Oleh : Arief Maulana

Arief Maulana's Dream BookTidak terasa waktu berlalu begitu cepat. Sudah 1 bulan lebih berlalu sejak postingan saya tentang mimpi, yang juga sharing video motivasi tentang pencapaian mimpi oleh Mas Danang. Maka artikel ini sengaja saya tulis sebagai satu bentuk evaluasi terhadap diri kita masing-masing.

Saya yakin sebagian dari Anda ada yang langsung mempraktekkan (menuliskan 100 mimpi dan mulai berjuang mewujudkan itu semua). Namun jauh lebih banyak yang tidak mempraktekkannya. Alasannya banyak. Mulai dari tidak percaya dengan semua omong kosong mimpi tersebut sampai dengan rasa malu menuliskan mimpinya sendiri. Kata mereka lebih baik diingat.

Bagaimana dengan saya pribadi? Beberapa tahun yang lalu saya sebenarnya sudah mengenal konsep dream dan perjuangan mencapai mimpi-mimpi tersebut. Sayangnya satu kesalahan yang saya lakukan adalah tidak menuliskannya. Cuma diingat. Dan namanya manusia, yang diingat sangat terbatas. Maka sebatas itulah dream-dream saya terwujud. Sedikit sekali. Seandainya saya menuliskannya tentu akan lebih banyak lagi yang bisa saya wujudkan.

Untung video mas Danang tersebut mengingatkan saya kembali untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. Kali ini, saya tuliskan semua dream yang ingin saya wujudkan. Bahkan lebih dari 100. Tujuan saya cuma satu, mengukir sejarah perjuangan hidup saya dengan pencapaian mimpi satu demi satu. For inspiring many people. Saya tuliskan di sebuah agenda biru (liat gambar artikel ini). Biar bisa saya bawa kemana-mana dan kapanpun waktu saya senggang, bisa saya buka dan lihat dream-dream tersebut. Menjadi sebuah motivasi tersendiri untuk mewujudkannya.

Bagi yang belum mencoba, silahkan coba tuliskan 100 saja mimpi Anda selepas membaca artikel ini. Saya menantang keberanian Anda untuk menuliskan 100 mimpi tersebut. Kenapa perlu saya tantang? Karena tidak semua orang berani menuliskan mimpinya. Kalau semua orang langsung berani memimpikan kesuksesan, maka buku David J.D “Berpikir dan Berjiwa Besar” tidak akan laku, hehehe…

Buat Anda yang mencoba saya yakin, beberapa tidak sulit untuk menuliskan 100 mimpi dalam waktu yang singkat. Namun banyak yang ketika sampai di mimpi ke-20 atau ke-30 sudah berhenti. Why? Tidak tahu lagi apa yang mesti ditulis karena bingung. Kenapa bisa bingung, ini 2 alasan yang mungkin menghinggapi diri Anda :

Tidak Percaya Kekuatan Sebuah Mimpi. Ya, Anda masih saja tidak percaya bahwa kesuksesan diawali dengan sebuah mimpi. Buat Anda, mimpi hanya pantas dimiliki oleh anak kecil. Padahal kalau Anda baca sejarah para penemu peradaban besar manusia, selalu di awali dengan mimpi. Tidak semua mimpi sukses kita akan terwujud, tapi tidak pernah ada sebuah kesuksesan tanpa pernah kita memimpikannya terlebih dahulu.

Mimpi Harus Selalu Muluk-muluk. Ini yang sulit. Mendengar kata mimpi yang kebayang di benak kita pasti harus segala sesuatu yang indah dan muluk-muluk. Tidak demikian. Anda bisa mulai dari mimpi-mimpi yang sederhana. Kalau saya pribadi saya tuliskan semua, mulai dari yang sederhana hingga yang muluk-muluk.

Kenapa demikian? Karena biasanya pencapaian sebuah mimpi dimulai dari mimpi-mimpi yang sederhana. Bila yang sederhana kita sudah bisa mencapainya, maka kita akan lebih berani memperjuangkan yang lebih besar lagi. Saya perjuangkan yang sederhana dulu, baru yang lebih kompleks lagi.

Believe system setiap orang berbeda. Ada yang sejak awal memiliki believe system bagus, sehingga keyakinan dan optimisme akan usaha mewujudkan setiap mimpinya begitu tinggi. Namun, tidak sedikit yang believe systemnya kurang bagus. Selalu pesimis. Alam bawah sadar dan mentalnya tidak siap membayangkan kehidupan yang muluk-muluk. Ini bisa karena banyak faktor, salah satunya lingkungan tempat orang tersebut hidup dan dibesarkan.

