Mengubah Kelemahan Menjadi Kekuatan

Oleh : Arief Maulana

hidup bermasalah

hidup bermasalah

Tidak ada manusia yang menjalani kehidupan tanpa masalah. Tidak ada juga manusia yang lahir begitu sempurna, tanpa memiliki kelemahan di dalam dirinya. Banyak orang memilih untuk menjadikan kelemahannya sebagai alasan untuk berhenti bertindak meraih keberhasilan yang diinginkannya. Sebagian kecil orang menjadikan kelemahannya justru sebagai senjata utama yang membawanya ke pintu gerbang keberhasilan dan mengenyam manisnya kehidupan. Semua kembali lagi pada satu hal, SIKAP.

Anda pernah dengan nama Valencia Mieke Randa? Atau mungkin Anda mengenalnya dengan username @JustSilly. Beliau adalah ibu dari dua orang anak autis yang cukup populer, baik itu di dunia maya maupun di dunia nyata. Saya hingga saat ini belum pernah bertemu langsung dengan beliau. Namun, hampir di setiap pagi saya tidak akan melewatkan kisah-kisah ataupun semangat pagi yang disebarkan oleh Mbak Silly (begitu saya memanggilnya :p) via twitter.

Memiliki dua orang anak autis, bukan hal yang mudah. Yang paling berat adalah menerima bahwa hal tersebut harus terjadi dalam kehidupan Mbak Silly. Bagi orang lain, memiliki anak autis mungkin adalah sebuah kekurangan. Sebuah beban hidup. Apalagi yang tidak kuat mental dengan “apa kata orang”. Bayangkan, tidak hanya satu melainkan dua anak autis. Bagaimana kalau Anda yang mengalami hal tersebut?

Mengikuti penuturannya, beliau menyampaikan bahwa awalnya sulit menerima kenyataan ini. Belum lagi kurangnya dukungan dari keluarga terdekat. Itu dulu…

Sekarang? Mbak Silly justru jadi aktivis sosial paling bersemangat. Kedua anaknya yang autis, tidak menghalangi pergerakannya menyuarakan kegiatan sosial. Mulai dari Blood For Life yang sempat diangkat oleh Google Chrome dan juga aktivitas sosial yang terkait dengan anak-anak autis. Tidak berhenti memberikan pengarahan kepada para orang tua autis, bagaimana menyikapi kehidupan dan tetap bisa memberikan dukungan serta bimbingan terbaik bagi anak-anaknya. Kekurangan beliau, diubah menjadi energi terbesar yang menjadi kekuatan utamanya untuk bergerak maju. (Read More : “Anak-anak Saya, Malaikat Tak Bersayap”)

Mbak Silly hanya satu dari sekian banyak orang yang memilih tidak menyerah dengan kelemahan yang dimilikinya dan mengubah kelemahan tersebut menjadi kekuatan. Masih banyak teman-teman saya lainnya yang senada dengan Mbak Silly. Alih-alih, menyerah dengan kelemahannya mereka justru memiliki power tersendiri. Dan inilah hasil pembelajaran saya :

Menerima Kelemahan Yang Anda Miliki

Langkah awal dari semuanya adalah menerima bahwa Anda memiliki kelemahan. Orang yang tidak mau menerima kelemahan dirinya cenderung akan terus menyalahkan keadaan. Berpikir negatif dan menutup peluang ataupun sisi lain dalam dirinya yang justru bisa dikembangkan dan menjadi kekuatan terbesarnya.

menerima keadaan diri sendiri

Tuhan itu adil, setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan. Coba kalau Mbak Silly bermenye-menye ria, terus menerus menyalahkan keadaan atas kondisi kedua anaknya. Mana bisa dia sedekat sekarang dengan Tuhan, kemudian menjadi figur sosial yang populer dan menginspirasi banyak orang.

Mencari Solusi Untuk Memperbaiki Kelemahan

Kita tahu memiliki kelemahan. Maka ada 2 pilihan yang bisa kita ambil. Pertama diam saja dengan segala kelemahan tersebut atau mencari solusi untuk mengatasi masalah dan kelemahan yang kita miliki. Saya pikir tidak ada masalah yang tidak memiliki solusi. Hanya kitanya, mau atau tidak mencari solusinya itu. Dan bila solusinya sudah ketemu, mau atau tidak menjalankan solusi tadi dan berubah menjadi lebih baik.

