Menjadi Affiliate Marketer Plus Plus

Oleh : Arief Maulana

Internet Marketer Plus Plus
Internet Marketer Plus Plus

Menjadi seorang affiliate marketer gampang-gampang susah. Apalagi saat ini, mungkin bisa dibilang hampir setiap hari lahir seorang affiliate marketer baru. Persaingan makin ketat, makin panas. Banyak cara dan strategi dilakukan demi menghasilkan volume penjualan yang besar.

Maka dari itu di tengah persaingan yang kian ketat, menjadi affiliate marketer biasa-biasa saja tidak cukup. Dibutuhkan lebih dari standar untuk bisa mencapai volume penjualan yang diinginkan. Pun semangat untuk terus belajar dan mendalami seluk beluk affiliate marketing mesti dijaga. Jadilah affiliate ++. Plus apa saja?  

# Plus Konsultasi

Konsultasi Bisnis

Memang benar adanya bahwa pemilik produk yang baik dan bertanggung jawab, selalu menyediakan fasilitas konsultasi pasca pembelian produk atau after sales service. Namun perlu diingat, tentu yang dilayani oleh mereka jumlahnya tidak sedikit. Sehingga butuh waktu untuk meladeni customer.

Dari celah ini kita bisa masuk. Anda bisa menawarkan konsultasi gratis masalah produk kepada calon customer, setelah nantinya mereka membeli produk lewat link affiliate Anda. Dalam hal ini, Anda tentu harus mengusai produk. Jadi jangan pernah ragu untuk mempelajari dan mendalami produk yang Anda pasarkan.

# Plus Bonus Istimewa

Apaan itu bonus istimewa? Terserah Anda. Bisa berupa sebuah produk khusus yang tidak dipasarkan secara umum ataupun potongan harga sehingga customer tidak membeli dengan harga penuh yang diberikan oleh pemilik produk.

Kalau Anda menggunakan potongan harga, tentunya akan memotong komisi affiliate Anda sendiri. Jadi coba dianalisa dulu, apakah dengan memberikan potongan harga biaya operasional Anda untuk mempromosikan produk (dari komisi affiliate juga) masih tertutupi. Jangan sekedar impas, kalau bisa masih ada untung.

Disisi lain, Anda bisa menciptakan sebuah produk sebagai bonus. Misalnya ebook. Kalaupun Anda malas membuat produk, beli saja produk MLR / PLR dan jadikan itu sebagai bonus. Anda bisa mendapatkannya di web teman saya, Handoko Tantra : Paket Ebook Bisnis.

Dulu di awal saya menjalankan reseller dan afiliasi, bonus yang saya berikan adalah ebook (bikin sendiri). Namun seiring dengan perjalanan waktu, bonus itu saya tiadakan. Malah saya bagikan gratis dalam bentuk “The Simple Internet Selling” yang sudah Anda download. Sebagai gantinya saya gunakan konsultasi gratis sebagai bonus.

# Plus Branding + Reputasi

Reputasi Bisnis
Reputasi Bisnis

Ini juga menjadi dilema. Bukan rahasia lagi, kita tentu lebih memilih membeli lewat orang yang dikenal dan juga memiliki reputasi baik. Maka dari itu membangun personal branding dan reputasi menjadi mutlak adanya.

Mungkin sebagian ada yang bilang, “Lha kalau begitu jelas menang yang udah punya reputasi dong! Yang baru-baru jelas kalah!”

Kalau ada yang suka nyeletuk gitu, biasanya saya bilang juga, “Kan saya juga dulu pernah baru. Ketika saya mulai start di affiliate marketing juga udah ada senior yang punya reputasi dan lebih populer.” Intinya, sama saja. Semua pernah memulai dari titik nol. Tinggal kitanya mau berubah menjadi lebih baik atau ngga.

# Plus List Building

Ada banyak alasan kenapa mesti listbuilding.  Untuk para customer yang sudah membeli lewat link Anda, maintenance hubungan baik bisa dilakukan dengan bantuan autoresponder. Misalnya dengan memberikan sapaan, bonus-bonus dsb.

Adapun untuk non customer (prospek), Anda bisa melakukan follow up berkala dengan email follow up autoresponder. Seperti halnya kawan saya, Mas Alfred. Saya liat email-email follow upnya bagus juga.

