Mindset Berkembang, Sukses Tak Berhingga

Oleh : Bunda

mindset berkembangPembaca AriefMaulana.com….izinkan saya menulis disini. Sudah menjadi kesepakatan bahwa saya punya ‘kewajiban’  menulis artikel,  juga karena yang punya situs lagi sakit dan supaya pembaca tidak bosan karena tidak ada artikel yang baru. Untuk artikel kali ini, masih berkaitan dengan artikel-artikel Arief Maulana sebelumnya. Tentang impian dan bagaimana menikmati hidup.

Bukankah setiap kita mempunyai impian? Dulu impian saya menjadi pengusaha. Saya juga terobsesi menjadi seorang pengusaha sukses…..dan ternyata perlu waktu untuk bisa merasa puas dengan pencapaian saya. Perlu waktu untuk merasa puas bahwa saya mampu. Dan ternyata mengubah mindset adalah kunci kepuasannya. Menurut Carol S. Dweck, semua kembali kepada mindset untuk memahami kemampuan atau potensi diri. Ada dua jenis mindset, yang pertama :

MINDSET TETAP yaitu setiap manusia memiliki kemampuan tetap (fixed ability) yang harus dibuktikan

dan yang kedua :

MINDSET BERKEMBANG, bahwa setiap manusia memiliki kemampuan yang bisa diubah (changeable ability) yang dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran

Pada mindset yang pertama, kesuksesan adalah jika Anda mampu menunjukkan bahwa Anda cerdas, anda berbakat. Jika gagal, tidak sukses, kalah atau mendapat nilai jelek. Ini menunjukkan Anda tidak cerdas dan tidak berbakat. Dalam mindset ini, usaha adalah hal buruk, karena Anda sudah berbakat dan cerdas, tidak perlu lagi usaha.

Pada mindset yang kedua, kesuksesan adalah jika Anda mampu mengembangkan diri dengan mempelajari hal-hal baru. Jika gagal, tidak sukses atau kalah, maka berarti Anda tidak berkembang dan tidak meraih hal-hal yang Anda impikan. Dalam mindset ini, usaha adalah sesuatu yang membuat Anda menjadi cerdas.

Nah sekarang pilihannya adalah pada diri kita masing-masing, karena mindset sesungguhnya adalah sebuah kepercayaan yang kuat, dan Anda bisa mengubahnya. Kalau saya, akan memilih yang kedua. Mengapa?? Karena dunia tidak membagi manusia ke dalam golongan cerdas dan tidak cerdas, tetapi membaginya ke dalam golongan yang mau belajar dan tidak belajar.

Apakah kita akan cukup puas dengan kecerdasan yang kita miliki, sehingga dengan mindset tetap kita merasa tidak perlu lagi belajar dan pada akhirnya akan menghentikan proses belajar. Padahal tidak ada manusia yang tidak mengalami proses belajar. Bayi tidak pernah berhenti untuk belajar, tetapi ketika mereka telah memiliki rasa takut dengan tantangan, mulai ragu untuk belajar.

Jika Anda diberi permainan puzzle yang sederhana dan berhasil menyusunnya, apakah Anda akan melanjutkan dengan puzzle lain yang lebih rumit? Jika Anda memiliki mindset tetap, Anda akan berhenti dan cenderung mengulang menyusun puzzle yang sama. Tetapi jika Anda memiliki mindset berkembang, maka anda akan mencoba puzzle lain yang lebih rumit.

Jika puzzle adalah permainan untuk anak-anak, maka persoalan hidup adalah puzzle yang ada dihadapan kita. Kita akan senatiasa menghadapi tantangan, masalah, kesusahan….. Satu bait puisi mengatakan,

Jika kita meminta SUKSES, maka Tuhan akan memberikan tantangan/masalah

Contoh orang yang memiliki mindset tetap adalah John Mc Enroe. Dia tidak suka belajar. Tetapi karena bakat yang luar biasa ia menjadi petenis nomer satu dunia. Dia sukses, lebih baik dari orang lain. Tetapi sisi buruknya adalah dia memandang rendah orang lain.

Sementara Michael Jordan, seorang atlet par excellence (kehebatannya diakui semua orang), tetapi tidak memandang istimewa dirinya, karena ia tahu betul bagaimana perjuangannya untuk mengembangkan kemampuannya. Jordan selalu terkejut setiap kali kembali ke permainan, karena selalu menemukan perbedaan, yang memacunya untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan. Dan Jordan adalah seorang yang memiliki mindset berkembang.

