Merancang Masa Depan Anda Saat Ini

Oleh : Arief Maulana

Jika bisnis adalah pilihan Anda, mulailah dari sekarang!

Sebelumnya terima kasih kepada Mas Agung yang telah mengingatkan saya (lewat artikelnya) untuk merepost sebuah artikel yang pernah saya muat di blog lama dulu, yaitu tentang bagaimana kita merancang masa depan kelak ketika pensiun. Mengingat pentingnya artikel ini, maka saya akan mengulasnya sekali lagi untuk Anda, khususnya bagi Anda yang saat ini berprofesi sebagai pegawai (negeri / swasta).

Rekan-rekan pernahkah terpikir di benak Anda, akan jadi seperti apa nanti kita di hari tua? Sudahkah kita menyiapkan diri dengan rencana pensiun yang mantap, ataukah kita hanya berharap-harap cemas menanti ajal?

Pada umumnya masalah yang kerapkali dihadapi ketika masa pensiun selain kondisi fisik yang menurun dan post power sindrom (seperti yang diulas oleh Mas Agung) adalah masalah penghasilan / income yang turun drastis. Jangan sampai di usia setua itu, usia dimana seharusnya tinggal menikmati hidup, kita masih disibukkan dengan urusan ekonomi yang begitu pelik.

Mungkin Anda akan menjawabnya dengan menabung sejak sekarang. Andaikata benar demikian, sudahkah Anda memperhitungkan faktor INFLASI HARGA ketika nanti Anda pensiun. Boleh jadi andai saat ini tabungan Anda bernilai 50 juta, maka beberapa tahun lagi nilai itu tidak ada harganya sama sekali

Ngeri…, pasti. Saya juga baru menyadari hal ini ketika mengikuti seminar Financial Intelligent Power. Suka tidak suka itu adalah masalah yang akan kita semua hadapi. Jadi kalau Anda tidak menyiapkan rencana finansial yang bagus untuk di hari tua, bersiaplah mengalami KEBANGKRUTAN dihari tua yang sangat mengenaskan.

Ilustrasi (asumsi, gaji / penghasilan Anda saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan ekonomi) :

Pada awal Anda bekerja gaji Anda bisa dikatakan relatif kecil. Namun seiring dengan profesionalitas dan kematangan Anda di dunia kerja, biasanya akan ada kenaikan sekian persen per tahunnya. Untuk saat ini anggaplah cukup untuk mengatasi kebutuhan ekonomi yang relatif naik setiap tahunnya (karena inflasi).

Saya katakan sekali lagi tidak menjadi masalah karena setiap tahun, perusahaan Anda berbaik hati menaikkan gaji Anda sekian persen. Lalu Anda pun bekerja dengan penuh semangat selama bertahun-tahun. Tentunya dengan sedikit menyisihkan uang untuk menabung dan persiapan di hari tua.

Masa pensiun tiba. Maka ada dua kemungkinan. Pertama, bila Anda seorang pegawai swasta, maka tidak ada uang pensiun. Kedua jika Anda adalah PNS ada pensiun namun < 50% gaji Anda.

Sementara itu, inflasi (harga kebutuhan ekonomi) tidak mau tau. Trennya tetap, mengalami kenaikan setiap tahunnya. Dan sudah bisa dipastikan, Anda pun akan kelabakan dan mulai berjalan ke arah kebangkrutan ekonomi…

Nah, kebanyakan orang berpikir bahwa nanti untuk mengatasi permasalahan kebutuhan hidup di tengah turunnya pendapatan secara drastis di masa pensiun nanti adalah dengan membuka suatu usaha / bisnis. Betul demikian? Saya yakin itu yang ada di benak Anda juga, sebagaimana orang tua saya. Dan ITULAH MASALAH TERBESARNYA.

Ketika Anda memutuskan untuk membuka usaha di hari tua, seberapa siapkah mental Anda untuk menghadapi kejamnya dunia bisnis? Ingat, sekecil apapun bentuk usaha yang kita lakukan, selalu akan ada persaingan yang mengiringi.

Belum lagi kalau Anda gagal, mengingat selama ini Anda tidak pernah sama sekali menyentuh apa-apa yang berhubungan dengan wirausaha. Anda sudah cukup nyaman hidup sebagai seorang karyawan yang terjamin setiap bulannya dengan gaji.

Maka dari itu solusi terbaik adalah MEMULAI BISNIS MULAI DARI SEKARANG.

Problem ini juga yang memotivasi saya untuk memulai dunia bisnis walaupun usia terbilang masih muda. Saya ingat kata-kata Robert T. Kiyosaki dalam buku Rich Dad Poor Dad (kalau tidak salah), yang intinya adalah,

”Lebih baik Anda memulai bisnis sebelum usia 30 tahun. Mengapa? Karena ketika kita mengalami kegagalan, masih ada cukup waktu bagi kita untuk bangkit dan berjuang sekali lagi mengubah kegagalan menjadi sebuah kemenangan mutlak. Karena seseorang bisa menjadi pemenang setelah dia belajar dari kegagalannya.