# Plus Sabar dan Doa

Sabar, karena segala sesuatunya tidak ada yang instan. Semua ada prosesnya. Doa, karena yang menggerakkan hati manusia untuk membeli lewat link kita dan juga yang mengatur rizki adalah Allah. Jarang rasanya ada orang sukses yang jauh dari Tuhan.

Nah, itu plus-plus versi saya. Memang saya bukan master affiliate marketing, tapi paling ngga itu yang saya lakukan. Barangkali Anda punya ide yang lebih menarik untuk menambah daftar plus-plusnya? Mari share sama kita-kita!

Salam Sukses,
arief maulana
space

    • arief maulana says:

      @Lutvi Avandi, terima kasih. Oh ya mas, untuk web “jual produk” nya kok ga bisa diakses yah? Tadinya mau tak refer kesana.

      • Lutvi Avandi says:

        @arief maulana,
        JualProduk mau saya tutup mas. Gak seimbang dengan pengeluaran.. hehehehe.. Jadi produknya silahkan di sebar2in deh

        • Aryes Novianto says:

          @Lutvi Avandi, mas nggak profesional nih. apa memang bener mau ditutup untuk penjualan produknya.lalu para affiliasi marketing mau ditaruh dimana mas.apa ga kasihan para affilater yang lain.gimana mas ada tanggapan.kalo kafe bisnis ditutup ga mas, kalo ya…barnernya tak buang aja

          • Lutvi Avandi says:

            @Aryes Novianto,
            Udah tahu system JualProduk belum? Tuh systemnya 100% komisi. Jadi tinggal mengubah aja jadi MRR kan beres. Produknya boleh deh dijual lagi di web masing-masing. Kalau CB insya Allah masih dibuka :)

        • ALHIJR ADWITIYA says:

          @Lutvi Avandi, Ijin Nyalip ya Ma Arief…Ternyata Subhanllah ya..Susah2 gampang jadi affilate..tapi harus bisa
          KEEP ACTION…Trims

          • arief maulana says:

            @ALHIJR ADWITIYA, memang ngga gampang mas. Rata2 orang baru kan milih jadi affiliate marketer / reseller.

            Artinya tumbuh pesaing baru. Tapi dengan persaingan itulah kita lantas menjadi terasah dan terpaksa kreatif

  1. peluang bisnis - bangun says:

    bener banget dech buat mazz Arief … yang terpenting memang pelayanan yang memuaskan apapun itu bentuk bisnisnya

    • arief maulana says:

      @Munawar AM, atau memang bukan jalannya menjadi spesialis di sana bang?

      Seperti beberapa temen, yang awalnya di jalan affiliate marketing ternyata pada akhirnya lebih comfort dan sukses di paid review

      • Maghfur Amin says:

        @arief maulana, Kalau saya dulu awalnya mengenal PTC, lalu MLM online, lalu mengenal affiliasi di MLM tsb. dan akhirnya sekarang fokus di bidang Digital Product creation.. saya memproduksi produk digital sendiri.
        Memang semuanya butuh proses…dan betul.. semua pasti mengalami yang namanya ‘titik nol’ dalam menjalankan usahanya.

  2. ketik komputer online says:

    Plus yang terakhir (sabar dan doa) karena semua ada prosesnya, kalimat yang menguatkan saya untuk tetap menjadi affiliate.

    • Maghfur Amin says:

      @kursus Bahasa Inggris Gratis, Fokus mas… fokus..fokus..fokus. :clinguk2:
      Pegang teguh hal ini…kalau nggak maka kita akan kebingungan dan ‘berbelok-belok’ perjalanan belajarnya.

  3. :puyeng:
    biar ga pusing milihnya kan bisa lewat referal aja mas…kn enak tuh sdh ada buktinya kalo bonafit seperti yg Q lakuin mas…

  4. Suarakelana says:

    untuk yg lain-lain bisa cepet dipahami, tapi khusus utk bonus berupa potongan harga…analisis biayanya keknya gak mudah mas
    apalagi kalo bloggingnya sambil buat hobi, atau produknya beragam dengan bauran pemasaran yg berbeda-beda

    • arief maulana says:

      @Suarakelana, sebenernya blogging untuk hobi dgn blogging untuk bisnis memang beda sejak awal.

      Temen2 yg cenderung ke bisnis biasanya di awal untuk pembiasaan diri ngeblog, ya hobi yang diulas.

