Mengubah Kebiasaan Sejak Saat Ini

Oleh : Arief Maulana

Kebiasaan Positif
Kebiasaan Positif

Salah satu band yang bakal nongkrong di playlist saya kalau lagi pengen denger lagu yang rada bersemangat adalah Linkin Park. Dan diantara semua lagu-lagunya, ada 1 yang saya sering puter yaitu Breaking The Habit. Selain karena musiknya enak, makna di balik lagunya juga mengena tentang mengubah kebiasaan.

Mungkin sudah pernah ada yang mendengar bahwa lebih dari 80% kegiatan yang kita lakukan sehari-hari adalah di bawah kontrol alam bawah sadar (lebih lanjut soal ini, Anda bisa baca di buku “Manage Your Mind for Success” Adi W.Gunawan). Artinya kita apa yang kita lakukan selama ini kebanyakan hanya menjalankan saja program dari alam bawah sadar itu.

Yang perlu kita sadari adalah, sebelum program tersebut berjalan secara otomatis dan mengatur cara kita bertindak untuk merespon sesuatu, pada dasarnya kita lah yang pertama kali memberi masukan ke dalam program tersebut. Salah satunya adalah dengan membiasakan sesuatu.

Bukankah setiap manusia dilahirkan dengan kondisi pikiran yang kosong. Kemudian orang tua kita membimbing dan memberikan masukan bagaimana kita bertindak dan merespon sesuatu. Karena itu dilakukan berulang-ulang dan menjadi kebiasaan, akhirnya jadilah program otomatis yang mengatur kehidupan kita.

Contoh : Ketika Anda makan menggunakan sendok dan garpu, apakah masih harus berpikir lagi sendok di tangan mana dan garpu di tangan yang mana. Tentu tidak. Karena sejak kecil kita dibiasakan sendok di tangan kanan dan garpu di tangan kiri.

Sampai disini mudah-mudahan menangkap apa yang saya maksud, karena itu baru pembuka dari materi intinya.

Perlu diingat bahwa salah satu hal yang kerap menghambat kesuksesan kita adalah kebiasaan. Dan itu sulit diubah, terutama bila lingkungan kita dibesarkan dan tinggal selama ini kurang kondusif. Kebiasaan yang kurang baik melekat dan pada akhirnya memaksa kita merespon segala sesuatunya dengan kurang baik pula.

Bahkan ketika kita dihadapkan pada kondisi harus memutuskan sesuatu, otak kita akan mengambil dari bank memori alam bawah sadar juga sebagai referensi yang pada akhirnya membuahkan sebuah keputusan.

Sebelum semuanya terlambat dan program itu melekat semakin kuat dalam mengatur kehidupan kita, mari coba merenung dan menelaah, kira-kira kebiasaan apa dalam diri kita yang kurang baik. Mari mencoba untuk mengubahnya pelan-pelan. Memang sulit dan itu wajar. Karena pikiran kita yang sudah terprogram tadi merespon seperti layaknya antivirus yang mempertahankan sistem dari serangan inputan baru yang tidak dikenalnya.

Dengan mengubah kebiasaan ke arah positif, pelan tapi pasti kita mengubah program alam bawah sadar kita ke arah yang lebih baik. Dan bila sudah berubah, enak kan kalau kita tinggal menjalankan saja secara otomatis hal-hal yang baik itu. Cobalah mulai sekarang, untuk memasukkan kebiasaan-kebiasan positif ke dalam program alam bawah sadar Anda.

Ps. Sebuah buku pernah menyatakan bahwa ketika kita melakukan hal-hal baru, berturut-turut selama 90 hari, maka pada hari ke-91 itu akan menjadi kebiasaan baru kita.

Silahkan dikoreksi kalau saya ada yang salah, monggo kalau ada yang mau didiskusikan, dan silahkan dinikmati lagunya bagi yang belum pernah mendengar. Semoga bermanfaat.

Salam Sukses,
arief maulana
space

  1. Peluang Bisnis Online says:

    Wah mantap Mas Arief, jadi tambah semangat nih. 90 hari kurang lebih 3 bulan. Boleh di coba nih buat ngilangin kebiasaan rokok… thanks…

  2. Ada buku satu lagi mas yang mengulas tentang ini, ada bahasan tentang linkin parknya juga judul bukunya “Breaking The Habit”.. Tapi buku untuk remaja sih..hehe.