Buat Anda yang masih menyandang status sebagai seorang karyawan ataupun pekerja profesional, tidak perlu berhenti dan meninggalkan pekerjaan Anda. Saya tahu itu sulit, menjadi pebisnis bukan sekedar berpindah profesi melainkan berpindah pola pikir, sikap, emosi, dll.

Banyak yang orang gagal ketika mencoba beralih profesi menjadi pebisnis tidak lain karena yang dipikirkan hanyalah berpindah pekerjaan.

Maka dari itu, untuk menyiapkan diri sejak dini Anda bisa memulai sebuah bisnis sampingan yang bisa dikerjakan paruh waktu. Bisnis apa Mas? Bisnis apapun yang sekiranya Anda sukai dan sesuai dengan karakter Anda. Bahkan bisa jadi kalau Anda jeli, hobi Anda saat ini pun bisa menjadi ladang bisnis yang potensial.

Jadi, mulailah memikirkan masa depan Anda mulai sekarang. Pilihlah bisnis atau investasi yang sesuai dengan pilihan Anda. Mulailah disaat masih muda, karena bila ada kegagalan, Anda masih bisa bangkit dan memperbaikinya. Dan bila Anda memulainya saat masih muda, besar kemungkinan kelak ketika pensiun Anda sudah passive income dari bisnis yang dibangun sejak dini.

Bukankah masa pensiun itu adalah masa beristirahat untuk kita. Jangan sampai justru disaat Anda seharusnya istirahat dengan tenang dan menikmati hidup, Anda justru dilanda oleh berjubel masalah finansial.

Bagaimana dengan Anda yang sudah terlanjur berusia agak tua? Apakah sudah terlambat? Tidak pernah ada kata terlambat menurut saya. Anda bisa mencoba bisnis online yang relatif lebih mudah daripada bisnis konvensional. Dari segi waktu pun relatif bisa dikerjakan paruh waktu.

Bila Anda bingung dan masih awam, saya merekomendasikan untuk memiliki panduan memulai bisnis online untuk pemula yang dibuat oleh David Odang di Bisnis Online Indonesia.

Jika memang Anda punya waktu dan modal ekstra, bisnis konvensional pun tidak menjadi masalah. Yang penting apapun bisnisnya, Anda serius di dalamnya. Pelan tapi pasti dengan bertambahnya wawasan serta pengalaman Anda, Insya Allah bisnis Anda pun akan berkembang. Dan bila masa itu datang, Anda sudah siap dengan bekal bisnis yang mantap.

Sekian dulu dari saya, semoga yang sedikit ini bermanfaat untuk Anda.

Salam Sukses,
Photobucket
space

Share This!

101 Responses to Merancang Masa Depan Anda Saat Ini

  • Boy Macklin says:

    perntayaan ini “………jika Anda adalah PNS ada pensiun namun < 50% gaji Anda.” yang selalu menakutkan bagi para pensiunan mas arief.. survey yang saya lakukan, 2 dari 4 para pensiunan hampir mengalami postpower syndrome. jujur saja sayapun khawatir mengalami postpower syndrome. secara psikologis sangat negatif. hal yang paling penting juga masalah kesehatan. usaha mas arif ini bagus sekali. seperti perntayaan “…….Lebih baik Anda memulai bisnis sebelum usia 30 tahun….” saat masih usia muda sudah memulai usaha yang realistis. bukan usaha yg di backing ortu.. pengaruhnya sangat besar mas arif. saya yakin.. di usia anda 35 tahun, minimal wawasan bisnis mas arif matang.. bahkan kematengan.. tinggal panen… hehehehe… trims…

    arief maulana Reply:

    @Boy Macklin, saya mengamini mas… soalnya target sebelum usia 40 thn kudu passive income, hehehe…

    Bout post power syndrome mungkin salah satunya bisa diatasi dengan tetep ngeblog ataupun menjalankan bisnis online.

    Karena kalau ngga salah, post power syndrome diakibatkan rutinitas aktivitas yang menurun drastis.

    Mungkin itu juga kali ya mas, makanya di kampus masih ada aja dosen yang terus ngajar walau udah lewat masa pensiun.