Dengan adanya mimpi-mimpi yang sederhana hingga kompleks, akan sangat membantu membentuk mental sukses dan reprograming alam bawah sadar Anda agar bisa menuntun setiap aktivitas Anda hingga menjadi sukses. Hati-hati 88% kehidupan kita dikendalikan oleh alam bawah sadar.

Wow, ternyata bermimpi itu sulit yah? Iya, karena Anda selalu mengikutkan kalimat “Bagaimana cara saya mewujudkan itu semua?” atau “Ga mungkin saya bisa mewujudkan itu semua”. Kalau itu yang ada di pikiran Anda, maaf Anda seolah-olah secara tidak langsung menyatakan diri bahwa Anda tidak percaya kepada Tuhan. Kenapa? Hey, Tuhan punya segala kuasa untuk membuat yang tidak mungkin menjadi mungkin. Anda hanya perlu percaya, berusaha dan berdoa.

Seandainya dream Anda tidak menjadi kebaikan, kenapa kita tidak positif thinking saja kepadaNya. Mungkin Dia punya rencana yang lebih baik lagi untuk kita. Bukankah manusia hanya berhak berjuang semampunya saja, sementara final decision ada di tangan Tuhan. Dan bukankah dalam setiap doa yang Anda panjatkan selalu meminta yang terbaik bukan?

Ini 2 tips yangi saya dapatkan dari blognya Mas Danang agar lebih mudah dalam menuliskan 100 mimpi tersebut :

  1. Tulis saja 100 mimpi Anda, jangan banyak berpikir “BAGAIMANA MEWUJUDKANNYA”. Tuhan punya jalannya sendiri untuk menuntun Anda mewujudkan itu semua.
  2. Jangan mengurutkan atau mengelompokkan mimpi Anda. Misalnya mulai dari yang paling sederhana hingga yang sulit dicapai. Tuliskan saja secara acak dan random apa yang ada di benak Anda.

Nah pertanyaan berikutnya, bagaimana cara mewujudkan itu semua?

  1. Baca 100 mimpi Anda di dua waktu : sebelum tidur dan ketika bangun tidur. Itu akan membantu proses reprograming alam bawah sadar Anda. Dan selanjutnya alam bawah sadar akan bekerja otomatis tanpa Anda sadari. Percaya saja, karena saya sudah mengalaminya dan ini resep dari salah satu mentor sukses saya.
  2. Di sela-sela aktivitas Anda (waktu senggang), coba mulai berpikir perlahan mencari celah atau jalan untuk mencapai mimpi-mimpi Anda. Jika Anda tidak pernah menyempatkan diri untuk memikirkan hal ini, tidak akan pernah ada jalan sukses yang terhampar di hadapan Anda.
  3. Setelah menemukan secercah peluang atau jalan menuju sukses Anda, maka laksanakan segera. Action now. Jangan menundanya. Ibaratnya ketika jalan sudah ditunjukkan oleh Tuhan, maka segera lah berjalan mengikuti jalan sukses tersebut.
  4. Jangan lupa, panjatkan mimpi, doa, dan harapan Anda kepada Tuhan. Minta bantuannya agar Anda bisa mewujudkan mimpi-mimpi tersebut. Dan berilah ruang bagi Tuhan lewat keikhlasan Anda, untuk mengganti mimpi-mimpi Anda sekiranya Dia melihat mimpi tersebut kurang pas dan menggantikannya dengan yang lebih baik.

Sekarang… tinggal praktek bos. Jangan tunda lagi, segera praktekin yang ada di Videonya Mas Danang. Tulis dream Anda dan mulailah mewujudkannya. Kalau saya sudah memulainya (saya record di web www.JejakMimpiku.com), KAPAN ANDA AKAN MEMULAINYA?

Baca Juga Artikel Berikut :

Halah… Bermimpi Itu Mudah Kok! (Benarkah?) –  Danang A.P

Special Bonus dari saya :

Tadi sore kebetulan saya buka-buka file lama di laptop. Ternyata ketemu ada file materi motivasi yang pernah saya bawakan di Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa di salah satu jurusan di ITS. Nah, saya mo share untuk Anda semua. Bentuk file berupa power point.