Kesalahan dalam proses pembelajaran menuju kesuksesan atau meraih impian ini ternyata lebih dipengaruhi oleh mindset kita. Jangan sampai kita seperti kisah si KODOK REBUS…. Belum terlambat untuk mengubah mindset kita. Jika Anda memiliki mindset tetap dan merasa sukses karena pintar atau berbakat, lalu siapakah Anda jika gagal? Dengan menyetting ulang mindset kita menjadi mindset berkembang, maka kita akan melihat kegagalan sebagai suatu pengalaman. Kegagalan sama sekali tidak menentukan nasib kita. Kegagalan adalah pelajaran yang harus dihadapi, dipecahkan dan diambil hikmahnya. Karena hidup adalah perjuangan.

MINDSET BERKEMBANG, SELALU BELAJAR,

SUKSES TAK BERHINGGA

  1. Artikel yang dahsyat dan penuh motivasi:sip: Salam kenal ya dari newbie:puyeng:

    Buat Mas arief, semoga lekas sembuh. Cobaan sakit juga merupakan tanda bahwa Allah SWT sayang kepada hambanya:plis:

  2. Ternyata untuk sukses memang belum cukup kalau hanya dengan kerja keras dan kompetensi, namun harus memiliki mindset yang jelas mengenai kesuksesan itu sendiri ya…

    Nice article…:sip:

  3. Setuju Banget , buat mencapai sukses butuh pembelajaran , dalam pembelajaran sering kita merasa gagal atau tidak mampu ,untuk itu jangan mudah putus asa. Mari belajar dan berkembang terus… Sukses Selalu

  4. tanks bunda bwt artikelnya..
    berguna bgt…:matabelo:
    oh ya lam knal yaw bun..:sip:

    seperti pak TDW (tung desem waringin) bilang:

    “Tidak ada kata gagal yg ada hanya sukses atau belajar”…:pukulanseribu:

  5. good…
    diri kita tertanam mindset masing2 dari awal.
    mirip puzzle…
    :puyeng:
    bicara soal mindset, tidak gampang loh mengubah mindset yang tertanam dalam di pikiran mereka. butuh waktu untuk adaptasi mindset baru.
    hal ini terjadi pada pemula yang masih memiliki mindset lama…
    :baca::belajarkeras:

    • arief maulana says:

      @Dimas, betul. Dan ada dua cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membentuk mindset baru tsb :
      1. Bergaul dengan orang2 yg punya mindset tsb
      2. Rajin2lah menyerap info yg intinya adalah pembentukan mindset dan karakter untuk selalu belajar dan berkembang.

      • @arief maulana, emang loh kita perbanyak pergaulan dengan orang yang punya mindset kuat tuk sukses agar kita ketularan virus mindset tersebut.
        :sip:
        selain itu, kita juga mesti punya pertahanan kuat agar tidak ketularan mindset gagal agar ga ikut gagal pula.
        :bom:

  6. Motivasi Sukses says:

    Atikel yang bagus sekali bunda, kunci sukses memang diawali dari mindset yang benar, dan saya baru dapat pemahaman baru lagi tentang mindset yang selalu berkembang melalui artikel ini, sukses selalu untuk anda, kapan-kapan boleh dong ngisi artikel di blog saya :nyembah::nyembah: untuk mas Arif gimana nih kabarnya, mudah-mudahan sudah sembuh ya

  7. great article.. setuju bun.. kalau kita menganggap bahwa diri kita sebuah botol yang penuh maka kalau diisi akan muntah, namun jika merasa jadi botol kosong dan masih bodoh maka kita akan belajar dan berkembang lebih baik lagi:sip::baca:

  8. Hidup adalah gerak dan gerak adalah maju, jatuh dan bangun lagi, gagal dan mencoba sekali lagi.. sukses itu perlu proses dan keyakinan yang pasti kunci dari segalanya, kita berusaha tuhan jua penentunya.. matur nuwun.