Saya punya kelemahan dalam hal kesehatan. Beberapa teman tahu, dulu saya gemuk. Didukung juga oleh hasil medical check up yang menyatakan bahwa saya obesitas level 1. Masalah bukan? Beberapa teman menyarankan untuk melakukan diet sehat. Mengubah semua, mulai dari pola makan hingga gaya hidup yang lebih sehat.

Berubah tentu tidak enak. Tapi saya berpikir, kalau ini adalah satu-satunya solusi untuk hidup lebih sehat, harus diperjuangkan. Hasilnya cukup positif. Yang tadinya obesitas level 1 turun menjadi kelebihan berat badan, 1 level di atas normal. Hasil-hasil yang lain pun menunjukkan hal yang positif. Saya memilih menjalankan solusi yang ada, alih-alih menyerah dengan keadaan. Dan sekarang, saya bisa membantu rekan-rekan yang punya masalah serupa.

Fokus Pada Kelebihan Anda

Ada kelemahan, pasti ada kelebihan. Saya percaya tiap orang itu unik dan punya kelebihan. Anda hanya perlu mencari dimana letak kelebihan Anda dan memfokuskan lebih banyak waktu untuk mengembangkan kelebihan itu. Kalau Ippho Right bilang di buku 7 Keajaiban Rezeki, temukan pembeda abadi Anda dan jadikan itu kekuatan yang sangat powerful.

kekuatan fokus

kekuatan fokus

Biar Pelan, Jangan Berhenti Berubah

Seperti yang saya sebutkan di atas, berubah itu tidak enak. Berubah itu artinya keluar dari zona nyaman kita. Berubah juga bisa berarti membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Beberapa orang mungkin bisa berubah dalam waktu cepat, sementara kebanyakan tidak. Nah, disinilah Anda perlu belajar menikmati prosesnya. Meskipun pelan, jangan berhenti berubah menjadi lebih baik lagi.

Jim Rohn pernah mengatakan bahwa keberhasilan adalah hal sederhana yang Anda lakukan setiap harinya, berulang-ulang kali. Artinya kita perlu konsisten disini. Pelan-pelan mengubah kelemahan kita menjadi kekuatan yang tidak terbendung lagi. Menjadi pribadi yang unstopable.

Don’t Forget Your GOD

Terakhir, jangan lupakan DIA yang memiliki energi terbesar untuk membantu Anda. Dalam fase-fase transformasi mengubah kelemahan Anda menjadi kekuatan, akan ada titik dimana Anda merasa lelah dengan semuanya. Merasa ingin berhenti dan menyerah. Merasa kekurangan energi. Maka mendekatlah dengan DIA, pemilik energi tiada batas. DIA, yang Maha Mengatur segala urusan, yang Bumi dan Langit ada di dalam genggamannya. DIA lah, TUHAN. Kapan terakhir kali Anda bercerita dan memohon bantuanNYA?

Itu saja hasil pembelajaran yang bisa saya sharing disini. Mungkin ada teman-teman yang ingin menambahkan, silahkan.

51 Responses to Mengubah Kelemahan Menjadi Kekuatan

  • Ditter says:

    Kalau membiarkan kelemahan, lalu fokus pada kekuatan aja, gimana, Mas. Jadi maksudnya fokus saja pada kelebihan yg dipunya supaya bisa menjadi orang yg ahli di bidangnya. Sementara kelemahan yg ada diatasi dgn menugaskan atau mendelegasikan kepada orang-orang tertentu tanpa menghabiskan waktu, tenaga, dan pikiran utk mengubahnya menjadi kekuatan….

    arief maulana Reply:

    @Ditter, bisa mas. Inti dari artikel ini sebenarnya, jangan fokus sama kelemahan kita. Terserah, mau diubah jadi kekuatan atau mau mengembangkan kelebihan kita. Kalau bisa keduanya jalan, kenapa tidak? Tentu lebih baik :D

  • Agus Siswoyo says:

    Kelemahan dan kekuatan itu ibarat sekeping mata uang. Selalu gandeng kemana-mana pergi. Bedanya adalah kita mau berorientasi ke sisi yang mana: kekuatan atau kelemahan.
    Agus Siswoyo recently posted..Disabilitas dan Pandangan MasyarakatMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Agus Siswoyo, yes… *puter-puter uang koin*

  • enakan mana ya? mengeluh atau mencari solusi? sepertinya enak mengeluh. dan itu yang sering kita jumpai di kehidupan siapa saja. :puyeng:

    arief maulana Reply:

    @Hanif Mahaldi, sesekali mengeluh itu manusiawi. Tapi kalau terus-terusan mengeluh tanpa mencari solusi ya artinya dia memilih untuk terus berada dalam lingkaran masalah tanpa berusaha keluar dari sana. Karena mengeluh tidak pernah menyelesaikan masalah.