    Mas Boy sendiri sudah punya persiapan apa menghadapi masa pensiun nanti? :mikir:

    fadly Reply:

    @Boy Macklin, post power syndrom ini sangat bagus di angkat mas. apalagi kalau contoh kasusnya mantan-mantan presiden atau mentri, pasti menarik… mas boy khan paling suka tuh poin2 seperti itu:sip:

    Umar Puja Kesuma Reply:

    @fadly, Usulan Mas Fadly ini menarik sekali untuk ditindaklanjuti. Ayo Mas Boy, mumpung masih ada waktu untuk sharing kepada kita agar tidak bernasib tragis (post power syndrom)

    Agung Jatnika Reply:

    @Boy Macklin, nah ini penulis aslinya langsung turun gunung ikut memberikan pencerahan…hehhehehe…:sip:

    Rully Nugraha Reply:

    @Boy Macklin, apa post power syndrom itu hanya dialami pensiunan? jujur saja banyak teman saya yang lama tidak bekerja jadi minder untuk bersosialisasi, padahal masih usia produktif loh….jangan-jangan saya juga termasuk :ngintip:

  • Forbis2009 says:

    Postingan yang menggugah Mas.. :)
    Saat ini saya juga sedang belajar memaksimalkan blog saya untuk jadi mesin penjual (meskipun msh blog gratisan) seperti yang Mas Arief terapkan u/ affiliate FormulaBisnis.

    Mampir ke blog saya ya Mas, mohon masukan dan pencerahannya.. :D

    arief maulana Reply:

    @Forbis2009, saya sudah mampir mas.

    Menurut saya pribadi, dengan tingkat persaingan para affiliate marketer + banyaknya blog bisnis yang beredar, rasanya agak susah kalau menjadikan blog sebagai media penjualan.

    Ini juga menjadi alasan saya mengubah konsep dasar blog ( bisa anda bandingkan dengan blog lama di http://motivasiarief.blogspot.com )

    saya pribadi saat ini lebih menggunakan blog sebagai media branding, baik itu untuk membawa branding sebagai seorang motivator muda ataupun seorang affiliate marketer profesional.

    Saran sih, berikan nilai sebagai affiliate marketer. Misal :

    1. Bangun branding dengan blog .com

    2. Berikan lebih banyak bonus ekstra (referensi : http://www.Produk-Online.co.cc)

    3. Berikan pelayanan ekstra dan 24 jam.

    Salam Sukses dan salam kenal.

    fadly Reply:

    @arief maulana, branding dengan dot com memang membawah pengaruh positif, jadi rajin dan kreatif menerbitkan posting

    Forbis2009 Reply:

    hmm, iya juga sih. dengan domain .com pastinya kita bisa etrlihat jauh lebih profesional. konsekwensinya, haruis lbh selektif lagi dlm memilih produk yg akan kita pasarkan.

    btw skrg WP gratisan sdh dilarang untuk dipake berbisnis ya mas?. pantes banyak affiliate FB yg berpindah ke blogger. Sayang sekali ya?, pdhl WP jauh lbh powerful dlm urusan SEO..

    *tambah lagi alasan untuk berpindah ke domain .com* :D:D:D

    Umar Puja Kesuma Reply:

    @Forbis2009, Yup betul sekali, domain dengan domain dot com rasanya lebih PeDe dan bonafide. But, intensitas blogging juga kudu lebih powerfull. Jangan sampai domain dot sudah com tapi aktifitas ngeblog tetep memble, hehehe…

    Btw, kalo ngomongin wordpres gratisan jadi teringat kisah memilukan tempo hari, :hiks: hiks!

    KLIK BISNIS GURU : Referensi Bisnis Online dan Info Pendidikan

    arief maulana Reply:

    @Forbis2009, sudah saya bantu tuh mas masalah seleksi produknya. Coba lihat di page peluang bisnis blog ini, itu beberapa produk berkualitas menurut saya.

    Ada lho beberapa produk lainnya, cuma ngga berkualitas, makanya ngga saya pajang.

    Monggo ditelaah informasinya…

  • fadly says:

    Setuju luar dalam mas Arief. Bisnis selayaknya di mulai sejak DINI. sejak usia muda. saya sudah membuktikan beberapa bisnis konvensional, yang saya mulai dari kuliah dulu sampai sekarang.Juga mengalami beberapa kegagalan. ini sudah saya ungkapkan dalam posting saya (yg akan terbit hari senin)

    Seperti kata Kiyosaki, saya masih memiliki kesempatan untuk bangkit.

    Apa yang di ungkapakan mas Arief disini saya yakin akan banyak orang yg tergerak, karena di ulas dengan begitu santun dan realistis.

    BLOG MOTIVASI MENTAL Salam Sukses

    arief maulana Reply:

    @fadly, mudah-mudahan demikian mas. Saya juga senang bila artikel ini bisa menjadi inspirasi penggerak orang untuk melangkah lebih lanjut meraih kesuksesannya… :ngacir:

  • ebi90 says:

    posting yang menarik, mas.. Kebetulan saya sedang mencari bisnis investasi yang sesuai dengan isi kantong saya. :hehe:
    Salam kenal http://www.luckygirl90.wordpress.com

    arief maulana Reply:

    @ebi90, salam kenal ebi.
    Anda mencari investasi di bisnis offline apa online. Kirim saja email ke saya, mungkin saya bisa berikan beberapa rekomendasi untuk Anda. :mikir:

  • zams says:

    Ya itu mas masalahnya, karyawan itu biasanya memang gak mau resiko. JAdi yang terpenting bagi dia adalah pendapatan tetap tiap tahun.

