Menguasai Keahlian Menulis Online Dalam Waktu Singkat

Oleh : Arief Maulana

Disadari atau tidak, saat ini kita tengah hidup di era informasi dimana semua akses informasi via online terbuka seluas-luasnya. Baik itu  yang diakses melalui komputer dekstop atau pun via mobile phone. Bersamaan dengan itu, terbuka juga peluang-peluang untuk mendapatkan penghasilan lewat jalur online, entah itu sebagai penulis artikel online, pemilik toko online, penulis blog review, publisher adsense, dan masih banyak lagi lainnya. Benang merah dari semua profesi tersebut adalah sama-sama membutuhkan keahlian menulis online.

Sedari awal dahulu saya merintis blog ini, yakni tahun 2008, sampai dengan sekarang, memiliki keahlian menulis online sangat berguna sekali. Baik itu untuk membuat sebuah artikel di blog pribadi, blog jualan bahkan di media sosial lainnya seperti Facebook, Instagram, dan Path. Media boleh berubah apa saja, namun keahlian yang dibutuhkan tetap sama yaitu keahlian menulis online.

Banyak yang bertanya kepada saya, bagaimana caranya bisa menulis online dengan mudah, lancar, bahkan tidak kehabisan ide. Andai saya bisa menjawab itu, mungkin sudah sejak dulu saya menerbitkan buku bagaimana cara menulis online atau membuat panduan cara menulis online. Sayangnya, kemampuan menulis yang saya miliki saat ini adalah buah dari latihan yang tak kunjung usai sejak awal menulis blog dulu.

Permasalahan ini akhirnya terjawab, manakala kawan saya Diar Seonubi merilis sebuah Kursus Menulis Online berbasis video tutorial. Inilah jawaban dari permasalahan Anda yang ingin belajar menulis online namun terkendala beberapa hal seperti :

  • Tidak menemukan panduan yang tepat untuk artikel atau tulisan online. Seringnya adalah panduan menulis untuk media massa cetak atau buku.
  • Tidak memiliki banyak waktu untuk berlatih.
  • Bermasalah dengan jarak untuk hadir dalam pelatihan yang diselenggarakan hanya di kota-kota besar saja.

Tidak tanggung-tanggung, Mas Diar menyediakan hingga 30 video tutorial yang bisa Anda lihat dan praktekkan untuk belajar menulis artikel online. Saya pribadi pun juga sudah ikut join di Kursus Menulis Artikel Online ini. Alasan saya sederhana saja, yaitu ingin mengasah lebih dalam lagi kemampuan menulis  online saya, khususnya di media sosial agar lebih mudah menciptakan tulisan yang sifatnya viral content.

Maka dari itu, saya sangat merekomendasikan untuk Anda yang benar-benar serius ingin mengais rupiah mau pun dollar dari internet, untuk mengikuti Kursus Menulis Artikel Online juga agar bisa menguasai keahlian menulis online dalam waktu singkat. Yang terpenting adalah segera mempraktekkan apa yang sudah diajarkan lewat video tutorialnya. Perkara nanti aplikasinya seperti apa, bisa Anda diskusikan dengan Mas Diar di grup support khususnya. Setidak-tidaknya Anda bisa menjual jasa penulisan artikel atau menjadi content writer.

>> DAFTAR KURSUS MENULIS ARTIKEL ONLINE <<

Semoga bermanfaat, saya tunggu karya-karya tulisan Anda bertebaran di jagat raya internet. Selamat belajar.

  1. Untuk “Cara menulis artikel” di atas ane, kemaren ane baru belajar sama mastah2 mereka bilang sebelum nulis mending ditulis dulu kerangkanya biar artikel kita nggak lari kemana2,,,, ane dah coba dan hasilnya efektif. coba aja, ane juga newbie,,, hehe

    • iya, saya juga diajarin seperti itu…bikin kerangka dulu, sama kaya pelajaran bahasa indonesia dulu apa ya…entahlah, tapi lumayan bisa bikin ide gak tiba-tiba kering pas nulis

  2. kalo ane sering terkendala sama artikel referensinya om… kadang di internet artikelnya gtu2 aja, kan sekarang mah banyak blogger2 yg pada caplok artikel org lain..

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,788 bad guys.