>>> DOWNLOAD DISINI <<<

Untuk video yang ada di dalam power point, “Believe The Imposible” bisa Anda DOWNLOAD DISINI atau lihat langsung videonya di bawah. Jika mereka bisa mewujudkan semua dreamnya dan bermanfaat bagi orang lain, seharusnya kita yang lebih normal dan memiliki kondisi lebih baik bisa berbuat lebih banyak lagi.

Salam Sukses,
Photobucket
space

Mengapa Bermimpi Saja Sulit
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:         

76 thoughts on “Mengapa Bermimpi Saja Sulit

  • Membaca artikel ini mengingatkan saya pada posting Mas Arief di blog yang lama tentang menuliskan dream. Namun kali ini ada penekanan pada teknik penulisan dan pengaplikasiannya.

    Btw, tulisan ini juga mengingatkan saya pada tulisan Pak Tung Desem Waringin dalam bukunya Financial Revolution yang pada Bab Dua juga menganjurkan kita untuk menuliskan mimpi (harapan). Bahkan beliau juga menganjurkan untuk menuliskannya lebih spesifik dan sejelas-jelasnya.
    Izinkan saya mengutipnya di sini:
    …adalah sangat penting bahwa kita menentukan tujuan. tanpa tujuan, gerak kita sama sekali tanpa arah. Coba bayangkan Anda keluar dari rumah anda , lalu memberhentikan taksi yang lewat. Begitu anda naik taksi, Anda tentu akan ditanya oleh supir, “Ke mana?” Coba jawab dengan: “Terserah!”

    Ada beberapa kemungkinan. kemungkinan pertama, supir taksinya marah, dan Anda diminta turun. Kemungkinan kedua, supirnya kasihan melihat Anda, dan Anda diantarkan ke Rumah Sakit Jiwa. Kemungkinan ketiga, supirnya bertanya “Terserah saya?”, “Bapak/Ibu punya uang berapa?” Andaikan saja Anda mengatakan bahwa Anda punya uang Rp 100.000,- maka supir taksi tadi akan berputar-putar sampai argonya pas Rp 100.000,- lalu dia akan menghentikan taksinya. Ada dua kemungkinan tempat berhentinya: pertama, kita dikembalikan ke rumah kita, atau dia akan berhenti di sembarang tempat, yang bisa 98% dipastikan bahwa tempat itu tidak Anda suka.

    Itulah sekelumit ilustrasi yang diberikan Pak Tung tentang bagaimana pentingnya menentukan secara spesifik tujuan hidup (dream) kita.

    Semoga, kita semua (harus) bisa melaksanakan anjuran Mas Arief di artikelnya kali ini. Terimakasih Mas!

    Salam Istiemwa!

    1. @Umar Puja Kesuma, S.Pd., Thanx for comment and quote nya dari buku Financial Revolutionnya Pak Tung D.W

      Emang nge-dream itu agak susah. Makin dewasa makin susah. Soale makin banyak tahu makin banyak mental block yang terbentuk.

      Ayo sama2 berlomba make dream come true…

    2. @Umar Puja Kesuma, S.Pd., :ngakak::ngakak: jadi inget pengalaman waktu sekolah dulu, mau naik bajaj, tapi lupa mau kemana, cm bilang bang antar ke rumah saya…..:melet::melet:

  • waktu pertama kali mas arief,mempostingkan tentang mimpi saya sudah mempraktekkannya tapi baru 25 saja dan hanya sebatas di selembaran kertas.alhamdulillah sudah 2 masuk 3 mimpi saya yang sudah tercapai.betul mas,setelah angka 25 saya mentok harus apalagi yang saya tulis dan kebetulan sekali mas arief mau melengkapi ulasan tentang bagaimana cara menuliskan 100 mimpi,jadi deh saya dapat ide.
    jazakaallah khair…..:puyeng:

    1. @sari, yah. Ini hasil penelusuran semua artikel yg pernah ditulis Mas Danang mbak. Kebetulan ada 1 artikel yg membahas soal mudahnya bermimpi.

      Saya sharingkan lagi disini dengan bahasa saya sendiri… :hihi:

  • benar mas kadang sangat sulit mengemukakan mimpi kita kedalam sebuah tulisan, ini sama sewktu saya di minta menuliskan 10 klebihan dan kekurngan saya. saya perlu berjam-jam untuk me list nya, oh ya mas arief, say daftar adf.ly kok gak dapat 5 $ bonusnya ?