    • @Susilo, bangun tidur tidur lagi, bangun lagi tidur lagi..:hihi::hihi:…yah jangan takut gagal yah, kegagalan adalah pengalaman berharga

      • arief maulana says:

        @bunda, kata mario teguh sih, gagal itu bukan satu bentuk kesalahan melainkan satu proses yang harus dilewati untuk jadi pribadi yg lebih baik… :uhuk:

        • @arief maulana, betul loh…
          kegagalan adalah pelajaran terbaik yang tidak bisa diperoleh dengan cara apa pun. justru kegagalan sebagai pengalaman pula agar berkembang dengan baik.
          :opoiki:
          ibarat bayi yang sering terjatuh terus ketika berusaha berjalan hingga mahir berjalan dan berlari tanpa terjatuh. Kayaknya bayi tuh semangat juga belajar ga mau gagal terus…
          :ngacir:

  9. Sukses adalah proses, dan ada jalan berliku yang wajib kita taklukkan, dan sudah pasti jatuh bangun :puyeng: dan pasti jangan pantang mnyerah.. :)

    Artikel mantab Bunda,, cepat sembuh untuk Mas Arief.. Agar bisa beraktifitas lagi.

  10. :hihi::hihi:
    pilih yang kedua saja…deh
    saya ingin lebih maju dan berkembang
    trims bunda, artikel yang luar biasa
    buat mas arief semoga lekas sembuh…amin

  11. lianawati Natawijaya says:

    Thanks BUNDA yang mewakili mas Arief BETUUUULmemang yang ke 2 yang bagus dan saya pikir saya juga masuk yang kedua contohnya kalau saya ke toko buku pasti saya beli min 10 judul walau di rumah sdh ratusan tapi itulah SUKSES

    • arief maulana says:

      @lianawati Natawijaya, wah kalau yang ini bener2 patut diteladani. Andai doku mumpuni saya ikuti mbak.

      Biasanya saya just 2-3 buku aja setiap ke gramed. Hehehe…

      • @arief maulana, bagus kalo suka baca buku agar wawasan kita makin luas dan memudahkan kita mendapatkan peluang bisnis.
        :baca:
        biarpun ga beli buku tetapi suka mampir ke gramedia ato toko buku agar kita ga ketinggalan info buku terbaru yang memungkinkan kita memperoleh info terbaru pula
        :baca:

  12. sekadar info. blog saya yang practisee wordpress lagi vakum. saya ada proyek website pribadi yang hampir rampung 80% menggantikan wordpress agar lebih kredibel dan komunikatif.
    mohon saran n restunya mas arief agar lancar.
    :belajarkeras:

    • arief maulana says:

      @Dimas, setahu saya justru wordpress itu paling userfriendly kalau soal website. Dari segi komunikatif pun tidak kalah dan ditunjang oleh banyak plugin canggih.

      Btw. Tergantung masing-masing pribadi sih. Saya tunggu aja tanggal launchingnya.

      • @arief maulana, jujur saja.
        saya ga mau kehilangan kemampuan membangun website yang saya peroleh sewaktu bangku kuliah. Jadi, kembangkan kemampuan saya web design. Kalo lancar bisa jadi web developer atao web master pro. Ini minat saya tuh sejak awal kuliah.
        :baca::baca:
        ingat loh juga kembangkan mindset itu.
        meski wordpress dah jadi. tapi menurut pribadi saya rasanya ada yang kurang.
        so saya bangun sendiri website menurut personalisasi.
        gitu mas.
        :sip::sip:
        nantinya akan ada peluang baru dari ini loh…
        :hehe:

  13. Alfred | Mydreams My Action says:

    slmt siang boz….ALfred dari Bali nieh…waduh lagi sakit ya???kalo saya baru aja sembuh…makanya bisa maen ke sini…cepet sembuh mas arief…skl lagi saya berterimakasih karena artikel2 mas arief sll cocok dengan situasi yg saya alami…dan selalu memberi semangat…MAKASI MAS:koprol::wooo:

  14. Saya baru paham tentang John Patrick McEnroe (ini nama lengkapnya dan cara penulisan yang benar).
    Dia petenis dengan rasa percaya diri yang sangat tinggi dan tehnik yang menawan. Tidak pernah gentar menghadapi siapapun.
    Namun bila keadaan tidak di bawah kendalinya dia bisa sangat frustasi dan emosi. Bahkan bisa kehilangan akal dan beberapa kali terjadi sampai membanting raketnya sendiri.
    Ternyata ada hubungannya dengan mindset, ya?

