Oleh : Arief Maulana

nikmati hidup andaHidup di zaman sekarang memang susah. Terlalu banyak masalah dalam kehidupan kita. Ngga salah kalau ada ungkapan “Hidup Adalah Sebuah Perjuangan”.  Ada yang bisa survive hingga akhir hayat dan meninggalkan jejak kenangan yang indah, namun tak sedikit juga yang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya lebih cepat dengan beragam alasan. Yang pasti selama kita masih hidup, selama itulah kita akan terus bertemu dengan masalah. Well, satu-satunya tempat yang bebas dari masalah hanyalah kuburan.

Mungkin Anda juga mengalami hal yang sama. Setiap hari selalu berkutat dengan masalah dan stress yang kadang memuncak dan terus di puncak seperti tidak ada habisnya. Capek? Pasti. Tenang… RSJ masih buka dan akan terus dibuka untuk orang-orang yang sudah tidak mampu lagi memanaje stress yang ada pada dirinya. Seperti Caleg yang kalah pemilu ataupun Caleg yang tiba-tiba batal duduk di parlemen karena keputusan MA.

Dulu saya juga seperti itu, hingga akhirnya ada satu nasehat ibu yang benar-benar mengubah semuanya. Satu kunci sederhana dalam memanaje stress yang suka datang tanpa diundang dan mengusik kehidupan kita. Apa itu? Nikmati hidupmu dan jalani setiap prosesnya dengan rasa syukur.

Bagaimana caranya menikmati hidup? Wah, masa saya mesti menggurui Anda soal ini. Karena saya yakin setiap orang pasti sudah tahu caranya menikmati hidup. Intinya apa yang membuat Anda senang, ya itu yang bisa bikin Anda menikmati hidup. Perbanyak saja porsi disana. Tapi kalau saya ditanya bagaimana cara menikmati hidup, ini 3 point yang biasa saya lakukan :

space

# BERHENTI MEMPERMASALAHKAN HAL-HAL GA PENTING

Coba deh Anda merenung sejenak. Seberapa banyak hal ngga penting yang sering Anda besar-besarkan. Masalah yang semestinya bisa ditangani dengan mudah dan ringan malah menghabiskan seluruh energi Anda untuk menyelesaikannya. Kenapa? Karena Anda membesarkan hal tersebut menjadi masalah besar.

Ehm… jadi inget buku “Don’t Sweat the Small Stuff for Teens” yang pernah saya beli waktu SMA dulu, karangannya Richard Carlson, Ph.D. Cuma yang dibahas disana masalah-masalah sepelenya remaja yang suka bikin pusing. Pernah satu waktu saya jalan ke Gramedia, ternyata buku ini yang ditujukan untuk orang dewasa juga sudah ada. Anda bisa cari dan beli bukunya. Baca juga tulisan Mbak Trieand tentang mempermasalahkan hal-hal ngga penting ini.

space

# NIKMATI SETIAP PROSESNYA DAN BUAT DIRI ANDA NYAMAN DISANA

Pernah kejebak macet ngga? Gimana rasanya, ngga enak yah! Kadang-kadang stress juga kalau jalanan macet. Apalagi kaya saya yang setiap hari kudu menempuh rute Sidoarjo – Surabaya pulang pergi. Lebih stress lagi karena perjalanan saya mesti di jam-jam padat alias rush hour. Dulu sih stress, sampai saya menemukan solusinya. Apa? Dengerin musik dan nyanyi di jalan. Hahaha…

Ya, sebelum berangkat atau pulang saya pasang headset earphone ke HP dan puter MP3 playernya. Musik mengalun perjalanan dimulai. Tentunya setelah berdoa dong, biar selamat di jalan. Baru lets start singing. Saya ngga peduli orang ngeliat saya aneh di jalan. Nyanyi-nyanyi ngga jelas. Cuek aja, toh ini membuat saya enjoy menikmati setiap detik yang saya lewatkan di jalan. Lucu juga melihat wajah-wajah kusut dan stress sementara saya enjoy bernyanyi. Dan ngga terasa ternyata udah sampai di rumah / di kampus.