    Kebiasaan bisa menjadi watak ngga ya mas..? Biasanya kebiasaan-kebiasaan yang sulit di rubah kan bisa terdeteksi kalo itu memang sudah watak kita..

  3. Pembiasaan memang sebuah langkah pembetukan jia kita. Iya, saya juga pernah menerima ilmu ini dalam sebuah siaran radio, dengan tahapan seperti berikut:
    Lakukan pembiasaan suatu hal dalam 30 hari pertama tanpa terputus, maka hal tersebut akan menjadi kebiasaan, namun kebiasaan ini masih ada celah untuk dilanggar karena hanya sebuah hal biasa.
    Jika pembiasaan ditambah 30 hari kedua tanpa terputus, maka hal tersebut akan menjadi karakter, identitas yang melekat pada diri. Ini lebih kuat daripada sekedar kebiasaan.
    Jika ditambah pembiasaan dalam 30 hari ketiga tanpa terputus, maka hal tersebut akan menjadi adat, dimana ketika ada yang coba-coba untuk mengubah adat tersebut maka secara sepontan jiwa akan memberontak atas usaha pengubahan tersebut.
    Begitu kiranya yang pernah saya dapati :sip:

  4. Agus Siswoyo says:

    Salah satu kebiasaan saya adalah men-share tulisan mas Arief di facebook. Dan ini nggak bisa saya hilangkan. hehehe…

  5. Maghfur Amin says:

    Wah..benar-benar motivator nih mas Arief. Mengubah kebiasaan memang suatu hal yang tidak mudah mas. Apalagi jika tidak ada reward yang bisa kita dapatkan dalam proses tersebut, maka akan terasa semakin berat untuk merubah kebiasaan.

    Jadi untuk bisa mengubah kebiasaan kita ke hal yang baru, setidaknya kita juga menyiapkan reward buat kita sendiri sehingga proses tersebut terasa mudah.

    Keep ACTION mas Arief :sip:

  6. Wah, betul mas, padahal rencana juga dah saya mau posting di blogku tentang alam bawah sadar yang lebih dari sekedar mindset dan motivasi. Contoh lain juga mas tentang alam bawah sadar, yaitu saat kita naik motor, pasti sudah tahu dimana letak rem dan gas, dan ini adalah prilaku alam bawah sadar.

  7. bener bangaet mas,,,

    dngan kebiasan kita menciptakan hal yang luar biasa baik unutk tujuan yang baik maupun jelek,,,,

    saya pernah membaca salah satu bukunya AW, bahwa kebiasan yang di ulang terus-menerus akan menghasilkan sesuatu yang sempurna…tentu saja untuk tujuan yang baik.

  8. mantap mas artikelnya,semangat inilah sebenarnya yang terus harus kita tularkan kepada semua orang agar terus berbuat lebih baik.
    karena mengubah sesuatu yang buruk dan sudah mengakar juga menjadi mazhab hidupnya.maka seorang pejuanglah yang akan menjadi pemenang membuat menjadi pribadi yang terbaik.
    :pukulanseribu::pukulanseribu::pukulanseribu::wooo:

  9. priyo susilo says:

    Wah..jadi inget waktu masih di network marketing, ada program 90 hari, tapi belum nyoba sih. Btw dengan artikel ini jadi me-refresh, soalnya banyak nih kebiasaan buruk yang pingin di buang. Insya Alloh pingin coba juga sih, tinggal bikin programnya nih. Thank’s Mas Arief…buat inspirasinya…terus berkarya ya..!!!

  10. Top markotop….postingnya mas Arief. Saya punya kebiasaan baru selalu membuka blognya mas Arief..
    :mlorok: cari inovasi berburu dolar :mataduitan:

  11. Mantab Mas Arief.
    Kalau kita tidak melakukan kebiasan yg sudah otomatis rasana ada yang kurang.
    misalnya kita biasa sholat 5x sehari, kalau kita ketinggal 1 kali aja rasanya ada yg hilang.

