Jangan Sembarangan Ikut Pelatihan

Kursus Internet Marketing Online Gratis, Kursus Internet Marketing Online, Kursus Internet Marketing Online Murah, Kursus Bisnis Online Gratis, Pelatihan Bisnis Online Gratis, Kursus Digital Marketing, Kursus Digital Marketing Murah, Pelatihan Digital Marketing, Seminar Bisnis Online, Seminar Tentang Bisnis Online

Kursus Internet Marketing Online Gratis, Kursus Internet Marketing Online, Kursus Internet Marketing Online Murah, Kursus Bisnis Online Gratis (Pic Source: apps-for-learning,com)

Di era informasi seperti saat ini, ada banyak sekali info-info bertebaran di media sosial yang kita gunakan maupun di hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Salah satu informasi yang kerap ikut meramaikan jagad online adalah pelatihan, workshop, seminar, kelas online, dan sejenisnya, yang bertemakan make money online alias bagaimana caranya mendapatkan uang dari internet.

Cukup menggiurkan karena biasanya dibumbui dengan berbagia testimoni keberhasilan, bukti pencapaian trainernya dalam menghasilkan sejumlah besar uang dari internet, hingga materi-materi yang kayanya kalau dibaca menimbulkan sensasi, “Gue banget ituh. Gue butuh materinya!”. Akhirnya, kita pun kepincut untuk ikutan DAFTAR!

Selang waktu berlalu, tiba waktunya workshop, seminar, kelas online itu. Kita mengikutinya dengan semangat. Keluar dari kelas, membawa semangat baru, “Saya pasti berhasil praktek ini.”

Ngga butuh waktu lama, kurang dari 2 minggu, di beranda media sosial kita muncul lagi penawaran atau promosi serupa. Dengan bahasan dan tema yang lebih menggiurkan lagi. Tentu saja, tidak lupa dengan testimoni bukti keberhasilan dan endebray endbray lainnya. JEBRET!!! Kita pun mendaftar lagi.

Begitu seterusnya siklus ini berulang. Ada yang mengalami hal yang sama? 

Akhirnya kita pun menjadi “PEMBELAJAR SEJATI”. Sukanya belajar, tapi TIDAK SUKA PRAKTEK. Bagaimana mau praktek, jika fokus yang mau dipraktekkan saja tidak ada. Dalam bahasa yang lebih canggih, overload information alias kelebihan informasi.

Maka timbul sebuah pertanyaan, “Bagaimana cara, kiat, tips agar pelatihan, seminar, kelas online yang kita pilih untuk diikuti dan dipraktekkan bisa memberikan dampak maksimal untuk bisnis online kita?”

Jawabannya adalah, PILIH YANG MEMANG KITA BUTUHKAN.

Untuk mengetahui apa yang kita butuhkan, maka terlebih kita mesti punya goal atau tujuan yang jelas dulu. Maunya apa dan bagaimana? Setelah tujuan akhirnya jelas, baru kemudian dipaparkan lebih detail lagi apa saja rangkaian kegiatan yang terlibat di dalamnya.

Langkah selanjutnya. Dari rangkaian kegiatan tersebut, keahlian apa yang kita butuhkan? Untuk memenuhi ini bisa dengan dua cara:

  1. Mempekerjakan orang yang memiliki keahlian tersebut.
  2. Kita belajar sendiri keahlian tersebut.

Kalau Anda adalah tipe kedua, barulah kemudian mencari pelatihan, seminar, kelas online, yang menyediakan ilmu yang sekiranya Anda butuhkan. Pelajari dengan baik, sisanya PRAKTEK, PRAKTEK, dan PRAKTEK. BP3, belajar – praktek – praktek – praktek. Jangan dibalik.

Jika sudah begini maka Anda akan menjadi sangat fokus dan tidak lagi asal sembarangan ikut pelatihan. Andaikata ada penawaran bagus, namun tidak dibutuhkan dalam pengembangan bisnis online Anda, maka abaikan saja. Buat apa? Hanya membuang uang dan waktu.

Dan sebagai catatan akhir, tips ini bisa Anda praktekkan tidak hanya pada tema jualan online atau internet marketing, namun juga untuk pelatihan bertema hal-hal lainnya.

Itu saja sharing dari saya, semoga bermanfaat.

Salam,
Arief Maulana
Trainer Internet Marketing
Rektor Riset – Universitas Riset Online

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 472,278 bad guys.