    Blog Bisnis Online

    arief maulana Reply:

    @zams, betul mas… padahal bom waktu sedang berjalan, entah kapan itu akan meledak. Bisa lho meledak lebih dulu (kena PHK misalnya). :bom:

  • onabunga says:

    Akur Mas….
    beberapa waktu yang lalu saya ketemu teman dari HIPMI. dia bilang parade PHK untuk tahun ini tidak bisa dielakkan lagi. posisinya serba sulit.

    makanya mau nggak mau memang harus terjun ke dunia bisnis, apapun pilihannya. offline atau online, itu pilihan.

    mampir yuk ke “Angkringan” di blog saya. ada beragam menu pilihan bisnis untuk mengubah hidup… :)

    arief maulana Reply:

    @onabunga, maka dari itu semestinya orang udah sadar bahwa selama pola penghasilan mereka active income, selalu ada saja yang menghantui.

    Tapi kalo dah passive income… itu baru hidup (ini pola pemikiran saya sebagai orang malas yang mau berjuang untuk sukses).

  • Agung Jatnika says:

    Sepakat dengan artikel ini mas…mudah2n bisa passive income dan establish bisnisnya sebelum usia 40 thn….kalo bisa dibawah 35 thn malah…hehehehhe…hayo menuju passive income….:sip:

    arief maulana Reply:

    @Agung Jatnika, nah… ini pemilik situs yang artikelnya jadi rujukan artikel saya.

    Silahkan rekan-rekan mengunjunginya, ngga afdol lho kalo ngga baca langsung artikel aslinya… :sip:

  • Pingback: Blog Meningkatkan Kualitas Blogwalking Anda Dengan Komentar Berkualitas – AGunawaniKA.com - Sharing Seputar Internet | Coverku | Produk Online

  • mashengky says:

    harus cepet2 meluncurkan travel lombok neh mas biar passive income lagi sampe 500 juta per bulan heheheh :melet:

    Agung Jatnika Reply:

    @mashengky, Amiin…gimana kabarnya mas hengky? traveling terus nih…heheheh:sip:

    mashengky Reply:

    @Agung Jatnika, masih di lebatnya belantara gunung rinjani mas..

    kalo sudah pulang, saya posting foto2 saya deh
    :melet:

  • Saya setuju Mas Arief, walaupun saya PNS namun saya mulai bisnis online dengan affiliasi, apapun bentuknya dan pola bisnisnya menurut saya kesuksesan seseorang ditentukan oleh kemauan dan kerja keras,apalagi di internet yang potensi dan peluangnya setinggi langit, namun semua itu perlu PROSES, tidak ada yang instan dan tidak ada uang yang akan datang dalam sekejap. Percayalah!. Makasih mas Arief and sukses selalu.

    arief maulana Reply:

    @SUGIANA (Inspirasi dan Peluang Bisnis), langkah Anda benar-benar mantap. Bisa tuh dijadikan contoh.

    Coba rujukkan artikel ini ke teman-teman Anda sesama PNS. Terus arahkan mereka ke bisnis afiliasi anda sebagai solusi atas permasalahan di hari tua nanti.

    Kerjasama yang bagus kan. I get the new traffic, you get the new income…

    Salam Sukses :sip:

  • tuk ********** ,anda boleh komentar apapun itu hak anda tapi ingat harus pake etika dan kesantunan. Ingat bukankah kita bangsa yang beradab yang selalu mengedepankan etika dan sopan santun.

    Kata orang bijak, ucapan yang kita sampaikan juga mencerminkan kualitas diri kita. Maaf bukan menggurui or menasehati, cuma mengingatkan sebagai sesama dan sahabat di dunia online. Makasih sebelumnya.

    arief maulana Reply:

    @SUGIANA (Inspirasi dan Peluang Bisnis), tenang mbak.

    Komentar yang merusak mental di atas sudah saya claim as spam. Biasalah… yang bagus emang selalu dijelek-jelekkan.

    Lain halnya dengan yang sudah jelek. Ngga pernah diserang karena memang ngga ada gunanya. Udah jelek apa lagi yang mau dijelek-jelekkan.

    Daripada capek ngurusi yg begituan mending energinya digunakan untuk hal-hal yang lebih positiv.

    Trims for supportnya.

    mashengky Reply:

    @arief maulana, wedew… siapa tuh mas? kok kena sensor? :puyeng:

  • Selalu ada semangat baru setiap selesai membaca artikel anda.

    Sukses selalu untuk kita

    arief maulana Reply:

    @paank Fachrezi, :ngakak: Kemana aja mas… padahal dulu blog mas artikelnya yg paling tak tungguin lho. Habis selalu menarik untuk dibaca.