      Seperti dulu awal saya ngeblog, bisnisnya belum masuk. Setelah beberapa bulan baru saya masukkan unsur bisnisnya.

  5. Kalau bonusnya berupa produk digital yang bisa didownload, sebisa mungkin harus unik atau tidak pasaran mas. Sifatnya yang bisa diunduh gratis bisa menyebabkan tidak unik lagi jadinya :hihi:

  6. Sugiana Hadisuwarto says:

    Saya kira bonus dengan produk gratis sekarang ini tidak terlalu diperhatikan,orang lebih melihat pada branding dan reputasi. Kalau brandnya bagus dan reputasinya bagus, saya kira lebih oke dibandingkan yang lain.
    Salam sukses.

  7. hemat saya, poin2 diatas sudah mewakili untuk menjadi affiliate.. terlepas dari kualitas masing-masing. saya rasa itu bisa di gali. yang terpenting ada kemauan dan memang menjadi seorang affiliate adalah pilihannya..

    mantap mas ilustrasinya

    • arief maulana says:

      @fadly muin, yap. siapapun dan apapun latar belakangnya BISA. Hanya yang mungkin membedakan adalah waktu proses belajarnya.

  8. LendraAndrian says:

    benar sekali ,Semua pernah memulai dari titik nol. Tinggal kitanya mau berubah menjadi lebih baik atau ngga. kebanyakan sekarang maunya yang instan2 nih.. ga mau jalani prosesnya :nangis:

  9. Menjadi orang muda yang mau berpikir kreatif dan membangunkan potensi wirausahawan seperti mas Arief tidak mudah, generasi muda sekarang maunya ynag instan dan lebih cenderung menjadi pegawai daripada pengusaha. Sujse sterus buat mas Arief

    Salam,
    Masstyo

    • arief maulana says:

      @andik setyo, Saya pun sebenernya terinpirasi dari para wirausaha muda lainnya mas.

      Seperti yang ditulis di buku “wirausaha muda mandiri”

  10. kapan ya menjadi affiliate mareketer kaya gitu, mudah2an mas arief selalu posting artikel2 tentang affiliate marketing terus, biar nambah terus ilmunya…

    • arief maulana says:

      @Sas, mungkin ngga sering-sering saya sharing artikel beginian mas.

      Saya pun masih banyak belajar dari Mas Nicko dan Mbak Dini Shanti.

      Mereka berdua udah jadi top affiliate di berbagai affiliate merchant dan hidup dari affiliate marketing.

  11. Aryes Novianto says:

    aku dukung yang terahir tu mas arif. sabar en b’doa. tapi tetep usaha jalan terusss, pantang mundur.go affiliasi indonesia

  12. Mas Arief, saya serius mau belajar nih, sudah banyak saya langganan tutorial dll, cuma masih “mbulet” juga, kerena dasarnya mungkin kurang kuat, apalagi harus dibarengi dengan upaya mengejar target penjualan yang kadang menyita waktu.

    • arief maulana says:

      @Handalan, target penjualan kan kita yang menentukan mas. kalau dirasa berat mulai dari yang ringan2 dulu aja.

      Jangan terlalu banyak langganan tutorial malah ngga fokus.

      Coba ambil satu panduan. Misalnya Panduan Affiliate Marketing dan fokus disana.

  13. benar sekali mas arif, sekarang ini affiliate marketer udah sangat banyak, persaingan pun udah semakin ketat dibutuhkan strategy khusus nan smart untuk bisa menang didunia affiliate marketing. terus berstratgy dan mengembangkan brand itu yang penting:pukulanseribu::pukulanseribu::hore::hore:

  14. Mas Arief saya nyoba promo offline dg bonus les privat internet & buat blog gratis. Tetapi saat ini sementara les privatnya (biaya Rp 50.000)yang jalan, sedang AMnya belum. Doanya ya Mas Arief!

  15. Rahasia Website Pemula says:

    Jangan lupa Plus sales letter buatan sendiri tentunya, sambil belajar menulis juga belajar menjual.:baca:

    • @Rahasia Web Pemula, untuk sales letter saya kurang sepakat mas. Tidak harus buatan sendiri. Kalau memang ada dana dan bisa membiayai yang lebih profesional, kenapa tidak?

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,745 bad guys.