil mas Arief dari RSE sangat impresif, saya sangat bangga.

    Kedepan saya akan tampilkan testimonial mas Arief, cuman memang sekarang masih agak penuh testimonial, kayaknya saya akan buatkan yang bisa discroll (bentuk frame) sehingga ada lebih banyak yang bisa masuk, sekalian mau diupdate lagi sales letternya.

    Again, member RSE seperti anda, natalia Leo, Fikri, dan banyak lainnya memang asset saya yang sangat berharga.

    Dari hati saya yang terdalam, saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga!

    Semoga mas Arief bisa tercapai Impiannya menjadi motivator dan pebisnis online yang dahsyat!

    Mari, bersama bergandengan tangan menyebarkan inputan positif dan saling membangun dan mendukung! ( pelajaran dari kontest seo kemaren ) :)

    I Love You Full! Mantap!

    Buat teman-teman pengunjung blog mas Arief, salam kenal semuanya!

    1. Sama-sama Pak. Memang produk Anda bagus dan mudah diaplikasikan.
      Hasil di atas sebenarnya tidak demikian bagus pak. Soalnya saya lupa log out waktu mengambil screen shot dan membidik kata kunci tertentu di google. Kalau yg bener2 ada di halaman pertama dan posisi pertama, sepertinya cuma di keyword blog motivasi saja.

      Terima kasih juga doanya. Dan selamat ya Pak, Anda sudah memenangkan kontes SEOnya mas Joko dan beberapa murid Anda juga. ini membuktikan bahwa produk Anda memang dahsyat, jika saja rekan-rekan mau mempraktekkannya lebih dalam.

      Salam Sukses juga buat Anda Pak Kusuma.

  • No.1 di search engine memang jadi impian semua pemilik website/Blog,ataupun yang akan mulai, sehingga mereka berlomba-lomba seperti perlombaan pacuan kuda, dimana Kuda adalah Alat SEO, kuda yang kuat dan sehat akan menjadi pemenang dan Kuda lemah akan menjadi pecundang.
    Kita hanya sebagai penunggang kuda.

    Kesimpulan : Semua Alat Seo itu adalah benar apalagi yang sudah diajarkan oleh master seo seperti Bung Kusuma bukanya Saya membela karena satu daerah, yaitu Bali, disini saya bertindak Netral.

    Memiliki Teori SEO percuma tanpa action dan kerja pintar bukan kerja Keras sorry Kusuma blog kerjakeras nya di pake di komen, hehehe

    Memang Orang sukses banyak cobaan yang sabar ya, contoh Bung Joko, Mba Ane dan Bung Kusuma semuanya pernah mengalaminya, kecuali Bung GoMe, Haayyyah

    PS : Oh ya bagi pemilik Blog Salam Kenal Bung Arief Saya GoMe dari Bali.

    Buat Bung Kusuma Kok ente di tuduh penipu padahal Juara 3 di Kontes SEO Joko, pantesan yang nuduh itu ga menang, wong pikirannya negative terus dan banyak musuh gimana mau dapat backlink, hehehe
    Jangan – jangan yang Nuduh Bung Kusuma ini belum punya Blog gimana mau No.1 di Search engine.

    Maju terus Bung Kusuma ditunggu makan – makan nya.

    Bung Arief sukses terus ya persaingan di search engine sekarang ketat, hari ini posisi 1 besok belum tentu, harus optimasi terus.

    1. @GoMe Computer, wah senang sekali saya berkenalan dengan 1 lagi pebisnis online dari Bali. Rata-rata yg saya temui orang-orang positive.

      Semua ilmu pada akhirnya memang berujung pada praktek/action. Bahkan cara kita mempraktekkannya pun akan mempengaruhi hasilnya.

      Terima kasih atas komentarnya pak Gome.

  • Waduw, telat bgt komenntya :hihi:. Ebook pak kusuma itu mmg bagus, tp ada 1 hal fatal yg gw ga setuju – bhwa dy nyuruh bangun link sebanyak2nya utk SEO. Bukankah bagus tuh? iya tp jgn kenceng2, Bangun link jangan kenceng2, apalagi nyepam :melet:

  • wah patut dicontoh nih mas ilmunya, buat artikel yang mengundang perdebatan tetapi tidak merugikan/menjelek2x orang.