Intinya apa? Cari hal-hal yang membuat Anda nyaman saat harus melakukan aktivitas yang berpotensi mendatangkan stress. Dengan demikian, Anda bisa menikmati setiap waktunya. Dan tahu-tahu, ternyata aktivitas  itu sudah selesai.

space

# TINGKATKAN NILAI SPIRITUAL ANDA DAN DEKATKAN DIRI PADANYA

Seberapa sering Anda curhat sama temen kalau ada masalah? Kenapa ngga coba curhat sama Allah. Bangun tengah malam, saat yang lainnya sedang asyik terlelap. Meneteskan air mata pun tidak dilarang manakala Anda merasa beban masalah itu terlalu berat. Ungkapkan semua masalah, berdirilah tunaikan shalat malam dan panjatkan semua doa Anda. Minta solusi atas masalah yang tengah dihadapi, insya Allah malaikat pun akan mengamini doa-doa kita.

Manusia belum tentu bisa membantu setiap masalah Anda, tapi Allah bisa. Karena sesungguhnya dia Maha Kuasa atas segala sesuatunya. Kuasanya meliputi seluruh apa yang ada di bumi, di langit dan di seluruh semesta ini.

Jangan berpikir “bagaimana bisa?” Tapi yakinlah bahwa jika Allah sudah berkehendak segala sesuatunya bukan mustahil terjadi. Makanya saya suka sekali dengan statement :

“Hanya mereka yang tidak percaya kepada Allah yang berkata SAYA TIDAK BISA”

Jangan dipertanyakan karena cara kerja Allah memang misterius. Yang penting lakukan saja tugas kita sebagai hamba yang baik. Berdoa dan berikhtiar segenap tenaga. Sama halnya dengan Mas Danang yang menuliskan mimpi-mimpinya tanpa mempertanyakan apakah bisa terwujud atau tidak. Just Do It.

“Tuliskan mimpimu dengan pensil dan berikan penghapusnya kepada Allah. Sekiranya dia tidak berkenan dengan yang kita tuliskan, izinkanlah Allah menghapus mimpi itu dan menggantinya dengan yang lebih baik.”

Nah itu saja yang mau saya sharingkan. Semoga yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.  Oh ya, coba lakukan juga tips dari Mbak Izzah untuk mengawali hari sebelum Anda memulai aktivitas, siapa tahu bermanfaat dan menjadikan hari-hari Anda lebih hidup.

And… bagaimana cara Anda menikmati hidup? Silahkan dishare…

Salam Sukses,
Photobucket
space

Nikmati Hidup Anda
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:         

97 thoughts on “Nikmati Hidup Anda

  • Waduh… makasih mas arief dah nyebut blog aku. tip-2nya sangat bermanfaat banget mas…emang seharusnya buat nyelesein masalah kita ngadunya ma Allah ya mas bukan ma yang laen…

      1. @arief maulana, :hiks::hiks:cepet sembuh yah mas arief…..nikmatilah masa sakitmu biar bisa lebih menikmati dan mensyukuri masa sehatmu yang sangat berharga…..

    1. @bunda, :puyeng::puyeng:loh pas nangis malah masuk komennya….hehehehe…..saya mah ngikut kata Aa Gym….yang penting prosesnya…..biar nikmat. minum kopi bukan memasukkan air kopi hitam ke lambung, tapi nyeruputnya toh

      1. @bunda, sip. Sukses berasa nikmat manakala kita mengenang proses dan perdjoeangannya.

        Kalau baru mulai tiba2 langsung sukses ngga seru lah yaw… :guayarek:

          1. @bunda, emang kelainan jiwa kayaknya bunda, stress kok nyari korban.. suruh ke RSJ aja dong.. masih banyak kamar kosong tuh…:opoiki::kesel::kesel:

  • Mungkin tambahan Mas Arief… yaitu cari inti permasalahannya yang membuat stress, kadang stress kan memang ada masalah berat yang di hadapi, klo masalah itu belum clear, mungkin stress bisa kambuh kapan saja.. zam

  • Orang yang paling bahagia tidak selalu memiliki hal – hla yang terbaik mereka hanya berusaha menjadikan yang terbaik dari setiap hal yang hadir dalam hidupnya dengan rasa optimis yang menyala.