    • @Bang Dje, masih ada hubungan loh…
      mindset yang mengatur ritme seseorang dalam bekerja.
      :uhuk:
      kayak pemain tenis yang tidak mampu mengontrol mindset maka gampanglah frustrasi.
      so, tiap orang memiliki mindset yang berbeda2 dan punya kontrol emosi sendiri pula.
      :weks:

    • @Bang Dje, :sip::sip: makasih yah koreksinya…..menurut si Carol, mindset tetap, bangga atas kepandaian atau bakat yang dimiliki, membuat dia tidak bisa menerima kekgagalan, kekalahan, sehingga berperilaku kurang baik……

    • arief maulana says:

      @Tutorial and Review, mindset berkembang = mindset bahwa kita mesti selalu berkembang. Jangan cukup berpuas diri atas apa yg kita miliki saat ini

      • @arief maulana, apa yang kita sudah peroleh dari hasil usaha sendiri, kita mestinya jangan langsung berpuas diri. Kembangan terus agar hasil lebih baik dari sebelumnya.
        :sip:

    • @Tutorial and Review, just my 2o cent deh….:ngakak::ngakak::ngakak: sama sekali bukan tidak berpendirian loh…..tapi satu kepercayaan saja bahwa keberhasilan adalah sesuatu perubahan yang dihasilkan dari hasil upaya, jadi bisa memaknai setiap pencapaian sebagai suatu kesuksesan, dan segera lanjut dengan kesuksesan berikutnya

  15. gimana kalo mas arief buat pertemuan pebisnis untuk berbagi info dan mindset mengenai bisnis internet?
    siapa tahu kita dapat ide bagus yang ga terpikirkan kita
    :sip::hore:

    • @agus siswoyo, :ngakak::ngakak::ngakak: sip bunda dan ananda khan kudu kompak MAMAMIA …..bunda menulis, nanda menjawab komentar:melet::melet: Mau kolaborasi juga???:ngakak:

  16. blog sehat kita says:

    Mindset yang positif perlu dikembangkan ..

    Kelihatannya Mas Arif perlu berikan artikel tips mengembangkan Mindset yang positif ..

    Terima kasih atas posting yang membangun ini ..

  17. Makasih buat artikel-artikelnya yang dahsyat. Mas Arief semoga lekas sembuh ya..
    Buat para senior yang hebat-hebat, salam kenal dari newbie.

  18. bener bunda, makanya pemrintah ampai gritisin sekolah biar semua berkemng, and sukses kaya bunda, aku j pengin kaya bunda tap gak gampang ya

      • @arief maulana, :puyeng::nangis: iyah bener tuh mas, kalo gampang ga seru, Bunda nie udah jatuh bangun, jatuh bangun lagi, dah macam2 bisnis dilakoni, dan semua bunda anggap sukses pada masanya……jangan semata dinilai dari uang loh…

    • @siti r, :puyeng::puyeng:mbak Siti, salam kenal…..ga ada sesuatu yang diraih tanpa usaha tanpa kepayahan, sukses tidak sekedar dilihat dengan kasa mata, tapi lihat dari makna sukses itu sendiri, dengan memiliki mindset berkembang, setiap langkah kecil adalah sukses….melangkah menuju kesuksesan yang lebih dahsyat…..Bunda ini biasa aja koq, just an ordinary woman, sama seperti bunda yang lain,,,,:sip::sip: Sukses untuk mbak Siti juga yah….

  19. semakin majunya peradaban manusia karena adanya keinginan untuk terus berada pada kondisi yang lebih baik dari hari ini…mmm jadi hidup ini adalah pembelajaran..
    :belajarkeras:
    salam kenal bunda..

  20. Pingback: Perubahan Itu Terus Terjadi | aliyusrie.com
  21. Pingback: Bisnis: Momentnya Sekarang Atau Nanti? Ngobrol Seputar Bisnis Online Ngobrol Seputar Bisnis Online
  22. Betul bgt tuh artikel..kalo mau berhasil harus dimulai dari pola pikir,mau belajar dan action.Mantap Deh! buat mas arief cepat sembuh ya…

  23. artikel yg sangat menggugah..
    saya ternyata termasuk mindset pertama…tapi setelah baca artikel ini, saya ingin mengubah mindset asal saya..
    thanks for share

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,671 bad guys.