  • Konten Ilmu Bisnis Online Instan says:

    Sama seperti kelebihan, kelemahan pun mampu menjadikan diri kita “tampil beda” di mata orang lain.

    arief maulana Reply:

    @Konten Ilmu Bisnis Online Instan, benar. Tapi jangan ‘tampil beda’ yang negatif yang ditonjolkan kalau bisa, melainkan tampil beda yang positif dan bisa menginspirasi. Itu baru juara.

  • DeWay says:

    Untuk merubah mereka yang terbiasa mengeluh tentang kelemahannya memang tidak mudah, tetapi itu bisa dilakukan. Dan sudut pandang akan kehidupan ini akan berubah jika kita mampu melakukannya

    arief maulana Reply:

    @DeWay, maka mulailah dari diri kita sendiri terlebih dahulu, baru kemudian lingkaran sosial di luar kita. Seperti obat nyamuk bakar. Dari dalam ke luar.

  • emingko says:

    bener bgt… tpi saya scra pribdi sllu brusaha mmbnahi kekurangan yg ada :)

    arief maulana Reply:

    @emingko, tapi tetep mas. Fokusnya kalau bisa di kelebihan. Karena terlalu fokus di membenahi kekurangan kita, akan membuat kita jalan di tempat.

    Dua-duanya mesti jalan. :belajarkeras:
    arief maulana recently posted..Internet Marketing Itu SederhanaMy Profile

  • saya sering berfokus pada kelemahan, tapi di sisi lain, saat bertemu dengan orang-orang yang punya semangat hidup lebih tinggi dari pada sering mengeluh, kelemahan saya pun berubah menjadi semangat yang lebih baik untuk hidup. Butuh energi positif untuk selalu menumbuhkan semangat. Ternasuk energi positf dari mas arief ini yang terpancar melalui blog nya :sip:
    pengen bisnis recently posted..Daftar Situs Pilihan Untuk Menjadi Affiliate Marketer Tanpa ModalMy Profile

    arief maulana Reply:

    @pengen bisnis, itu kenapa salah satu hal yang mempengaruhi kehidupan kita adalah lingkungan pergaulan. Salah memilih teman, ya akan berakibat kita berada dalam lingkungan negatif melulu.

  • mjumani says:

    Seperti kata pak Mario teguh, tidak ada gunanya menyesal, yang sudah terjadi tidak bisa di ubah, yang bisa di ubah hanyalah sikap kita.
    mjumani recently posted..Kalung Anti RadiasiMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Mjumani, yup. Masa depan kita tergantung dari apa yang kita lakukan (termasuk sikap) di masa sekarang.

  • :sip:

    Orang yang takut dengan hantu akan lari terbirit-birit jika mendengar suara-suara aneh di malam hari, lari layaknya Cristian Ronaldo atau Roberto Carlos, padahal kakinya sedang sakit karena luka tertusuk duri. Dia akan lupa bahwa kakinya sedang sakit begitu mendengar suara aneh. Dia fokus untuk menyelamatkan diri dan fokus mencari tempat berlindung hingga dia benar-benar berhasil mendapatkan rasa aman.

    Rasa takut akan hantu (kelemahan), dan lari (upaya mencari solusi). So, kelemahan bisa saja mendatangkan power, sehingga bukan tidak mungkin untuk bisa merubah kelemahan menjadi kekuatan seperti yang Mas Arief jelaskan di sini… Luar Biasa! Super! Dahsyat! artikelnya mas! (AW, MT, TDW) xixixi…
    Lulu Kemaludin recently posted..List Building, Community Building, atau SEO? Pilih Mana?My Profile

    arief maulana Reply:

    @Lulu, dan biarlah aku tetap menjadi arief maulana saja dengan tulisan apa adanya ini. Hihihihi…

  • Budi says:

    Mantap! Saya akan berusaha kelemahan saya akan saya jadikan kekuatan saya… Tanks mas arif, nice post!

    arief maulana Reply:

    @Budi, Great… semoga sukses bro :yoyo:
    arief maulana recently posted..Internet Marketing Itu SederhanaMy Profile

  • Darin says:

    “Anda hanya perlu mencari dimana letak kelebihan Anda dan memfokuskan lebih banyak waktu untuk mengembangkan kelebihan itu.”