  • Mas Arief hidup ini berlanjut Mas…, di Dunia kita tiada Di akhirat kita ada apalagi kalo dah masuk ke kuburan (liang lahat) pasti masalahnya banyaak he he he…. (smg kita termasuk orang2 yang beruntung di dunia & akhirat). Hanya dua kenikamatan yang lebih besar dari pada kenikmatan lainnya yaitu… NIKMAT SEHAT & WAKTU LUANG…. smg

    1. @harto, amin….betul sekali mas Harto. Jadi inget pesen nenek… Kejar Akhiratmu maka dunia akan mengikuti… :uhuk:

  • Poin 1 ada hubungannya dengan pelajaran dari ember dan batu.
    Kalau kita terlalu mempersoalkan masalah2 kecil masalah yang besar akan terlewatkan.
    Poin 2 Hidup adalah perjalanan. Sekarang saya tidak pernah merasa bosan karena begitu banyak hal yang bisa saya kerjakan di manapun, kapanpun, dalam situasi apapun. Bahkan saya sering merasa kekurangan waktu. Bahkan kadang pada saat sedang menunggu …
    Poin 3 untuk meningkatkan nilai spiritual mau tidak mau harus mengilmui terlebih dahulu baru mengamalkan.

  • well…
    perkataan yang bagus mas…
    manusia tuh tidak ada yang paling sempurna dan tidak pernah lepas dari yang namanya MASALAh.
    :puyeng:
    so, hadapilah kenyataan bahwa masalah muncul sejak kecil ini membuat kita berlatih untuk mengatasi masalah dengan cara kita sendiri. apabila tidak mampu maka bisa minta bantuan orang ketiga misalnya orang tua atau orang yang bijaksana.
    :uhuk:

    oh ya, ingat aja ama Trieand bahwa marah2 dengan masalah hanyalah buang waktu n energy yang berharga dan tidak bisa mengganti waktu yang hilang.
    :bakme:

  • Nikmatilah hidup dengan rasa syukur…ya begitulah Mas. Sebagai manusia kita tak lupa untuk selalu bersyukur…karena inilah nikmat yang tiada duanya yang di berikan oleh Allah…:sip::hehe:

  • Kata siapa di kuburan ndak ada masalah? Disana banyak sekali masalah, apalagi kalau tidak punya tabungan masa depan.

    Setiap saat kita memang harus bersyukur, namun jangan hanya bersyukur saja …. ungkapan rasa syukur harus ada lakunya, ada actionnya, mungkin seperti Panjenengan ini bersyukur dengan berbagi.

    1. @Puspita W, trims. Konteksnya masalah dunia Bu Guru. Kalo udah masuk kuburan ya masalah alam kubur… hahaha…. kemanapun kita memijakkan kaki selalu ada masalah…

  • Artikel yang menginspirasi, mas..
    hidup adalah netral..
    menjadi indah ketik a kita menganggapnya ‘indah’, dan menjadi menderita ketika kita memberikan label ‘penderitaan’..
    Tergantung lewat kacamata apa kita memandang dunia .. :)

    salam sukses :sip:

  • betul mas arif…menikmati prosessnya..itu sgt penting…..sprti bersusah-susah payah dahulu..bru bisa menikmati hasilnya..pasti dgn itu akan trasa lebih puas.
    suksess mas

  • Halo Mas Arief,

    Sepakat Mas, hidup memang sebuah perjuangan, namun kita tidak boleh lupa bahwa hidup pun harus kita nikmati dengan ‘make it simple’ dan penuh rasa syukur.
    Mantap artikelnya dan sangat berbobot, Mas Arief. :)

    Salam sukses luar biasa.

  • trims sharingnya mas…emang pada dasarnya semua masalah di dunia pasti akan berlalu…tinggal bagaimana kita menyikapinya…

  • Trims Mas Arief.
    Betul “Hidup Adalah Sebuah Perjuangan”, tetapi perjuangan macam apa yang kita pilih? itu pertanyaannya, he…he…, kalau boleh saya sharing, menurut saya ungkapan “Hidup Adalah Pilihan” lebih memotivasi kita untuk mengembangkan kepribadian dan potensi kita. Karena pada dasarnya, masing-masing kita punya semua karakter; orang yang jujur atau penipu, baik atau jahat,pemenang atau pecundang, rendah hati atau sombong, dll. Jadi karakter yang mana yang kita pilih untuk kita gunakan dalam menjalankan kehidupan didunia nyata ini, itu yang akan menentukan masa depan kita.

  • Bener emang hidup ini banyak masalah tetapi dari sisi mana kita melihat dibalik kesulitan pasti ada kemudahan itu Firman Allah lho ! dan masalah itu emang harus ada karena tuhan membuat masalah itu agar kita lebih dewasa dan siap apabila menerima karunia dari-Nya tul nggak mas Ariif.