    Welcome back to blogsphere. Banyak perubahan lho beberapa bulan ini. :sip:

  • sumartono says:

    Mas Arief saya kutip ya, kata-kata yang benar-benar saya dalami sejak saya kenal kerja dan sekarang terjun di perusahaan keluarga, “Jangan sampai di hari tua, usia dimana seharusnya tinggal menikmati hidup, kita masih disibukan dengan urusan ekonomi yang begitu pelik.”

    Saya tambahin mas buat motivasi rekan-rekan juga, “Usia sebelum 30 tahun lebih baik untuk berbisnis, namun bagi yang berumur lebih juga jangan pesimis. Lebih baik terlambat daripada tidak berani memulai.”

    arief maulana Reply:

    @sumartono, kalau yang masih muda aja kudu bersiap-siap menghadapi deadline, apalagi yang berumur… deadlinenya mepet lho… jadi kudu kerja ekstra, hehehe :waaa:

  • Forbis2009 says:

    Optimis, Fokus, dan mulai belajar tentang Multiple Streams Of Income.. :D

    *sok tau mode ON*

    arief maulana Reply:

    @Forbis2009, :sip: jangan ditunda. Segera lakukan senyampang hayat masih dikandung badan …:hihi:

  • Walaupun terbit ulang dan dua-duanya saya membacanya selalu saja menarik untuk direnungkan. Tanpa sadar usia kita selalu bertambah dan semakin hari semakin mendekati 40 Tahun.
    Kalau target pasif income usia 40 tahun tinggal kita hitung saja berapa tahun lagi waktu kita untuk mewujudkannya. Agar tidak terserobot waktu, mari membuat perencanaan secepatnya dan kerjakan dengan sungguh-sungguh. Tidak ada waktu untuk menunda lagi selain mundur selangkah dulu untuk melesat seratus langkah ke depan.
    Saya berdoa, semoga para komentator dan owner di blog ini betul-betul bisa passive income saat usia sudah 40 tahun nanti. Amiiinnn…

    KLIK BISNIS GURU : Referensi Bisnis Online dan Info Pendidikan

    arief maulana Reply:

    @Umar Puja Kesuma, wah… mas Umar rupanya sempat baca postingan yg dulu ya. Jangan bosen ya mas, masih ada beberapa topik penting yang akan saya repost ke depannya.

    Saya sepakat, sebaiknya kita meng-countdown dari target usia berapa kita passive income. Dengan demikian bisa bekerja sesuai target.

    Untuk Mas Umar sendiri, ini juga dibahas mas denny di produk http://www.afiliasi100persen.com terutama bagaimana membuat business schedule menuju passive income. Sudah dibaca belum…?

    Last… semoga doa Mas Umar (sama seperti doa saya) dikabulkan oleh Allah… Amin… :sip:

  • manfaatkan masa mudamu sebelum datang masa tuamu. sudah saatnya yang muda berkarya.

    REKANBISNISKU | blog rekan bisnis:ngacir::phew::lompat:

    arief maulana Reply:

    @rekanbisnisku, yang tua jangan mau kalah dunk… :jedug: :wooo:

    rekanbisnisku Reply:

    @arief maulana, Yang tua ngasih semangat aja mas:sikut:

  • ivana says:

    sip!!mari memasyarakatkan jiwa entrepreneur!!

    arief maulana Reply:

    @ivana, :sip:

  • barusan kasi komen ko eror ya??
    hemm

    sip mas..
    artikel ini sangat bagus..ini sangat memoticasi nich,,

    saya juga gitu,, usia saya sekarang baru 18 tahun, dan sedang semangat2nya bisnis (online)

    lagi menikmati proses mas..
    hehe

    sukses terus mas!
    MaulanaMalik

    arief maulana Reply:

    @Maulana Malik, mungkin koneksinya mas lagi down. Rekan-rekan yang lain ngga ada masalah.

    Mas beruntung mengenal internet marketing lebih awal. Peluang passive income di usia muda lebih besar. Hehehe…:mataduitan:

    Rully Nugraha Reply:

    @Maulana Malik, wah yang muda yang berkarya. terus bergerak mas dan dunia akan melihat mas …Salam Sukses dan Jangan lupa berdo’a

    rekanbisnisku Reply:

    @Rully Nugraha, :uhuk::uhuk:

    Rully Nugraha Reply:

    @rekanbisnisku, :hiks:

  • gayuhsasmito says:

    Sip mas Arif, kita memang harus membuka mata… sekarang zaman sudah berubah, cari duit sekarang tidak seperti nasehat orang tua dulu, ” belajar yang pintar, lalu dapatkan pekerjaan ”
    sekarang kita punya banyak pilihan, tidak hanya mengandalkan gaji ” pegawai ” saja seumur hidup.
    kalau kita pintar ” melihat ” , sebenarnya banyak sekali peluang yang bisa di jadikan passive income.