  • Halo mas Arief maulana

    Meski saya nggak pernah pelajari produk Ebook dari Pak Kusuma…Tapi point dari semua hal adalah Positive Thinking…

    Saya sebagai pemain Bisnis Online dari Bali Juga mengakui bahwa Apapun Usaha harus dengan kerja Keras untuk dapat hasil…Peras keringat untuk update Blog ataupun Website untuk raih hasil sempurna di SEO

    Jujur…saya sendiri belajar SEO tanpa Panduan…Modal Belajar Otodidak dari teman teman

    Untuk itu…sekarang saya ingin membangun Netword…

    tetap maju mas…jangan pedulikan omongan orang yang sirik…

    Salam sukses

    Admin Promocyber.com…

  • tulisan yang bijak mas arief,saya sudah cek kata kunci mas arief masik bertenger di posisi 1 ,salam kenal mas :)

  • Kok saya baca blog ini, yang banyak muncul komentarnya drpd isinya. :puyeng:Ayolah jangan pada tarung… internet cara sehat aja lah…:meneketehe:Mo kritik boleh ga?? saya abis coba keyword motivasi dan pengembangan diri kok situsnya ga ada di hal 1 google

    1. @amri, bagus dong klo artikel responnya banyak. Daripada buat artikel ga ada yg komentar memberikan respon, ya ngga?

      Dan kalau baca yg jeli mas, jangan fast reading. Ini saya ambil dari artikel di atas :

      And screen shot di atas, saya ambil pada tanggal 10 Juli 2009, sekitar pukul 12.30 siang

      SEO itu relatif mas. Artikel ini udah lama banget loh, hampir 1 tahun yg lalu.

      Banyak hal bisa terjadi. Coba ditelusuri juga diskusi temen2 lewat komentar yg panjang di atas. Ada pelajaran SEO menarik.

  • Iya, saya juga setuju kalo para pembuat SEO pasti berbuat sesuatu yang sebenarnya ngebantuin. makasih mas artikelnya.

  • Pokoknya tetap semangat aja ya belajarnya , pantang menyerah , jika belum berhasil jangan mencari kambing hitam , jual aja kambing hitamnya kan dapat duit untuk modal. :hihi:

    1. @Berbagi peluang usaha, benar sekali. Itu kenapa sekarang jualan ebook & video tutorial inet marketing mulai tidak laku. Yang masih lumayan, tutorial berupa training / workshop yang bisa praktek langsung dan membuahkan hasil saat itu juga.

  • wow, temen saya kusumah lagi dibicarakan disini, hehehe…benar sekali Mas Arief ebook sudah ga laku lagi, sekarang era training, workshop dan private yang laku, karena ga ada yang berani bilang penipu sebab langsung kenal sama muridnya walaupun via online soalnya ada hubungan interaksi via chat atau langsung tatap muka. Begitulah kira2
    GoMe recently posted..Sekolah Pengusaha Online Sekolahnya Internet MarketerMy Profile

  • wah srategi yang sedang ngetrend :D , salut buat Mas Arief, maaf mas aye dah cek baik itu di Google.com dan Google.co.id kata kunci mas nggak ada muncul di halaman 1 google sprt yg mas bilang, kalau sekedar cari nilai Page Rank yah oke2 aja mau cara baik atau tidak, sebelumnya selamat mas ya Page Ranknya 2 :D

    salam dari saya yang tidak sepintar dan sejago mas dalam hal seo ;)

  • Waah,,, ternyata artikel ini sudah lima tahun lalu toh,,, saya baru ketemunya sekarang,,

    Saya dari bali tapi saya aru tau ada pakar SEO dari bali,,adeeehhhh,,,

    Teriamakasih banyak infonya mas arief maulana salam kenal

    1. @ripa wahyudi, iya Pak. Memang tulisan lama. Sudah sejak beberapa tahun yang lalu saya ngeblog.
      Hanya saja, saya tidak tahu, apa sampai saat ini Pak Kusuma Putra masih menjual produk / menjalankan bisnis SEOnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,560 bad guys.