Oleh : Arief Maulana

Kepercayaan Dalam Bisnis

Banyak hal yang membuat bisnis internet atau bisnis online tidak bisa langsung membuahkan hasil. Terutama untuk temen-temen yang baru memulai. Salah satunya adalah kepercayaan. Walaupun trend ke arah e-commerce business kian membaik tetap saja jumlah yang tidak baik masih terlalu banyak. Ini jelas mempengaruhi kepercayaan para calon customer. Semacam ada keraguan untuk melakukan transaksi online apapun itu bentuknya.

Membangun kepercayaan memang gampang-gampang susah. Gampang karena caranya sederhana, susah karena biasanya tidak bisa langsung instan. Tapi kalau kepercayaan sudah dipegang, Insya Allah ke depan lebih mudah.

Sebagai contoh : katakanlah ada 2 orang menjual produk serupa. Tentu yang kita pilih adalah orang yang kita percaya, betul? Sama juga kenapa saya memilih Kunci Host untuk hosting web ini, tidak lain karena saya percaya kepada founder dan tim support yang bergerak di belakangnya. Maka pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana menumbuhkan kepercayaan di mata konsumen Indonesia, khususnya untuk kita yang bergerak di bisnis internet?  

Desain & Fitur Website Yang Profesional

“Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda.”, masih ingat dengan slogan itu? Itulah yang terjadi. Meski produk Anda bagusnya kaya apa, kalau websitenya tampilannya tidak profesional sama sekali, atau fitur-fitur webnya kurang mendukung maka sejak awal orang datang ke web kita pasti udah ilfil duluan. Makanya ada yang bilang investasi sedikit untuk memperbaiki tampilan desain web kita tidak masalah. Kalau mau berhemat, ya belajarlah utak atik desain web.

Layanan / Support Yang Ramah Dan Mudah Dihubungi

Manusia pada dasarnya suka dilayani dan diperhatikan. Itulah salah satu alasan ada bagian customer service ataupun bagian teknis yang memberikan layanan atau support yang dibutuhkan. Berikan konsumen Anda pelayanan mulai dari pra penjualan hingga pasca penjualan. Ramah lah dan berikan kenyamanan hingga mereka senang dengan Anda. Setidaknya walaupun tidak membeli saat ini, ketika ada orang bertanya soal produk yang kebetulan Anda jual, maka mereka tidak ragu mereferensikannya ke website Anda.

Selain itu, jadikan diri Anda mudah dihubungi. Syukur-syukur Anda sudah bekerja dalam tim dan ada bagian yang menerima calling, sms, atau email. Kalaupun Anda masih bekerja sendiri ya silahkan diatur aja hingga tidak mengganggu pekerjaan Anda. Yang penting jangan sampai Anda pasang data kontak (SMS atau email) tapi tidak pernah membalas. Sia-sia saja.

Membuka Diri dan Tidak Menutup-nutupi Identitas

Para konsumen Anda tentu ingin mengenal siapa manusia di balik bisnis atau produk yang mereka akan beli. Oleh karena itu, Anda perlu membuka diri. Biarkan mereka mengenal siapa Anda. Kalau perlu, jika memang ada waktu ketika konsumen di kota Anda mengajak bertemu Anda siap. Sesekali adakan gathering juga tidak apa-apa. Share foto aktivitas Anda atau tim bisnis Anda juga baik. Intinya, show off hehehe… Malah kata Romy Satria Wahono, di dunia maya menjadi narsis itu bagian yang sangat penting.

Bangun Personal Branding dengan Blog

Anda mungkin saat ini memiliki official website. Tapi tidak ada salahnya Anda membangun satu lagi website berbasis blog. Anda bisa share dan membangun ‘pesona’ disana. Tunjukan bahwa Anda cukup kompeten di bidang yang ada hubungannya dengan bisnis Anda. Jikalah posisi Anda adalah sebagai founder yang bekerja dengan staf ahli dan tidak mengerti banyak soal teknis, maka banyak berceritalah pengalaman hidup atau aktivitas yang sesekali menyenggol produk Anda. Bisa juga toh, Anda sharing masalah leadership dan team work. Bikin konsumen Anda percaya.

Sampai saat ini, blog masih cukup efektif untuk membangun personal branding. Apalagi kalau Anda support dengan social media site yang lain, social networking site misalnya. Hasilnya tentu lebih baik lagi. Lagipula, siapa sih yang hari ini masih belum bisa ngeblog? Kemana aja gitu. Blog berbayar ada, gratisan pun ada. Kalaupun masih ada yang belum bisa ngeblog, coba belajar lewat Café Bisnis. Oh ya silahkan baca juga “Blogging for Branding“.

Itu 4 point yang bisa Anda coba praktekkan. Khusus untuk Bisnis Online Store, topik serupa juga saya kupas. Malah point-pointnya jauh lebih banyak dan lebih mendetail. Bagi yang mau tau, silahkan tunggu E-Magazine “CafeZine” Edisi Toko Online bulan September. Gratis. Buat yang belum pernah, silahkan download CafeZine edisi sebelumnya DISINI! Beberapa tulisan saya dimuat disana.

Semoga yang sedikit dan sederhana ini bermanfaat untuk Anda semua.

Salam Sukses,
arief maulana
space

Membangun Kepercayaan Dalam Bisnis Internet
Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Youtube
Contact us
Tagged on:             

80 thoughts on “Membangun Kepercayaan Dalam Bisnis Internet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 470,560 bad guys.