    Ini kalimat quote yang bagus. Menurut saya, seiring bertambahnya usia, kita tentu makin mampu tuk memilah mana kelemahan dan kelebihan diri. Namun permasalahannya dijawab jg di artikel ini, yaitu ‘fokus’ dan ‘biar pelan, jangan berhenti berubah’, karena mudah hilang fokus dan tak sabaran memang musuh kita2 yang ingin memaksimalkan potensi diri.

    Thanks berat, artikel yg inspiratif mas Arief :)

    arief maulana Reply:

    @Darin, fokus ini yang kadang agak sulit dijaga mas. Sekali kita lengah, bisa hilang fokus karena faktor-faktor eksternal. Bahkan hanya karena omongan orang saja, kadang kita bisa goyah untuk berubah.

  • lukman nulhakiem says:

    Ketidakmampuan menerima keadaan diri kita ternyata berefek panjang. Minder dan tak percaya diri adalah akibat terusannya. Itulah kondisi yang pernah saya alami. Butuh energi luar biasa untuk keluar dari itu. Dan hari ini saya masih terus berusaha untuk keluar dari ketidakberdayaan yang sebenarnya dibuat dan dikondisikan oleh saya sendiri.
    Terima kasih, atas tulisan yang mengispirasi..
    lukman nulhakiem recently posted..Harmful Food AdditiveMy Profile

    arief maulana Reply:

    @lukman nulhakiem, saya juga sama kok mas. Pernah berada di dalam posisi minder dan tidak percaya diri. Itu kenapa dari kecil ibu selalu mengikutkan saya pada event yang memaksa saya untuk show off. Keberanian dan percaya diri itu malah baru saya dapatkan ketika SMA.

  • Cara mengobati Penyakit Darah Tinggi Secara Alami says:

    wahh,,setuju banget ma artikelnya,,,kelemahan adalah sesuatu yang pasti dimiliki oleh manusia,,tapi intinya bagaimana mengubah kelemahan menjadi kekuatan buat kita,,
    terima kasih buat artikelnya,,sangat memotivasi..
    Cara mengobati Penyakit Darah Tinggi Secara Alami recently posted..Cara mengobati Penyakit Darah Tinggi Secara AlamiMy Profile

    arief maulana Reply:

    Semoga bermanfaat

  • penanggulangan hepatitis says:

    wah artikelnya motivasi banget terimakasih dengan adanya artikel ini semakin menambah pengetahuan saya di tunggu postingan berikutnya
    penanggulangan hepatitis recently posted..Obat Tradisional Anti JerawatMy Profile

    arief maulana Reply:

    @penanggulangan hepatitis, kan tema blognya motivasi :hihi:
    arief maulana recently posted..Internet Marketing Itu SederhanaMy Profile

  • om onny says:

    Kalau kekuatan saya adalah terlalu banyaknya kelemahan-kelemahan yang saya miliki, mas. jadi tinggal kita memanage kelemahan menjadi sumber kekuatan.
    om onny recently posted..Zodiak Hari Ini – Ramalan Zodiak Hari IniMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Om Onny, kalau kelebihan saya adalah kelebihan berat badan. Hahaha…

  • Alphin says:

    wah…,sulit gak ya merubah kelemahan jadi kekuatan….,coba dulu ah…,hehe
    Alphin recently posted..Masih Banyak Rakyat Indonesia Dibawah Garis KemiskinanMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Alphin, yang sulit, biasanya perubahannya lebih permanent

  • Grandchief says:

    Fokus pada kekuatan apa bisa juga diterjemahkan dengan fokus dengan apa yang kita senangi mas,karena biasanya akan lebih bersemangat melakukan apa yang kita suka.
    Grandchief recently posted..Kelas-Kelas Pada Pertandingan TinjuMy Profile

    arief maulana Reply:

    @GrandChief, yup. Salah satu indikator kelebihan kita adalah apa-apa yang kita sukai. Karena kalau sudah senang, siap melakukan apa saja untuk itu biasanya.

  • Kaget says:

    Dulu si Mbok pernah ngomong, semua manusia punya kelemahan tapi bukan berarti menonjolkan kelemahan merupakan suatu kelebihan. Kelemahan hanya bertumpu pada satu masalah, jadi jangan dekati masalah itu. Merangkul masalah lain justru akan membuat kelemahan menjadi satu kekuatan :sip:
    Kaget recently posted..Bencana Banjir Dan Pentingnya KanalMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Kaget, pesan dari si Mbok bagus :)

  • saya pernah ketemu mbak silly. .
    luar biasa semangat beliau dalam membantu manusia yang membutuhkan .. :sip:
    ada-akbar.com recently posted..Manusia Adalah KeajaibanMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Ada Akbar, yes. Karena itu perlu diteladani semangat sosialnya

  • Joko Sutarto says:

    Kadang kita harus terjatuh dulu supaya tahu bagaimana caranya belajar bangkit. Seringkali orang baru sadar akan hal ini. Saat kita menghadapi cobaan atau tantangan yang besar, yang ada hanya ada dua kemungkinan. Kita terkapar atau berhasil lolos dari cobaan tersebut.

