Oleh : Arief Maulana

Internet Marketer Plus Plus
Internet Marketer Plus Plus

Menjadi seorang affiliate marketer gampang-gampang susah. Apalagi saat ini, mungkin bisa dibilang hampir setiap hari lahir seorang affiliate marketer baru. Persaingan makin ketat, makin panas. Banyak cara dan strategi dilakukan demi menghasilkan volume penjualan yang besar.

Maka dari itu di tengah persaingan yang kian ketat, menjadi affiliate marketer biasa-biasa saja tidak cukup. Dibutuhkan lebih dari standar untuk bisa mencapai volume penjualan yang diinginkan. Pun semangat untuk terus belajar dan mendalami seluk beluk affiliate marketing mesti dijaga. Jadilah affiliate ++. Plus apa saja?  

# Plus Konsultasi

Konsultasi Bisnis

Memang benar adanya bahwa pemilik produk yang baik dan bertanggung jawab, selalu menyediakan fasilitas konsultasi pasca pembelian produk atau after sales service. Namun perlu diingat, tentu yang dilayani oleh mereka jumlahnya tidak sedikit. Sehingga butuh waktu untuk meladeni customer.

Dari celah ini kita bisa masuk. Anda bisa menawarkan konsultasi gratis masalah produk kepada calon customer, setelah nantinya mereka membeli produk lewat link affiliate Anda. Dalam hal ini, Anda tentu harus mengusai produk. Jadi jangan pernah ragu untuk mempelajari dan mendalami produk yang Anda pasarkan.

# Plus Bonus Istimewa

Apaan itu bonus istimewa? Terserah Anda. Bisa berupa sebuah produk khusus yang tidak dipasarkan secara umum ataupun potongan harga sehingga customer tidak membeli dengan harga penuh yang diberikan oleh pemilik produk.

Kalau Anda menggunakan potongan harga, tentunya akan memotong komisi affiliate Anda sendiri. Jadi coba dianalisa dulu, apakah dengan memberikan potongan harga biaya operasional Anda untuk mempromosikan produk (dari komisi affiliate juga) masih tertutupi. Jangan sekedar impas, kalau bisa masih ada untung.

Disisi lain, Anda bisa menciptakan sebuah produk sebagai bonus. Misalnya ebook. Kalaupun Anda malas membuat produk, beli saja produk MLR / PLR dan jadikan itu sebagai bonus. Anda bisa mendapatkannya di web teman saya, Handoko Tantra : Paket Ebook Bisnis.

Dulu di awal saya menjalankan reseller dan afiliasi, bonus yang saya berikan adalah ebook (bikin sendiri). Namun seiring dengan perjalanan waktu, bonus itu saya tiadakan. Malah saya bagikan gratis dalam bentuk “The Simple Internet Selling” yang sudah Anda download. Sebagai gantinya saya gunakan konsultasi gratis sebagai bonus.

# Plus Branding + Reputasi

Reputasi Bisnis
Reputasi Bisnis

Ini juga menjadi dilema. Bukan rahasia lagi, kita tentu lebih memilih membeli lewat orang yang dikenal dan juga memiliki reputasi baik. Maka dari itu membangun personal branding dan reputasi menjadi mutlak adanya.

Mungkin sebagian ada yang bilang, “Lha kalau begitu jelas menang yang udah punya reputasi dong! Yang baru-baru jelas kalah!”

Kalau ada yang suka nyeletuk gitu, biasanya saya bilang juga, “Kan saya juga dulu pernah baru. Ketika saya mulai start di affiliate marketing juga udah ada senior yang punya reputasi dan lebih populer.” Intinya, sama saja. Semua pernah memulai dari titik nol. Tinggal kitanya mau berubah menjadi lebih baik atau ngga.

# Plus List Building

Ada banyak alasan kenapa mesti listbuilding.  Untuk para customer yang sudah membeli lewat link Anda, maintenance hubungan baik bisa dilakukan dengan bantuan autoresponder. Misalnya dengan memberikan sapaan, bonus-bonus dsb.

Adapun untuk non customer (prospek), Anda bisa melakukan follow up berkala dengan email follow up autoresponder. Seperti halnya kawan saya, Mas Alfred. Saya liat email-email follow upnya bagus juga.

# Plus Sabar dan Doa

Sabar, karena segala sesuatunya tidak ada yang instan. Semua ada prosesnya. Doa, karena yang menggerakkan hati manusia untuk membeli lewat link kita dan juga yang mengatur rizki adalah Allah. Jarang rasanya ada orang sukses yang jauh dari Tuhan.

Nah, itu plus-plus versi saya. Memang saya bukan master affiliate marketing, tapi paling ngga itu yang saya lakukan. Barangkali Anda punya ide yang lebih menarik untuk menambah daftar plus-plusnya? Mari share sama kita-kita!

Salam Sukses,
arief maulana
space

Menjadi Affiliate Marketer Plus Plus
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us

100 thoughts on “Menjadi Affiliate Marketer Plus Plus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,429 bad guys.