Membangun Kepercayaan Dalam Bisnis Internet

Oleh : Arief Maulana

Kepercayaan Dalam Bisnis

Banyak hal yang membuat bisnis internet atau bisnis online tidak bisa langsung membuahkan hasil. Terutama untuk temen-temen yang baru memulai. Salah satunya adalah kepercayaan. Walaupun trend ke arah e-commerce business kian membaik tetap saja jumlah yang tidak baik masih terlalu banyak. Ini jelas mempengaruhi kepercayaan para calon customer. Semacam ada keraguan untuk melakukan transaksi online apapun itu bentuknya.

Membangun kepercayaan memang gampang-gampang susah. Gampang karena caranya sederhana, susah karena biasanya tidak bisa langsung instan. Tapi kalau kepercayaan sudah dipegang, Insya Allah ke depan lebih mudah.

Sebagai contoh : katakanlah ada 2 orang menjual produk serupa. Tentu yang kita pilih adalah orang yang kita percaya, betul? Sama juga kenapa saya memilih Kunci Host untuk hosting web ini, tidak lain karena saya percaya kepada founder dan tim support yang bergerak di belakangnya. Maka pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana menumbuhkan kepercayaan di mata konsumen Indonesia, khususnya untuk kita yang bergerak di bisnis internet?  

Desain & Fitur Website Yang Profesional

“Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda.”, masih ingat dengan slogan itu? Itulah yang terjadi. Meski produk Anda bagusnya kaya apa, kalau websitenya tampilannya tidak profesional sama sekali, atau fitur-fitur webnya kurang mendukung maka sejak awal orang datang ke web kita pasti udah ilfil duluan. Makanya ada yang bilang investasi sedikit untuk memperbaiki tampilan desain web kita tidak masalah. Kalau mau berhemat, ya belajarlah utak atik desain web.

Layanan / Support Yang Ramah Dan Mudah Dihubungi

Manusia pada dasarnya suka dilayani dan diperhatikan. Itulah salah satu alasan ada bagian customer service ataupun bagian teknis yang memberikan layanan atau support yang dibutuhkan. Berikan konsumen Anda pelayanan mulai dari pra penjualan hingga pasca penjualan. Ramah lah dan berikan kenyamanan hingga mereka senang dengan Anda. Setidaknya walaupun tidak membeli saat ini, ketika ada orang bertanya soal produk yang kebetulan Anda jual, maka mereka tidak ragu mereferensikannya ke website Anda.

Selain itu, jadikan diri Anda mudah dihubungi. Syukur-syukur Anda sudah bekerja dalam tim dan ada bagian yang menerima calling, sms, atau email. Kalaupun Anda masih bekerja sendiri ya silahkan diatur aja hingga tidak mengganggu pekerjaan Anda. Yang penting jangan sampai Anda pasang data kontak (SMS atau email) tapi tidak pernah membalas. Sia-sia saja.

Membuka Diri dan Tidak Menutup-nutupi Identitas

Para konsumen Anda tentu ingin mengenal siapa manusia di balik bisnis atau produk yang mereka akan beli. Oleh karena itu, Anda perlu membuka diri. Biarkan mereka mengenal siapa Anda. Kalau perlu, jika memang ada waktu ketika konsumen di kota Anda mengajak bertemu Anda siap. Sesekali adakan gathering juga tidak apa-apa. Share foto aktivitas Anda atau tim bisnis Anda juga baik. Intinya, show off hehehe… Malah kata Romy Satria Wahono, di dunia maya menjadi narsis itu bagian yang sangat penting.

Bangun Personal Branding dengan Blog

Anda mungkin saat ini memiliki official website. Tapi tidak ada salahnya Anda membangun satu lagi website berbasis blog. Anda bisa share dan membangun ‘pesona’ disana. Tunjukan bahwa Anda cukup kompeten di bidang yang ada hubungannya dengan bisnis Anda. Jikalah posisi Anda adalah sebagai founder yang bekerja dengan staf ahli dan tidak mengerti banyak soal teknis, maka banyak berceritalah pengalaman hidup atau aktivitas yang sesekali menyenggol produk Anda. Bisa juga toh, Anda sharing masalah leadership dan team work. Bikin konsumen Anda percaya.