    1. @mjumani, insya Allah ada mas. Coba dicek lagi dan diikuti screen shot yang sy berikan di ebook “The Simple Affiliate Marketing”

      Untuk penarikan dana, minimal $20 dengan media Paypal

      :baca:

  • :sip::sip::sip::sip: Hidup MImpi…mari kita bermimpi…tapi jangan lupa…setelah mimpi inget take action ya!!!! Makasi mas…beruntung saya punya sobat-sobat dan mentor-mentor tangguh + keren seperti mas arief, pak Joko Susilo, Mas Hengky, pokoke semuanya… Kalian adalah inspirasi saya…:hore::nyembah:

    1. @Alfred | 9 cara berpikir orang kaya, wah action sih memang wajib mas. Jangan sampe jadi pemimpi di siang bolong doang.

    1. @rudy azhar, ini alasan kenapa harus 100 mimpi. Dan ini diajarkan oleh mentor bisnis saya dulu (sudah sukses).

      Dream yang benar-benar akan terwujud (entah besar / kecil) adalah dream yang mengusik sisi emosional kita.

      Nah, kecenderungannya adalah kita tidak tahu mana dream yang bener2 dream kita dan akan kita perjuangkan. Dan mana yang hanya sebatas dream semu (cuma sekedar ingin).

      Dengan menuliskan 100 dream dan sering membacanya, akan ada proses seleksi secara tidak langsung hingga kita bener-bener mana real dream yang akan membuat hidup kita bahagia.

      Disamping itu ada ungkapan :
      Tidak semua mimpi sukses kita akan menjadi kenyataan. Namun tidak ada sebuah kesuksesan yang tidak diawali dari sebuah mimpi.

      Nah, kalau stok mimpi kita sedikit. Maka yang terealiasi akan jauh lebih sedikit dari yang kita tuliskan mas.

      Lha mimpi kan gratis mo sebanyak-banyaknya juga gpp. Gratis toh.

      Kalau sama-sama gratisnya :
      yg dreamnya dikit => terwujud sedikit.
      yg dreamnya banyak => terwujud banyak

      Pilih mana, hehehe…

      Jawaban ini terinspirasi dari buku “Berpikir dan Berjiwa Besar – David J. Schwartz”

  • Mas…itu gambar diatas, buku record 100dreamnya mas Arief ya…wah banyak juga yah..he..he..he..

    Btw, kalo mimpi saya bisa lebih dari 100 mas…apalagi klo ditambah mimpi yang negatif…ha..ha..ha..:hehe:

    1. @Handoko Tantra, lah sama mas. Dreamku yo lebih dari 100. Bahkan ini mo nambah lagi. Lha wong bermimpi itu gratis… hahaha…

  • Saya sudah menulikan mimpi saya, tidak sampai 100 biji. Saya akan membuatnya lebih interaktif, yaitu dengan memberi tag. Misalnya ‘sudah tercapai’, ‘dalam progres’, atau ‘belum ada action’ dan lain-lain. Selain itu saya akan membuatnya progresif. Ada mimpi yang belum terbetik saat ini mungkin akan muncul di masa yang akan datang.
    Bagi saya target 100 hanya motivasi. Yang prinsip adalah menuliskannya dan berusaha mewujudkannya.
    Atau Mas Arief punya pendapat lain dengan angka 100 ?

    1. @Bang Dje, betul mas. Menuliskannya dan mengejarnya.

      Saya kebetulan adalah seorang pemimpi yang suka bermimpi. Namun juga selalu mencari jalan untuk merealisasikan itu semua.

      Mimpi kan gratis Bang Dje. Jadi banyak juga gpp. Entah kenapa kebanyakan para motivator rata2 kalau nyuruh nulis mimpi mesti 100.

      Mungkin ada misteri. Kalau saya udah lebih dari 100. Mungkin juga alasannya seperti yang saya tulis untuk menanggapi komen mas Rudy Azhar di atas.

  • ikut bang Dje…..kenapa harus seratus yah……bagi sebagian orang mungkin too many, sehingga target yang terlalu jaun membuatnya menjadi susah dicapai….

    1. @bunda, oh ya, kenapa mesti 100. Itu karena saya suka bermimpi (and action juga loh). Bisa baca ulasan singkat menjawab pertanyaan mas Rudy Azhar di atas.

  • Subhnallah Mas….begitu indahnya hidup ini kalah semua mimpi kita tercapai, namun saya sedikit kepingin menambahkan buat dan tulislah semua mimpi anda disaat anda tenang, enjoy lagi santai karena sering orang tidak bisa menulis kan semua mimpi-mimpi nya karena otak atau pikiran terlampau dipaksakan untuk bisa sehingga yang datang bukan mimpi tapi sakit kepala…he…he

    1. @Mendaftarkan Blog Di Google AdSense, berani bermimpi dulu yang penting. Kalau mimpi sukses aja ngga berani gimana mau sukses.