    Untuk semuanya,Salam sukses!! :mlorok: :mikir:

    arief maulana Reply:

    @gayuhsasmito, tinggal bagaimana kita mengasah diri hingga jeli melihat peluang… thats the key

  • Nadya3 says:

    Salam kenal mas arif,
    Bagi2 ilmuny donk aku newbie bgt nih.ksh komet di blog aku donk,bingung mau melebarkan sayap kaya blog mas arif.www.bestcookingfoodtips.blogspot.com
    Thanks ya

    arief maulana Reply:

    @Nadya3, ilmu blogging itu banyak mbak. Saya sudah mampir ke blognya, saya lihat sudah bagus dan produktif untuk ukuran newbie :sip:.

    Kalau memang mau mengeksplorasi lebih dalam, gunakan wordpress hosting bayar saja mbak.

    Sebagai referensi bisa kunjungi situsnya mas joko (rahasia blogging). Kalau harganya ngga pas, bisa cek di http://www.BlogSecret.co.cc

  • Rully Nugraha says:

    :sip: post power syndrom sepertinya tidak hanya monopoli para pensiunan. Mulai dari sekarang sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi…Countdown to 40…eh 35 lah….:sliweran:

    arief maulana Reply:

    @Rully Nugraha, sepakat mas… kena phk saat ini juga bisa menyebabkan post power sindrome.

    Makanya sekarang kita mesti bergerak cepat untuk membuat sumber penghasilan baru. Ini untuk jaga-jaga aja. :uhuk:

    rekanbisnisku Reply:

    @arief maulana, Jaga2 dari apa:diem:

    blog rekan bisnis | rekanbisnisku.co.cc

  • iwan epianto says:

    Terima Kasih Mas Arief artikelnya bagus banget, Maaf saya jarang mampir. Jangan hanya kita yang bekerja siang malam, kini saatnya Asset kita yang harus bekerja.

    arief maulana Reply:

    @iwan epianto, sip. Jangan bekerja mencari uang, biarlah uang yang bekerja keras untuk kita (teori aset robert t kiyosaki di Rich Dad Poor Dad) :baca:

  • Arswino Sonata says:

    Halo Mas Arief,
    Saya sangat setuju dengan salah satu point dalam artikel Mas yaitu ‘berani gagal’, saya rasa ini adalah masalah sebagian besar orang untuk memulai usaha. Kalau kita perhatikan orang-orang yang bekerja di kantor biasanya telah sangat ‘nyaman’ sampai-sampai dia lupa telah bekerja sampai usia 55 tahun. Bisa saja sih mereka memulai usaha pasca pensiun tetapi berapa banyak orang seperti Kol. Sanders (pendiri KFC) yang mulai menawarkan resep ayamnya pada umur 60 tahun dan ditolak ribuan kali.
    Sekali lagi saya sangat mendukung ide Mas Arief untuk menggalakkan sikap ‘berani gagal’dan wiraswasta sejak usia muda.
    Artikelnya luar biasa, Mas. Telah mengingatkan kita akan pentingnya berwiraswasta dan merancang masa depan. Thanks :)

    arief maulana Reply:

    @Arswino Sonata, itu dia mas. Para karyawan sudah biasa berada di zona nyaman dan aman.

    Makanya berpindah menjadi seorang entrepreneur bukan sekedar berpindah profesi, tapi juga berpindah semua (pola pikir, sikap, dll).

    rekanbisnisku Reply:

    @Arswino Sonata, wirausaha adalah sunnah Rosul.:diem:

  • Rully Nugraha says:

    “Maka hendaklah manusia melihat (mempersiapkan) untuk hari esok…” QS… lupa:nyerah:

    arief maulana Reply:

    @Rully Nugraha, :sip:

  • Udji says:

    Setuju, mas Arif. Memang kebanyakan karyawan baru memulai usaha setelah pensiun, seperti yang dialami ayah dan mertua saya. Mereka belum tahu medan secara pasti, ujung-ujungnya bukannya tambah income malah modal ludes. Artikel anda bikin motivasi tambah kuat. Tuk mulai usaha sejak muda saya setuju banget, kbetulan saat ini saya sebagai PNS dan di rumah ada usaha sambilan kecil-kecilan bidang jasa percetakan + biro konsultan yang nangani desain rumah setelah beberapa kali jatuh bangun bisnis konvensional yang lain (rental komputer, jual kerajinan kayu & kulit,pabrik krupuk yang akhirnya bangkrut gara-gara fluktuasi harga yang tak menentu or pilih berhenti karena hasil tak sepadan). Dan saya agak sedikit menyesal juga, kenapa dulu-dulu saat kuliah saya tidak merintis bisnis, mumpung kawan masih banyak dan tenaga masih kuat. Tapi tuk target 40 tahun pasiv income apa bisa ya, mengingat usia saat ini sudah 38 tahun.Sebetulnya tertarik juga dengan bisnis internet, tetapi saat ini saya benar-benar awam masalah blog, web dan sejenisnya. Lha ini sudah daftar kursus blog tapi belum mulai juga. Nunggu pesertanya memenuhi target. Ada saran? Thanks sebelumnya.

