Oleh : Arief Maulana

Kebiasaan Positif
Kebiasaan Positif

Salah satu band yang bakal nongkrong di playlist saya kalau lagi pengen denger lagu yang rada bersemangat adalah Linkin Park. Dan diantara semua lagu-lagunya, ada 1 yang saya sering puter yaitu Breaking The Habit. Selain karena musiknya enak, makna di balik lagunya juga mengena tentang mengubah kebiasaan.

Mungkin sudah pernah ada yang mendengar bahwa lebih dari 80% kegiatan yang kita lakukan sehari-hari adalah di bawah kontrol alam bawah sadar (lebih lanjut soal ini, Anda bisa baca di buku “Manage Your Mind for Success” Adi W.Gunawan). Artinya kita apa yang kita lakukan selama ini kebanyakan hanya menjalankan saja program dari alam bawah sadar itu.

Yang perlu kita sadari adalah, sebelum program tersebut berjalan secara otomatis dan mengatur cara kita bertindak untuk merespon sesuatu, pada dasarnya kita lah yang pertama kali memberi masukan ke dalam program tersebut. Salah satunya adalah dengan membiasakan sesuatu.

Bukankah setiap manusia dilahirkan dengan kondisi pikiran yang kosong. Kemudian orang tua kita membimbing dan memberikan masukan bagaimana kita bertindak dan merespon sesuatu. Karena itu dilakukan berulang-ulang dan menjadi kebiasaan, akhirnya jadilah program otomatis yang mengatur kehidupan kita.

Contoh : Ketika Anda makan menggunakan sendok dan garpu, apakah masih harus berpikir lagi sendok di tangan mana dan garpu di tangan yang mana. Tentu tidak. Karena sejak kecil kita dibiasakan sendok di tangan kanan dan garpu di tangan kiri.

Sampai disini mudah-mudahan menangkap apa yang saya maksud, karena itu baru pembuka dari materi intinya.

Perlu diingat bahwa salah satu hal yang kerap menghambat kesuksesan kita adalah kebiasaan. Dan itu sulit diubah, terutama bila lingkungan kita dibesarkan dan tinggal selama ini kurang kondusif. Kebiasaan yang kurang baik melekat dan pada akhirnya memaksa kita merespon segala sesuatunya dengan kurang baik pula.

Bahkan ketika kita dihadapkan pada kondisi harus memutuskan sesuatu, otak kita akan mengambil dari bank memori alam bawah sadar juga sebagai referensi yang pada akhirnya membuahkan sebuah keputusan.

Sebelum semuanya terlambat dan program itu melekat semakin kuat dalam mengatur kehidupan kita, mari coba merenung dan menelaah, kira-kira kebiasaan apa dalam diri kita yang kurang baik. Mari mencoba untuk mengubahnya pelan-pelan. Memang sulit dan itu wajar. Karena pikiran kita yang sudah terprogram tadi merespon seperti layaknya antivirus yang mempertahankan sistem dari serangan inputan baru yang tidak dikenalnya.

Dengan mengubah kebiasaan ke arah positif, pelan tapi pasti kita mengubah program alam bawah sadar kita ke arah yang lebih baik. Dan bila sudah berubah, enak kan kalau kita tinggal menjalankan saja secara otomatis hal-hal yang baik itu. Cobalah mulai sekarang, untuk memasukkan kebiasaan-kebiasan positif ke dalam program alam bawah sadar Anda.

Ps. Sebuah buku pernah menyatakan bahwa ketika kita melakukan hal-hal baru, berturut-turut selama 90 hari, maka pada hari ke-91 itu akan menjadi kebiasaan baru kita.

Silahkan dikoreksi kalau saya ada yang salah, monggo kalau ada yang mau didiskusikan, dan silahkan dinikmati lagunya bagi yang belum pernah mendengar. Semoga bermanfaat.

Salam Sukses,
arief maulana
space

Mengubah Kebiasaan Sejak Saat Ini
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:             

135 thoughts on “Mengubah Kebiasaan Sejak Saat Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,556 bad guys.