      Setelah mimpi punya, visualiasikan (reprograming alam bawah sadar). Setelah itu luangkan waktu untuk mencari jalan.

      Imposible is nothing if we believe. Because miracle happen to people who believe it.

  • woh…

    kayak pakar mimpi aja disuruh tulis 100 mimpi di buku ato catatan…
    :baca::baca:

    saya salut mas…
    :hehe::hehe:

    well, saya coba dulu deh catet 100 mimpi. moga lancar catet
    :hehe::hehe:

    1. @Dimas, ye… dikasih gratis minta yg aneh2. Lha kalo aku bawain materi training kan pake PPT bukan PDF. Hahaha…

  • :sip::sip: Halo mas Arief…saya komen lagi…wkwkwkwkw 1 hari 2x:yoyo: baru ingat…kemarin saya sempat bermimpi dapat 3 orang member dynasis baru…eh hari ni langsung dapat 3 orang pas seperti mimpi saya:guayarek: wkwkwkw… salam hormat mas…lanjutkan skripsinya…saya juga:hore:

  • Wah, besar juga impiannya mas..:sip:..Teori menulis/menggambar impian sudah pernah saya praktekan, pernah ya saya cerita pas komentar terdahulu disini. Tapi cuma 1 impian besar yang sekarang masih terus dikejar…Meskipun kertasnya udah ilang, tapi proses meraih impian sepertinya sudah dijalan yang benar..

    semoga…

  • Ketika postingan sebelumnya sudah saya praktekan Mas… tapi belum mencapai seratus baru 50%…. nyari 50% lagi belum nemu2. Malah saya lupain. Membaca ini jadi tambah semangat untuk mewujudkan mimpi2 itu….

    Salam sukses selalu

    Winarno

    1. @Winarno, coba dibaca langsung artikelnya mas danang di blognya mas. Insya Allah menuliskan 100 dream jadi lebih mudah.

      1. @arief maulana, Seiring terbenam
        mentari di akhir Sya’ban tibalah kini bulan
        Ramadhan Pesan ini sebagai
        ganti jabat tangan tuk
        memohonkan maaf dari
        kekhilafan Marhaban
        yaa Ramadhan. Mohon maaf lahir dan bathin:plis:

  • benar mas mimpi harus dituliskan, bahkan kalau saya cenderung buat album yang saya beri nama dream book, walapun tidak seratus mimpi, tetapi saya senang membuat mimpi-mimpiku ada di album, and sorry mas koreksi sedikit yaa…? kalau saya gak salah baca kemampuan bawah sadar kita 88% dan alam sadar kita 12 %, kalau saya baca lebih lanjut perbandingan energi otak dan perasaan kita 1 banding 5000, atau perasaan kita bila kita ukur dengan suatu alat energinya 5000 kali lebih besar dari otak kita, gitu mas sorry yaaa…

    1. @Barkah, beraneka ragam cara orang memvisualisasikan dreamnya. Kalau saya selain ditulis biasa, pake papan visi juga mas.

      Btw thanx masukan and koreksinya. And bout perasaan, emang bener jauh lebih kuat mas. Ini diungkap jelas di Quantum Ikhlas and pernah saya bahas di artikel terdahulu, kekuatan positive feeling.

    1. @mashengky.com, tenang mas. Saya kebanyakan mimpi juga dibarengi dengan action kok.

      Cuma kan mesti ada prioritas mimpi mana yg mesti diwujudin dulu. Hehehe… :hihi:

  • terimakasih mas arief, anda dan pak joko telah banyak menginspirasi saya. Dan berkat mas arief pula saya sudah bikin 1 ebook, yah meski cuma bikin manual dan sangat-sangat sederhana (tidak tahu apakah sudah pantas di sebut ebook) namun saya yakin itu langkah awal yang baik buat saya terjun ke bisnis online. saya tertaik untuk beli smou tapi nanti dulu, bukan maksud menunda tapi untuk lebih siapnya,mas ! karena beberapa wktu lalu sudah terlanjur beli SMS dan ternyata saya masih belum siap jadi cari ilmu terus insyaAllah ntar belinya lewat mas arief aja he2 smoga ada rejeki saya!