    Saya selama ini meyakini bahwa untuk menghasilkan besi sekuat baja memang butuh tempaan yang luar biasa pula. Kelemahan bagi sebagian orang adalah hambatan tapi bagi sebagian orang adalah momentum untuk menggulingkan batu besar yang selama ini mungkin membayangkannya saja sulit apalagi mengulingkannya.

    Saya mengucapkan selamat bagi orang-orang yang berhasil lolos membalik atau mengubah kelemahan menjadi kekuatan. Dia lah sang pemenang dan kita harus belajar ke mereka.
    Joko Sutarto recently posted..Keislaman Indonesia Hanya Ritual Semata, Benarkah?My Profile

    arief maulana Reply:

    @Joko Sutarto, intan permata dihasilkan dari beberapa kali potongan dan dikikir sedemikian rupa hingga menjadi cantik dan indah.

    Lain dengan lantai tegel yang cuma 4x potong. Nilainya tentu berbeda jauh.

    Sama halnya dengan manusia. Yang kena tempaan hidup berat, kalau survive cenderung jadi orang-orang besar.
    arief maulana recently posted..Internet Marketing Itu SederhanaMy Profile

  • Rohiman says:

    Nice post. Manusia tidak ada yang sempurna, punya kelebihan juga punya kelemahan. Ketika kita punya kelemahan, janganlah terlalu mengeluh dengan kelemahan tersebut bersabarlah atas taqdir tersebut. Galilah kelebihan2 yang kita miliki, hingga kelemahan tersebut tidak menjadi akan menjadi masalah bagi kita.
    Rohiman recently posted..Sony Ericsson Xperia Ray Ponsel Pintar EleganMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Rohiman, manusia memang makhluk yang mulia, tapi bukan makhluk yang sempurna. Begitu kata teman saya

  • Flash Games says:

    tidak bisa berkata2. Yang pasti setelah membaca artikel ini, terlalu banyak hal berkelebat di benak saya. Apalagi utk saya seorang ayah baru, dgn bayi 10 bulan. Kesimpulan, Terima kekurangan, fokus pada kekuatan. Thanks
    Flash Games recently posted..Cursed TreasureMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Flash Games, semoga bisa menjadi teladan bagi anak2nya kelak

  • Toko Herbal says:

    Ketika seseorang punya kelemahan dan kelemahan itu bisa diperbaiki menjadi kekuatan, lakukanlah. Makasih atas sharenya mas Arief.
    Toko Herbal recently posted..Habbat’s CafeMy Profile

  • ini baru maotifasi yg perlu kita resapi,bahwa kta selalu mempunyai kekurngan dan akhirnya menjadi kekuatan untuk hidup
    ada-akbar.com recently posted..Dibalik Usaha Event OrganizerMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Ada-Akbar, bukan motivasi, cuma tulisan penggugah *halah*

  • Cara Mengobati Penyakit Nyeri Sendi Secara Alami says:

    iya mas,,kita semua punya kelemahan,,tapi saya justru membuat kelemahan itu menjadikan saya minder,,,entah bagaimana membangun percaya diri pada diri saya,,,
    Cara Mengobati Penyakit Nyeri Sendi Secara Alami recently posted..Cara Mengobati Diabetes Melitus Secara TradisionalMy Profile

    arief maulana Reply:

    @Cara Mengobati Penyakit Nyeri Sendi Secara Alami, jangan fokus di kelemahannya mas. Tapi fokus pada apa kelebihan kita, yang tidak dimiliki oleh orang lain.
    arief maulana recently posted..Internet Marketing Itu SederhanaMy Profile

  • tyan says:

    bener – bener motivator handal mas…
    sukses slalu buat jenengan mas..
    :sip::sip:

  • nazril ilham says:

    trus adakah cara untuk mencari kelemahan itu mas..?ya…contoh gitu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 369,307 bad guys.

Advertisement

Daftarkan diri Anda di newsletter saya secaca GRATIS & saya akan berikan informasi yang akan membantu bisnis pertama Anda, mulai dari sekarang.

First name

E-mail address

Privasi Anda sangat penting buat saya & Anda boleh mengundurkan diri setiap saa.t

Kategori Tulisan
Arsip