  12. ada banyak teori dalam personal development… ada yang bilang kebiasaan baru itu bisa diubah dalam seminggu, ada yang sebulan, ada yang seperti mas bilang, tapi ada pula yang instan…
    biasanya ini dilakukan oleh orang-orang NLP dan Hyphnotherapy… untuk mengatasi mereka yang kecanduan rokok, kecanduan makanan junk food,, itu bisa dirubah dalam waktu sekejap…

    Dalam islam pun Ramadhan bisa dimaknai sebagai hal yang serupa.. tentu dengan High Goal yang berbeda lebih transeden… dan tentu lebih dahsyat!

    salam

  13. Mungkin hampir mirip dengan film the secret y mas arief ?
    Kekurangann saya masih blm bisa mengontrol pikiran negatif yg selalu muncul, masih terus belajar untuk selalu berpikiran positif. :nangis:
    Oia mas arief, nerima guest blogger tidak ? saya sudah kirim email mas.:sip:

    • @satrya, hati-hati dengan Film The Secret mas. Kalau menafsirkannya kurang pas, bisa menuhankan diri.

      Btw, iya saya terima guest blogger. kirim aja emailnya, nanti saya buatkan akun untuk nulis di blog.

  14. Satu motivasi untuk pengembangan diri menuju kearah yang lebih baik…
    Kebiasaan buruk saya mungkin sulit mengatur waktu untuk melakukan update (Update Kebiasaan sehari-hari dan Blog… he he he…)
    Mudah2an dengan penggabungan Daily Planing v-1 nya Bang Dje dan Motivasi dari Mas Arief, akan ada perubahan dalam 90 hari kedepan….:sip:
    Salam…

  15. Saya sudah membuktikan dengan membangun habbit (kebiasaan) blogging sehingga saat ini saya sudah konsisten blogging:sip:

    Mas arief, kapan kita bahas tentang pengertian blog lagi? biar kita posting di blog saya tentang sambungan dari postingan pertama dari Apa itu blog:hihi:

  16. Abdoorahman says:

    Rasanya ga ada yang perlu dikoreksi mas, tapi kalo banyak yang mau dirubah atau diprioritaskan kebiasaan mana yang mau dirubah, mungkin bikin daftarnya dulu kali ya…:hihi:

  17. ngeblog sambil bisnis says:

    bagus tulisannya mas.jadi sadar klo selama ini banyak kebiasaan buruk..saya juga pernah dengar bahwa kalau tidak menibukkan diri dengan hal yg baik,maka kita akan disibukkan dengan hal yg jelek.seperti kata mas arief,kalau ngga sukses,ya gagal:mikir:

  18. Ketika selesai makan harusnya gak boleh olahraga. Namun kami dibiasakan lari seriap kali selesai makan. Mulanya mbesesek, lama2 terbiasa.
    Setelah makan lari itulah kebiasaan yang saya alami di Akabri dulu terutama ketika masih tingkat satu.

    Makan juga agak kagok ketika tidak pakai garpu, kecuali jika memang makan dengan menggunakan tangan.

    Salam hangat dari BlogCamp

  19. saya sudah sering menggunakan berbagai cara untuk menghilangkan kebiasaan buruk saya tapi tetep aja kesulitan.:puyeng::puyeng:

    ada cara yang mujarab n langsung ces pleng g pak?..:hiks:

  20. fadly muin says:

    tulisannya keren mas..

    walau ini perbuatan berat. merubah kebiasaan sama halnya mengangkat beban yang sangat berat, sehingga kesannya sanagt mustahil dilakukan.

    yg perlu dilakukan adalah menambah kekuatan untuk bisa merubah kebiasaan itu..

  21. kayake mengubah kebiasaan itu sulit kalo dah dijalani sehari-hari. membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan kebiasaan barunya.
    saya sendiri kebiasaan mendengarkan lagu sambil bekerja. kalo ga mendengarkan lagu, malah mood jadi ga enak tuh…
    :hiks:

  22. Fenny Ferawati says:

    Konsisten,, itu yang selalu up**** dengungkan,, kebiasan baik untuk berbicara minimal 3 orang/hari,,

    Mirip dengan konsep 90 hari na tu mas,, :hihi:

  23. Muhammad Arifin says:

    saya kmaren baca mas, foundernya detik.com Mr Budiono Darsono di blognya

    ngapain besok? harus detik ini juga..