  • makasih mas sudah mau berkunjung ke blog aku ! benar mas kelemahannya itu, jadi harus di ingatkan dulu ! dan terimakasih atas inspirasinya karena berkat mas arief dan mas joko saya bisa bekajar sedikit2 tantang usaha online, dan saya sudah bikin satu ebook lho mas judulnya trik mendulang uang dari link, meski sangat sederhana (gak tahu apa sudah bisa disebut ebook)dan jangan marah ya mas, karena formatnya mungkin agak mirip2 puny mas. Bedanya pekerjaan saya manual semua. ntar saya mau belu smuonya mas joko, lewat mas arief insya ALLah soalnya sudah terlanjur beli sms beberapa bulan yang lalu ( saya faham belum siap) jadi masih terus nimba ilmu doakan saya biar banyak rejekinya jadi bisa cepat beli he2 skali lagi trimakasih mas.

    1. @mjumani, ngga apa-apa mas. Santai aja. Trims kalau udah percaya and mau membeli lewat link saya.

      Btw kalau memang mau serius bikin ebook / bisnis informasi yang profesional, mendingan belajar dari Mas Lutvi Mas lewat panduan jual produknya.

      Selain harga lebih murah, isi panduan lebih teknis sehingga lebih bisa diikuti.

      Disamping itu ada komisi 100% untuk setiap referal yang membeli lewat link kita.

  • mas, kadang kita bermimpi sulit…ketika saya pernah bermimpi buruk (kadang juga mimpi itu suka terulang) gimana ya…
    Pengennya mimpi yang enak-enak..hehehe

  • Berada dalam komunitas orang-orang yang peduli akan masa depan diri dan lingkunganya adalah salah satu kebanggan. Apalagi saya sedang memperjuangkan salah satu impian besar saya. Seperti yang di rekomendasikan Robert Kiyosaki dalam bukunya yang sangat terkenal.
    Sukses buat buang AM dan bung-bung lainnya yang terus memotivasi saya dalam melakukan banyak hal.

  • Jadi teringat waktu mengikuti seminar AMT (Achievement Motivation Training) yang diadakan Depperindag Jateng dua tahun silam. Disuruh nulisin ratusan impian dari yang konyol-konyol sampe yang serius. Ternyata susah juga yah nulisnya apalagi realitanya he.. he..

    1. @bapakechilpii, kalau kita mau sebenernya bisa pak mewujudkan dream itu. Cuma kadang pikiran kita keburu berpikir yg ngga2.

      Oh ya… salah satu dream saya juga mengadakan AMT lho pak. Arief Maulana Training… hehehe

  • Mimpi adalah sebuah reaksi lama bawah sadar yang terbentuk dari apa yang kita inginkan, jadi menurut saya mas [mohon maaf ya bila kurang pas, pengalaman pribadi soalnya]mimpi adalah sebuah refleksi alam bawah sadar kita, saya pernah dapat motivasi ketika training “gantungkan mimpi dan cita citamu di langit langit rumahmu, sehingga tiap hari akan engkau lihat dan niatkan untuk merealisasikan di mulai dari alam bawah sadarmu dan engkau tidak akan kejauhan menggapainya di bandinh jika engkau ganting mimpi dan cita citamu stinggi bintang, capai satu satu dan mulai kejar mumpimu yang lain, terimakasih mas atas motivasi yang bermanfaat ini, oh ya mas Ramadhan telah tiba mohon di maafkan segala salah dan khilaf BBM, sengaja atau tidak, salam sukses selalu, marhaban ya ramadhan

  • Selamat pagi, lam kenal sebelumnya dari Blogger Borneo yang merupakan salah peserta dari ribuan peserta Kontes SEO Stop Dreaming Start Action. Salam sukses dan terus action karena waktu masih menyisakan beberapa minggu lagi. Thanks…

  • kalau bermimpi indah itu memang jarang-jarang sekali kit rasakan dalam tidur kita, namun itu khan dalam alam bawah sadar kita, bagaimana kalau kita memang jelas-jelas sadar dan ingin memimpikan yang terindah bagi hidup kita, itulah sebenarnya makna hidup yang sesungguhnya agar kita bisa bermimpi indah dalam hidup dan mendapatkannya / terwujud dalam hidup ini….nyomot istilah lagu bule yang dulu kesohor…”teach me how to dream”

  • saya selalu bermimpi besar, untuk menjadi orang sukses, tapi kadang langkah dan hati kita berlawanan, bagaimana agar kita bisa menyikapinya? mna yg harus kita dahulukan, thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,429 bad guys.