    arief maulana Reply:

    @Udji, Tidak ada yang ngga mungkin mas… ada lho rekan-rekan yang sukses dalam waktu 2 tahun. Ada juga yang lebih. Semua orang memiliki prosesnya masing-masing. Yang penting selama kita berusaha, Allah selalu melihat jerih payah kita.

    Menurut saya kursus blog rugi mas. Banyak sekali informasi tentang bagaimana blogging di internet.

    Mending cari satu panduan ngeblog yang mantap. Selain produk yang bagus, dukungan konsultasi dari tim support pun oke punya.

    Referensi :
    http://www.masterwordpress.co.cc atau
    http://www.blogsecret.co.cc

  • Joko Susilo says:

    Tua itu sudah pasti.
    Nyaman di hari tua itu yang belum tentu.
    Maka seperti kata Mas Arief, persiapkanlah dari sekarang.
    bisnis online adalah pilihan tepat mempersiapkan masa depan yang cerah.

    rekanbisnisku Reply:

    @Joko Susilo, :diem::telpun:

    arief maulana Reply:

    @Joko Susilo, terima kasih supportnya mas joko…

  • Bligus Ardhi says:


    Setuju Mas Arif
    Saya juga punya rencana pensiun muda…

    Pernah sekolah di bali ya?

    Btw saya puya ebook gratis nie..
    Download disini

    Bligus Ardhi Reply:


    @Bligus Ardhi,

    ini link download yang benar :
    Download ebook gratisnya

    arief maulana Reply:

    @Bligus Ardhi, iya mas… saya sekolah di Bali mulai TK mpe SMP kelas II.

    Ebooknya peter kohar ya? Udah pegang mas… hehehe… lagi nyebar link biar dapet bonusnya ya… :sip:

  • Pingback: Sehat Berinvestasi | IWAN EPIANTO.COM

  • Mumpung Mas Arif masih muda, sukses sebelum 30 th lho..emang berat kalau umur segitu baru berjuang. Walaupun ga selalu seperti itu lho ya. Umur saya Oktober 2009 ini 30 Th..pokoknya, diumur tersebut saya sudah banyak bersyukur lah..Tapi inget, masing-masing orang punya arti bersyukur yang beda-beda. Maaf bukan maksud menggurui..sekedar sharing dari kesalahan tempo dulu..
    Saya salut sama Mas Arif untuk tulisan-tulisannya..
    Sukses di usia muda

    :nyembah:

    arief maulana Reply:

    @Wawan Purnama, makin banyak bersyukur biasanya makin banyak diberi oleh Allah mas…

    Tambah sukses deh… :hore:

  • Handoko says:

    Betul mas, makanya saya mau memulai bisnis, mumpung masih umur 27thn. menanggapi pertanyyan di blog mas Joko Susilo, Insyallah dalam waktu dekat ini mau buat blog pake wordpress dengan domain .com dan hosting berbayar. Tapi saya masih belajar cara-caranya. mohon bimbingan dan infonya ya?

    Salam Sukses,

    BLOG PROGRAM AFILIASI
    http://www.afiliasi-kita.blogspot.com

    arief maulana Reply:

    @Handoko, sudah punya panduan blog dengan hosting bayar belum mas?

    Kalau belum coba cek beberapa situs berikut :
    http://www.BlogSecret.co.cc
    http://www.MasterWordpress.co.cc

  • rangga says:

    sip bener mas arif,… mumpung muda jangan sia siakan waktu,….

    tapi ada tambahan mas,….bagi yang tua kan gak bisa misal kita bilang,…ayo cepet bertindak mumpung anda sudah tua,….

    bagi yang sudah merasa tua jangan kuatir,…. kata kata optimisnya,…begini

    Ayo segera bangun bisnis mumpung masih ada kesempatan,..masih diberi sehat, masih diberi kelapangan…….emangnya kalau udah tua gak butuh berubah?,…terus ngapain? nunggu mati sambil menikmati pensiun,…kan enggak to ya?,…. jadi ayo dong bikin sesuatu,… kalaupun kita mati sebelum bisnis kita sukses,….minimal kita sudah meletakkan pondasi bisnis buat orang orang yang kita tingalkan,….. gimana kalau begitu kita sukses kita udah meninggal?,……gak pa pa kita tidak menikmati kesuksesan kita sendiri,…yang jelas meninggalkan kesuksesan jauh lebih baik daripada gak meninggalkan apa apa,….dan mbalik lagi ke tulisan mas arif tentang berbuat baik,…. gak usah terlalu berharap balasannya,… yang penting ikhlas, minta dibalas sama Allah,….
    gitu ya mas Arif,…. terus mas arif,…. kita sukses bareng deh,… amin

    arief maulana Reply:

    @rangga, Wah… anda bakat jadi motivator juga neeh! :sip:

  • sibaho says:

    berpindah pola pikir dan mental bukan sekedar pindah pekerjaan itu yang sedikit butuh kerja keras…
    tapi sip deh, mau ke tkp peluang bisnis dulu :)

    arief maulana Reply:

    @sibaho, anda benar. Makanya perlu banyak baca buku pengembangan diri, biar proses metamorfosis total diri kita lebih mudah.

    Btw dari peluang bisnis, ada yang menarik ngga? Hehehe…

  • mashengky says:

    mas, pasang dong badge facebook kayak saya.. bikin langsung di facebook, nanti pasang di sidebar pake widget

  • udji says:

    Thanks banget atas motivasinya. Gimana nih cara gabung di BLOG MOTIVASI ARIEF. Trus terang banyak istilah yang aku kurang tahu, seperti mensubscribe email dan mungkin masih banyak lagi. Maklum pemula…

    arief maulana Reply:

    @udji, mudah. Masukkan nama dan email di form kosong yang ada di sidebar. Nanti ada petunjuk yang akan dikirim ke email.

    Sekalian nanti link download buku bagus saya kirimkan juga.

  • zul says:

    makaceh banget motivasinya, saya sadar mind set saya salah selama ini.ditungg yang lainnya

  • Pingback: 3 Hal Yang Berpengaruh Pada Mindset | ARIEF MAULANA .com

  • Adi Sucipto says:

    Mantab, thanks Mas Arief atas pencerahannya. Walau lebih dikit dari 30 umur saya, saya yakin sekali berhasil dalam bisnis off line yang tengah saya garap.

    arief maulana Reply:

    biar semangat mas.
    mas kan sekolah mpe umur 22 tahun lah katakan.
    Misalkan mas diberi hidup sampai dengan 60 tahun…
    artinya selisih umur = +/ 40 tahun

    Kalau mas masih berumum +/ 30 tahun…
    Itu masih 1/4 dari usia produktif mas… masih belum ada apa-apanya…
    Kesempatan masih terbuka lebar… berjuang 20 tahun lagi pun tak apa, karena ada 10 tahun sisa untuk menikmati kesuksesan…

    Semoga termotivasi!

  • djoko harmiawan says:

    Mas Arief, saya ingin banyak discus bisnis ebook, tapi tdk di forum ini. Apkh bisa? Kalau sekiranya bisa, tolong sms kan nomor HP Mas Arief ke HP saya 0852 5779 4748. Nanti saya telp balik. Terima kasih.

    arief maulana Reply:

    @djoko harmiawan, sudah pernah sya kasih tidak ya? Kalau belum 08563456996

  • Pingback: Rahasia Bisnis Rasulullah | ARIEF MAULANA - The Next Success Leader

  • Pingback: 101 Tahun Kebangkitan Nasional Bangsa Indonesia | ARIEF MAULANA - The Next Success Leader

  • Pingback: Rahasia Bisnis Rasulullah | ARIEF MAULANA - The Next Success Leader

  • Pingback: Bijak Memanfaatkan Waktu | ARIEF MAULANA - The Next Success Leader

  • Pingback: 3 Hal Yang Berpengaruh Pada Mindset | ARIEF MAULANA | Success Is The Way Of My Life

  • Pingback: Bijak Memanfaatkan Waktu | ARIEF MAULANA | Success Is The Way Of My Life

  • Pingback: Bisnis: Landing Page Rotasi Afiliasi

  • Pingback: Rahasia Bisnis Rasulullah | ARIEF MAULANA.com

  • jauhari mk says:

    Menyiapkan pensiun sedari dini memang penting sekali, untuk hidup layak dimasa pensiun memang membutuhkan dana yang besar. Dengan melihat Big Picture Pensiun sekarang http://finplanner-jauhari.blogspot.com/2012/06/tips-membuat-big-picture-pensiun-dan.html
    semoga bisa menjadi tambahan masukan, betapa pentingnya menyiapkan dana pensiun, termasuk dengan memulai bisnis sendiri

    arief maulana Reply:

    @jauhari mk, terima kasih tambahannya mas. Saya sudah sempat berkunjung ke blognya. Tulisannya bagus :sip:
    arief maulana recently posted..Semua Orang Pasti Punya Kekurangan, Termasuk AndaMy Profile

  • Pingback: 101 Tahun Kebangkitan Nasional Bangsa Indonesia | ARIEF MAULANA.com

  • tulisan nya bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 440,321 bad guys.

Advertisement
Kategori Tulisan
Arsip