Menulis dan Terus Menulis

Oleh : Arief Maulana

Pagi ini saya iseng sedikit melakukan blogwalking ke blog kawan-kawan lama, yang sama-sama pernah berjaya dengan blog pribadinya masing-masing. Mengejutkan! Sampai saat ini mereka semua masih tetap menulis. Hanya saja mungkin frekwensinya sudah tidak seaktif dahulu yang bisa posting 2 – 3 artikel dalam seminggu.

Saya masih ingat, dulu blogwalking menjadi salah satu aktivitas keren di masanya. Kami saling mengunjungi dan berkomentar di setiap artikel yang baru saja diposting. Tidak cuma sekedar berkomentar, bahkan kami saling berebut meraih posisi pertama komentar terbanyak di blog-blog populer.

Bagaimana dengan sekarang ? 

Kehadiran social media dalam wujud microblog mungkin sudah menggeser jauh masa-masa kejayaan blog pribadi yang begitu dibanggakan di masa lalu. Orang-orang membutuhkan media yang dengan cepat bisa membagikan apa yang ada di pikiran mereka tanpa ribet seperti halnya mengurus blog. Itulah mengapa social media macam twitter, facebook, path, dll. begitu populer.

Sudah banyak penulis-penulis blog berguguran dan meninggalkan blognya bagai sebuah rumah usang yang perlahan tapi pasti runtuh dimakan zaman. Domain hosting yang sudah tidak diperpanjang lagi. Padahal boleh jadi, dulu domain yang dikelola memiliki posisi bagus baik di setiap instrumen ranking media.

Pada salah satu blog yang saya kunjungi saya menemukan sebuah quote menarik :

source : mashengky.com
source : mashengky.com

Yap, itu salah satu alasan mengapa saya masih menulis hingga saat ini.

Saya senang menulis. Kebiasaan ini tidak bisa hilang begitu saja. Meskipun blog pribadi sudah tidak lagi populer, saya masih senang menulis segala sesuatu yang ada di pikiran saya, panjang lebar, di blog pribadi ini. Disamping itu, masih banyak pengunjung-pengunjung nyasar yang mendarat di salah satu postingan blog ini terinspirasi dan mendapatkan ide. Ini loh, yang membuat saya akhirnya bertahan dan merawat blog ini sebaik-baiknya.

Blogmu, warisanmu…

Kepada keluarga saya nantinya, mungkin saya bisa mewariskan sedikit harta dan juga ilmu. Tapi pada masyarakat luas yang tidak terbatas dan terkoneksi dengan internet, inilah warisan saya. Sebagaimana visi saya pada saat awal membangun blog ini, siapapun yang mengetikkan kata “Arief Maulana” di mesin pencari apapun, harapan saya blog ini muncul di halaman pertama daftar pencarian.

Jadi inilah yang akan terus saya lakukan. Menulis dan terus menulis. Mulai dari zaman masih mengenyam pendidikan di kampus, hingga nanti saya menutup usia. Semoga bisa konsisten. :)

  1. Akhirnya, sampailah kita pada satu titik dimana kita bisa memandang kehidupan dengan sudut pandang yang lebih luas. Zaman terus bergerak yang disadari atau tidak turut merubah alur kehidupan kita. Kita yang sekarang tidak akan pernah sama dengan kita yang kemarin (tanda kutip). Inilah yang kemudian kita sebut dengan perubahan. Tidak ada yang salah dan perlu disesali dengan perubahan, karena perubahan itu adalah suatu keniscayaan. Satu yang pasti jangan sampai perubahan ini membuat kita hilang arah. Atau justru jatuh ke lembah antah barantah. (Koq jadi ceramah, hahaha…)
    Salam kangen Mas Arief. Tulisan-tulisan sampean tetap saya nantikan.

    • @Umar Puja Kesuma, apa kabarnya mas Umar?

      Senang rasanya masih ada pengikut setia blog ini, walaupun sudah tidak seaktif dahulu.
      Benar adanya yg mas Umar bilang. Roda zaman terus berputar dan kita akan selalu mengalami perubahan.
      Yang penting jangan sampai lupa jati diri, visi hidup, dan semangat yang dulu dimiliki ketika memulai hal yang baik.
      arief maulana recently posted..Menulis dan Terus MenulisMy Profile

  2. Mungkin saya salah satu orang yang udah jarang sekali ngeblog. Punya beberapa blog, tetapi pada jalan di tempat semua.
    Saya seneng banget mas Arief masih rutin menulis artikel. Entah akan banyak pengunjung atau tidak. Sepertinya bukan menjadi motivasi utama mas Arief ya?
    Pengen kembali ngeblog dan merasa kembali ke masa-masa dulu asyiknya blogging, sambil cari tahu para blogger dulu yang masih ngeblog. Ternyata, salah satunya mas Arief yang bertahan.
    Agung Prasetiyo recently posted..Inilah 5 Tips Penting Investasi Reksadana Untuk PemulaMy Profile

    • @Agung Prasetiyo, motivasi utama saya bertahan ngeblog ya karena salah satu passion saya menulis, Mas Agung. Jadi mau banyak atau sedikit pengunjung, tulisan di blog ini tetap jalan. :D

      Saya juga dulu begitu kok. Mengelola beberapa blog. Tapi akhirnya perlahan saya matikan satu persatu karena tidak adanya waktu untuk mengelola. Yang tersisa, ya satu ini. ;)
      arief maulana recently posted..Menulis dan Terus MenulisMy Profile

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 472,229 bad guys.