Sampai saat ini, blog masih cukup efektif untuk membangun personal branding. Apalagi kalau Anda support dengan social media site yang lain, social networking site misalnya. Hasilnya tentu lebih baik lagi. Lagipula, siapa sih yang hari ini masih belum bisa ngeblog? Kemana aja gitu. Blog berbayar ada, gratisan pun ada. Kalaupun masih ada yang belum bisa ngeblog, coba belajar lewat Café Bisnis. Oh ya silahkan baca juga “Blogging for Branding“.

Itu 4 point yang bisa Anda coba praktekkan. Khusus untuk Bisnis Online Store, topik serupa juga saya kupas. Malah point-pointnya jauh lebih banyak dan lebih mendetail. Bagi yang mau tau, silahkan tunggu E-Magazine “CafeZine” Edisi Toko Online bulan September. Gratis. Buat yang belum pernah, silahkan download CafeZine edisi sebelumnya DISINI! Beberapa tulisan saya dimuat disana.

Semoga yang sedikit dan sederhana ini bermanfaat untuk Anda semua.

Salam Sukses,
arief maulana
space

  1. mantep nih…pertamax gak ya…

    mas mo tanya…rada gak nyambung sama topik sih…

    ada tips supaya bisa tetep update dikala kesibukan gak ? (bukan sok sibuk loh ya mas :p):hihi:

  2. mantap mas.. saya juga kemarin ngobrol sama bapak saya bahas tentang trust di bisnis internet.. dan membahas tentang kuncihost hehehe…

    memang trust itu dibutuhkan dalam bisnis internet yang kita tidak bisa bertemu langsung dengan pembelinya…

    contoh lain yang saya baca dibuku membangun kerajaan bisnis lewat kaskus 1 testimonial bisa membuat member kaskus yang melihat “scam gak yah ?”

    hehehe.. :sip:

  3. Alhamdulillah….pagi2 sudah disuguhi artikel ‘bergizi’.

    saya setuju dengan mas AM-Arief Maulana, sama seperti pengalaman saya berjualan produk offline to Online, dalam hal ini saya teringat dgn petuah kakek bahwa kejujuran mata uang yg berlaku dimana2, termasuk di dunia online..

    terimakasih mas AM.

  4. :sip:Oce Mas AM, Biasanya kalaw orang yang takut itu malu malu alias gak mawu jujur dah mengungkapkan identitiy di internet sbagai pebisnis online. :hammer Thanks

  5. Udin Hamd | Blogger 2 Inchi says:

    Kepercayaan memang sangat penting baik offline maupun online tidak hanya dalam hal bisnis saja.
    Membangunnya biasanya tak semudah untuk menjaga dan mempertahankan trust tsb.

    Btw, sama dgn mas Arief nih tentang alasan kenapa saya pindah ke kuncihost :toast

    • @anax kolonx, :hihi: kudu dipantau terus bro. Tau-tau artikel baru muncul. Biasanya sih habis publis, langsung tak share via twitter.

      Jadi temen2 yg follow aku di twitter, peluangnya dapet pertamax gede :p

  6. Agus Siswoyo says:

    Artikel yang bertebaran link affiliasi nih. Pantaslah jika mas Arief dijuluki marketer online. Setiap kalimat ditujukan menghasilkan konversi.
    :hihi:

  7. Betul banget mas Arif, kalau menurut saya menjadi seorang pebisnis yang jujur dan dapat dipercaya itu adalah modal utama untuk mendapatkan kepercayaan dari customer kita.

    Untuk membangunnya diperlukan waktu dan kerja keras sedangkan untuk merusaknya hanya butuh beberapa menit bahkan bebeapa detik saja.

  8. setuju sama mas arief. kepercayaan memang modal utama untuk berbisnis, apalagi di internet yang bisa jadi sebagian besar transaksi terjadi tanpa bertatap muka langsung :)

  9. thanks boss atas tipsnya..
    boleh tukaran link gak ?
    link anda sudah saya pasang di blog saya….
    mohon bimbingan bloggingnya karena saya newbie didunia ni..umur blog saya baru 7 bulan ni boss tapi alhamdulillah sudah menembus lebih dari 200 pengunjung dalam sehari

  10. luthfi fuadi says:

    hmmp…tampilan yang menarik, dengan kualitas konten yang baik, memang hal yang jangan dianggap remeh..heu, start sharing not selling..bener ngga tuch mas? hehe,,

  11. Gustin leslie says:

    Wah mantab mas,
    Ini nih yang sebenarnya yang orang-orang butuhkan tapi malas prakteknya.