  • halo mas arief…salam jumpa, saya alfred dari bali wah lama banget saya nggak jalan2 ke blognya mas yang asik bgt nieh, sejak blog saya di banned wp dl itu:hiks: kebetulan artikel mas arief cocok bgt…dengan keadaan saya…lagi ada problem nih…semangat ngeblog juga belum pulih…tapi untung..ada postingan ini..trims bgt mas arief…salam hormat- alfred-:koprol:

    1. @Alfred, duh di banned aja koq langsung mutung si mas….bisa diminta lagi koq, dg janji tdk akan melakukan kesalahan yg sama, saya pernah tuh sampai beberapa kali….dan segera pindah yg punya sendiri biar bebas….

    2. @Alfred, WP.com emang suka gitu mas. kadang2 membanned dengan alasan yg g jelas. Mending blogapot di custom domain atau sekalian WP hosting bayar.

  • Artikel yang bagus, mas Arief… Saya suka tuh sama point yg ketiga dan saya sedang coba menjalaninya meski belum rutin sih. Tapi saya udah ngerasain “sensasinya”.
    Saat Sholat malam saya ngerasa bisa(kalo istilah saya) “Chat with Allah”. Dan emang bener, semua doa pasti akan dijawab oleh Allah, walau seringkali jawabannya “tidak”.
    Tapi saya slalu think positif bahwa setiap masalah akan terjawab dengan belajar dari pengalaman masa lalu atau dari pengalaman orang lain.

    Seperti masalah saya sekarang yg ingin sekali punya Blog dgn domain dan hosting sendiri, tapi msh ada kendala modal dan kesulitan2 teknis yg msh saya cari solusinya sampai sekarang…
    Dan satu lagi, saya masih ragu dan susah untuk bisa konsisten dgn bisnis yg sedang saya jalani… makanya untuk posting di blog saya aja masih suka tergantung mood dan suka ngerasa ragu untuk menentukan apa isi posting saya.
    Ada masukan gak, mas Arief??

  • Memang ini belajar HIDUP yang punya NILAI2 KEHIDUPAN tapi yang penting JANGAN IZINKAN IMPIAN KITA tergulung MASALAH TAPI HARUS SANGGUP MEMANAGE MASALAH KARENA SETIAP MASALAH Tuhan sediakan jalan KELUARNYA

      1. @arief maulana, mas banyak teman yang mau saya kirim artikel mas boleh saya forward supaya mereka juga bisa mengikuti ok

  • ada yg aneh “Dulu saya juga seperti itu, ” <- maksud seperti itu apa mas? jadi Caleg? kahakah :hihi: nice post btw :D

    1. @Tutorial and Review, bukan caleg bos. Aku orangnya perfectionis. All must be perfect.

      Nah kalo deadline udah mepet dan kerjaan kurang perfect… udah pasti stress tingkat tinggi.

      Padahal tidak yg sempurna di dunia ini…

  • setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, slalu bertanya pada diri sendiri knp bisa ada masalah…jujurlah.
    slalu dikirlah hatimu padaNYA itu akan membuat hatimu tenang.
    jika engkau hatimu tenang pasti kau akan dapat jawaban dari masalahmu, percayalah..Insyaallah.

  • Mas Arief Maulana Yth., maaf aku nimbrung nih…,
    Sebetulnya apa yang kita hadapi sehari-hari itu adalah dinamika hidup yang mau ngga mau tetap harus kita jalani, yang mana hal tersebut akan terasa menjadi “MASALAH” apabila kita sendiri menganggapnya hal itu “MASALAH”, tetapi kalau kita menganggap hal tsb adalah sesuatu yang harus kita hadapi dan kita selesaikan maka insya Allah tidak akan menjadi “MASALAH”, karena ALLAH itu tidak akan menurunkan persoalan (cobaan) kepada seseorang kecuali sesuai dengan kesanggupan orang tersebut (Laa yukallifullahu nafsan illa wus’ahaa….al Baqarah 286), terimakasih mas..

    1. @Arief Maulana Muhamad, nah. Ayat inilah yg semestinya diingat oleh mereka yg suka mengeluh atau lari dari masalah.

      Kalau saja semua orang memahami lebih dalam maksud dari ayat tsb, maka dia pasti akan bersyukur. Kenapa?

      Karena ada kesadaran bahwa ternyata dirinya telah diberi kepercayaan oleh Allah dan dia MAMPU mengatasi semua masalah tsb.

      Trims masukannya. Ini mas Arief Maulana yg dulu beli genius biz dari saya itu bukan?