  24. Rahasia Website Pemula says:

    Mencapai hasil positif melalui ketekunan dan eksperimen, kedua hal itulah yang mungkin jadi modal kita untuk bisa mengisi 90 hari untuk mengubah kebiasaan kita sejak saat ini, dan kedua hal inilah yang mulai saya praktekkan sekarang, terima kasih mas Arief.:guayarek::hihi:

  25. wah mengena banget nih mas topiknya buat saya.
    saya termasuk orang yang pertama2 nya semangat tapi uda agak lama gak ada hasil jadi down.
    apa lagi internet marketing.
    he he he…..
    nampak nya saya harus LEBIH TEKUN DAN SEMANGAT LAGI NIH.
    MAKASIH BANYAK MAS ARIEF

  26. Suarakelana says:

    memiliki banyak kebiasaan baik amat membantu menghadapi kondisi2 kritis. Yaitu disaat kemampuan fisik dan mental kita harus dikerahkan habis2an menghadapi tantangan sangat berat.

    • @Suarakelana, ujiannya justru ketika under pressure seperti yang mas bilang.

      Sama halnya dengan leader. Justru ketika dibawah tekanan lah leadershipnya diuji, apakah mampu membawa timnya keluar dari masalah atau malah terpuruk

  27. mas arif,
    saya baru aktif main blog sekitar dua bulan ini. tetapi kebiasaan saya yang baru dan rutin sudah dimulai satu bulan pertama berjalan, dan gak sampe tiga bulan. tiap saat online (maklum cari link dan info). kalau mas arif dulu gimana?

  28. Hmm untuk mewujudkannya sepertinya butuh perjuangan yang lebih, karena bisa jadi dalam 90 hari tersebut ada satu atau beberapa yang bolong. Dan jika kebiasaan terus dilakukan akan menjadi sebuah karakter…seperti Mas Arief ini :sip:

  29. Mirzan Gani says:

    90 hari atau 3 bulan yah… :mikir:

    :ngupil: kl gak salah utk regenerasi tubuh jg butuh 3 bulan… jg pernah dgr hadis (lupa dgr dr sapa :phew:) kl latihan utk menambah iman di butuhkan jg wkt 3 bln…

    :wooo: semangat !!! 3 bln program baru !!!:hore:

  30. Luthfi Fuadi Majid says:

    Wah saya kudu belajar kembali mengubah kebiasaan buruk sejak dini,,..kebiasaan buruk terlalu lama diem di depan kompi nich mas..hehe
    Mas Boleh Kita Tuker link dengan Anda mas?
    Luthfi Fuadi

  31. wah saya malah jadi ebiasaan FBan nie.. mudah-mudahan segera sembuh demam FBnya.. makasih mas artikelnya sangat bermanfaat

  32. Blog Seputar SEO Series Tutorial says:

    saya selalu menyimpan halaman ini dan bookmark terus tiap blognya mas arif update karena saya terkadang juga share ke fb agar teman saya juga dapat membaca²

  33. iskandaria says:

    Wah, penggemar Linkin Park nih ternyata mas Arief. Lagu-lagu LP emang bagus banget buat penyemangat (pembangkit energi). Saya suka semenjak masih ada ngerap-nya. Kalo sekarang kan murni rock (plus sentuhan pop juga). Udah nggak ada rap/hiphopnya.

    Waduh, jadi ngomongin LP nih. Pokoknya setuju deh dengan tulisan di atas. Saya juga suka baca buku-bukunya Adi W.Gunawan

  34. Benar Mas Arief, karenanya saya selalu berdoa, “Ya Alloh Yang Maha Benar, janganlah Engkau biarkan daku berfikir dan bertingkah laku menurut kemauanku sendiri. Engkaulah Yang Maha Mengetahui yang terbaik bagi hamba.Amien.” (komentar ini nyambung g ya? semoga!)

  35. Salah satu kebiasaan buruk saya yang susah hilang itu posting artikel sambil chatting ato browsing, jadi cuma keliatan sibuk di depan kompi tapi artikelnya gak jadi-jadi :puyeng:

  36. 10 hari pertama terasa berat, namun coba dan dicoba lagi…hingga hari ke 90…

    maka itu kenapa dalam kerjaan juga ada yg namanya 3 bulan masa percobaan…… dr situ bisa ketahuan apa dia mampu atau tidak….
    sippp mas arief :sip:

  37. Pingback: Mengatasi Kesulitan Update Artikel Blog | Catatan Motivasi Blogging Indonesia

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,745 bad guys.