    Dan karena sudah mas Arif ulas jadi akan banyak memperjelas orang2.

    Sukses selalu ya mas!

  12. Pasa Firaya, ST says:

    Jika sudah mempunyai kepercayaan maka akan mudah mendapatkan segalanya.
    Sharing yang menarik dan bermanfaat ^_^

  13. Kalo mau redesign, satrya siap ni mas arief :siul :hammer

    Walaupun blm terjun ke dunia binsis online, tapi satrya pernah dapat seorang client untuk membuat ecommerce berbasis wordpress.

    Kata client satrya, supportnya sangat memuaskan dan membantu, bahkan hanya karna support saja dia bilang akan mempromosikan jasa satrya ke teman2nya.

    So, memang point 2 sangat2lah penting sekali, terutama untuk kepuasan client/pelanggan. :2thumbup

  14. sukses bisnis online says:

    Setuju! Kepercayaan akan melanggengkan pelanggan untuk mau membeli ^_^ , dan untuk mendapatkan kepercayaan rada2 susah jadi harus dijaga baik2 .:love:

  15. Mas mau download edisi lamanya cafezine kok ada pesan ini

    ERROR 404 – PAGE NOT FOUND

    Oops! Looks like the page you’re looking for was moved or never existed.
    Make sure you typed the correct URL or followed a valid link.
    This site is hosted by HostGator!
    Build your website today for 1 cent! Coupon code: “404PAGE”
    CLICK HERE TO GET STARTED

    • @belajar Inggris Gratis, klo gitu langsung aja ke Home Page Cafezine. Ntar cari aja link yg mengarah ke edisi lama cafezine. Nanti saya cek yg di artikel, krn ini belum bisa buka via laptop.

  16. Suarakelana says:

    pada awalnya saya juga melihat transaksi online sebagai transaksi yg sangat sulit dipertanggungjawabkan. Sekarang saya merasakan sendiri bahwa komunikasi yg dibangun dgn benar melalui blog telah mampu menumbuhkan trust shg tak ada keraguan bila harus bertransaksi, meskipun belum pernah ketemu/bertelepon.

    • @Suarakelana, yup. Salah satu kelebihan blog bs dijadikan saranan membangun kepercayaan.

      Blog akan jadi apa, membantu atau tidak, akan bergantung kepada bagaimana pengelolanya menjalankan blog :D

  17. Novianto Syahmud says:

    saya masih belum tahu menahu mengenai melyani seorang customer itu harus bgaimana..karena selama ini masih menjadi seorang customerr bukan seorang pemasar produk..
    Mungkin nanti…kalau sekarang sepertinya masih perlu membangun sebuah trust terlebih dahulu…disamping mencari yang co”k untuk ditawarkan :D

  18. ehm betul juga dalam bisnis online perlu membangun rasa kepercayaan.supaya bisnis online kita tetap maju di internet.jika rasa kepercayaan itu hilang udah kita ga bisa apa-apa.semua hal yang kita tawarkan di internet akan sia-sia.:puyeng::hihi:

  19. Kebetulan saya ada rencana bikin toko online, artikelnya pas banget. Jadi nambah wawasan mas. Tumben artikelnya banyak linknya, link reseller ya mas ? :ngakak::ngakak:

  20. Pingback: Keong Racun Dan Bisnis Online | Blog Bisnis Dan Pekerja
  21. Branding dan kepercayaan bisa mengalahkan segalanya dan telah saya buktikan sendiri, walaupun hanya dengan sebuah blog gratisan, yang saya lakukan adalah hanya memberikan apa yang mereka butuhkan.
    Jajat recently posted..Bisnis Pulsa ElektrikMy Profile

Leave a Reply

CommentLuv badge
Please leave these two fields as-is:

Protected by Invisible Defender. Showed 403 to 471,998 bad guys.