  • Yupp… Benar sekali Mas… Hidup itu penuh perjuangan. Karena tidak selamanya kita selalu mendapat keberhasilan dan kebahagiaan. ada kalanya kita menerima pil pahit kegagalan. Ibarat roda kehidupan, ada kalanya berada diatas, dan ada kalanya berada dibawah. Nah, dalam menghadapi itu semua, saya rasa, keikhlasan serta rasa syukur kepada Allah SWT diperlukan. Karena kita tidak pernah tahu hikmah apa yg akan kita peroleh dari setiap kejadian yg menimpa kita.
    Semoga Allah SWT senantiasa memberikan Rahmat & Berkah Nya kepada kita semua, amin….

  • :plis:maaf ya mas arief.. baru comment nie.. he..he.he..:ngelamun:terima kasih sekali sudah buat backline ya.. ke blog saya.. :ngintip: :matabelo:Setuju..banget.. HIDUP HARUS DISYUKURI KARENA KITA MASIH HIDUP DI DUNIA INI. Masalah akan selalu datang,dialah yang akan mendewasakan kita.Tinggal bagaimana reaksi kita.. :weks: atau..:opoiki:cari jalan keluar dan tetap OPTIMIS..:hore::muach::plis:

  • :koprol:Berbahagialah kita masih diberi masalah.. karena Tuhan selalu ada disamping kita..saat semua meninggalkan kita.. :uhuk: Tuhan selalu punya rencana yang jauh lebih indah dari harapan kita :ngacir: yupy..:lompat::bakme:

  • orang jadi stress karena ilmunya nggak lebih tinggi dari masalah yang dihadapi, saya juga lagi stres nih karena ilmu saya tidak lebih tinggi dari masalah yang saya hadapi. saya pengin punya blog, dah coba buat masih error melulu.=… bapak-bapak ibu-ibu tolong aku … carikan aku ilmu… )bacanya harus sambil nyanyi, meskipun stress saya masih bisa menikmati hidup kok mas arif, klo jalanan macet alhamdulilah dzikirnya lebih banyak.

  • Untuk bisa menikmati hidup yang penting harus ada prinsip ya mas, sepanjang tidak bertentangan dengan norma sosial ataupun agama, jalanin saja.:sliweran:

    Intinya tidak dilarang mengikuti arus, tapi jangan sampai terbawa oleh arus :meneketehe:

    1. @Sumartono, kalau perlu ciptakan aliran sendiri mas… dan buatlah orang mengalir bersama kita… hehehe…:sip:

  • mas,
    belum ada ide postingan lain mas?
    misalnya kisah bagaimana orang bisa sukses atao cara motivasi yang berbeda..
    gitu
    :sip:
    biar ga kelamaan nunggu…
    :kesel:

    1. @Dimas, mas arief nya lagi sakit, kita doain cepet sembauh…..hmmm bunda aja yang posting artikelnya yah…hehehe…sabar

    2. @Dimas, kalau mas tanya ide saya masih ada 75 ide posting yg belum digarap.

      Ini sakit, makanya ga bisa ngapa-ngapain… hehehe…

      1. @arief maulana, mas arief dah sembuh ya…syukur deh..:sip::sip: masih disayang Allah mas dikasih sakit, biar bisa istirahat gitu…:tidur::tidur::uhuk::uhuk:

  • mantep mas arif artikelnya…trus menurut saya Sukses itu adalah setiap Kita Bisa MENIKMATI PROSESNYA apapun yang di perbuat pasti akan mendapat imbal balik..

  • Pingback: Mindset Berkembang, Sukses Tak Berhingga | ARIEF MAULANA | Success Is The Way Of My Life
  • proses is the best lah…
    saya yakin setiap kita menikmati hidup untuk melewati proses, maka suatu saat sukses akan menjemput.

    karena di dalam proses itu sendiri akan banyak yang kita lewati, dan disitulah jiwa kita terbentuk, mindset terbentuk

  • Pingback: Sukses Bisnis Pulsa Dengan Website Sederhana | RAHASIA BISNIS PULSA
  • Sungguh indah kata-kata itu, memang benar, manusia memang hanya bisa merencanakan, dan hanya Allah yang bisa menentukannya. Sehingga kita berhak menulis mimpi kita, namun hanya Allah yang berhak menentukannya. Dan harusnya kita mensyukuri apa yang Allah berikan kepada kita karena Allah lebih mengetahui mana yang terbaik untuk hidup kita. Semoga kita semua termasuk golongan orang-orang yang mau mensyukuri atas nikmat-Nya. Amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,551 bad guys.