Memulai bisnis dengan sederhana

Memulai Bisnis Dengan Sederhana

Oleh : Arief Maulana

Anda pernah punya pemikiran untuk memiliki bisnis sendiri? Tentu saja saya yakin pernah, meski hanya selintas. Apalagi tidak sedikit pelaku bisnis yang mengatakan bahwa satu-satunya jalan untuk mendapatkan penghasilan tanpa batas, dengan waktu kerja yang bebas dan tidak terikat. Wew, terdengar menyenangkan bukan. Tapi pertanyaannya, sudah sejauh apa Anda melangkah untuk memulai bisnis Anda sendiri?

Seringkali yang menghambat kita untuk memulai bisnis seringkali lebih pada masalah mental atau pikiran. Kita kerap membayangkan bahwa sebuah bisnis itu harus besar dan harus langsung sukses. Belum lagi support systemnya. Tim marketing dan masih banyak lagi hal-hal kompleks yang menghantui, bahkan sebelum kita melangkah sama sekali.

Tahukah Anda, sebuah bisnis besar selalu dimulai dari sebuah bisnis kecil yang kemudian dikembangkan hingga berkembang dan menjadi besar. Mulai dari omzet yang kecil hingga perlahan omzetnya membesar. Dan seringkali sebuah bisnis besar, dimulai dari sebuah ide sederhana dan mengeksekusi ide tersebut dengan hal-hal yang kita ketahui. Ya, sesederhana itu, mulailah dari hal-hal yang Anda ketahui.

Bisnis Apa Yang Cocok Untuk Saya ?

Ini tentu menjadi pertanyaan selanjutnya. Btw, Anda punya suatu hobi? Hobi yang membuat Anda suka lupa waktu ketika asik melakukannya. Kenapa tidak mencoba memulainya dari sana. Temukan peluang-peluang membisniskan hobi Anda. Atau, Anda juga bisa mencoba membisniskan hal-hal yang masih ada kaitannya dengan produk Anda.

Tapi Saya Tidak Tahu Bagaimana Memulainya ?

Memulai Bisnis Dengan Sederhana
Memulai Bisnis Dengan Sederhana

Ada 3 hal utama yang ada dalam sebuah bisnis : produk, toko / tempat jualan, marketing / pemasaran.

Produk? Well, hobi yang Anda bisnis kan  atau turunan dari hobi Anda bisa menjadi produk untuk bisnis kecil Anda.

Toko atau tempat jualan? Kalau bisnis Anda masih kecil, mungkin Anda akan berpikir 2 bahkan 10 kali untuk membuka toko. Kenapa tidak mencoba untuk membuka toko onlineBukan kah saat ini tengah marak toko-toko online bertebaran di dunia maya.

Bagaimana bila Anda tidak bisa membuat toko online? Hmmm… Anda pernah bermain facebook atau social media lainnya? Itu saja sudah cukup untuk membuat toko online yang sederhana dan memulai bisnis Anda. Ingat, kita mencoba berpikir sederhana disini. Mencoba menjual sesuatu dengan sederhana. Bila nantinya bisnis Anda terpaksa menjadi besar, itu resiko hahaha… Lihatlah bagaimana kawan saya membangun bisnisnya melalui Facebook dan mendapatkan pelanggan dengan metode riset Facebook yang akurat dan teruji.

Pemasaran? Inti dari pemasaran adaah promosi. Bagaimana mempromosikan bisnis Anda. Baik itu online, offline. Anda bisa melalukan cara apa saja, asal bukan spam atau promosi tidak pada tempatnya yang pada akhirnya malah mengganggu.

Personal Branding!

Ini yang tidak kalah pentingnya. Bangun personal branding Anda. Tidak ada orang yang mau membeli dari seorang penipu. Mereka tentu ingin penjual yang bisa dipercaya. Penjual yang punya kredibilitas. Bagaimana mereka bisa tahu itu? Personal branding jawabannya. Jangan pernah lupa untuk mempromosikan pribadi Anda secara tidak langsung. Bisa lewat blog, FB notes, sosial media atau aktif di sebuah forum misalnya.

Itu saja sedikit sharing dari saya pagi ini. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan semua. Have nice day!

  1. permasalahan yang sering dialami ketika menjalankan bisnis konvensional adalah tidak ada dukungan menyeluruh (Total Support), termasuk dukungan dalam memberi motivasi untuk bangkit kembali ketika gagal..

    Ini pentingnya ikut dalam komunitas yang bergerak dalam bidang yang sama. Saling menguatkan, saling mensupport satu sama lain.

  2. Oh personal branding penting juga, tapi klo saya perhatikan di bisnis online jarang banget yang membranding namanya, tapi yang dibranding nama toko atau produknya itu bagaimana?

    Branding nama toko / produknya, itu sama pentingnya dengan membranding nama pemilik tokonya. Miliki satu akun personal dimana Anda bisa membangun image sebagai penjual. Lewat akun personal pun, bukan tidak mungkin melakukan promosi untuk produk2 Anda. Apalagi kalau kontak rekan2 Anda sudah percaya pada Anda.


    Toko Obat Herbal recently posted..Xamthone Plus Jus Kulit ManggisMy Profile

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 473,212 bad guys.